Cara Mengatasi HP Samsung Odin Mode

Cara Mengatasi HP Samsung Odin Mode – Sama seperti merek dan tipe HP lainnya, HP android dari Samsung juga memungkinkan mengalami masalah error atau kerusakan. Baik itu kerusakan terjadi pada komponen hardware maupun softwarenya. Untuk masalah error atau karusakan pada sistem software, salah satu cara mengatasinya yakni dengan melakukan flashing. Untuk melakukan flash HP Samsung, biasanya kita perlu memasukkan HP ke Odin Mode atau Mode Download.

Akan tetapi, terkadang kita tidak melakukan apa pun pada HP Samsung, akan tetapi ia masuk ke Odin Mode dengan sendirinya. Masalah seperti ini sebenarnya bukanlah masalah yang serius dan kita bisa dengan mudah mengatasinya. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP Samsung Odin Mode tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Samsung Odin Mode

Apa Itu Odin Mode di HP Samsung?

Sebelum lanjut ke cara keluar dari Odin Mode Samsung, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud Odin Mode tersebut. Odin Mode atau Mode Download merupakan salah satu fitur rahasia di Samsung yang biasanya digunakan untuk melancarkan aktivitas flashing.

Baca juga :   Membuat Intro YouTube

Dengan menyambungkan HP ke PC atau laptop yang sudah dipasang software Odin dan file ROM atau firmware sesuai tipe Samsung, maka proses flashing bisa mulai dilakukan. Pada HP Samsung harus dimasukkan terlebih dahulu ke Odin Mode agar tranafer file ROM atau firmware bisa dilakukan.

Jadi, jika HP Samsung milik Anda tiba-tiba menampilkan halaman Odin Mode, maka tidak perlu panik. Pasalnya hal ini bukanlah masalah error, melainkan hal wajar. Mungkin saja Anda tidak sengaja menekan tombol tertentu sehingga HP Samsung masuk ke Mode Odin. Biasanya untuk masuk ke Mode Odin tersebut menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Atas atau kombinasi tombol Power + Home + Volume Bawah.

Cara Mengatasi HP Samsung Odin Mode

Jika HP menampilkan Odin Mode, maka yang harus Anda lakukan yaitu cukup mengeluarkan HP dari mode tampilan mode tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari Mode Download Samsung atau Mode Odin, di antaranya:

Cara 1. Melepas Baterai HP Samsung

Cara yang paling ampuh dan mudah untuk keluar dari Mode Odin di HP Samsung yakni dengan melepas baterainya. Cukup Anda buka casing belakang HP, kemudian Anda cabut baterai dari bodi HP tersebut. Setelah HP mati, selanjutnya Anda pasang lagi baterainya dan hidupkan HP Samsung seperti biasa, yakni dengan menekan tombol Power.

Baca juga :   Cara Autentikasi Akun Google Play Store

Cara ini tentunya hanya bisa diterapkan di HP Samsung yang didukung dengan jenis baterai removable alias bisa dilepas. Untuk HP Samsung dengan baterai tanam, maka bisa menerapkan cara di bawah ini.

Cara 2. Menekan Kombinasi Tombol Fisik

Alternatif kedua untuk bisa keluar dari Odin Mode di HP Samsung yakni dengan menekan kombinasi tombol tertentu. Pastinya cara ini berbeda-beda untuk setiap generasi HP Samsung, baik yang keluaran lawas atau keluaran terbaru. Di sini akan dibagi 3 generasi HP Samsung untuk keluar dari Mode Odin, yakni:

1. Untuk HP Samsung Keluaran Lama (terdapat tombol Home)

  • Pada HP Samsung yang berada di Mode Odin, Anda tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Home selama beberapa detik hingga layar HP mati.
  • Dengan cara ini HP akan melakukan reboot dan menyala kembali seperti biasa dan masuk ke layar menu utama.

2. Untuk HP Samsung Tanpa Tombol Home Fisik

  • Tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Bawah selama beberapa detik.
  • Kemudian lepaskan tekanan pada tombol jika HP melakuka reboot atau restart.
  • Maka HP Samsung akan menampilkan layar menu utama seperti biasa.

3. Untuk HP Samsung dengan OS Android 11 atau yang Lebih Baru

  • Pada tampilan Odin Mode, Anda arahkan pilihan ke opsi Power Off dengan cara menekan tombol Volume Bawah.
  • Kemudian untuk mengeksekusi pilihan tersebut, Anda tekan tombol Power.
  • Maka HP akan langsung reboot atau restart, dan masuk ke layar menu utama.
Baca juga :   Cara Daftar Paket Internet Smartfren Terbaru

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP Samsung Odin Mode yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.