Cara Memperluas Jaringan WiFi Di Rumah

Bagi sebagian orang, online di hp menjadi sama pentingnya dengan bernapas. Namun masalahnya penerimaan wifi lemah karena jarak jangkauannya terlalu jauh. Satu-satunya cara adalah memperluas sinyal wifi. Lalu bagaimana cara memperluas jaringan wifi?

Sinyal wifi misalnya dari Indihome atau First Media sangat berharga. Dan menjauh dari router selalu berarti sinyal Wi-Fi akan menurun. Makin menjauh dari router artinya Anda akan memasuki zona mati: tempat di mana tidak dapat mengakses Wi-Fi sama sekali. Bagaimana cara meningkatkan dan memperluas kekuatan jaringan Wi-Fi Anda. Dan apakah mungkin untuk memperluasnya hingga di sekitar rumah? di lapangan? Atau ke tetangga Anda?

Untuk meningkatkan kekuatan dan memperluas jaringan WiFi setidaknya ada beberapa cara yang dapat digunakan yaitu : memperbarui router ke 802.11ac atau 802.11ax; ubah posisi router; beralih ke jaringan mesh; dan menggunakan Wi-Fi Range Extender (juga dikenal sebagai Repeater).

cara memperluas jaringan wifi

Memperluas Jangkauan Wifi dengan Perbarui Router ke 802.11ac atau 802.11ax

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan sinyal WiFi adalah dengan memutakhirkan router. Jika Anda masih dengan router lama yang menggunakan 802.11g atau 802.11n, Anda akan kehilangan performa WiFi. Standar Wi-Fi lama yang berjalan di router lama tidak memiliki bandwidth atau throughput sinyal yang sama dengan router modern yang menggunakan standar Wi-Fi 802.11ac terbaru.

Mungkin perbedaan terpenting antara standar lama dan standar 802.11ac yang baru adalah kecepatan internet pada jarak jangkauan transmisi yang sama. Sebagai contoh: Standar 802.11n, dirilis pada tahun 2009, dapat mengirimkan sekitar 600 Mbps (sekitar 75 Mbps) pada jarak maksimum 300 kaki di luar ruangan dan sekitar 150 kaki di dalam ruangan. Sementara versi 802.11ac yang dirilis pada tahun 2014 dapat melakukan streaming dengan kecepatan 1,13Gbps (sekitar 166,25MB/dtk) dalam rentang yang sama.

Apa itu 802.11ax? IEEE memperbarui keluarga standar nirkabel 802.11 setiap beberapa tahun. Standar 802.11ac saat ini adalah untuk router yang dirilis setelah 2014. Sekarang, pada tahun 2019, IEEE bekerja sama dengan produsen router dan vendor perangkat keras lainnya untuk mengintegrasikan standar Wi-Fi 802.11ax yang baru.

Seperti semua pemutakhiran Wi-Fi standar, 802.11ax meningkatkan bandwidth serta jangkauan jaringan internet dan jumlah perangkat yang dapat terhubung ke satu router pada saat yang bersamaan. Pembaruan penting lainnya dari 802.11ax adalah jumlah Saluran frekuensi WiFi yang Tersedia Untuk jaringan Anda, ia menawarkan 256 sub-saluran untuk mengurangi kemacetan jaringan. Jika mampu membelinya, tingkatkan router Anda ke 802.11ax. Anda akan menjadikan kualitas jaringan internet rumah Anda menjadi perangkat nirkabel generasi berikutnya.

Memperluas Jaringan Wifi dengan Pindahkan Router ke Lokasi Lain

Saat diletakkan di bawah tangga, jarak jangkauan sinyal WiFi memburuk. Atau di lemari, atau di belakang sepotong baja yang dibungkus aluminium foil. Penempatan router penting ketika mempertimbangkan bagaimana memperluas jangkauan jaringan WiFi. Menempatkan router Anda di belakang benda padat yang besar adalah cara jitu untuk mengurangi jangkauan jaringan WiFi Anda.

Tempat terbaik adalah di pintu masuk utama rumah Anda agar sinyal Wi-Fi memancarkan sinyal secara merata dan kuat. Tentu saja, ini tidak selalu memungkinkan. Intinya pindahkan router ke lokasi yang bebas dari kekacauan, benda besar, dan item lain yang mungkin menjadi penyebab sinyal WiFi Anda terganggu. Jika memungkinkan, coba gunakan kabel yang lebih panjang untuk memindahkan perute dari posisinya saat ini.

Tips Memperkuat Sinyal Wifi dgn Beralih ke Jaringan Mesh

Jaringan mesh nirkabel adalah cara terbaik untuk menyediakan sinyal WiFi yang stabil di seluruh rumah. WiFi interlaced biasanya menggunakan beberapa perangkat jaringan untuk menjangkau seluruh rumah (atau kantor, dll.) dengan sinyal WiFi yang konsisten. Ini menghasilkan sinyal yang sama di seluruh rumah.

Jaringan mesh nirkabel adalah solusi ideal untuk memperkuat sinyal wifi dan memastikan cakupan WiFi yang konsisten di seluruh rumah Anda. Menghentikan titik – titik mati agar tidak muncul di tempat – tempat seperti lorong bawah atau kamar mandi di lantai atas, jenis jaringan ini menggunakan beberapa perangkat yang membuat satu jaringan nirkabel terpadu. Ini kontras dengan wifi extender, yang membuat jaringan sekunder.

Jaringan mesh telah lama digunakan untuk area besar seperti festival dan toko ritel, tetapi sekarang, berkat kemajuan teknologi, mereka juga tersedia untuk rumah. Hal ini membuat memperluas cakupan Anda sangat mudah; pergi adalah hari – hari menghabiskan waktu mengkonfigurasi range extender, sebagai jaringan mesh nirkabel memerlukan setup minimal dan dapat dihubungkan langsung ke jaringan yang ada.

Secara keseluruhan, jaringan mesh nirkabel adalah pilihan sempurna untuk berbagai masalah jangkauan wifi dan menawarkan solusi tanpa kerumitan untuk cakupan tanpa batas di seluruh rumah Anda.

Perkuat Sinyal Jaringan Wifi di Rumah dgn Tambahan Alat WiFi Extender Range

Jika Anda memiliki router 802.11ac terbaru tetapi sinyal Wi-Fi masih bermasalah, Anda dapat menggunakan Wifi Repeater. Repeater memungkinkan Anda memperluas jangkauan WiFi di seluruh rumah tanpa mengkhawatirkan kabel tambahan atau jaringan yang rumit. Sebagian besar, WiFi Extender ini bersifat plug and play, meskipun ini bervariasi menurut model. Harga Wifi Extender pun makin murah, seperti merek Xiaomi yang hanya dibanderol Rp.90 ribuan saja.

Perkuat Koneksi Wifi dengn Mengganti Antena yang Lebih Baik

Mengganti antena wifi Anda dengan yang lebih bagus akan dapat membantu Anda memperluas jangkauan sinyal wifi. Dengan mengganti antena Anda saat ini dengan model gain yang lebih tinggi, Anda akan dapat meningkatkan kualitas jangkauan perangkat wifi Anda, mendapatkan kontrol yang tepat atas arahnya, dan mencapai kecepatan yang lebih cepat untuk efisiensi yang lebih baik.

Keuntungan dari upgrade antena Anda jelas: perluasan jaringan wifi lebih luas, kontrol manifold, penguat sinyal dan kinerja modem wifi lebih optimal. Dengan meningkatnya permintaan untuk koneksi Wi – Fi yang lebih cepat dan lebih mampu, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dari upgrade antena dan penerima untuk mengambil keuntungan dari kekuatan router Anda.

Tingkatkan sistem Anda hari ini dan nikmati manfaat dari peningkatan kinerja Wi – Fi.

About Author: