Google Pixel 2 XL

Akhir tahun 2017 lalu, Google meluncurkan sebuah smartphone yang di gadang-gadang memiliki processor yang super canggih. Dua jenis smartphone yang diluncurkan google yakni Google Pixel dan juga Google Pixel 2 XL. Kemunculan smartphone ini membuat cukup dinanti-nanti dan menimbulkan antusias serta euphoria dari masyarakat yang tidak sabar membuktikan kecanggihan smartphone ini.

Semakin canggih teknologi maka semakin bermunculan merk dan tipe smartphone baru yang telah beredar di pasaran. Tidak sedikit orang yang merasa kebingungan dengan merk dan tipe smartphone apa yang harus mereka miliki.Buat kamu yang bingung, bisa cek dulu ulasan tentang handphone canggih google pixel 2 XL ini.

Sesuai dengan namanya maka smartphone canggih ini juga merupakan produk teranyar dari google. Kini google berhasil mengeluarkan smartphone canggih yang ciamik, yang dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Handphone keluaran google ini baru hadir di pasaran sekitar akhir tahun kemarin, dan membawa segudang spesifikasi yang menggiurkan.

Flash Sale Lazada hemat 99%

Jika dilihat dari reaksi pasar terhadap smartphone Google Pixel 2 XL  ini, tentunya menjadi suatu persaingan bagi smartphone merk lain yang lebih dahulu hadir. Alasannya tak lain karena fitur-fitur yang ditawarkan sesuai dengan harganya.

Namun karena smartphone google ini masih merupakan produk yang baru, dan juga belum diketahui bagaimana kemampuannya bersaing di dunia digital maka masih banyak orang yang ragu dengan keunggulan dari handphone yang satu ini. dianggap sebagai produk yang modern, maka google pixel ini memberikan spesifikasi yang mumpuni dan selangkah lebih maju dibanding produk lainnya.

google pixel 2 xl-2
img: gadgets.ndtv.com

Setelah beberapa hari kemunculannya, muncul berbagai revew terkait kelebihan dan kekurangan dari smartphone yang di banderol dengan harga diatas 10 juta rupiah ini. Banyak para Reviewers yang menyatakan bahwa spesifikasinya sama dengan produk Iphone 7. Hal tersebut kembali pada penilaian tiap orang setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan smartphone ini

Kelebihan Google Pixel 2 XL

Prosesor dan RAM

Tidak dapat di pungkiri bahwa performa processor yang ditanamkan pada srmartphone inilah yang membuat banyak masyarakat antusias akan kehadiran smartphone ini. Dari segi Platform, tidak tanggung-tanggung smartphone ini dibekali dengan chipset Qualcomm MSM 8998 Snapdragon 835. Processor tersebut merupakan processor terbaru dan tertinggi untuk saat ini.

Di saat smartphone canggih lain yang hanya dibekali dengan chipset snapdragon dengan performa sekitar 600-an, smartphone ini memang cukup mengundang perhatian karena mampu dibekali dengan Snapdragon 835. Selain itu, sistem operasi yang dibekali juga merupakan sistem operasi terbaru dan tercanggih yaitu Android 8.0 atau Android Oreo di saat smartphone canggih lainnya dengan Android 7.0, sehingga hal itu menjadi keistimewaan tersendiri bagi google pixel yang satu ini.

Bagaimana dengan kinerja dari handphone yang satu ini? Banyak yang bilang bahwa pixel 2 XL ini menang dan unggul di OS. Tapi ternyata tak hanya itu, karena pixel 2 XL ini juga menawarkan kinerja kerja yang kencang. Karena sistemnya selain didukung prosesor qualcomm snapdragon 835 dengan CPU Octa-core, GPU Adreno 540, juga memiliki kapasitas RAM 4 GB.

Display dan body

Smartphone yang rilis bulan oktober tahun 2017 ini hanya memiliki berat 175 gram dengan ukuran 6.0 inchi dengan screen to body ratio sebesar 76.4 %. Dengan berat dan lebar layar tersebut smartphone ini dikaterogikan cukup ringan dan juga cukup nyaman di genggam. Pada bagian kerangka, digunakan aluminium body dengan sentuhan partial glass black serta front glass menjadikannya tampak mewah.

Ditambah lagi dengan dimensi body yang cukup tipis sehingga sangat cocok bagi pengguna gadget yang menginginkan beragam teknologi canggih dalam satu genggaman. Jika dilihat dari body dan display, smartphone ini seringkali disejajarkan dengan smartphone canggih kelas atas lainnya seperti I-phone. Bahkan seringkali reviewer membandingkan kedua merek tersebut.

Yang menjadi pusat perhatian pada bagian display smartphone ini adalah besar resolusi yang dimiliki. Smartphone ini diusung dengan resolusi sebesar 1440 x 2880 pixels dengan rasio 18:9 dimana resolusi tersebut memberikan keistimewaan bagi pengguna. Ketajaman resolusi ini membuat para pengguna sangat nyaman ketika menonton video, bermain game, dan sebagainya. Handphone google pixel ini juga memiliki sertifikat anti air dan debu yang ukurannya IP 67, serta telah memiliki pelindung layar gorilla glass 5. Itulah salah satu kelebihan google pixel ini, yang menambah pesona hp bezel less tersebut.

Sebelum kita membeli handphone yang berspesifikasi lengkap dan canggih, biasanya kita akan melihat terlebih dahulu bagaimana tampilannya. Tampilan smartphone yang elegan tentu akan menarik hati setiap orang yang akan membelinya. Karena membawa nama google maka handphone ini membawa logo G di bagian belakang, yang terbuat dari aluminium.

Water dan dust resistant

Untuk menunjang kemewahan dan kenyamanan para penggunanya, tidak lupa pula disematkan teknologi yang paling penting yaitu ketahanan akan air dan debu. Smartphone ini telah mengantungi sertifikat IP67 dust or water resistant dimana smartphone ini mampu bertahan di dalam air selama lebih dari satu setengah jam lamanya. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemburu gadget.

Smartphone ini sangat cocok bila ingin digunakan pada daerah esktrim atau bagi pengguna yang ingin membawa smartphone ini menjelajahi alam. Smartphone ini juga cocok digunakan untuk mengambil gambar atau mengabadikan gambar di dalam air dengan kedalaman tertentu dan juga pada wilayah dengan kondisi berdebu ekstrem sekaligus.

Kamera

Kamera juga menjadi poin penting dan utama dalam hal pemilihan smartphone android, smartphone yang kini banyak bertebaran di pasaran semakin menciptakan kamera yang canggih dengan ukuran yang semakin besar dan bagus dalam berselfie. Termasuk handphone google pixel 2 XL yang satu ini.

Handphone ini sudah didukung oleh kamera belakang yang berukuran 12,2 MP yang telah dilengkapi dengan, flash ganda dan fitur portrait mode yang akan memberikan efek fokusyang tajam. Serta ditambah dengan bokeh ciamik di satu objek tertentu, sehingga hasil foto anda akan menjadi lebih jelas dan jernih.

Bagaimana dengan kamera depan smartphone ini? kapasitas atau resolusinya sekitar 8 MP saja dan tidak terdapat fitur lainnya. Kamera depan pada google pixel ini hanya dapat digunakan untuk aktivitas selfie saja. Namun jika anda tidak terlalu suka memotret benda atau selfie, smartphone ini cocok untuk anda.

Kapasitas Penyimpanan

Memori merupakan hal utama yang sering dijadikan pilihan penting dalam memilih handphone android, karena kapasitas memori yang banyak sangat berpengaruh pada aplikasi yang terdapat di dalamnya. Sehingga anda bisa mengunduh banyak aplikasi, tanpa merasa takut terganggu dengan kendala handphone ngehang atau lemot.

Untuk mendukung aktivitas media foto, video atau dokumen lainnya kapasitas dari handphone google ini menyediakan memori internal sebanyak 64 GB yang dapat mencapai 128 GB.

Feature menarik

Karena smartphone ini merupakan keluaran perusahaan raksasa mesin pencari google, smartphone ini dilengkapi dengan fitur yang sangat menarik yakni Google lens dan active edge. Fitur tersebut tentunya merupakan basic feature dan original dari google sendiri. selain itu, ada banyak feature miliki google yang ditanamkan pada smartphone ini.

Kekurangan Google Pixel 2 XL

No card slot memory

Meski Google Pixel 2 XL dibekali dengan kapasitas memori internal sebesar 64/128 GB dengan kapasitas RAM sebesar 4 GB, namun yang menjadi kekurangan dari smartphone ini adalah tidak tersedianya slot kartu memori eksternal sehingga pengguna tidak bisa menambahkan memori eksternal apabila memori internal telah terpakai semua.

Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan ketika hendak membeli smartphone ini, pasalnya dengan resolusi yang tinggi tersebut tentunya menghasilkan file dengan kapasitas yang lebih besar pula. Meski demikian, kapasitas memori internal dirasa sangat mumpuni untuk menampung berbagai jenis file atau data yang tersimpan pada memori smartphone ini.

Baterai

Baterai yang dibenamkan pada smartphone ini merupakan baterai non-removable. Artinya baterai tersebut tidak dapat dibongkar pasang apabila tidak menggunakan peralatan khusus oleh tenaga profesional. Hal ini menyebabkan pengguna lebih kesulitan untuk mengidentifikasi kerusakan atau masalah yang terjadi pada baterai atau memperbaiki sendiri kerusakan pada baterai.

Dari segi kapasitas baterai, smartphone ini hanya dibekali baterai dengan kapasitas 3520 mAh saja. Kapasitas tersebut tentu saja merupakan kapasitas standart pada smartphone umumnya. Mengingat smartphone ini memiliki banyak feature yang tentunya membutuhkan kapasitas baterai yang lebih banyak Tentu saja kapasitas tersebut dirasa kurang untuk smartphone sekelas Google Pixel 2 XL.

Meski teknologi fast charging juga melengkapi smartphone ini, namun tetap saja dengan kapasitas tersebut membuat para pengguna harus lebih sering melakukan charging. Terlebih lagi bila smartphone ini dibawa ke tempat yang sekiranya jauh dari aliran listrik seperti pada alam bebas dan sebagainya sehingga pengguna sangat membutuhkan sebuah power bank agar smartphone ini tetap aktif.

Color

Smartphone ini diluncurkan hanya dalam 2 warna yaitu total black dan black white. Kedua warna tersebut memang tampak elegan, namun hal tersebut tidak memberikan pengguna pilihan. Apalagi bagi pengguna yang menginginkan warna berbeda. mengingat sekarang para produsen smartphone memproduksi smartphone dengan berbagai warna untuk memberikan pilihan kepada penggunanya.

Tidak bisa melakukan boot

Salah satu yang dikeluhkan oleh para pengguna adalah smartphone ini tidak bisa melakukan rebooting sama sekali. Hal tersebut karena pengguna tidak bisa menemukan sistem operasi yang valid dikarenakan sistem operasi tidak terpasang dengan baik. namun, kondisi tersebut terjadi pada sebagian saja dari produksi smartphone ini. Kesalahan teknis ini cukup menurunkan rating dari smartphone ini.

Layar yang seringkali berubah pada waktu tertentu

Selain beberapa produk yang memiliki kesalahan teknis dalam pemasangan sistem operasi, pengguna juga mengeluhkan terkait display smartphone ini. Pengguna smartphone ini mengeluhkan bahwa layar handphonenya tampak seperti seolah terbakar dari dalam komponen smartphone. Sebagian pengguna juga mengeluhkan bahwa layar handphone seringkali berubah warna menjadi biru pada angle tertentu.

Tidak dibekali jack audio 3.5 mm

Jack audio merupakan teknologi yang mampu menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas. Namun, Smartphone ini tidak dibekali dengan jack audio 3.5 mm sehingga banyak pengguna yang mengeluhkan kualitas suara. Terlebih lagi ketika digunakan untuk melakukan panggilan telephone. Pengguna mendapatkan suara yang cukup mengganggu saat smartphone tersebut digunakan untuk menelepon.

Harga Google Pixel 2 XL

Bagaimana dengan harga dari handphone google pixel yang satu ini? Karena google telah menawarkan kecepatan kerja yang tinggi pada sistem operasinya, memiliki OS terbaru, dan kamera yang cukup mumpuni, maka harga dari handphone pixel 2 XL ini memang cukup fantastis. Beberapa market place online menjual handphone ini sekitar 13-14 juta rupiah.

Tak heran jika handphone ini diklaim sebagai produk terbaik yang ditawarkan oleh google. Mengingat harganya yang sangat mahal untuk ukuran handphone, maka spesifikasi dan kelebihannya pun harus sebanding dengan harga jualnya. Namun banyak orang yang akan mempertimbangkan lagi, apakah akan membeli handphone dengan harga tersebut.

Karena masih banyak handphone smartphone lainnya yang harganya sama fantastisnya dengan pixel 2 XL, yang mencapai lebih dari 10 juta. Tetapi kita sudah tahu bagaimana kemampuan dan kualitas dari produk tersebut karena melihat tipe dan merknya. Misalnya saja handphone iphone 8, iphone 8 plus, dan iphone x.

Sedangkan produk dari google ini belum diketahui secara pasti bagaimana kemampuan dan kinerjanya, sebagai smartphone keluaran terbaru. Karena google baru meluncurkan produk handphone, tetapi sudah menawarkan harga yang sangat fantastis.

Jika dilihat dari harga memang mencengangkan untuk smartphone keluaran terbaru. Namun fitur dan performa smartphone satu ini patut dicoba untuk membuktikannya. Selain fitur yang menarik, harga yang fantastis seharusnya menjadi pertimbangan. Maka harga harus menjadi pertimbangan kuat sebelum anda memutuskan membeli google pixel 2 XL ini.

Masih banyak spesifikasi lainnya yang terdapat pada google pixel ini, yang membuat smartphone canggih ini semakin lengkap. Smartphone Google pixel 2 XL telah didukung oleh konektivitas 4G LTE, mengusung fast batterai sehingga anda tak perlu menunggu terlalu lama ketika handphone sedang dicharge. Tentunya ini akan mengehmat waktu anda.

Selain itu, juga memiliki fitur USB port tipe C, dan fingerprint yaitu fitur untuk melindungi handphone anda agar tetap aman dan tidak dapat sembarangan dibuka oleh orang selain anda. Memiliki sensor gyro, accelerometer, serta beberapa fitur tambahan dari google seperti music recognition, google assistant, dan always on screen.

Best Seller Lazada
About Author: