Metode Pembayaran Paylater

Belakangan ini, metode pembayaran paylater menjadi salah satu layanan yang membantu banyak orang. Dengan metode pembayaran ini, Anda bisa membeli barang, menggunakan jasa, dan sebagainya namun dapat membayar tagihan belakangan.

Kini, banyak aplikasi yang juga menyediakan jasa paylater untuk para penggunanya. Salah satunya adalah Traveloka yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati berbagai layanan dengan menggunakan metode paylater.

Metode ini memang memudahkan banyak orang, namun jika Anda menggunakannya dengan tidak bijak tentu akan membawa masalah baru.

Apakah Anda berencana untuk menggunakan paylater namun khawatir tidak bisa menggunakannya dengan bijak?

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika hendak menggunakan paylater.

paylater

Pahami Bahwa Paylater adalah Pinjaman

flashsale shopee 11.12
KLIK LINK BERIKUT: https://shope.ee/5KbOEEsu92

Ketika Anda membeli barang dengan menggunakan paylater, Anda tidak akan mengeluarkan uang saat itu juga.

Anda seperti mendapatkan barang gratis karena tidak langsung membayarnya. Namun, satu hal yang harus Anda pahami ketika menggunakan paylater adalah memahami bahwa layanan ini merupakan pinjaman.

Sehingga, ketika membeli barang Anda harus membayar pinjaman ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan memahami hal ini, maka Anda bisa lebih bijak saat menggunakan paylater.

Pilih Paylater yang Aman dan Legal

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kasus pinjaman online di Indonesia yang membuat para penggunanya tertekan. Hal ini karena aplikasi dan perusahaan pinjaman online yang mereka gunakan pada umumnya adalah ilegal.

Bunga yang dibebankan sangat tinggi bahkan melebihi jumlah pinjaman. Karena beroperasi secara ilegal, maka perusahaan pinjaman online ini tidak mengikuti peraturan yang berlaku.

Jika Anda ingin menggunakan layanan paylater ataupun pinjaman online, maka pilihlah layanan paylater yang resmi dan legal. Pastikan bahwa layanan paylater yang Anda gunakan telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Perusahaan ilegal memiliki sistem keamanan yang rendah dan bisa saja menyebarkan data pribadi dari para nasabah.

Perhatikan Ketentuan dan Bunga Paylater

flashsale shopee 12.12
KLIK LINK BERIKUT: https://shope.ee/5KbOEEsu92

Sebagai konsumen, Anda harus memperhatikan berbagai ketentuan dari penyedia layanan paylater. Anda harus mempelajari tentang bunga dan periode cicilan yang ditawarkan oleh penyedia paylater.

Pada umumnya, semakin lama tenor cicilan yang Anda pilih maka akan semakin tinggi pula bunga yang dibebankan.

Perhatikan pula apakah ada biaya lainnya yang perlu Anda bayar seperti biaya administrasi dan berapa denda keterlambatan. Pelajari segala ketentuan paylater dan pastikan Anda telah memahami ketentuan yang berlaku.

Jangan sampai Anda hanya menggunakan layanan paylater saja kemudian ada prosedur yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena sudah terlanjur, Anda jadi tetap harus mengikuti ketentuan yang berlaku dan mengalami kerugian.

Tulis Daftar Kebutuhan

Baik berbelanja secara tunai maupun cicilan, tentu Anda juga harus melakukan pengeluaran secara bijak. Jangan karena Anda menggunakan paylater dan bisa menggunakannya di kemudian hari, maka Anda kalap dalam berbelanja.

Buatlah daftar barang yang memang Anda butuhkan saat ini namun tidak memungkinkan untuk membelinya secara tunai. Pastikan memang produk ini menjadi hal yang mampu mendukung produktivitas Anda sehari-hari.

Jika memang Anda harus pergi keluar kota namun tidak ada biaya untuk membeli tiket maupun menyewa kamar hotel, maka Anda bisa menggunakan paylater.

Hindari untuk berbelanja secara berlebihan dan menggunakan limit paylater sampai habis. Karena, hal ini dapat mengganggu stabilitas keuangan Anda apabila tidak mengaturnya dengan baik.

Perhatikan Kemampuan Membayar

Dalam mengajukan layanan paylater, Anda juga harus memiliki kemampuan membayar tagihan atau cicilan sesuai dengan tenor. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki rencana bagaimana untuk membayar tagihan tersebut.

Paylater merupakan sebuah layanan yang memberikan Anda keringanan untuk mencicil pembayaran suatu produk atau jasa.

Misalkan, Anda membeli sebuah produk dengan harga Rp 10 juta namun tidak memiliki uang tunai sebesar itu. Oleh karenanya, Anda menggunakan paylater dengan pembayaran metode cicilan sehingga Anda bisa mencicilnya 3, 6, atau 12 bulan.

Gunakanlah layanan paylater sesuai dengan kemampuan membayar Anda sehingga pembayaran paylater dapat Anda lunasi tepat waktu.

Dengan pembayaran tepat waktu, maka Anda juga tidak perlu untuk membayar denda. Selain itu, rekam jejak Anda dalam melakukan pinjaman juga tetap baik.

Jangan sampai, Anda menggunakan layanan paylater melebihi batas kemampuan sehingga harus meminjam dana untuk membayar cicilannya.

Manfaatkan Promo yang Ditawarkan

Kelebihan dari paylater adalah memberikan banyak promo dan potongan harga. Hal ini harus Anda maksimalkan agar bisa mendapatkan keuntungan ketika menggunakan paylater.

Pada umumnya, paylater menawarkan potongan harga untuk barang tertentu apabila pembayarannya dilakukan dengan menggunakan metode paylater. Anda juga bisa menggabungkan beberapa promo dari paylater di berbagai e-commerce dan aplikasi lainnya.

Tentu saja, hal ini sangat menguntungkan karena Anda bisa berhemat untuk berbelanja barang penting dengan harga murah. Seringlah mencari tahu promo apa saja yang ditawarkan oleh pihak paylater.

Bagaimana, apakah selama ini Anda sudah menggunakan paylater dengan bijak? Atau Anda kesulitan untuk membayar tagihan paylater karena penggunaan yang tidak bijak?

Ikuti berbagai tips di atas agar Anda bisa lebih bijak lagi untuk menggunakan layanan paylater. Tetaplah bijak dalam berbelanja dan rasakan keuntungan dari menggunakan layanan ini.

About Author: