Xiaomi Mi A2 Lite

Xiaomi Mi A2 Lite merupakan smartphone kelas menengah yang diluncurkan pada tahun 2018. Ponsel Android ini merupakan generasi penerus dari Xiaomi Mi A1 dan diluncurkan bersamaan dengan Xiaomi seri Mi A2.

Hadir sebagai alternatif dari Mi A2, Xiaomi seri Mi A2 Lite dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Smartphone ini berkompetisi dengan smartphone sekelasnya di harga satu jutaan.

Walau harganya terbilang terjangkau, ponsel besutan Xiomi ini memiliki beberapa keistimewaan,  di antaranya, kokoh dari segi desain, kapasitas memori internalnya cukup besar, baterainya terbilang awet, serta didukung berbagai fitur penunjang lainnya.

Harga Xiaomi Mi A2 Lite

Last Updates: 09 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Xiaomi Mi A2 LiteRp1.595.000
(3GB+32GB)
Rp1.350.000
Xiaomi Mi A2 LiteRp1.995.000
(4GB+64GB)
Rp 1.750.000
Rilis2018, Juli
Link terkaitDaftar Harga HP Xiaomi Terbaru

Sejak dirilis pada Juli 2018 silam, Xiaomi Mi A2 Lite dibanderol dengan harga Rp1.899.000 dengan kapasitas memori 3 GB + 32 GB, Adapun yang berkapasitas memori 4 GB + 64 GB  dijual dengan kisaran harga Rp1.999.000.

Anda bisa membeli Xiaomi Mi A2 Lite di gerai Xiaomi yang resmi, di toko-toko yang menjual gadget, serta di beberapa toko online tepercaya.

Spesifikasi

Dibekali dengan spesifikasi yang cukup canggih, seberapa layakkah Xiaomi seri A2 Lite ini untuk dipinang? Berikut spesifikasi lengkap smartphone tersebut.

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie); MIUI 10; Android One
RAM3/4 GB
ROM32/64 GB
ChipsetQualcomm MSM8953 Snapdragon 625 (14 nm)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
Bodi
Dimensi149.3 x 71.7 x 8.8 mm (5.88 x 2.82 x 0.35 in)
Berat178 g (6.28 oz)
Layar5.84 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.0
BelakangDual
12 MP, f/2.2, 1.25 μm, PDAF
5 MP, f/2.2, 1.12 μm, depth sensor
Video[email protected] (gyro-EIS)
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaBlack, Blue, Gold (Global); Rose Gold, Red (China only)
RadioFM radio (after SW update to Android 9.0)
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh battery
ChargerFast battery charging 10W

Desain yang Kokoh

desain xiaomi mi a2 lite

Xiaomi Mi A2 Lite hadir dengan desain yang dibuat dari bahan metal unibody sehingga tampilannya terlihat kokoh dan berkualitas. Desain body Mi A2 Lite pada bagian belakang terbilang menarik dan dilengkapi dengan dual kamera yang terletak vertikal di sudut kiri.

Di bagian belakang ponsel Android ini terdapat logo Mi dan juga Android One yang menjadi salah satu fitur bawaan ponsel ini. Pada sisi bagian kanan terdapat tombol power dan volume layaknya ponsel Android secara umum. Sedangkan pada bagian sisi kiri, ponsel ini dibekali dengan Tray SIM Card dengan double slot SIM Card berukuran nano dan satu slot MicroSD. Dengan begitu, Anda bisa leluasa menggunakan dua kartu SIM dan juga menambah kapasitas memori pada waktu bersamaan.

Layar Ergonomis

layar xiaomi mi a2 lite

Ponsel ini dibekali dengan layar berukuran 5,8 inci sehingga cukup nyaman untuk digunakan. Ukuran ini terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi A2 yang berukuran 5,99 inci.

Walau begitu, keduanya sama-sama mempunyai resolusi Full HD+ dan juga mengaplikasikan panel berteknologi IPS LCD. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan notch di bagian atas layar.

Visibilitas Xiaomi Mi A2 Lite terlihat lebih baik karena memiliki ukuran layar yang tidak terlalu besar, tetapi beresolusi tinggi. Kerapatan piksel pada layarnya berkisar 432 ppi, dengan tingkat kecerahan sekitar 448 nits.

Performa dan Kapasitas Penyimpanan

chipset xiaomi mi a2 lite snapdragon 625

Dilihat dari segi performa, Xiaomi Mi A2 Lite masih mempertahankan SoC kelas menengah, yaitu Snapdragon 625. Karena menggunakan SoC yang terbilang cukup lawas, ponsel Mi A2 Lite ini tidak begitu bersaing secara performa.

Dari segi kapasitas penyimpanan, smartphone ini dibekali dengan dua varian storage, yakni 32 GB (RAM 3 GB) dan 64 GB (RAM 4 GB). Selain itu, ponsel pintar ini juga dibekali dengan slot microSD hingga 256 GB.

Dual Kamera Belakang dan Kamera Depan

kamera xiaomi mi a2 lite

Xiaomi Mi A2 Lite dibekali kamera utama beresolusi 12 MP dan aperture F/2.2. Tidak hanya itu, kamera utama ini juga dilengkapi dengan piksel yang besar, yakni sebesar 1,25 micron.

Mi A2 Lite juga dilengkapi dengan resolusi 5 MP untuk kebutuhan depth sense. Sedangkan untuk kamera depan, ponsel Android ini dibekali dengan sensor kamera 5 MP dan aperture F/2.0.

Kapasitas Baterai

baterai xiaomi mi a2 lite 4000 mah

Baterai merupakan salah satu kelebihan dari Xiaomi Mi A2 Lite. Ponsel ini dibekali baterai berkapasitas 4000 mAh dengan SoC yang irit daya. Cocok untuk Anda yang memiliki intensitas waktu tinggi dalam menggunakan perangkat Android. Dalam penggunaan yang wajar, ponsel ini cukup diisi ulang daya sekali dalam sehari.

Sistem Operasi dan Konektivitas

sistem operasi xiaomi mi a2 lite android pie

Sistem operasi yang berjalan pada Xiaomi Mi A2 Lite adalah sistem operasi dasar Android 8.0. Namun kini telah di-upgrade ke Android Pie 9.0. Optimalisasi yang diterapkan pada ponsel ini adalah Android One.

Bicara soal konektivitas, Mi A2 Lite dibekali dengan jaringan LTE, Wi-fi 802.11, dan Bluetooth 4.2. Dari Ponsel juga dilengkapi berbagai sensor, seperti proximity, fingerprint, acceleration, ambience light, compass, dan juga gyroscope.

Kelebihan dan Kekurangan

Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel Android Xiaomi Mi A2 Lite, Anda sebaiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

Kelebihan Xiaomi Mi A2 Lite

  • Desainnya kokoh dan
  • Prosesor andal dan irit daya.
  • Memiliki kapasitas baterai yang besar.
  • Ukuran RAM dan storage-nya

Kekurangan Xiaomi Mi A2  Lite

  • Kualitas kamera kurang memuaskan.
  • Kualitas layar kurang bagus.
  • Tidak Memiliki Fitur
  • Tidak Mendukung Dual 4G.

Kesimpulan

Jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi A2, tentu saja fitur dan spesifikasi dari Xiaomi Mi A2 Lite lebih dipangkas agar harganya lebih terjangkau. Walau begitu, performanya tetap dapat diandalkan.

Dengan kata lain, Xiaomi Mi A2 Lite merupakan ponsel Android murah dengan spesifikasi yang memuaskan, dengan baterai yang awet. Cocok untuk Anda yang sering beraktivitas seharian menggunakan smartphone.

 

 

0 Shares:
You May Also Like

Xiaomi Mi Mix

Xiaomi Mi Mix: Flaghsip besutan Xiaomi dengan segudang fitur canggih

Xiaomi Mi 6

Xiaomi Mi 6: Desain mewah dan solid dalam genggaman

Redmi 5A

Redmi 5A: HP entry level dengan segudang fitur yang lumayan

Xiaomi Mi5S

Xiaomi Mi5S: Body premium dengan balutan metal, kaca, keramik

Redmi 4

Redmi 4: Kapasitas daya besar