Vivo Y81

Vivo kembali hadir dengan smartphone kelas menengah, Vivo Y81. Uniknya, smartphone ini memiliki bentuk layar yang mirip dengan iPhone X. Ini karena penempatan kamera depan yang memasuki daerah layar, sehingga harus ada lengkungan seperti yang terdapat di iPhone.

Tampilan mewah dengan harga yang dimulai dari Rp1.699.000 sampai Rp2.340.000 dengan pilihan storage memory sebesar 16 GB dan 32 GB, membuat Vivo Y81 sebagai salah satu smartphone andalan dari merek Vivo.

Vivo memberikan fitur full face display sehingga layar lebih besar dari smartphone keluaran sebelumnya. Tapi walaupun rekannya, Vivo Y71, juga memiliki layar yang lebar, keseluruhan desain Vivo Y81 yang lebih menarik membuatnya lebih populer.

Harga Vivo Y81

Last Updates: 15 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Vivo Y81 (16GB)Rp1.530.000Rp1.199.000
Vivo Y81 (32GB)Rp2.099.000Rp1.450.000
Rilis2018, Juni
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Harga Vivo Y81 sangat kompetitif jika dibandingkan dengan ponsel lainnya. Namun, kemiripan desain layar dengan iPhone merupakan alasan mengapa smartphone ini menjadi salah satu pilihan utama. Ditambah lagi, ada beberapa keunggulan spesifikasi Y81 dibandingkan smartphone yang setara.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo); Funtouch 4
RAM3/4 GB
ROM16/32 GB
ChipsetMediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
Bodi
Dimensi155.1 x 75 x 7.8 mm (6.11 x 2.95 x 0.31 in)
Berat146.5 g (5.15 oz)
Layar6.22 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang13 MP, f/2.2, PDAF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaBlack, Gold
RadioTidak
SensorFingerprint (rear-mounted) - only 4 GB model; accelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 3260 mAh battery

Layar HD+ Super Full View

layar vivo y81

Dengan layar full view yang sedang dibanggakan oleh Vivo, penggunaan Vivo Y81 sangat baik dari segi visual. Layar seluas 6,22 inci tersebut sedikit terganggu karena adanya kamera. Namun, karena mirip dengan iPhone, banyak yang menganggap ini merupakan sebuah kelebihan.

Layar tersebut memiliki resoulsi 1520×720 HD+. Material yang digunakan untuk bodi Vivo Y81 adalah polikarbonat dengan berat keseluruhan hanya 146,5 gram. Ini tergolong sangat ringan untuk smartphone yang beredar sekarang, terutama untuk ponsel dengan fitur full view.

Layar yang lebar ini membuka kesempatan bagi fitur lain, yaitu Smart Split. Karena layar yang cukup lebar, Anda bisa membuka dua aplikasi dalam satu layar. Menonton YouTube selagi membuka WhatsApp bisa dilakukan di smartphone ini.

Fitur Artificial Intelligence untuk Selfie

face beauty vivo y81

Vivo Y81 dilengkapi dengan fitur artificial intelligence yang bisa mendeteksi wajah dari kamera depan maupun belakang. Ini akan membuat hasil foto lebih baik. AI Face Beauty dapat mendeteksi wajah, mulai dari warna, tekstur kulit, sampai usia dan jenis kelamin.

Resolusi kamera Vivo Y81 masih biasa saja, dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP. Selain fitur Face Beauty, Vivo Y81 juga dibekali dengan fitur fotografi lainnya, seperti Live Photo, Potrait Mode dan Slow Motion.

Karena tidak dilengkapi dengan fitur sensor sidik jari untuk membuka kunci, fitur artificial intelligence ini juga digunakan untuk menghadirkan fitur Face Access. Di Vivo Y81, fitur pembuka ponsel otomatis ini juga tergolong cepat.

Kuat untuk Multitasking dengan CPU Octa-Core

baterai vivo y81 3260 mah

Jika dibandingkan dengan Vivo Y71 yang memiliki CPU Quad Core, Vivo Y81 dilengkapi dengan Octa Core 2Ghz. Ini berarti, aktivitas multitasking di smartphone jadi lebih lancar, terutama dengan RAM 3 GB serta memori internal 32 GB.

OS yang digunakan juga berbasis Android Oreo 8.1 dengan Funtouch OS 4.0. Ditambah dengan baterai sebesar 3260mAh yang memberikan daya lebih optimal. Untuk keperluan gaming, smartphone ini dapat bertahan lama pada game ringan.

Beberapa Fitur Dikurangi untuk Memangkas Harga

fitur vivo y81

Selain fitur sensor sidik jari yang tidak disediakan di Vivo Y81, smartphone ini juga tidak dilengkapi dengan port USB Tipe-C yang sedang marak digunakan. Artinya, smartphone tersebut tidak memiliki fitur fast charging jika dibandingkan dengan smartphone baru lainnya.

Selain itu, Vivo Y81 juga tidak dilengkapi dengan LED untuk notifikasi, padahal fitur ini cukup umum di ponsel mana pun. Untuk mengetahui ada notifikasi baru, layar hanya akan hidup sementara sebagai notifikasi. Tapi, kebanyakan desain modern sekarang memang tidak memiliki fitur ini.

Kelebihan dan Kekurangan

Desain Vivo Y81 yang modern memang menjadi daya tarik utama ponsel ini. Namun, spesifikasinya juga lebih baik dibanding ponsel dengan harga 2 juta. Vivo Y81 ini juga ringan dengan layar yang lebar, sehingga cocok untuk penggunaan seperti YouTube dan gaming.

Untuk membuat harga ponsel ini terjangkau, ada beberapa fitur yang tidak disediakan di Vivo Y81, seperti sensor sidik jari dan USB port type C untuk fast charging. Tetapi, ini tidak menjadi masalah karena ada fitur lain yang mengkompensasi, yaitu AI Face Access.

Kelebihan Vivo Y81

  • Full View Display
  • OS Android Oreo 8.1
  • CPU Octa-Core
  • AI Face Access to Unlock
  • AI Beauty Face

Kekurangan Vivo Y81

  • Tidak ada sensor sidik jari
  • Tidak ada fitur fast charging
  • Tidak ada fitur notifikasi LED

Kesimpulan

Untuk menekan harga produksi Vivo Y81, memang ada beberapa fitur yang tidak diberikan. Tetapi, kekurangan tersebut tidak menjadi masalah besar karena ada fitur lain yang menggantikan. Untuk ponsel dengan penggunaan sehari-hari, fitur yang sudah ada masih sangat cukup.

Spesifikasi Vivo Y81 yang lebih baik dibanding rekan-rekannya juga merupakan nilai tambah yang akan meningkatkan pengalaman visual dan performa smartphone ini. Tetapi, yang menjadi kelebihan utama adalah layarnya yang menarik.

Full display dengan layar yang besar dan bezel yang tipis menjadi daya tarik utama. Terutama, layar Vivo Y81 yang terlihat persis seperti iPhone juga menjadi sebuah nilai tambah. Dengan harga yang terjangkau, pengguna dapat merasakan tampilan seperti smartphone yang jauh lebih mahal.

 

 

0 Shares:
You May Also Like

Vivo V1 Max

Vivo V1 Max: Menggunakan kamera canggih beresolusi tinggi
Vivo V15

Vivo V15

Vivo V15: HP dengan Kamera Pop-Up Selfie 32 MP & Tiga Kamera Andalan
Vivo V9

Vivo V9

Vivo V9: Persembahan bagi penggila selfie

Vivo X7

Vivo X7: Menggunakan panel layar Super AMOLED dan dibekali kamera beresolusi tinggi

Vivo Y55

Vivo Y55: Dibekali kamera utama beresolusi lumayan

Vivo Y27 L

Vivo Y27 L: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE