Memperkuat Sinyal Hp

Cara Memperkuat Sinyal Hp 4GDigitalPonsel, Bila terkadang panggilan terputus saat Anda menelepon, koneksi internet buruk, atau notifikasi panggilan tidak terjawab yang menumpuk di ponsel, boleh jadi itu adalah tanda sinyal lemah. Kekuatan sinyal bahkan di hp 4G bisa berubah-ubah. Itu bisa terjadi di dalam ruangan atau di luar yang membuat frustrasi. Ikon sinyal di ponsel sebenarnya hanya memberikan petunjuk awal kekuatan sinyal, dan berbagai produsen memiliki standar berbeda. Itu artinya bar di satu merek ponsel tidak secara langsung sebanding dengan bar merek lain.

Jaringan seluler provider dan berbagai jenis interferensi di sekitar lokasi pun ikut bergabung dalam menentukan kekuatan sinyal ponsel. Lalu apa yang harus dilakukan jika ponsel  tidak mendapatkan sinyal sama sekali atau ketika sinyal lemah? Pelajari cara memperkuat sinyal hp 4g untuk komunikasi dan koneksi internet yang lancar.

Beberapa Cara Memperkuat Sinyal Hp 4G yang bisa Kamu Coba

cara memperkuat sinyal hp

Pindah Lokasi

Adakalanya kita dipusingkan dengan sinyal lemah ponsel saat berada di dalam rumah. Itu salah satunya dapat disebabkan oleh gangguan struktur bangunan yang menghalangi sinyal yang diterima. Hal yang bisa dilakukan adalah mencoba berpindah ke posisi lain untuk menemukan spot terbaik. untuk melakukan panggilan. Bisa ke lantai atas, pergi ke luar, dekat jendela, atau tempat lain di mana penerimaan sinyalnya maksimal.

Daerah terpencil, desa pun sering mengalami sinyal lemah karena jauhnya dari menara BTS. Di Indonesia sepertinya baru Telkomsel yang memiliki menara BTS yang tersebar merata hingga ke pelosok pedesaan.

Copot Casing Hp

Case hp pun dapat mengganggu kekuatan sinyal 4g yang dapat diterimanya, terutama jika kesingnya memiliki tekstur kasar atau memiliki kandungan logam. Coba lepaskan kesing untuk melihat apakah itu membantu meningkatkan penerimaan sinyal.

Biarkan Baterai Hp Terisi Penuh

Menguatkan sinyal lemah ponsel pun dapat dilakukan dengan mengisi baterai hingga penuh. Baterai ponsel yang lemah dapat memengaruhi kemampuan ponsel untuk menangkap sinyal. Usahakan agar daya baterai di atas 25% bila memungkinkan. Pertimbangkan untuk membawa pengisi daya portabel sehingga Anda dapat mengisi baterai ponsel saat bepergian.

Gunakan Fitur Wi-Fi Calling

Bila memiliki jaringan Wi-Fi di rumah atau kantor, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan dan menerima telepon. Pada iPhone Apple misalnya, buka Pengaturan> Telepon> Wi-Fi Calling dan pastikan fitur tersebut sudah diaktifkan. Pengaturan tersebut pun dapat ditemukan di ponsel Android.

Beberapa operator pun memiliki fitur tersebut seperti Smartfren. Namun bila Anda tidak dapat mengaktifkan Wi-Fi Calling dengan nomor seluler biasa, Anda masih dapat menggunakan aplikasi atau layanan untuk membuat dan menerima panggilan Wi-Fi. Banyak aplikasi perpesanan yang memiliki fitur ini meskipun orang yang Anda telepon pun harus memiliki aplikasi yang sama.

Cek Juga: Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Periksa Pengaturan Hp

Pastikan pengaturan jaringan di ponsel Anda sudah benar. Pada iPhone, buka Pengaturan> Seluler. Pada Android, Pengaturan> Jaringan & internet atau pada ponsel Samsung, Pengaturan> Koneksi> Jaringan seluler. Anda mungkin perlu mengatur ulang settingan Wifi. Pada iPhone, masuk ke Pengaturan> Umum> Reset> Reset Pengaturan Jaringan. Tetapi ingat bahwa langkah ini juga akan mengatur ulang jaringan Wi-Fi dan kata sandi sehingga Anda harus mengaturnya lagi. Pada ponsel Android, masuk ke Pengaturan> Manajemen umum> Reset> Reset pengaturan jaringan.

Ganti Operator

Sebagian besar operator seluler memiliki peta coverage yang menunjukkan area mana yang dicakup jaringan dan jenis koneksi apa yang dipancarkan. Karena itu Anda menemukan operator seluler terbaik untuk coverage di wilayah Anda dan pertimbangkan untuk menggunakannya. Anda juga dapat menemukan peta coverage untuk banyak operator besar di seluruh dunia di situs Open Signal.

Cek di Mana Menara BTS Terdekat

Jika Anda mengetahui persis di mana BTS terdekat maka Anda bisa bergeser dari posisi semula ke posisi terdekat dengan BTS tersebut. Anda pun bisa menggunakan situs Cell Mapper untuk mengetahui BTS terdekat.

Gunakan Alat Penguat Sinyal Hp

Sebagai upaya terakhir cara memperkuat sinyal ponsel, Anda dapat menggunakan alat khusus. Alat penguat sinyal 4G hp bisa berbentuk repeater atau antena. Misalnya pemasangan antena luar berguna untuk menangkap sinyal dari luar, memperkuatnya, dan kemudian mengirimkannya ke antena dalam ruangan yang selanjutnya akan mendistribusikannya di dalam rumah, kantor, atau bahkan di dalam kendaraan.

Membuat Antena Penguat Sinyal

Anda pun bisa mempelajari cara membuat antena penguat sinyal 4g hp di YouTube atau sumber-sumber lain. Misalnya antena penguat sinyal hp 4G dari silet bekas. Sebelumnya, silet harus dibuat agar bermuatan magnet. Caranya menggosok-gosokkan magnet ke permukaan silet dengan arah yang sama terus menerus. Setelah silet bermuatan magnet yang bisa dicek dengan mendekatkannya ke jarum atau peniti maka bungkus dengan aluminium foil. Tempatkan silet berpembungkus aluminium foil di bawah kesing atau menempel ke baterai ponsel.

Antena penguat sinyal hp buatan sendiri sudah siap digunakan. Masih ada cara-cara kreatif lain dalam membuat antena penguat sinyal 4g hp yang tersedia di internet. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan hasil terbaik.

 

0 Shares:
You May Also Like