Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6 ialah smartphone yang paling mahal dan paling bagus fiturnya bila dibandingkan dengan seri Zenfone lainnya seperti Zenfone 4 dan Asus Zenfone 5.

Smartphone ini sangat cocok sekali bagi pengguna yang suka sekali melakukan panggilan dan yang hobi berfoto, mengapa demikian? karena smartphone ini telah di sematkan kamera 13MP dan didukung dengan fitur yang begitu menarik untuk mengabadikan momen keseharian anda.

Sekilas penjelasan mengenai sistem operasi yang di gunakan pada smartphone tablet ini masih menggunakan Android Jelly Bean 4.3 belum menggunakan android KitKat seperti tablet LG G Pad 10.1 yang sudah dari pabrikannya menggunakan sistem operasi android KitKat.

Namun jangan khawatir, pasalnya nanti akan bisa di upgrade ke android KitKat sistem operasi Asus. Nah untuk lebih jelasnya yuk langsung kita lihat kelebihan dan kekurangan berdasarkan spesifikasi yang ada pada Asus Zenfone 6 sebagai berikut.

Perangkat ini merupakan varian atas atau flagship yang ditawarkan oleh Asus yang mana merupakan perangkat penerus dari Asus ZenFone 5. Semua peningkatan yang terdapat ZenFone 6 memberikan dukungan dengan kinerja optimal yang memiliki teknologi handal.

Perangkat yang yang memiliki bandrol Rp6.999.000 ini dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 855. Senjata tersebut diharapkan akan mampu menunjang pengalaman lebih menyenangkan dalam hal bermain game, multitasking ataupun untuk melihat multimedia interaktif yang sekarang ini banyak digandrungi.

Spesifikasi Asus Zenfone 6

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie), ZenUI 6
RAM 6GB/8GB
ROM64GB
Chipset128/256 GB
CPUOcta-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485)
GPUAdreno 640
Bodi
Dimensi159.1 x 75.4 x 9.2 mm (6.26 x 2.97 x 0.36 in)
Berat190 g (6.70 oz)
Layar6.4 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
DepanMotorized flip-up main camera module
Belakang48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF, Laser AF
13 MP, f/2.4, 11mm (ultrawide)
Video2160p@30/60fps, 1080p@30/60/240fps, 1080p@30fps, 720p@480fps; gyro-EIS (except @240/480fps)
FiturDual-LED flash, HDR, auto panorama (motorized rotation)
ProteksiCorning Gorilla Glass 6
DCI-P3 100%
HDR10
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
GPSYes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
NFCYes
Jack Audio 3.5mmYes
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
WarnaMidnight Black, Twilight Silver
RadioFM radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 5000 mAh battery
ChargerFast battery charging 18W (Quick Charge 4.0)

Layar dan Desain Keren

Asus Zenfone 6 Belakan

Perangkat yang diperkenalkan Asus ini membawa desain yang nyaman, saat digunakan maupun dirasa. Asus ZenFone 6 datang dengan layar NanoEdge IPS LCD 6.4 inci yang memiliki resolusi 2340 x 1080 piksel alias FHD+ dan dimensi 159.1 x 75.4 x 9.2 mm. Di bagian depan ini juga tidak ada gangguan berupa notch atau poni, karena perangkat ini untuk mengakali kamera depan sudah menyediakan kamera flip.

Tambahan lain untuk mencegah baret dan goresan yang tidak disengaja perangkat ini sudah mendapatkan proteksi dari Corning Gorilla Glass 6 di bagian belakang maupun depan. Sementara bagian frame perangkat ini menggunakan material aluminum, secara keseluruhan perangkat ini memiliki bobot 190 g.

Asus Zenfone 6 Depan

Bila dilihat secara sekilas, tiap detail desain smartphone ini memiliki keunggulan yang mengagumkan. Ditambah perangkat ini juga menyediakan dua varian warna yaitu Midnight Black, Twilight Silver.

Flip Kamera 48 MP dan 13 MP

Asus Zenfone 6 Kamera belakang

Pada bagian ini merupakan salah satu fitur yang menjadi jualan Asus ZenFone 6. Adalah mekanisme kamera keren futuristik yang bisa digunakan untuk kamera depan dan belakang.

Menggunakan sensor milik Sony dengan tipe IMX586 ini memiliki kekuatan resolusi 48 MP dengan aperture f/1.8 sebagai kamera utama dan kamera 13 MP aperture f/2.4 ultra-wide sebagai kamera sekunder. Tentu dengan nama besar Sony dalam percaturan lensa kamera menjadikan perangkat ini memiliki keistimewaan sendiri yang patut diantisipasi.

Untuk daya tahan kamera flip ini Asus mengklaim bahwa fitur tersebut memiliki daya tahan hingga 100.000 kali pemakaian atau flip. Dalam prosesnya perangkat ini mampu bisa bertahan hingga 5 tahun bila pengguna menggunakan 28 flip setiap hari.

Asus Zenfone 6 Layar

Dengan adanya inovasi kamera flip ini pengguna bisa menikmati desain layar Asus ZenFone 6 dengan maksimal. Sehingga layar menjadi lebih lega dan lebar tanpa adanya gangguan poni ataupun notch yang mengganggu layar.

Dapur Pacu octa-core Snapdragon 855

chipset google pixel 4 snapdragon 855

Pada bagian dapur pacu perangkat Asus ZenFone 6 sudah dipersenjatai dengan tenaga prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 855 dengan fabrikasi 7 nm FinFET dan pada bagian pondasi grafis perangkat ini menggunakan GPU Adreno 640 dengan paduan RAM berkekuatan 6 GB dan 8 GB.

Sementara untuk memori internal perangkat ini menyediakan ROM 64 GB dan 256 GB. Ajaibnya perangkat ini juga bisa diperbesar dengan memori eksternal slot microSD dedicated sebesar 1 TB. Selain itu untuk bagian software perangkat ini sudah menggunakan Sistem Operasi Android 9 Pie yang bisa diperbaharui ke OS Android mendatang yang memiliki inisial Q.

Baterai 5.000 mAh dan Fitur lain

Asus Zenfone 6 Samping

Untuk fasilitas lain yang menjadi ciri khas sebagai flagship pada umumnya adalah hadirnya sistem fingerprint pada bagian belakang, dual nano SIM 4G LTE, Wi-FI, Bluetooth, NFC, port USB Type-C dan NFC.

Sementara bagian kapasitas daya perangkat ini memiliki ukuran jumbo yaitu 5.000 mAh. Dengan besarnya kapasitas baterai perangkat ini akan bisa menopang segala aktivitas harian Anda. Apalagi perangkat ini juga sudah mendukung fast charging berkekuatan 18 W.

Kelebihan Asus Zenfone 6

  • Berat Asus ini cukup ringan yakni hanya 196 gram.
  • Desain smartphone ini terlihat minimalis dengan tampilan yang keren dan solid
  • Terdapat 4 pilihan warna yakni hitam, putih, merah, dan emas.
  • Teknologi layar telah menggunakan One Glass Solution sehingga teknologi ini dapat menyatukan LCD dan panel sentuh.
  • Telah menggunakan teknologi IPS kapasitif dengan kedalaman 16 juta warna.
  • Layar telah di proteksi dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3.
  • Kamera urama yang disematkan pada smartphone ini 13MP dengan menggunakan teknologi PixelMaster yang mengombinasi software, hardware, dan desain lensa yang dapat menghasilkan foto yang sangat baik. Menggunakan inovasi flip kamera
  • Asus zenfone ini telah menggunakan sensor CMOS BSI buatan Panasonic dan lensa Marga yang digunakan oleh Apple di iphone Series.
  • Dilengkapi dengan Time Rewind yang berguna untuk menarik mundur hingga 2 detik sebelum waktu penjepretan dan 1 detik setelahnya,
  • Walaupun masih menggunakan sistem operasi Android OS versi 4.3 Jelly Bean, tetapi Asus zefone ini berjanji akan menyediakan upgrade resmi ke KitKat.
  • Dengan prosesor Intel Atom sebesar Z2580 2.0 GHz dan RAM 2GB sehingga membuat penampilan smartphone ini menjadi lebih kuat dan mampu menjalankan game HD ataupun 3G dengan lancar karena adanya pengolah grafis PowerVR SGX544MP2,
  • Media penyimpanan yang luas baik pada memori internal maupun memori internal, dimana pada internal tersedia 8GB dan eksternal 64GB
  • Asus ini juga telah di sediakan berbagai fitur dan aplikasi menarik antara lain Do it later, mirror, omlet chat, PC link, power saver, quick memo, remote link, super note dan share link.
  • Pengguna bisa menggunakan dua SIM sekaligus pada smartphone ini, dimana untuk mengakses slot SIM, anda harus membuka cover belakang terlebih dahulu. Dengan SIM ini anda dapat mengakses jaringan internet 3G walau tidak dapat di aktifkan dengan bersamaan
  • Daya tahan baterai yang kuat
  • Sudah mendukung fast charging atau pengisi daya cepat

Kekurangan Asus Zenfone 6

  1. Asus zenfone ini mengusung konsep unibody yang dapat mengakibatkan baterai tidak dapat dilepas.
  2. Tidak adanya player khusus untuk video. Bula memutar video pengguna harus masuk ke Gallery lalu mengakses folder tempat file video. Asus ini juga mampu membaca file video HD 1080p
  3. Pada radio FM begitu minim pengaturan
  4. Kapasitas baterai yang cukup besar yakni 3300 mAh, akan tetapi cukup terkuras cepat. Untuk penggunaan cukup intens, bodi bagian belakang terasa hangat.
  5. Belum terdapat Sertifikasi IP68 atau belum anti air
  6. Belum mendukung Kamera Telephoto
  7. Panel yang digunakan belum OLED

Harga Asus Zenfone 6

Untuk harga Asus Zenfone 6 baru dari satu buah Asus Zenfone 6 di harga Rp. 2,695,000.00,-, harga bekasnya Rp.2,400,000,- Namun harga dari setiap toko tentu akan berbeda, bahkan bisa berubah mengikuti harga yang ada di pasaran. Walaupun demikian kami juga akan merekomendasikan kepada anda untuk juga bisa memilih Lenovo P780 8GB yang memiliki layar lebih kecil namun kapasitas baterainya sebesar 4000 mah. Baca : Daftar Harga Asus Zenfone Semua Series

Terbaru ! Asus Zenfone Max

Kesimpulan

Pada kesimpulan kali Asus ZenFone 6 ini memiliki penilaian yang cukup baik terlebih pada bagian layar yang cukup lega, karena memiliki aspek rasio screen to bodi yang berada pada 92%. Tentu dengan kekuatan tersebut para pengguna game akan semakin dimanjakan.

Perangkat ini mirip dengan OPPO Find X dan Vivo V15 Pro yang memiliki flip kamera, walaupun inovasi agak berbeda tapi tujuannya hampir sama.

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan berdasarkan spesifikasi Asus Zenfone 6. Semoga informasi tentang ponsel di atas bisa bermanfaat bagi anda semua yang lagi membutuhkannya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Asus ZenFone Live

Asus ZenFone Live: Persembahan untuk Anda yang suka live di media sosial