Xiaomi Black Shark 2 Pro

Xiaomi kembali menggebrak dengan jajaran smartphone gaming terbarunya yaitu Xiaomi Black Shark 2 Pro. Diluncurkan pada bulan Juli 2019 lalu, perangkat ini disinyalir akan mendarat di Indonesia dalam waktu dekat.

Smartphone yang diplot sebagai suksesor dari Xiaomi Black Shark 2 ini memiliki beberapa upgrade yang dapat meningkatkan kinerja performa. Diantaranya adalah peningkatan pada bagian dapur pacu meliputi CPU dan GPU yang mana dari hasil klaim dari Xiaomi perangkat ini memperoleh skor benchmark mencapai 500.612 poin.

Dari hasil tersebut menempatkan Xiaomi Black Shark 2 Pro menjadi salah satu smartphone gaming dengan poin tertinggi. Asal muasal skor tinggi tersebut tidak lain karena perangkat ini didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 855 Plus dan paduan GPU Adreno 640. Dibanderol dengan harga Rp7.400.000, perangkat ini akan mampu memuaskan dahaga hiburan Anda.

Harga Black Shark 2 Pro

Last Updates: 28 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Xiaomi Black Shark 2 Pro 8/128 GBRp8.990.000-
Xiaomi Black Shark 2 Pro 8/128 GBRp10.990.000-
Rilis2019, Juli
Link terkaitDaftar Harga HP Xiaomi Terbaru

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie)
RAM8/12 GB
ROM128/256 GB
ChipsetQualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)
CPUOcta-core (1x2.96 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485)
GPUAdreno 640 (700 MHz)
Bodi
Dimensi163.6 x 75 x 8.8 mm (6.44 x 2.95 x 0.35 in)
Berat205 g (7.23 oz)
Layar6.39 inches, AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan20 MP, f/2.0, 0.9µm
BelakangDual
48 MP, f/1.8, (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF
12 MP, f/2.2, (telephoto), 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom
Video[email protected]/60fps, [email protected]/60/120fps, [email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, aptX HD, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS, BDS
Jack Audio 3.5mmNo
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
WarnaShadow Black, Iceberg Grey, Gulf Blue
RadioNo
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 4000 mAh battery
ChargerFast battery charging 27W

Desain Futuristik

Black Shark 2 Pro Body

Smartphone Black Shark 2 Pro ini membawa desain masa depan seperti di generasi sebelumnya. Namun, yang membedakan dari Black Shark 2 adalah motifnya, pada Black Shark 2 Pro secara keseluruhan desainnya lebih gahar dan keren.

Pada bagian belakang smartphone ini dibalut dengan bahan aluminium alloy yang biasa digunakan pada kaca. Dan tulisan Black Shark yang terpampang juga sangat elegan. Perangkat ini juga hadir dengan warna silver-biru muda, hitam-hijau dan biru-orange.

Pada bodi belakang tersemat dua kamera, sebelah atas adalah lensa wide dengan kekuatan 48 MP dan sebelah bawah adalah lensa Telephoto 12 MP. Terdapat sebuah fitur yang dapat membuat Black Shark 2 Pro keren, fitur tersebut adalah logo ‘S’ yang menyimpan lampu LED RGB, ditambah dengan strip kecil di bagian atas dan bawahnya. Tentu saja warna LED tersebut bisa diatur sesuai keinginan.

Layar Jumbo

Black Shark 2 Pro Depan

Seklias penampakan dari smartphone Black Shark 2 Pro adalah layarnya yang besar. Ini karen layarnya memiliki diagonal sebesar 163 x 75 x 8,8 mm yang memiliki bahan panel AMOLED berdimensi 6.39 inci dengan rasio 1080 x 2340 piksel alias FHD+. Ini juga ditambah dengan dukungan fitur teknologi Pixlework yang memungkinkan layar semakin tajam dan berwarna, sehingga pengalaman game Anda akan maksimal.

Pada sisi atas layar ini terdapat kamera depan dengan kekuatan 20 MP dengan sensor pendeteksi sinar. Sementara di bagian bawah perangkat ini sudah dilengkapi dengan Fingerprint Scanner yang cukup sigap walaupun jari sering berpindah-pinda.

Ada juga sepasang speaker yang tertanam pada bawah dan atas pada Smartphone Black Shark 2 Pro. Posisi tersebut langsung menghadap pada bagian wajah, sehingga streo yang dihasilkan akan lebih maksimal dan presisi.

Dapur Pacu Snapdragon 885+

Black Shark 2 Pro Qualcomm Snapdragon 855+

Optimasi pada dapur pacu telah membuahkan hasil pada Xiaomi Black Shark 2 Pro ini. Dengan meraih skor tinggi perngkat ini berjalan pada Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ dan GPU Adreno 640 pada sektor grafis. Pengujian versi nyata juga memberikan hasil yang memuaskan, dengan mengandalkan sejumlah aplikasi, game dan bahkan tugas sehari-hari perangkat ini akan melakukannya dengan lancar.

Di sisi lain, Black Shark 2 Pro tercatat mengantongi skor pengujian kartu grafis (GPU) hingga 190,193 poin dan 140,084 poin untuk CPU output, ini berkat daya tampung memori internal yang mencapai 256 GB. Adapula tunjangan lain berupa teknologi transfer data cepat berupa UFS 3.0.

Fitur Unik

Pada perangkat Black Shark 2 Pro ini telah tersemat teknologi pendingin berpa cairan yang berada langsung pada prosesor , fitur ini adalah Cooling System. Teknologi ini memiliki kinerja yang diklaim mampu menurunkan suhu dari mesin mencapai 14 derajat.

Black Shark 2 Pro merupakan perangkat yang menyematkan Touch Feedback 240 Hz yang mana teknologi ini mampu mendeteksi sepuluh laya sentuhan pada jari. Optimasi teknologi menghasilkan respon cepat hingga 34,7ms.

Gerakan layar pada perangkat ini menghasilkan sisi akurat yang tajam. Menggunakan fitur MAster Touch 2.0. Memungkinakn pengguna untuk memaksimalkan tombol dengan cara menekan layar dengan lebih kuat.

Lihat juga: Xiaomi Mi Mix 2S

Shark space

Shark space

Aplikasi ini adalah penunjang bagi Black Shark. Shark Space sebuah aplikasi peningkat kinerja secara instan ketika sedang bermain game. Fitur yang tersemat pada aplikasi Shark Space ini bisa membuat anda mengetahui statistik FPS yang tersedia, Clock CPU, penggunaan RAM hingga memblokir telepon dan  pemberitahuan game. Adapula fitur berpa screen recording serta overlocking dan pengaturan makro pada permukaan Black Shark Gampad.

Kamera 48 MP

Black Shark 2 Pro Belakang

Dengan segala keunggulan dari Black Shark 2 Pro. Hasil dari penangkap gambar pada Smartphone ini tergolong medioker untuk di kelasnya. Meski begitu perangkat ini memang dikhususkan untuk kinerja super tinggu untuk bermain game. Sehingga kamera bukanlah prioritas utama pada jualan Black Shakr 2 Pro. Perangkat ini dibekali dengan dua kamera belakang 48 MP dan 12 MP.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Black Shark 2 Pro

  • Layar Responsif
  • Desain Modern dan Sporty
  • Android Murni dan Shark Space
  • Dukungan Controller
  • Kamera berkualitas dengan kekuatan 48 MP

Kekurangan Black Shark 2 Pro

  • Layarnya belum mendukung teknologi HDR10.
  • Baterai biasa masih 4.000 mAh
  • Tidak Ada Audio Jack 3,5mm

Kesimpulan

Secara keseluruhan penampilan dari Black Shark 2 Pro amat mengesankan. Ini berangkat dari kekuatan CPU dan GPU, yang mana mampu menghadirkan pengalaman game kelas atas. Namun sayangnya kelas yang termasuk flagship ini masih dibekali dengan kamera yang tidak tinggi-tinggi amat. Begitu juga dengan kapasitas baterai yang masih dikisaran 4.000 mAh.

Namun dengan spesifikasi kamera dan baterai yang masih lemah perangkat ini memiliki hasil yang oke seperti halnya Asus ROG Phone II. Ditambah terdapat fitur fast charging yang bisa mempercepat pengisian daya, sehingga Anda tidak perlu lama-lama menunggu untuk memakai Xiaomi Black Shark 2 Pro.

0 Shares:
You May Also Like

Redmi Go

Redmi Go: Ponsel cepat, sinyal kuat

Xiaomi Mi 4i

Xiaomi Mi 4i: Dibekali kamera 13 MP dan teknologi 4G

Pocophone F1

Pocophone F1: Smarthpone dengan spek lengkap harga terjangkau
Redmi Note 8T

Redmi Note 8T

Redmi Note 8T: Penerus ponsel Redmi Note 8 dengan tambahan fitur NFC

Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1: Ponsel Android One dengan kamera mumpuni
Xiaomi Mi A2

Xiaomi Mi A2

Xiaomi Mi A2: Ponsel dua jutaan dengan Android murni