Google Pixel 4 XL

Dalam acara “Made by Google” yang berlangsung di New York City, Google Pixel 4 Google Pixel 4 XL dikenalkan ke publik. Pixel 4 dan Pixel 4 XL menjadi smartphone flagship terakhir yang diluncurkan tahun ini. Setelah sebelumnya brand besar seperti Samsung, Apple, dan Huawei meluncurkan seri flagship mereka tiga bulan terakhir ini.

Tidak ada perbedaan mencolok antara duo Pixel yang baru saja diluncurkan. Perbedaan hanya pada kapasitas baterai, lebar layar, dan resolusi layar. Dimana Pixel 4 XL tentu saja memiliki kelebihan dibandingkan saudaranya Pixel 4.

Pixel 4 XL dibanderol dengan harga Rp12.600.000 untuk varian memori 64 GB dan Rp 14.000.000 untuk memori 128 GB.

Kini Google Pixel 4 XL hadir dengan dua kamera belakang 12 MP dan 16 MP. Dan satu kamera selfie 8 MP. Chipset yang digunakan pada Pixel 4 XL adalah Snapdragon 855. Yang dipadukan dengan RAM 6 GB. Pixel 4 XL menggunakan layar OLED 6,3 inchi dengan resolusi QHD.

Harga Google Pixel 4 XL

Last Updates:
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Google Pixel 4 XL (64 GB)Rp12.600.000-
Google Pixel 4 XL (128 GB)Rp.14.000.000-
RilisOktober 2019
Link terkaitHarga Google Pixel Terbaru

Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL tidak akan dijual secara resmi di Indonesia. Jika Anda menginginkan smartphone teranyar Google ini barangkali bisa membeli di negara tetangga terdekat seperti Singapura.

Lihat juga: Google Pixel 2 XL

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 10
RAM6 GB
ROM64/128 GB
ChipsetSnapdragon 855
CPUOcta-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485)
GPUAdreno 640
Bodi
Dimensi160.4 x 75.1 x 8.2 mm
Berat193 gr
LayarP-OLED 6.3 inch
Kamera
Depan8 MP, f/2.0, 22mm (wide), 1.22µm, no AF
TOF 3D camera
Belakang12.2 MP, f/1.7, 28mm (wide), 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS
16 MP, f/2.4, 45mm (telephoto), 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
Video[email protected], [email protected]/60/120fps, [email protected] (gyro-EIS)
FiturDual-LED flash, Auto-HDR, panorama
ProteksiCorning Gorilla Glass 5
Konektivitas
SIMNano-SIM card & eSIM
JaringanGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspo
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFCYes
Jack Audio 3.5mmNo
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
WarnaClearly White, Just Black, Oh So Orange
RadioNo
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
BateraiLi-Po 3700 mAh
ChargerFast battery charging 18W
USB Power Delivery 2.0
QI wireless charging

Pertama Kali dengan Kamera Ganda

kamera google pixel 4 xl

Google Pixel 4 XL masih menjadikan kamera sebagai sektor yang diunggulkan. Seperti sudah umum diketahui bahwa Google Pixel adalah salah satu smartphone dengan kamera terbaik. Begitupun Google Pixel 4 XL yang kini hadir dengan kamera ganda tidak seperti pendahulunya yang hanya memiliki satu kamera. Dua kamera itu adalah satu kamera beresolusi 12 MP yang dipasangkan dengan kamera telephoto 16 MP. Kamera telephoto mampu melakukan pembesaran optik hingga 2x zoom. Tidak ada kamera ultra wide pada Pixel 4 XL seperti yang biasanya ada di ponsel lain yang memiliki kamera lebih dari satu. Karena menurut Google, kamera telephoto jauh lebih penting dari pada kamera ultra wide.

Selama ini Google mengunggulkan perangkat lunak dibanding perangkat keras dalam menghasilkan kamera terbaik. Pada Pixel 4 XL, selain peningkatan dari sisi perangkat keras, perangkat lunak juga mengalami peningkatan. Salah satunya adalah peningkatan mode malam atau Google menyebutnya Night Sight. Dimana selain bisa mengambil gambar tetap bagus pada kondisi low light, kini bisa mengambil gambar langit berbintang pada malam hari dengan lebih jelas. Anda bisa menjadi seorang ahli astrofotografi dengan hanya menggunakan sebuah smartphone.

Di bagian depan terdapat kamera selfie 8 MP  bukaan f /2.0 dengan bidang pandang 90 derajat. Kamera depan sudah dilengkapi fitur auto HDR.

Untuk perekaman video kamera Pixel 4 XL mampu merekam pada 4K 30 fps (frame per second). Dan mampu merekam video slow mo pada 120 fps 1080p.

Performa Kenceng dengan Snapdragon 855

chipset google pixel 4 xl snapdragon 855

Pada sektor dapur pacu, Google Pixel 4 XL dibekali chipset flagship Snapdragon 855 dari Qualcomm. Sebenarnya chipset ini bukan yang paling baru dari Qualcomm. Karena kini sudah ada Snapdragon 855+ yang disematkan di beberapa smartphone Android lain. Chipset Snapdragon 855 tentu sudah sangat cepat dan mendukung beberapa teknologi baru. 

Chipset Snapdragon 855 ini dipadukan dengan RAM 6 GB untuk mendukung performa. Didukung memori penyimpanan 64/128 GB. Relatif tidak terlalu besar. Dan sayangnya, juga tidak ada slot micro SD untuk memori eksternal pada Pixel 4 XL.

Berjalan pada OS Terbaru Andoird 10

android 10

Google Pixel 4 XL  berjalan pada sistem operasi Android terbaru yaitu Android 10. Ada beberepa fitur baru pada Andorid 10. Seperti dark mode yang lebih nyaman untuk mata manusia , mode fokus agar pengguna tidak terganggu, dan live caption yang mampu memuat teks ketika video atau podcast sedang diputar. Selain fitur-fitur itu, yang menjadi konsen utama dari OS Android 10 adalah soal keamanan. Dimana izin aplikasi kini menjadi lebih ketat.

Mendukung Fast Charging dan Wireless Charging

fast charging

Untuk menopang daya, Pixel 4 XL dibekali baterai berkapasitas 3700 mAh. Meskipun tidak terlalu besar, Google mangklaim baterai cukup untuk pemakaian sehari.  Untuk pengisian baterai, sudah mendukung fast charging 18 Watt. Dan juga sudah mendukung pengisian daya nirkabel (wireless charging).

Layar OLED QHD 6,3 Inchi dengan Fresh Rate 90 Hz

layar google pixel 4 xl

Pada bagian depan, terdapat layar OLED 6,3 inchi dengan resolusi 1440 x 3040p (QHD). Selain itu, fresh ratenya adalah 90 Hz sehingga layar akan smooth. Layar Google Pixel 4 XL diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5. Selain itu, Pixel 4 XL juga sudah mengantongi sertifikat IP68. Yang berarti, smartphone ini sudah tahan air dan debu. 

Fitur Terbaru Google

google assistant

Ada beberapa fitur baru yang disematkan pada Google Pixel 4 XL. Diantaranya yang paling menyita perhatian adalah fitur motion sense. Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan perintah seperti memforward pemutaran musik, menolak panggilan telepon, atau me-snooze alarm tanpa menyentuh smartphone. Cukup hanya dengan menggerakan tangan di udara. Kemampuan ini tidak lepas dari sensor radar yang dipasang di bezel atas yang disebut Soli. Yang mampu membaca gesture tangan. Sayangnya fitur motion sense ini hanya mampu melakukan perintah-perintah dasar.

Selain motion sense, fitur Google Assistant juga mengalami sejumlah peningkatan. Assistant yang baru ini mampu melakukan perintah yang cukup beragam seperti mencari foto, mengirim, dan juga melakukan pengingat jadwal.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Google Pixel 4 XL

Google Pixel 4 XL memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Memiliki dua kamera andalan Google
  • Dibekali chipset cepat Snapdragon 855
  • Fitur-fitur terbaru dari Google
  • Sistem operasi terbaru Android 10
  • Layar QHD
  • Fress Rate layar 90 Hz
  • Fast Charging 18 W
  • Tahan air dan debu IP68
  • Dilindungi kaca Gorilla Glass 5
  • Face unlock yang sangat cepat

Kekurangan Google Pixel 4 XL

Google Pixel 4 XL masih memiliki beberapa hal yang menjadi catatan, yaitu:

  • Tidak ada kamera ultra wide
  • Desain relatif jadul
  • Memori penyimpanan relatif kecil

Kesimpulan

Bagi penggemar fotografi, Google Pixel 4 XL sangat menarik untuk dimiliki. Mengingat kemampuan fotografinya yang luar biasa dan didukung fitur lain yang terbaru dari Google. Namun, untuk menebusnya perlu merogoh kocek sebesar 12-14 juta rupiah. Harga Pixel terbaru tersebut relatif lebih murah dibandingkan dengan flagship brand lain seperti Samsung Galaxy Note 10+, Huawei Mate 30 Pro, dan iPhone 11 Pro Max yang dibanderol dengan harga jauh lebih mahal.

1 Shares:
You May Also Like

Google Pixel 2

Google Pixel 2: Smartphone besutan Google berotak Snapdragon 835

Google Pixel

Google Pixel: HP besutan Google dengan segudang fitur canggih

Google Pixel 3

Google Pixel 3: Salah satu smartphone dengan kamera terbaik