Cara Registrasi Kartu Smartfren

Demi mencegah penyalahgunaan kartu seluler prabayar untuk tindak kejahatan yang merugikan masyarakat maka beberapa waktu lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengeluarkan peraturan bahwa setiap calon pelanggan atau pelanggan kartu prabayar termasuk Smartfren harus melakukan registrasi. Cara Registrasi kartu Smartfren yang dibagikan dalam tulisan ini berlaku untuk nomor lama dan juga nomor baru.

Smartfren adalah layanan seluler dan internet yang kini menghadirkan jaringan 4G LTE dan juga VoLTE. Pelanggan bisa menikmati akses internet cepat dan juga berkomunikasi dengan kualitas suara jernih berkat teknologi VoLTE. Yang juga menarik dari layanan Smartfren adalah tarif paketnya yang murah dengan kualitas sinyal yang kuat dan stabil. Bahkan Smartfren pun memiliki paket internet unlimited dengan tariff yang murah hanya Rp.50 ribu dan pelanggan sudah bisa sepuasnya berinternetan selama satu bulan (tepatnya 28 hari).

Cara registrasi ulang kartu Smartfren bagi nomer lama maupun baru bisa dengan mengirim SMS atau layanan online dari website resminya. Registrasi nomor smartfren membutuhkan info data Nomor Induk Kependudukan (NIK) kamu dan juga nmr Kartu Keluarga (KK). Peraturan tersebut berdasarkan isi dari Peraturan Menkominfo No. 12/2016 beserta perubahannya. Keharusan registrasi dan daftar ulang tersebut berlaku tak hanya untuk kartu Smartfren namun juga kartu seluler prabayar operator lain yang dijual di Indonesia.

Seperti telah disebutkan, fungsi utama dari registrasi tersebut yaitu mencegah terjadinya penyalahgunaan data maupun berbagai hal lain yang bisa merugikan pengguna. Di samping itu aturan ini pun akan mempermudah dan mengamankan layanan konsumen pengguna kartu prabayar GSM atau LTE umpamanya saat mereka melakukan transaksi pembayaran atau pembelian online.

Cek juga:

cara registrasi kartu smartfren

Cara Registrasi Kartu  Smartfren Online via Website

Pengguna kartu Smartfren dapat melakukan registrasi ulang via daring dengan mengakses situs resmi Smartfren di www.smartfren.com. Prosedur berikutnya yang harus dilakukan setelah halaman utama situs Smartfren terbuka  yaitu klik simbol tiga garis di sudut kanan atas layar dan pilih opsi “Daftarkan Prabayar Anda”. Ditampilkan 4 pilihan cara registrasi kartu prabayar Smartfren yaitu melalui SMS, aplikasi MySmartfren, situs resmi www.mysf.id, atau mengunjungi galeri Smartfren terdekat. Untuk pendaftaran online kunjungi situsnya di www.mysf.id/reg.

Setelah itu isikan nomor kartu Smartfren yang hendak didaftarkan. Selanjutnya ketikkan nomor KTP sebanyak 16 digit atau dengan meng-upload foto e-KTP. Pelanggan harus memilih jenis verifikasi yang diinginkan bisa dengan menginput kode PUK, Kode Aktivasi maupun SMS. Isikan kode verifikasi sesuai jenis verifikasi yang dipilih.

PUK adalah 8 digit angka yang tertera di balik cangkang kartu perdana Smartfren. Kode aktivasi adalah 5 digit angka yang tercetak pada box kemasan, sementara kode verifikasi otomatis dikirimkan via SMS ketika pelanggan meminta. Berikutnya ketikkan nomor KK sebanyak 16 digit atau bisa juga dengan meng-upload foto KK. Isikan alamat e-mail aktif dan terakhir isikan nomor ponsel lain yang aktif.

Sebelum klik tombol Selanjutnya, berikan tanda centang pada “Saya telah membaca dan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan”. Jangan lupa juga mengisi kode captcha seperti yang terlihat di layar. Proses registrasi biasanya cukup cepat meski kadang juga hingga 1 x 24 jam notifikasi keberhasilan registrasi baru diterima pelanggan.

Cara Registrasi Ulang Kartu Smartfren via SMS

Aktivasi nomor baru Smartfren 4G lewat registrasi dapat juga dilakukan dengan mengirimkan SMS. Format pendaftaran melalui SMS yaitu dengan mengetikkan : NIK#Nomor KK# lalu dikirim ke 4444. Sedangkan untuk daftar ulang kartu Smartfren lama, format SMS yang digunakan adalah : ULANG#NIK#Nomor KK# kemudian kirimkan ke 4444. Pelanggan akan mendapatkan SMS pemberitahuan bahwa registrasi yang dilakukan berhasil dan kartu sudah dapat digunakan.

Cara Registrasi Kartu Perdana Smartfren Online via Aplikasi

Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi MySmartfren yang dapat diunduh dari Play Store (gratis unduh Di Sini). Bisa juga dengan mengakses alamat berikut www.mysmartfren.com/reg. Tatacara registrasi hampir sama dengan registrasi via situs resmi Smartfren. Beberapa data penting harus diinput termasuk NIK dan nomor KK. Agar registrasi tak mengalami kendala maka cek dengan teliti saat menginput 16 digit nomor NIK dan juga nomor KK.

Cara Registrasi Kartu Smartfren via Galeri Smartfren

Pelanggan yang ingin melakukan daftar ulang atau registrasi SIM card perdana Smartfren dapat juga langsung datang ke galeri Smartfren terdekat. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan berkas yaitu KTP dan KK. Pihak Smartfren akan mendaftarkan nomor pelanggan ke sistem dengan menginput data identitas kependudukan.

Tak setiap registrasi kartu Smartfren bisa berjalan dengan lancar. Adakalanya pelanggan mengalami kendala. Bila itu yang terjadi Pelanggan bisa menghubungi layanan contact center Smartfren di 4444 dari nomor Smartfren atau menghubungi nomor 021-50100000  dari telepon rumah atau juga ke nomor 08811-223344 dari nomor seluler lain. Sementara jika mengalami kendala dari nomor data kependudukan yang diinput maka pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan Ditjen Dukcapil di nomor call center 1500537.


0 Shares:
You May Also Like