Samsung Galaxy M10

Menggantikan Galaxy J Series, Samsung kini mulai memproduksi M Series di awal tahun 2019 dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan perangkat keluarannya yang dibandrol harga tinggi. Masih menyasar kaum menengah, di bulan Maret 2019 lalu, Samsung meluncurkan Samsung Galaxy M10.

Pertama kali keluar, Samsung Galaxy M10 sudah dilabeli dengan harga Rp1.699.000. Cukup murah dengan kualifikasi yang hampir setara dengan kakaknya yaitu Samsung Galaxy M20 yang dibandrol dengan harga di atas 2 juta.

Di waktu yang bersamaan, Oppo A5s muncul sebagai kompetitor utama lantaran memiliki spesifikasi serupa. Bedanya, Oppo A5s sudah dilengkapi dengan corning gorilla glass 3 sebagai pelindung.

Seperti pendahulunya, Samsung Galaxy M10 pun mampu menarik perhatian konsumen semenjak diluncurkan. Terlebih dengan adanya beberapa fitur yang serupa dengan perangkat keluaran Samsung yang biasa dibandrol dengan harga tinggi, semakin meningkatkan daya beli.

Harga Samsung Galaxy M10

Last Updates: 08 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy M10Rp1.699.000Rp1.400.000
Rilis2019, Maret
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Hanya dengan harga tersebut di atas, Anda sudah dapat memiliki ponsel pintar dengan spesifikasi tinggi dan performa baik, bahkan untuk bermain gim seperti mobile legend.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie); One UI
RAM2/3 GB
ROM16/32 GB
ChipsetExynos 7870 Octa (14 nm)
CPUOcta-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPUMali-T830 MP1
Bodi
Dimensi155.6 x 75.6 x 7.7 mm (6.13 x 2.98 x 0.30 in)
Berat163 g (5.75 oz)
Layar6.22 inches, PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.0, 32mm (normal)
BelakangDual
13 MP, f/1.9, 27mm (wide), 1/3.1", 1.12µm, PDAF
5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaOcean Blue, Charcoal Black
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity
BateraiNon-removable Li-Ion 3400 mAh battery

Main Gim Lancar Menggunakan Exynos 7870 Octa-Core

Exynos 7884 Samsung A10

Berkolaborasi dengan GPU Mali-T830 MP1, Prosesor Exynos 7870 Octa-Core yang hanya memiliki kecepatan hingga 1,6 GHz tetap mampu bersaing untuk bermain gim. Hal tersebut terbukti dalam pengujian yang dilakukan oleh AndroidAuthority, dengan hasil 63.506.

Kendati hanya mendapat nilai 60%, Samsung Galaxy M10 tetap dapat digunakan untuk menjalankan gim populer seperti Mobile Legends. Sekalipun menggunakan fitur High Frame Rate untuk memperhalus pergerakan animasi dan menonjolkan grafisnya, Samsung Galaxy M10 tetap dapat berjalan lancar, tanpa ada masalah.

Dari segi performa, ketika Anda menggunakannya untuk sekadar membuka aplikasi sosial media atau pesan selama satu hari penuh, maka Exynos 7870 akan berjalan lancar. Begitu pun ketika digunakan secara bersamaan dengan bermain gim. Keduanya tetap dapat berjalan lancar, bahkan dapat bergantian dibuka pada halaman terakhir, tanpa harus memulai dari awal.

Infinity-V Display, Layar Pun Semakin Terasa Lebar

Samsung Galaxy M10 Layar Infiniti V

Semenjak diluncurkannya Infinity-V Display, Samsung menyematkan hampir semua ponsel keluaran terbarunya menggunakan teknologi tersebut. Begitu pun Samsung Galaxy M10. Terlihat dari adanya poni tempat kamera depan berada.

Pada M10, Samsung memilih menggunakan Panel PLS TFT dengan layar berukuran 6,22 inci plus resolusi Full HD+. Rasio 19:9 menjadikan layar semakin nampak lebar. Terlebih didukung ukuran bezel yang begitu tipis di kedua sisi. Semakin menambah kenyamanan dalam menonton film atau bermain gim.

Keren! Ultra Wide Dual Kamera 13MP + 5MP

Samsung Galaxy M10 Kamera

Samsung Galaxy M10 pun sudah dilengkapi dengan dual kamera belakang dengan konfigurasi 13 MP F/1.9 yang memiliki auto live focus serta 5 MP F/2.2 ultra wide hingga 120 derajat. Pada bagian depan, Samsung juga memberikan kamera 5MP untuk mendukung kegiatan berswafoto.

Sayangnya, permasalahan utama dalam setiap ponsel entry-level tetap dialami Samsung Galaxy M10. Ketika pencahayaan kurang, maka foto yang dihasilkan pun tidak memuaskan dan terlihat blur. Begitu pun ketika cahaya terlalu berlebih, foto pun dapat over exposure atau bahkan under exposure.

Kendati demikian, Samsung Galaxy M10 dapat menjadi andalan untuk Anda yang pencinta swafoto. Asal, cahaya yang diberikan tidak terlalu gelap ataupun terlalu terik, maka hasil akan tetap memuaskan.

3400 mAh, Baterai Semakin Awet dan Kuat Seharian Penuh

Samsung Galaxy M10 Baterai

Dalam uji coba, baterai 3400 mAh yang digunakan oleh Samsung Galaxy M10 mampu digunakan selama seharian beraktivitas tanpa jeda untuk sekadar membuka sosial media atau berbalas pesan. Bahkan, dapat bertahan hingga 2 hari jika intensitasnya tidak terlalu sering.

Begitu pun ketika digunakan untuk bermain gim seperti Mobile Legends. Selama 30 menit bermain, hanya 7-10% baterai yang berkurang. Hal tersebut membuktikan jika daya tahannya cukup lama.

Sayangnya, Samsung Galaxy M10 tidak dibekali dengan fitur fast charging, sehingga membutuhkan setidaknya 3 jam untuk mengisi baterai yang kosong.

Sayang, Sensor Jari Hilang dan Hanya Terdapat Sensor Wajah

Samsung Galaxy A6 Face Recognition

Selayaknya perangkat Samsung terbaru lainnya, Samsung Galaxy M10 pun sudah menggunakan sensor wajah sebagai pengunci ponsel. Namun sayang, adanya fitur baru tersebut justru menghilangkan fitur lama yang menggunakan sidik jari sebagai pengunci.

Meskipun kata sandi dan pola masih tetap ada sebagai fitur untuk mengunci ponsel, tetapi tetap saja sensor jari merupakan bagian terpenting dalam memudahkan akses ke ponsel.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy M10

 

  • Layar 6,22 inci Full HD+ dengan resolusi 1.520 x 720 piksel.
  • Exynos 7870 (Octa 1,6 GHz) plus Mali-T830 MP1 dan RAM 2GB cukup untuk memberikan performa dengan desain grafis terbaik ketika bermain gim.
  • Dual kamera belakang 13 MP + 5 MP ultra wide yang cocok untuk swafoto maupun penggemar vlog.
  • Sensor wajah sebagai pengunci yang memudahkan dalam mengakses ponsel. .

 

Kekurangan Samsung Galaxy M10

 

  • Tidak menggunakan corning gorilla glass 3 sebagai pelindung bagian layar dan masih menggunakan bahan plastik untuk body. 
  • Tidak memiliki fitur fast charging sehingga butuh setidaknya 3 jam untuk mengisi daya baterai.
  • Hasil foto dapat over exposure atau under exposure ketika cahaya terlalu gelap atau terlalu terik.
  • Hilangnya sensor sidik jari untuk mengakses ponsel.

Kesimpulan

Menilik semua uraian di atas, Samsung Galaxy M10 memang bukan jenis ponsel pintar yang memiliki performa sangat tinggi untuk bermain gim. Pun bukan ponsel dengan kamera terbaik untuk memuaskan jiwa fotografer.

Akan tetapi, dengan harga di bawah 2 juta, Samsung Galaxy M10 sudah layak untuk Anda bawa pulang, daripada Oppo A5s yang memiliki harga lebih tinggi dengan kualifikasi setara.

0 Shares:
You May Also Like