Vivo V5 Lite

Dirilis pada Februari 2017, Vivo V5 Lite adalah versi ‘murah’ dari  Vivo V5. Itu sebabnya ada embel-embel Lite pada nama smartphone ini.

Walau spesifikasi Vivo V5 Lite diturunkan dari saudara tuanya, tapi tetap saja smartphone ini cukup mengesankan. Dengan desain apik, HP ini dipersenjatai chipset Mediatek MT6750, RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Spesifikasi tersebut sudah sangat memadai bagi kebanyakan pengguna ponsel.

Dilepas dengan harga baru Rp2 jutaan, ponsel ini memang dimaksudkan untuk bersaing dengan Oppo A39 dan Asus Zenfone 3 Max yang memiliki spesifikasi sekelas. Namun, Vivo membuatnya lebih berdaya dengan kamera selfie sebagai andalannya.

Harga Vivo V5 Lite

Last Updates: 15 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
vivo V5 LiteRp1.999.000Rp1.200.000
Rilis2017, Januari
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Sekalipun sudah cukup lama dirilis, Vivo V5 Lite masih cukup diminati. Tidak heran, harga bekas ponsel ini masih cukup stabil. Selisih antara harga baru dan harga second Vivo V5 Lite tidak terpaut begitu jauh. Menjadi tanda peminat ponsel selfie ini cukup besar di Indonesia.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 6 (Marshmallow); Funtouch 3
RAM3 GB
ROM32 GB
CPUOcta-core
Bodi
Dimensi153.8 x 75.5 x 7.6 mm (6.06 x 2.97 x 0.30 in)
Berat155 g (5.47 oz)
Layar5.5 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan16 MP, f/2.0
Belakang13 MP, f/2.2, AF
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
Konektivitas
SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaCrown Gold, Rose Gold
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery

Desain Elegan

Vivo V5 Lite Desain

Tampilan desain ponsel ini cukup elegan. Dilihat dari bagian belakang, ponsel ini dibalut dengan dove. Pada bagian sekelilingnya, terdapat warna gold krom yang bikin penampilannya makin menawan.

Ukuran bodi smartphone ini adalah 153.8 x 75.5 x 7.6 mm, dengan layar 5,5 inci model IPS LCD. Baterai ponsel tidak bisa dilepas, itu sebabnya slot dual simcard diletakkan pada bagian samping.

Kamera Selfie dengan Resolusi 16 MP

Vivo V5 Lite 4g Selfie

Seperti dua pendahulunya, Vivo V5 Lite juga masih mengandalkan kamera selfie sebagai daya tarik utama. Itu sebabnya kamera selfie-nya memiliki resolusi 16 MP, jauh lebih besar dibandingkan kamera belakang yang cuma 13 MP.

Bukan hanya mengandalkan kekuatan kamera selfie, juga terdapat fitur tambahan Face Beauty untuk mempercantik hasil foto. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengedit skin tone, whitening, dan buffing. Kamera selfie ini pun bisa menghasilkan video dengan resolusi Full HD 1080p.

Jika sedang berada di ruang minim cahaya, pengguna juga bisa memanfaatkan lampu flash yang tersedia. Menariknya, untuk mengaktifkan pemotretan, ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menekan tombol shot, menggunakan perintah suara (voice), atau menggunakan lambaian tangan (palm).

Kamera Belakang Penuh Fitur

Vivo V5 Lite Desain Kamera

Walau hanya memiliki resolusi 13 MP, namun kamera belakang ditaburi sejumlah fitur yang bermanfaat. Seperti adanya fitur Face Beauty, Panorama, PPT, Profesional, Ultra HD, Night, Slow hingga time lapse.

Pada kamera belakang juga terdapat lampu flash guna membantu menghasilkan foto yang lebih baik. Kemampuannya pun cukup baik karena bisa menghasilkan video Full HD 1080p.

Kinerja Cukup Baik

Vivo V5 Lite Kinerja

Jika dibandingkan dengan Vivo V5, Vivo V5 Lite kalah kelas. Tapi setidaknya bagi sebagian besar pengguna, RAM 3GB dan prosesor octa-core sudah cukup memenuhi ekspektasi.

Prosesor octa-core 64 bit yang disematkan di ponsel ini membuat proses menjalankan aplikasi berjalan lancar. Meski begitu, sebaiknya hindari membuka aplikasi berat seperti game 3D.

Didukung juga dengan memori internal 32GB. Kapasitas tersebut pun masih bisa ditambah jika diperlukan. Ada slot micro SD yang bisa terdapat dalam satu tempat bersama slot simcard. Penambahan kapasitas ruang simpan bisa hingga 256GB.

Baterai 3.000 mAH

Vivo V5 Lite Baterai

Kapasitas baterai ponsel ini sama dengan pendahulunya, Vivo V5 yang juga dibekali baterai 3.000 mAH. Bagi sebagian besar pengguna, kapasitas tersebut sudah cukup memadai. Setidaknya untuk pemakaian yang normal, ponsel ini bisa menyala seharian penuh.

Menariknya, ponsel ini juga dibekali smart engine system. Fungsi fitur tersebut adalah mendeteksi penggunaan baterai sehingga menjadi efisien. Sayangnya, tak dibekali fitur seperti wireless charging.

Mendukung 4G LTE

Vivo V5 Lite OS 4G

Ponsel ini sudah mendukung jaringan super cepat 4G LTE. Dengan koneksi jaringan super cepat itu, akses internet pun menjadi lebih lancar.

Fitur komunikasi lainnya yang terdapat pada ponsel ini antara lain Wi-Fi, Bluetooth, GPS, serta USB On-The-Go. Yang menarik lagi juga terdapat sensor seperti compass, proximity, dan accelerometer.

Kelebihan dan Kekurangan

Jika Anda tengah mempertimbangkan untuk membeli Vivo V5 Lite, sebaiknya pelajari kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Vivo V5 Lite

  • Kamera depan berkualitas. Dengan resolusi 13 MP, hasil foto cukup selfie cukup cantik.
  • RAM 3GB bagi sebagian besar pengguna ponsel pintar sudah tergolong memadai.
  • Baterai 3.000 mAH membuat ponsel ini tahan dipakai untuk untuk beraktivitas seharian.
  • Dimensi bodi cukup tipis. Dengan ukuran 153.8 x 75.5 x 7.6 mm, ponsel ini terasa nyaman digenggam dan dimasukkan ke dalam saku.

Kekurangan Vivo V5 Lite

  • Ukuran dan kualitas layar yang tergolong biasa saja.
  • Versi Android tergolong jadul.
  • Tidak ada fingerprint.
  • Bobot 155 gram boleh dibilang cukup berat.

Kesimpulan

Harga yang terjangkau menjadi daya tarik utama Vivo V5 Lite. Namun jika Anda memiliki dana lebih, sebaiknya lebih memilih Vivo V5 atau Vivo V5 Plus.

Ponsel ini tepat bagi Anda yang ingin berhemat namun tetap ingin merasakan kecanggihan ponsel Vivo yang bagus untuk selfie. Sekalipun tidak memiliki fingerprint, tetap saja bisa menemani aktivitas harian Anda dengan lancar. Terlebih jika kebutuhan penggunaan Anda hanya sebatas browsing, berfoto selfie, maupun menelepon.

0 Shares:
You May Also Like

Vivo X7

Vivo X7: Menggunakan panel layar Super AMOLED dan dibekali kamera beresolusi tinggi

Vivo Xplay 6

Vivo Xplay 6: Dibekali baterai dan memori penyimpanan besar

Vivo Y31 L

Vivo Y31 L: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE

Vivo V1 Max

Vivo V1 Max: Menggunakan kamera canggih beresolusi tinggi
Vivo V5

Vivo V5

Vivo V5: HP dengan Kamera Selfie 20MP

Vivo Y21L

Vivo Y21L: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE LTE