Samsung Galaxy A10s

Seminggu setelah mengeluarkan Samsung Galaxy A50s, vendor asal Korea Selatan ini menelurkan lagi kelanjutan dari model A Series, yakni Galaxy A10s. Perangkat yang menyasar entry level ini adalah pembaruan dari Galaxy A10 yang telah dikeluarkan Samsung Maret lalu.

Dibanderol Rp1.799.000, Samsung Galaxy A10s adalah versi upgrade. Oleh karena itu, sudah sewajarnya perangkat ini memiliki sejumlah peningkatan pada spesifikasi. Peningkatan paling nyata bisa terlihat pada bagian desain dan kamera.

Di generasi sebelumnya Samsung Galaxy A10 mempunyai satu kamera, dan pada Galaxy A10s ini memiliki dual kamera yang masing-masing memiliki resolusi 13 MP + 2 MP. Versi upgrade ini tentu inisiatif dari Samsung untuk lebih kompetitif di segmen kelas pemula. Terlebih ponsel dengan kisaran harga yang sama seperti Realme C1 dan Xiaomi Redmi 7 sudah memiliki dual kamera.

Harga Samsung Galaxy A10s

Last Updates: 25 September 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy A10sRp1.799.000-
Rilis2019, Agustus
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Dengan nama besarnya samsung memiliki pengguna yang setia di Indonesia. Dengan bandrol Rp1.8 juta, perangkat ini mungkin bisa bersaing dengan para kompetitor.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie)
RAM2GB
ROM32GB
ChipsetMediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
Bodi
Dimensi156.9 x 75.8 x 7.8 mm (6.18 x 2.98 x 0.31 in)
Berat168 g (5.93 oz)
Layar6.2 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan8 MP, f/2.0
BelakangDual
13 MP, f/1.8, 28mm (wide), AF
2 MP, f/2.4, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO
NFCNo
Jack Audio 3.5mmYes
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaBlue, Green, Red, Black
RadioFM radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh battery

Dapur Pacu Helio P22

Helio P22

Pada projek pembaruan ini, Samsung tidak memakai dapur pacu miliknya yaitu Exynos tetapi menggunakan Mediatek MT6762 Helio P22 dengan memakai OS Android Pie dengan tambahan interface One UI.

Samsung A10s ini memiliki RAM 2 GB dengan internal memori 32 GB yang dapat diperluas sampai 512 GB dengan menggunakan microSD. Pada bagian slot SIM smartphone ini memiliki tiga wadah yang terdiri dari dua kartu SIM dan sisanya untuk microSD.

Desain Berkelas

Samsung Galaxy A10s Body

Pada bagian desain bodi, Samsung Galaxy A10s memiliki penampakan yang walaupun tidak premium tetapi berkelas. Pada bagian belakang memiliki bahan material plastik yang terdapat fingerprint dan dual kamera.

Smartphone ini memiliki dimensi keseluruhan 156.9 x 75.8 x 7.8 mm, dan beratnya mencapai 168 g. Bagi Anda yang ingin mendapatkan smartphone ini. Samsung Galaxy A10s memiliki beberapa ketersedian warna yaitu merah, biru, hijau dan hitam.

Layar Infinity V dengan layar 6.2 inci

Samsung Galaxy A10s layar

Dengan menggunakan infinity V display, perangkat ini memiliki bentang layar 6.2 inci. Dengan resolusi HD Plus dan Panel IPS LCD yang dapat menampung 16 juta warna Samsung Galaxy A10s akan memberikan sensasi multimedia yang mengagumkan.

Kehadiran kembali poni pada bagian jidat ponsel, adalah untuk memfasilitasi ruang pada kamera depan. Dengan ukuran bezel yang lebih tipis pada bagian atas bawah dan samping, membuat layar pada ponsel ini menampilkan penampakan yang lega.

Kamera Ganda 13 MP + 2 MP

Samsung Galaxy A10s Kamera

Dengan adanya Era of Live yang telah menjangkit semua insan masyarakat Indonesia. Samsung menghadirkan A10s dengan kamera yang dapat memfasilitasi perubahan zaman ini. Paling tidak untuk para kelas pemula, sebuah segmen yang ditargetkan pada Samsung Galaxy A10s.

Dibekali dual kamera yang tiap kamera memiliki kekuatan 13 MP dengan bukaan f/1.8 dan 2 MP f/2.4. Diharapkan akan mampu memfasilitasi tiap pengguna untuk menghadapi Era of Live. Perangkat ini semakin lengkap untuk video call dan selfie dengan resolusi 8 MP dengan bukaan f/2/0.

Keamanan Sidik Jari

Samsung Galaxy A10s fingerprint

Pada bagian keamanan ini adalah salah satu pembaharuan yang ada pada perangkat Galaxy A10s. Di bagian punggung perangkat ini telah tersemat ruang pemindai sidik jari dan pada bagian depan, perangkat ini juga memiliki keamanan lain yaitu face unlock, dimana pada perangkat sebelumnya fitur tersebut absen.

Baterai Tangguh 4.000 mAh

baterai 4000 mAh

Kapasitas baterai yang terdapat pada Samsung Galaxy A10s juga mengalami peningkatan. Dimana pada generasi sebelumnya perangkat ini hanya memuat 3.400 mAh, sekarang pada generasi upgrade ini telah berisi 4.000 mAh. Sebuah terobosan yang signifikan untuk ponsel kelas pemula.

Namun dalam pengisian daya, perangkat ini belum difasilitasi perangkat fast charging. Ini menjadi salah satu kelemahan dari perangkat ini, karena pada 2019, teknologi fast charging tentu sudah menjadi salah satu fitur yang harus ada pada sebuah paket smartphone..

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy A10s

  • Desain Berkelas
  • Layar yang Tajam dengan Full HD
  • Baterai yang Tahan Lama 4.000 mAh
  • Pilihan Warna Beragam
  • Memiliki keamre belakang ganda 13 MP + 2 MP

Kekurangan Samsung Galaxy A10s

  • Terasa Rapuh di tangan
  • Kapasitas RAM yang Kecil
  • Bezel kurang solid
  • Tidak support dengan fast charging

Kesimpulan

Jika Anda mendambakan perangkat pintar dengan kemampuan baterai yang mumpuni, Samsung Galaxy A10s bisa menjadi solusi. Pasalnya perangkat ini memiliki kapasitas yang tidak main-main yaitu 4.000 mAH. Dengan kekuatan tersebut perangkat ini akan mampu menjalani segala aktivitas Anda dengan nyaman tanpa takut baterai habis.

Dengan menyasar segemen pemula, Samsung sudah bisa berbangga dengan Galaxy A10s. Pasalnya perangkat ini sudah memiliki syarat untuk berkompetisi dengan smartphone dari vendor lain. Dengan upgrade kamera utama menjadi dual kamera tentu menjadi semacam sinyal serius dari Samsung dalam mengarungi segmen entery level ini.

0 Shares:
You May Also Like