Cara Membuka Kunci Pola Hp Samsung Lupa Password

Punya Hp Samsung dan kamu lupa password untuk membuka kunci pola hp samsung kamu? Jangan panik, kami akan bantu melalui artikel berikut ini.

Kebanyakan dari pengguna Android memberikan kunci layar dengan memasukkan PIN, pola, atau password. Hanya saja kunci rumit seperti itu bisa menjadi ancaman ketika lupa kode. Tak sedikit para pengguna ponsel Samsung yang lupa dengan pola kunci layarnya. Kejadian itu pasti akan membuat panik. Tak perlu bingung, sebab cara membuka pola Hp Samsung tidak sulit.

Bagaimana rasanya lupa pola untuk membuka Hp Samsung? Tentu sangat menjengkelkan sebab di dalam perangkat berisi semua tugas yang harus segera dikirimkan sebab mendekati deadline. Samsung adalah merek ponsel terfavorit hingga saat ini. Banyak orang mengKamulkan Hp Samsung untuk berbagai macam aktifitas online mulai dari mencari informasi di internet, bermain game, mengerjakan tugas kantor atau sekedar rehat sambil menonton video streaming.

Saat layar terkunci, cara membuka pola Hp Samsung sebenarnya sudah disediakan oleh produsen maupun Google sebagai pengembang sistem operasi Android. Cek apa saja pilihan dan langkah cara membuka pola Hp Samsung yang kelupaan berikut ini :

Cara Membuka Pola Hp Samsung via Forgotten Pattern

cara membuka pola hp samsung

Apabila Kamu memakai HP Samsung dengan versi Android 4.4 atau lebih lama mungkin tahu dengan fitur ‘Forgotten Pattern’. Bila Kamu gagal membuka kunci ponsel terus-menerus hingga lima kali, maka akan muncul pesan di layar ‘Coba setelah 30 detik ‘.

Berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan.

  • Ketuk “Forgotten Pattern” di bagian bawah layar yang terkunci.
  • Kamu ketikkan detail Akun Google utama berupa nama pengguna dan kata sandi.
  • Setelah itu ketuk Next.
  • Kamu bisa menggambar pola baru untuk membuka kunci ponsel.
  • Ketuk Next setelah selesai kemudian gambar polanya sekali lagi.
  • Ketuk tombol Konfirmasi setelah selesai.
  • Kini Kamu bisa membuka kunci Hp Samsung menggunakan kunci pola baru.

Baca juga: Cara Membuka Kunci Pola HP OPPO Lupa Password

Cara Membuka Kunci Pola Hp Samsung yang Lupa password via Android Smart Lock (Android 5.0 & lebih tinggi)

Smart Lock merupakan fitur keamanan yang dibuat untuk hape Android terbaru. Fitur ini memungkinkan perangkat bisa terbuka otomatis ketika ponsel bersama Kamu atau mungkin saat Kamu di rumah atau Kamu telah mengaktifkannya dengan perangkat bluetooth seperti jam tangan pintar atau headset bluetooth.

Kamu tidak perlu setiap kali membuka kunci ponsel dengan PIN, sandi, atau pola. Buka menu Settings > Ketuk Security & location or Lock screen > Ketuk Smart lock. Pengguna dipersilahkan mengetikkan PIN, password, atau pola untuk membuka kunci. Kamu akan menemukan beberapa opsi untuk dipilih : On-body detection; Trusted places; Trusted Devices ; dan Voice Match.

  • On-body detection : apabila Kamu mengaktifkan pilihan ini, Hape akan tetap terkunci hingga Kamu memegang di tangan, saku, atau tas. Bila meletakkan ponsel di atas meja maka akan otomatis terkunci setelah satu menit.
  • Trusted places : Fitur ini dapat membuat perangkat tak terkunci dalam radius hingga 80 meter. Umpamanya ingin menambahkan rumah Kamu menjadi tempat terpercaya maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Ketuk opsi Trusted places lalu ketuk Home. Pengguna bisa mengisikan alamat rumah atau mengetuk map guna menKamui lokasi yang tepat. Fitur ini berfungsi paling baik dengan Wi-Fi.
  • Trusted Devices : Diperlukan untuk mensinkronkan ponsel ke perangkat bluetooth nirkabel apa saja misalnya fitness tracker, smartwatch, atau speaker bluetooth. Ketika menghubungkan ponsel ke salah satu perangkat tadi maka, ponsel akan secara otomatis terbuka kuncinya. Namun kelemahan dari fitur ini yaitu jangkauan konektivitas Bluetooth dapat mencapai sekitar antara 80-100 meter dan siapa pun dalam jangkauan tersebut membuka kunci ponsel. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Di menu Smart Lock, ketuk Trusted Devices. Kemudian ketuk Add Trusted Devices. Di daftar perangkat, ketuk perangkat. Sementara untuk menghapus perangkat Bluetooth, ketuk perangkat yang ingin dihapus kemudian ketuk OK.
  • Voice Match: Yang perlu dilakukan hanya mengucapkan ‘Ok Google’. Fitur Asisten Google akan mengenali suara Kamu dan secara otomatis akan membuka kunci layar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Tahan tombol Home maka akan muncul ikon bulat kecil (resembling compass) > Ketuk ikon itu. Ketuk More (tiga titik vertikal di kanan atas layar) > Ketuk Pengaturan > Ketuk Asisten > Ketuk Phone > Aktifkan opsi Enable the Unlock with Voice Match. Atau bisa juga dengan lengkah berikut. Ketuk opsi Voice Match dalam menu Smart Lock. Ketuk unlock with Voice match di dalam menu ‘Ok Google detection’. Pengguna akan diminta memasukkan PIN, pola atau password untuk melanjutkan. Notifikasi keamanan akan keluar di layar yang memperingatkan Kamu tentang fitur ini yang kurang aman. Ketuk OK untuk melanjutkan.
Baca juga :   Cara Ganti Password Wifi Indihome

Cara Membuka Pola Hp Samsung via Aplikasi Find My Mobile

Find My Mobile adalah aplikasi keamanan bawaan yang dirancang dan dikembangkan Samsung untuk membantu melacak lokasi smartphone yang dicuri atau lupa menaruhnya. Find My Mobile juga memungkinkan pengguna membuka kunci perangkat. Tetapi pengguna harus punya akun Samsung.

Berikut ini langkah mudah yang bisa kamu lakukan. Akses alamat https://findmymobile.samsung.com/ dan login menggunakan akun Samsung yang dimiliki. Selanjutnya ketuk pilihan ‘Lock my screen’ di sudut kiri lalu ketikkan PIN baru di kolom yang disediakan selanjutnya tekan tombol LOCK. Sesudah beberapa detik, password akan diubah ke password baru yang telah diatur dan perangkat pun akan dibuka kuncinya.

Cara Membuka Pola Hp Samsung Via Save Mode

Boot ke mode aman merupakan cara termudah untuk membuka pola Hp Samsung bila menggunakan aplikasi Lock pihak ketiga.

Kamu bisa melakukan boot ke mode aman dengan membuka menu daya dari layar kunci, lalu menekan lama opsi “Power Off”. Kemudian pilihlah “Ok” ketika muncul pertanyaan untuk boot ke safe mode / mode aman.

Saat proses ini selesai, maka aplikasi kunci layar hp dari pihak ketiga akan dinonaktifkan untuk sementara. Dari sini, cukup hapus data pada aplikasi kunci layar tersebut atau hapus instalannya. Selanjutnya reboot ponsel untuk keluar dari mode aman.

Cara Membuka Pola Hp Samsung via Factory Reset

Langkah ini diambil jika Kamu tak keberatan kehilangan semua data yang disimpan di perangkat. Factory Reset akan menghapus semua data secara permanen dari perangkat Kamu dan memberikan tampilan yang benar-benar baru.

  • Nyalakan perangkat, lalu tahan kombinasi tombol, misalnya Samsung Galaxy S6 mengharuskan Kamu untuk menahan Power, Volume up dan Home.
  • Gunakan tombol volume ponsel untuk menavigasi ke atas dan ke bawah, dan tombol power untuk mengonfirmasi pilihan.
  • Pilih menu Factory Reset lalu konfirmasi pilihan tersebut.
  • Dibutuhkan waktu beberapa menit untuk menyelesaikan proses ini bergantung dari jumlah data di ponsel.
  • Setelah selesai maka perangkat akan memulai ulang tanpa kode sandi, tetapi juga tanpa data.
  • Bila ini adalah ponsel baru, pengguna akan diminta untuk masuk dengan akun Google dan password yang sebelumnya digunakan pada perangkat sebelum disetel ulang.

Semoga dengan beberapa pilihan di atas bisa menjadi solusi buat kamu yang bingung bagaimana cara membuka kunci pola hp samsung yang lupa password / polanya.

 

0 Shares:
You May Also Like