Vivo Y71

Diluncurkan di Indonesia pada tahun 2018, smartphone Vivo Y71 sekarang sudah bisa didapatkan dengan harga Rp1.799.000 untuk spesifikasi RAM 2 GB dengan internal storage 16 GB, dan Rp2.299.000 untuk spesifikasi RAM 3 GB dengan internal storage 32 GB.

Walaupun memiliki spek yang tidak heboh, Vivo Y71 adalah smartphone dengan Full View Display yang termurah dari Vivo. Jika dibandingkan dengan Vivo V7+ yang dibanderol lebih mahal, Vivo Y71 bahkan memiliki display dan body yang sama.

Bedanya, Vivo Y71 tidak dilengkapi fitur sensor sidik jari untuk membuka akses. Sebagai gantinya, fitur face recognition disematkan di ponsel ini. Terlepas dari perbedaan Vivo Y71 dan Vivo V7+, smartphone ini juga bersaing dengan OPPO A71 pada segi harga dan spesifikasi di kelasnya.

Harga Vivo Y71

Last Updates: 15 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Vivo Y71(2GB)Rp1.585.000
Rp1.100.000
Vivo Y71 (3GB)Rp1.700.000Rp1.250.000
Rilis2017, November
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Dengan harga Vivo Y71 yang cukup rendah jika dibandingkan dengan smartphone lain yang telah dikeluarkan Vivo, smartphone ini tetap menyediakan beberapa fitur unggulan dari Vivo, seperti Full View Display, OS Android Oreo dan kamera AI Face Beauty.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo); Funtouch 4
RAM 2/3 GB
ROM16/32 GB
ChipsetQualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 308
Bodi
Dimensi155.9 x 75.7 x 7.8 mm (6.14 x 2.98 x 0.31 in)
Berat150 g (5.29 oz)
Layar6.0 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang13 MP, f/2.2, PDAF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Gold
RadioFM radio
SensorAccelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3360 mAh battery

Full View Display dengan Ratio 18:9

layar vivo y71

Vivo telah mengganti smartphone terbarunya dengan Full View Display, yang turut dihadirkan bersama Vivo Y71 dengan rasio layar 18:9. Ditambah dengan bezel yang tergolong tipis, rasio layar yang tergolong tinggi untuk visualisasi yang lebih baik.

Layar Vivo V71 yang besarnya 6 inci ini dilengkapi oleh resolusi HD+ sehingga terlihat lebih padat di mata pengguna, namun tetap ringan untuk digunakan dengan satu tangan. Layar yang besar ini berguna untuk melakukan multi-view.

Akses menu yang disediakan adalah menu mengambang pada bagian layar, sehingga layar bisa diperlebar lagi dan tidak memakan ruang di bezel. Juga terdapat pelindung layar bawaan sehingga pelindung tambahan tidak diperlukan lagi.

Desain yang Mirip dengan V7+

mirip vivo v7+

Jika dibandingkan dengan Vivo V7+ yang juga memiliki Full View Display, smartphone ini memiliki desain yang sangat mirip sampai ke body bezelnya. Mengingat harga Vivo V7+ yang dibanderol lebih mahal, Vivo Y71 memiliki nilai tambahan.

Yang membedakan kedua smartphone ini adalah tidak adanya sensor sidik jari di belakang bodi plastik Vivo Y71. Ini merupakan kekurangan utama dari Y71. Namun, untuk keseluruhannya smartphone ini memiliki kelebihan yang tidak kalah dari rekannya.

Bisa Dual SIM + Memory Card

dual sim vivo y71

Jika melihat bagian kiri dari smartphone Vivo Y71, terdapat triple slot SIM yang dapat memuat dua SIM Card dan satu slot lainnya untuk microSD eksternal. SIM Card yang bisa digunakan adalah NanoSim dan bisa dimasukkan dengan ejector yang sudah disediakan.

Pada sisi lainnya, terdapat tombol power dan volume di bagian kanan dan charging port dan audio di sisi bawah. Pada bagian belakang terdapat kamera yang dilengkapi dengan flash LED. Vivo Y71 tidak dilengkapi dengan dual kamera.

Android Oreo dengan Fitur Lebih

os vivo y71 android oreo

Operation System yang digunakan oleh Vivo Y71 adalah Android Oreo terbaru, sehingga terdapat banyak fitur tambahan yang bisa dirasakan. Terdapat fitur optimalisasi storage dengan pembersihan data, i-manager.

Fitur lainnya adalah i-music, v-appstore, dan juga i-theme yang telah dilengkapi oleh beragam widget untuk menambah pengalaman visualisasi. Jadi, pengguna bisa memilih sendiri tema, wallpaper, dan font yang ingin digunakan. OS ini juga mendukung baterai Vivo Y71 lebih tahan lama.

Kamera dengan Fitur Artificial Intelligence

kamera ai vivo y71

Walaupun tidak memiliki fitur sidik jari, Vivo Y71 memberikan fitur menarik dengan kamera depannya yang beresolusi 5 megapiksel. Fitur tersebut adalah Face Access untuk membuka kunci di smartphone hanya dengan merekam karakteristik wajah.

Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur Beautify yang bisa dipilih dari tingkatan 1 sampai 6. Kamera belakang yang memiliki resolusi 13 megapiksel juga telah dilengkapi dengan fitur Bokeh untuk memberikan efek fotografi yang lebih menarik.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan utama dari Vivo Y71 adalah perbandingan antara layar dengan bodi yang efisien sehingga rasio layar menjadi lebih lebar. Dengan spesifikasi yang biasa saja jika dibandingkan dengan smartphone lain, Vivo Y71 tetap menggunakan OS terbaru Android Oreo.

Walaupun tidak memiliki sensor sidik jari, Vivo Y71 mempunyai fitur face recognition sebagai alternatif untuk membuka kunci. Selain itu, pada bagian bawah bodi dapat terlihat bahwa Y71 hanya memiliki satu speaker dan port yang tidak memiliki fitur fast charging.

Kelebihan Vivo Y71

  • Full View Display
  • OS Android Oreo
  • Face Access to Unlock
  • Kamera dengan fitur Beautify
  • Kamera dengan fitur Bokeh

Kekurangan Vivo Y71

  • Tidak ada sensor sidik jari
  • Tidak ada fitur fast charging
  • Speaker hanya ada satu buah

Kesimpulan

Jika dibandingkan dengan ponsel Vivo lainnya, tentu spesifikasi Vivo Y71 terbilang biasa saja. Namun, untuk harga yang dibayarkan, smartphone ini sudah memberikan fitur Full View Display dengan rasio layar dan bodi yang mencapai 84.4%. Bodi tersebut bisa dibandingkan dengan V7+.

Secara keseluruhan, walaupun hardware dan software yang disediakan biasa saja, smartphone ini tidak mengecewakan. Dengan harga yang lebih terjangkau, terdapat beberapa fitur yang sudah bisa dirasakan di smartphone ini.

Bahkan dengan tidak adanya fitur sensor sidik jari, masih terdapat fitur face recognition yang menggunakan artificial intelligence. Dengan processor Snapdragon dan OS Android Oreo, apabila penggunaan hanya sekitar multitasking dan bermain game ringan, gadget ini masih bisa mencukupi kebutuhan tersebut.

 

0 Shares:
You May Also Like

VIVO V11 Pro

Vivo V11 Pro: Smartphone canggih dengan fingerprint di layar

Vivo Y51 A

Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE
Vivo Y65

Vivo Y65

Vivo Y65: Andalkan Potrait dan Autofokus Ala Kamera DSLR

Vivo Y67

Vivo Y67: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE dan kamera beresolusi tinggi

Vivo X7

Vivo X7: Menggunakan panel layar Super AMOLED dan dibekali kamera beresolusi tinggi
Vivo Y93

Vivo Y93

Vivo Y93: Performa Terbaik dengan Harga Bersahabat