Samsung Galaxy A50s

Samsung merilis Galaxy A50s pada Agustus 2019, merupakan edisi upgrade dari Samsung Galaxy A50 yang terlebih dahulu mendarat enam bulan lalu. Perangkat ini datang dengan sejumlah pembaharuan dari segi spesifikasi. Meskipun jeroan A50s mengalami peningkatan, namun perangkat ini memiliki harga yang sama dengan pendahulunya ketika pertama kali dirilis yaitu Rp4.099.000.

Bisa dibilang Galaxy A50s adalah versi penyempurnaan dari Galaxy A50. Seperti hadirnya fitur NFC dan chipset Exynos 9611 yang merupakan konversi dari teknologi mutakhir untuk memanjakan Anda dalam hal kinerja.

Harga Samsung Galaxy A50s

Last Updates: 25 September 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy A50s (4 GB)Rp3.899.000-
Samsung Galaxy A50s (6 GB)Rp4.599.000-
RilisSeptember 2019
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie)
RAM4/6 GB
ROM64/128 GB
ChipsetExynos 9610 (10nm)
CPUOcta-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
Bodi
Dimensi158.5 x 74.5 x 7.7 mm
Berat169 gr
Layar6.4 inch Super AMOLED
Kamera
Depan32 MP, f/2.0, 25mm (wide)
Belakang48 MP, f/2.0, (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)
5 MP, f/2.2, depth sensor
Video[email protected], [email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYes (tergantung wilayah)
Jack Audio 3.5mmYes
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaPrism Crush Black, Prism Crush White, Prism Crush Green, Prism Crush Violet
RadioFM radio
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+
Baterai4000 mAh
ChargerFast battery charging 15W

Jeroan lebih bertenaga, ditambah NFC

Exynos 7884 Samsung A10

Galaxy A50s memiliki dapur pacu Exynos 9611 dengan clock speed 1050 MHz. Terdapat dua jenis RAM yang ada yakni 4 GB dan 6 GB, serta internal memori 64 GB dan 128 GB yang dapat diperbesar dengan microSD hingga 1 TB.

Sebuah peningkatan yang signifikan dari versi terdahulunya, ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman gaming. terlebih perangkat ini juga didukung dengan AI Game Booster. Dengan adanya teknologi tersebut, bermain game lebih halus dan stabil.

AI Game Booster ini adalah kecerdasan buatan adaptif yang dapat mengendus bila perangkat sudah mulai panas saat bermain game. Kecerdasan buatan ini akan menurunkan performa secara otomatis pada perangkat untuk pengendalian suhu.

Fitur NFC tersemat pada A50s, ini pertama kalinya Samsung memberikan fitur tersebut kepada smartphone kelas menengah. Ini adalah respon dari penggemar setelah kecewa terhadap Galaxy A50.

Layar Super AMOLED

Samsung Galaxy A50s Layar

Perangkat ini dipersenjatai layar yang besar dengan diagonal 6.4 inci dengan panel super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2340 piksel yang berarti sudah mendukung FHD+. Seperti pendahulunya perangkat ini memiliki poni setengah lingkaran yang kalau istilah dari Samsung itu Infinity-U.

Proteksi yang ada pada display infinity-U ini adalah Corning Gorilla Glass 3. Sebuah layar anti gores yang canggih. Untuk Anda pecinta game dan petualang, smartphone ini bisa menjadi solusi tepat untuk dimiliki.

Desain Bodi Futuristik

Samsung Galaxy A50s Body

Pada bagian bodi belakang perangkat ini memiliki perbedaan warna dan desain yang signifikan. Pada Galaxy A50s, Samsung memberikan efek berupa futuristik holografis, sementara pada Galaxy A50 mereka membalut desain segitiga seperti prisma.

Bagian belakang dari kedua smartphone akan memancarkan warna pelangi saat terkena cahaya lain dari sisi yang berbeda. Dan untuk Samsung Galaxy A50s tersedia dalam tiga balutan warna yaitu hitam, hijau dan putih.

Tiga Kamera 48 MP + 8 MP + 5 MP

Samsung Galaxy A50s Kamera

Tiga kamera belakang yang tersemat pada Galaxy A50s, Samsung sedikit memberikan peningkatan kekuatan yang 48 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Tapi secara default, hasil gambar akan beresolusi 12 MP karena ada sistem tetracell yang mengkombinasikan setiap empat piksel menjadi satu bagian, bertujuan agar gambar menjadi lebih berkualitas

Sementara pada kamera kedua dan ketiga, kekuatan masih mengandalkan ultrawide beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2 dan depth sensor 5 MP f/2.2.

Bila disimpulkan ketiga kamera belakang dari Galaxy A50s terdiri dari kamera utama 48 megapiksel (f/2.0), kamera ultra wide 8 megapiksel (f/2.2), dan depth sensor 5 megapiksel (f/2.2).

Tidak hanya kamera belakang namun kamera selfie dari Galaxy A50s juga mendapat peningkatan menjadi 32 MP dengan bukaan f/2.0. Samsung juga memberikan fitur baru pada kamera ini yaitu super steady, fitur untuk menanggulangi goyangan saat melakukan perekaman video. Adapun penyempurnaan lain dari segi fitur adalah efek bokeh dan efek live focus yang berfokus pada color point, spin atau zoom.

Baterai dan Jack Audio

Samsung Galaxy A50s Fast Charging

Sebagai penyempurna dari Samsung Galaxy A50. Perangkat ini tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Dalam hal kapasitas baterai perangkat ini masih berkekuatan 4.000 mAh yang sudah mendapat support fast charging 15W.

Untuk dukungan yang lebih cepat Samsung Galaxy A50 juga sudah menggunakan USB type C, ada pula jack audio standar. Dengan sensor fingerprint yang sudah terintegrasi dengan layar. Perangkat ini juga sudah ada face unlock sebagai sistem keamanan alternatif.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy A50s

  • Layar Besar dan Jernih
  • Desain Keren dan Terlihat Premium
  • Performa Lancar
  • Tiga Kamera Belakang
  • Daya Tahan Baterai Oke
  • Dibekali Audio Jack 3.5 mm
  • Port USB Tipe-C
  • Under Display Fingerprint Sensor
  • Sudah muncul NFC

Kekurangan Samsung Galaxy A50s

  • Tidak Tahan Air dan Debu
  • Kamu Miskin

Kesimpulan

Samsung Galaxy A50s adalah smartphone dengan desain futuristik yang memiliki spesifikasi tangguh deng fitur melimpah terutama untuk bermain game. Karena sudah didukung AI Game Booster.

Smartphone dengan budget kelas menengah ini, juga bisa Anda andalkan ketika menjalankan game dan juga fotografi. Terlebih perangkat ini sudah dipersenjatai dengan tiga kamera, yang akan memberikan pengalaman dengan kualitas yang bervareasi.

Untuk bisa melihat varian lainya dari generasi A series Anda bisa melihat di Samsung Galaxy A20s dan Samsung Galaxy A30s.

0 Shares:
You May Also Like
Samsung Galaxy J4

Samsung Galaxy J4

Samsung Galaxy J4: Pilihan Tepat bagi Anda Pencinta Bentuk Klasik