Google Pixel 2 XL

Akhir tahun 2017 lalu, Google meluncurkan sebuah smartphone yang di gadang-gadang memiliki processor yang super canggih. Dua jenis smartphone yang diluncurkan google yakni Google Pixel dan juga Google Pixel 2 XL. Kemunculan smartphone ini membuat cukup dinanti-nanti dan menimbulkan antusias serta euphoria dari masyarakat yang tidak sabar membuktikan kecanggihan smartphone ini.

google pixel 2 xl-2
img: gadgets.ndtv.com

Setelah beberapa hari kemunculannya, muncul berbagai revew terkait kelebihan dan kekurangan dari smartphone yang di banderol dengan harga diat.as 10 juta rupiah ini. Banyak para Reviewers yang menyatakan bahwa spesifikasinya sama dengan produk Iphone 7. Hal tersebut kembali pada penilaian tiap orang setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan smartphone ini

Kelebihan Google Pixel 2 XL

Processor

Tidak dapat di pungkiri bahwa performa processor yang ditanamkan pada srmartphone inilah yang membuat banyak masyarakat antusias akan kehadiran smartphone ini. Dari segi Platform, tidak tanggung-tanggung smartphone ini dibekali dengan chipset Qualcomm MSM 8998 Snapdragon 835. Processor tersebut merupakan processor terbaru dan tertinggi untuk saat ini.

Di saat smartphone canggih lain yang hanya dibekali dengan chipset snapdragon dengan performa sekitar 600-an, smartphone ini memang cukup mengundang perhatian karena mampu dibekali dengan Snapdragon 835. Selain itu, sistem operasi yang dibekali juga merupakan sistem operasi terbaru dan tercanggih yaitu Android 8.0 atau Android Oreo di saat smartphone canggih lainnya dengan Android 7.0.

Display dan body

Smartphone yang rilis bulan oktober tahun 2017 ini hanya memiliki berat 175 gram dengan ukuran 6.0 inchi dengan screen to body ratio sebesar 76.4 %. Dengan berat dan lebar layar tersebut smartphone ini dikaterogikan cukup ringan dan juga cukup nyaman di genggam. Pada bagian kerangka, digunakan aluminium body dengan sentuhan partial glass black serta front glass menjadikannya tampak mewah.

Ditambah lagi dengan dimensi body yang cukup tipis sehingga sangat cocok bagi pengguna gadget yang menginginkan beragam teknologi canggih dalam satu genggaman. Jika dilihat dari body dan display, smartphone ini seringkali disejajarkan dengan smartphone canggih kelas atas lainnya seperti I-phone. Bahkan seringkali reviewer membandingkan kedua merek tersebut.

Yang menjadi pusat perhatian pada bagian display smartphone ini adalah besar resolusi yang dimiliki. Smartphone ini diusung dengan resolusi sebesar 1440 x 2880 pixels dimana resolusi tersebut memberikan keistimewaan bagi pengguna. Ketajaman resolusi ini membuat para pengguna sangat nyaman ketika menonton video, bermain game, dan sebagainya.

Water dan dust resistant

Untuk menunjang kemewahan dan kenyamanan para penggunanya, tidak lupa pula disematkan teknologi yang paling penting yaitu ketahanan akan air dan debu. Smartphone ini telah mengantungi sertifikat IP67 dust or water resistant dimana smartphone ini mampu bertahan di dalam air selama lebih dari satu setengah jam lamanya. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemburu gadget.

Smartphone ini sangat cocok bila ingin digunakan pada daerah esktrim atau bagi pengguna yang ingin membawa smartphone ini menjelajahi alam. Smartphone ini juga cocok digunakan untuk mengambil gambar atau mengabadikan gambar di dalam air dengan kedalaman tertentu dan juga pada wilayah dengan kondisi berdebu ekstrem sekaligus.

Feature menarik

Karena smartphone ini merupakan keluaran perusahaan raksasa mesin pencari google, smartphone ini dilengkapi dengan fitur yang sangat menarik yakni Google lens dan active edge. Fitur tersebut tentunya merupakan basic feature dan original dari google sendiri. selain itu, ada banyak feature miliki google yang ditanamkan pada smartphone ini.

Kekurangan Google Pixel 2 XL

No card slot memory

Meski Google Pixel 2 XL dibekali dengan kapasitas memori internal sebesar 64/128 GB dengan kapasitas RAM sebesar 4 GB, namun yang menjadi kekurangan dari smartphone ini adalah tidak tersedianya slot kartu memori eksternal sehingga pengguna tidak bisa menambahkan memori eksternal apabila memori internal telah terpakai semua.

Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan ketika hendak membeli smartphone ini, pasalnya dengan resolusi yang tinggi tersebut tentunya menghasilkan file dengan kapasitas yang lebih besar pula. Meski demikian, kapasitas memori internal dirasa sangat mumpuni untuk menampung berbagai jenis file atau data yang tersimpan pada memori smartphone ini.

Baterai

Baterai yang dibenamkan pada smartphone ini merupakan baterai non-removable. Artinya baterai tersebut tidak dapat dibongkar pasang apabila tidak menggunakan peralatan khusus oleh tenaga profesional. Hal ini menyebabkan pengguna lebih kesulitan untuk mengidentifikasi kerusakan atau masalah yang terjadi pada baterai atau memperbaiki sendiri kerusakan pada baterai.

Dari segi kapasitas baterai, smartphone ini hanya dibekali baterai dengan kapasitas 3520 mAh saja. Kapasitas tersebut tentu saja merupakan kapasitas standart pada smartphone umumnya. Mengingat smartphone ini memiliki banyak feature yang tentunya membutuhkan kapasitas baterai yang lebih banyak Tentu saja kapasitas tersebut dirasa kurang untuk smartphone sekelas Google Pixel 2 XL.

Meski teknologi fast charging juga melengkapi smartphone ini, namun tetap saja dengan kapasitas tersebut membuat para pengguna harus lebih sering melakukan charging. Terlebih lagi bila smartphone ini dibawa ke tempat yang sekiranya jauh dari aliran listrik seperti pada alam bebas dan sebagainya sehingga pengguna sangat membutuhkan sebuah power bank agar smartphone ini tetap aktif.

Color

Smartphone ini diluncurkan hanya dalam 2 warna yaitu total black dan black white. Kedua warna tersebut memang tampak elegan, namun hal tersebut tidak memberikan pengguna pilihan. Apalagi bagi pengguna yang menginginkan warna berbeda. mengingat sekarang para produsen smartphone memproduksi smartphone dengan berbagai warna untuk memberikan pilihan kepada penggunanya.

Tidak bisa melakukan boot

Salah satu yang dikeluhkan oleh para pengguna adalah smartphone ini tidak bisa melakukan rebooting sama sekali. Hal tersebut karena pengguna tidak bisa menemukan sistem operasi yang valid dikarenakan sistem operasi tidak terpasang dengan baik. namun, kondisi tersebut terjadi pada sebagian saja dari produksi smartphone ini. Kesalahan teknis ini cukup menurunkan rating dari smartphone ini.

Layar yang seringkali berubah pada waktu tertentu

Selain beberapa produk yang memiliki kesalahan teknis dalam pemasangan sistem operasi, pengguna juga mengeluhkan terkait display smartphone ini. Pengguna smartphone ini mengeluhkan bahwa layar handphonenya tampak seperti seolah terbakar dari dalam komponen smartphone. Sebagian pengguna juga mengeluhkan bahwa layar handphone seringkali berubah warna menjadi biru pada angle tertentu.

Tidak dibekali jack audio 3.5 mm

Jack audio merupakan teknologi yang mampu menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas. Namun, Smartphone ini tidak dibekali dengan jack audio 3.5 mm sehingga banyak pengguna yang mengeluhkan kualitas suara. Terlebih lagi ketika digunakan untuk melakukan panggilan telephone. Pengguna mendapatkan suara yang cukup mengganggu saat smartphone tersebut digunakan untuk menelepon.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Google Pixel 2

Google Pixel 2: Memiliki kamera bagus didukung teknologi fast charging

Google Pixel

Google Pixel: HP besutan Google dengan segudang fitur canggih

Google Pixel 2

Google Pixel 2: Memberikan pengalaman fotografi yang lebih baik