Vivo Y83

Dengan desain yang mirip dengan Vivo Y81, Vivo Y83 hadir sebagai versi yang lebih baik dari segi spesifikasi sampai fitur. Tentunya, dengan harga yang sedikit lebih mahal, yaitu Rp2.599.000.

Banyak fitur Vivo Y81 yang harus ditinggalkan untuk dapat dibanderol dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu, Vivo menghadirkan Vivo Y83 dengan desain yang mirip namun lebih baik. Salah satunya dengan memberikan fitur sensor sidik jari.

Smartphone ini juga bersaing dengan Oppo A3s yang juga dikembangkan untuk kelas menengah. Sama-sama menggunakan desain layar “berponi” yang mengikuti desain orisinil iPhone, spesifikasi kedua smartphone ini juga bersaing sengit.

Harga Vivo Y83

Last Updates: 15 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Vivo Y83Rp2.440.000Rp1.600.000
Rilis2018, Mei
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Harga Vivo Y83 dibanderol lebih mahal daripada Vivo Y81 karena adanya beberapa fitur tambahan. Selain itu, juga terdapat beberapa fitur unggulan seperti kamera depan beresolusi 8 megapiksel dan tingkat akurasi GPS yang lebih baik dengan OS Funtouch.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo); Funtouch 4
RAM4 GB
ROM32 GB/64 GB
ChipsetMediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
Bodi
Dimensi155.2 x 75.2 x 7.7 mm (6.11 x 2.96 x 0.30 in)
Berat150 g (5.29 oz)
Layar6.22 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan8 MP, f/2.2
Belakang13 MP, f/2.2, PDAF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Aurora White, Red, Gold
RadioFM radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
BateraiNon-removable Li-Ion 3260 mAh battery

Full View Display dengan Layar Berponi

layar poni vivo y83

Semenjak iPhone mengeluarkan smartphone dengan desain berponi, beberapa perusahaan smartphone lainnya juga mengikuti. Salah satunya adalah Vivo, dengan meluncurkan Vivo Y83 yang memiliki layar selebar 6.22 inci HD+ dan bezel tipis untuk pengalaman visual yang baik dan menarik.

Dengan layar yang lebih besar, terdapat fitur multi-view sehingga Anda bisa menggunakan dua aplikasi sekaligus. Smartphone Vivo juga dikenal dengan keringanan bodinya, jadi Anda bisa mendapatkan layar yang besar dengan berat yang masih ringan.

Layar Vivo Y83 memiliki teknologi IPS dengan resolusi 1520x720px dan aspek rasio 19:9. Ini memberikan sensasi visual yang lebih menarik dengan memanfaatkan setiap celah layar yang ada. Layar tersebut dimaksimalkan hingga sebesar 88% jika dibandingkan dengan bezelnya.

Peningkatan Hardware dan Software dari Y81

RAM dan ROM Vivo Y83

Jika Vivo Y81 hanya memiliki RAM terbesar 3 GB, Vivo Y83 hadir dengan RAM sebesar 4 GB. Selain itu, kamera depan yang tadinya hanya 5 MP menjadi 8 MP, yang berarti kamera tersebut mengalami peningkatan sebesar 1.6 kali lipat.

Kamera ini juga dilengkapi fitur artificial intelligence yang dapat mendeteksi wajah secara detail. Tidak hanya bentuk muka, tetapi sampai warna kulit, tekstur kulit, jenis kelamin dan bahkan usia. Fitur ini juga terdapat di Vivo Y81.

Selain itu, dari segi hardware, Vivo Y83 juga memiliki beberapa kelebihan. Mulai dari internal storage yang dapat mencapai 64 GB, bodi yang lebih tipis 0.7mm dan volume yang lebih ringan, dan adanya fitur pendeteksi sidik jari.

Funtouch OS 4.0 Berbasis Android 8.1 Oreo

os vivo y83 android oreo

Vivo Y83 telah dibekali dengan fitur-fitur umum seperti radio, GPS, WiFi, port jack audio, Bluetooth, dan sensor sidik jari. Dengan menggunakan OS Funtouch 4.0, fungsi dari fitur-fitur ini menjadi lebih optimal. Misalnya, GPS yang menjadi semakin akurat dengan OS terbaru ini.

Selain itu, juga terdapat fitur untuk mengoptimalisasi storage yang ada dengan melakukan pembersihan data. Ini akan mendukung performa Vivo Y83 secara jangka panjang, selain baterai yang lebih tahan lama dengan penggunaan OS berbasis Android Oreo 8.1.

Lihat juga: Vivo Y91

Kamera Depan yang Lebih Baik

ai beauty face vivo y83

Kamera Vivo Y83 dilengkapi artificial intelligence yang dapat mendeteksi karakteristik wajah. Ialah fitur AI Beauty Face yang bisa dipilih dari tingkat 1 sampai 6. Kamera depan dengan resolusi 8 MP mendukung kualitas selfie Anda.

Adanya artificial intelligence ini juga mendukung Vivo Y83 untuk memiliki fitur Face Access. Fitur mewah ini memberikan opsi untuk membuka smartphone tersebut dengan sidik jari atau hanya dengan melihat layar.

Selain itu, terdapat juga fitur Portrait Mode yang memberikan efek fotografi lebih bagus, salah satunya dengan memberikan efek bokeh. Efek tersebut memberikan kualitas foto yang mirip dengan kamera profesional. Sayangnya, kamera yang disediakan hanyalah satu.

Kelebihan dan Kekurangan

Dengan layar yang lebar dan bodi yang lebih ringan, Vivo Y83 hadir dengan fitur yang lebih baik daripada smartphone Vivo seperti Y81. Ditambah lagi, spesifikasi software yang sudah ditingkatkan juga menjadikan performa keseluruhan Y83 lebih baik lagi.

Tetapi, tetap ada kekurangan yang dimiliki oleh Vivo Y83, yaitu tidak adanya fitur fast charging karena belum menggunakan USB port type C. Speaker yang disediakan juga hanya satu dan juga tidak ada dual kamera untuk kamera utamanya.

Kelebihan Vivo Y83

  • Rasio layar dengan bezel 19:9 atau 88% dengan resolusi layar HD+
  • Funtouch OS Android Oreo 8.1
  • Finger Print and Face Access to Unlock
  • Kamera depan 8 MP dengan fitur AI Beauty Face
  • RAM 4 GB dan ROM 64 GB

Kekurangan Vivo Y83

  • Tidak ada fitur fast charging
  • Speaker hanya ada satu
  • Kamera hanya ada satu

Kesimpulan

Jika smartphone Vivo lainnya dihadirkan dengan fitur dan spesifikasi yang rendah untuk menekan bujet, Vivo Y83 cocok bagi yang ingin software lebih dengan harga yang masih tergolong cukup terjangkau. Perbedaannya terlihat dari fitur sidik jari sampai peningkatan RAM dan ROM.

 

 

 

0 Shares:
You May Also Like
Vivo Y65

Vivo Y65

Vivo Y65: Andalkan Potrait dan Autofokus Ala Kamera DSLR
vivo v17 pro

Vivo V17 Pro

Vivo V17 Pro: Dibekali dengan 6 kamera dan sejumlah fitur pendukung gaming
Vivo Y95

Vivo Y95

Vivo Y95: Ponsel Kuat dengan Performa Hebat

Vivo Xplay 6

Vivo Xplay 6: Dibekali baterai dan memori penyimpanan besar

Vivo Xplay 5 Elite

Vivo Xplay 5 Elite: Mengusung teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE dan memiliki layar Super AMOLED