Cara Unreg Kartu Yang Hilang

Bagaimana Cara Unreg Kartu Yang Hilang? Pernah tidak kartu sim card hp kamu hilang, hangus, atau sudah mati dan parahnya lagi kamu lupa nomornya? Kalau pernah dan sudah tahu cara mengatasinya, bagus buat kamu, nah buat kamu yang belum tahu caranya, simak terus artikel ini sampai selesai.

Jika kehilangan perangkat seluler maka kartu SIM di dalamnya pun ikut hilang. Anda dapat unreg kartu yang hilang untuk kemudian meminta gantinya ke operator dengan kartu SIM yang memiliki nomor yang sama. Cara memblokir kartu SIM yang hilang harus dilakukan secepatnya dengan menghubungi operator seluler bersangkutan. Misalnya Anda kehilangan kartu Simpati maka Anda dapat segera menghubungi pihak customer service Telkomsel atau datang ke Grapari terdekat.

Pihak operator seluler yang mendapatkan laporan tersebut akan segera menambahkan nomor yang hilang itu ke semacam daftar nomor hilang sehingga tidak dapat digunakan di jaringan manapun. Ini memastikan kartu SIM yang hilang itu tidak dapat digunakan oleh orang lain.

Pelanggan tidak akan bertanggung jawab atas penggunaan tidak sah yang dilakukan orang lain setelah pelanggan melaporkannya. Itulah cara memblokir kartu SIM yang hilang yang harus dilakukan segera setelah kejadian. Secara umum langkah-langkah yang harus diambil pelanggan saat kartu SIM mereka hilang adalah sama antar operator satu dengan operator lain.

Cara Unreg Kartu sim card yang hilang

Cara unreg kartu XL yang Hilang

Apabila kartu XL Prabayar atau Pascabayar milik pelanggan hilang, mereka tak usah cemas. Cara unreg kartu XL yang hilang cukup dengan menghubungi Call Center XL dari nomor 817. Nantinya pihak operator akan melakukan pemblokiran kartu XL yang hilang itu setelah verifikasi data pelanggan sesuai dengan data yang diberikan saat registrasi di 4444.

Setelah kartu selesai diblokir maka pelanggan bisa segera datang ke gerai XL Center terdekat untuk mendapatkan ganti kartu SIM baru dengan nomor yang sama dengan nomor XL yang hilang tadi. Sebelum ke sana jangan lupa untuk membawa bukti identitas diri baik KTP maupun KK.

Lihat Juga: Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca

Cara unreg kartu Telkomsel yang Hilang

Cara ini dilakukan dengan datang langsung ke gerai Grapari terdekat. Gunakan mesin MyGrapari untuk proses unreg kartu Telkomsel yang hilang. Sebelumnya persiapkan bukti identitas diri berupa KTP Elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), dan 2 nomor telepon yang dihubungi dalam satu bulan terakhir.

  • Di mesin MyGrapari, pilih menu “Pelanggan Telkomsel”
  • Kemudian ketuk menu “Kartu SIM Hilang / Rusak”.
  • Masukkan nomor Telkomsel yang ingin diganti karena hilang.
  • Ketikkan nomor E-KTP dan Nomor kartu keluarga (KK) untuk proses validasi data pelanggan.
  • Setelah semua beres maka mesin akan mengeluarkan SIM card baru dengan nomor sama seperti nomor yang hilang.

Bila tak sempat ke Grapari apa bisa unreg kartu telkomsel yang hilang tanpa ke Grapari? Pengguna bisa langsung menghubungi nomor customer service Telkomsel di 188. Siapkan data identitas diri sesuai dengan yang diberikan saat registrasi kartu ke 4444. Bila verifikasi dilakukan dengan benar maka pihak Telkomsel akan segera memblokir kartu tersebut.

Cara unreg kartu Indosat yang Hilang

Sebagaimana Telkomsel dan XL, operator Indosat pun menyediakan layanan customer service dan gerai Indosat bagi pelanggan yang kehilangan kartu indosat mereka. Guna keperluan memblokir kartu Indosat yang hilang agar tak bisa digunakan orang lain, pelanggan tinggal menghubungi customer service Indosat di (021) 30003000.

Syarat yang harus disiapkan adalah data identitas diri sesuai dengan data yang didaftarkan saat registrasi pertama kali di 4444. Bila memang data yang diberikan sesuai dengan yang ada di 4444 maka pihak Indosat akan langsung melakukan pemblokiran. Kecuali menghubungi nomor CS, pelanggan juga dapat mendatangi gerai Indosat terdekat untuk proses tersebut dengan membawa KTP dan KK.

Baca Juga: Cara cek kartu sudah terdaftar atau belum di Artikel Cara Registrasi Kartu Prabayar

Cara unreg kartu SIM yang Tak Digunakan

Untuk para pelanggan yang kerap menggunakan beberapa kartu SIM sekaligus, sesuai peraturan harus melakukan registrasi untuk setiap kartu. Bila tadinya pemerintah memberikan ketentuan jika satu pengguna paling banyak dapat mendaftar untuk tiga kartu SIM berbeda.

Namun, akhirnya diubah dimana kini pelanggan boleh melakukan registrasi kartu SIM berapa pun sesuai kebutuhan. Registrasi kartu SIM memiliki maksud agar tak terjadi penyalahgunaan kartu SIM untuk hal-hal negatif misalnya menyebarkan berita bohong, menipu, terorisme, keamanan transaksi nontunai misalnya internet banking atau SMS banking.

Seluruh provider seluler menyediakan fasilitas unreg yang artinya membatalkan pendaftaran untuk NIK dan nomor KK yang telah didaftarkan sebelumnya. Kendati kini sudah boleh mendaftarkan kartu SIM berapa saja namun untuk keamanan data, ada baiknya cepat unreg kartu SIM yang tak digunakan baik itu karena kartu sudah mati, hangus, hilang, atau lupa nomor kartu, sebelum melakukan registrasi kartu SIM baru. Cara unreg kartu SIM Telkomsel, Indosat, Tri, XL, Axis, dan Smartfren adalah sebagai berikut :

  1. Cara Unreg kartu Telkomsel

Unreg telkomsel Bisa dilakukan dengan:

  • Mengirimkan SMS yang formatnya : UNREG#NomorNIK.
  • Misalnya: UNREG#1231231231231233
  • Lalu kirimkan ke 4444.
  • Akan ada pemberitahuan dari nomor tersebut terkait permintaan unreg.

Metode lain yaitu dengan:

  • Dial ke *4444#
  • kemudian tekan CALL.
  • Tekan pilihan nomor 3 “UNREG”.
  • Lalu, ketikkan 16 digit nomor NIK yang dipakai ketika registrasi pertama kali kemudian ketuk kirim.
  1. Cara Unreg Kartu Indosat

Bila melalui SMS maka format yang digunakan adalah :

  • UNREG#NomorNIK
  • atau UNPAIR#NomorHP#.
  • Misalnya : UNPAIR#081289101112#
  • Kemudian kirimkan ke 4444.
  • Nantikan SMS pemberitahuan dari Indosat atas permintaan tersebut.
  1. Cara Unreg kartu 3 / Tri / Three

Cara unreg kartu 3 yang hilang, mati, terblokir atau kartu tri sudah hangus, Dapat dilakukan dengan:

  • Mengakses website resmi Tri di alamat : registrasi.tri.co.id.
  • Disediakan dua opsi bagi pengguna yakni “Registrasi Kartu Prabayar” dan “Unreg“.
  • Karena ingin membatalkan pendaftaran maka pilih “Unreg“.
  • Ketikkan data yang dipakai saat registrasi pertama kali termasuk nomor Tri dan juga NIK.
  • Selanjutnya, tekan tombol “Minta Kode Rahasia”.
  • Kode tersebut langsung dikirimkan ke nomor Tri yang akan di-unreg.
  • Ketikkan kode rahasia yang diperoleh dalam kolom yang disediakan.
  • Masa berlaku kode hanya 5 menit sehingga harus cepat diinput.
  • Tekan pada “I’m not a robot” untuk validasi lalu klik tombol kirim.
  1. Cara Unreg kartu XL dan Axis

XL dan Axis kini bersama dalam satu perusahaan sehingga cara unreg kartu keduanya pun sama. Menggunakan fitur SMS ketikkan : UNREG#NomorNIK lalu ketikkan : UNREG#NomorHP#. Misalnya : UNREG#081222222222# lalu kirimkan ke 4444. Akan ada SMS pemberitahuan dari XL atau Axis.

  1. Cara Unreg Kartu Smartfren

Berikut ini cara unreg kartu smartfren yang hilang, mati, hangus, dll:

  • Dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS yang formatnya : UNREG#NomorNIK
  • Kemudian ketikkan juga UNREG#NomorHP#.
  • Misalnya : UNREG#081289101112#
  • Kirimkan ke  4444.
  • SMS pemberitahuan akan dikirimkan Smartfren yang menyatakan jika proses unreg berhasil.

Cara lainnya yaitu via online di website resmi Smartfren dengan alamat : http://my.smartfren.com/mysmartfren/prepaid_unreg.php. Perlu diketahui jika website tersebut cuma dapat dibuka dari Hp menggunakan koneksi internet dari Smartfren. Jangan lupa pula menu “Data Saver” pada browser yang digunakan dalam posisi mati. Coba ketuk simbol titik tiga di samping kanan kolom URL, ketuk Settings atau Pengaturan, kemudian ketuk menu Data Saver. Berikutnya, di laman itu pengguna cukup mengetikkan data kartu SIM yang hendak di-unreg. Akan ada pemberitahuan penonaktifan yang dikirimkan Smartfren.

0 Shares:
You May Also Like