Oppo F7 Youth

Hadir dengan dimensi dan resolusi kamera yang lebih kecil, menjadikan Oppo F7 Youth sebagai versi terjangkau dari Oppo F7 biasa yaitu Rp2.900.000. Spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone kelas menengah ini berupa RAM 4GB dengan kapasitas penyimpanan internal 64GB.

Di beberapa bagian, Oppo F7 Youth dan pendahulunya F5 Youth memiliki beberapa kemiripan, serta harga jual yang tak berbeda jauh. Mulai dari ukuran dimensi, berat, dan ukuran layar. Namun bila ditelisik lebih jauh, Oppo F7 Youth lebih unggul dari segi performa dan hardware.

Dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan saudaranya Oppo F7 yang dibanderol dengan harga Rp3.499.000 untuk versi RAM 4/64GB, performa Oppo F7 Youth diklaim hampir sama, hanya saja resolusi kamera yang dipangkas jauh berbeda.

Oppo F7 Youth dapat menjadi opsi yang lebih terjangkau apabila Anda mengedepankan performa yang baik layaknya Oppo F7 biasa, meskipun ada beberapa perbedaan.

Harga Oppo F7 Youth

Last Update: 8 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Oppo F7 Youth Rp2.599.000Rp1.850.000
Rilis2018, Juni
Link terkaitDaftar Harga Hp Oppo Terbaru

Spesifikasi Oppo F7 Youth

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo); ColorOS 5.2
RAM4 GB
ROM64 GB
ChipsetMediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)
CPUOcta-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
Bodi
Dimensi156.5 x 75.2 x 7.8 mm (6.16 x 2.96 x 0.31 in)
Berat155 g (5.47 oz)
Layar6.0 inches, LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan8 MP, f/2.2
Belakang13 MP, f/2.2, PDAF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaSolar Red, Diamond Black
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3410 mAh battery

Bodi Ramping Dan Ergonomis

Meski ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan saudaranya Oppo F5, namun desain Oppo F7 Youth sama seperti Oppo F7 biasa. Perbedaannya terletak pada bagian belakangnya yang mulus, sebab Oppo F7 Youth tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari.

Bagian bodinya menggunakan material perpaduan antara metal dan polycarbonate, dengan dimensi 156.5×75.2×7.8 dan berat 155 gram, ponsel ini sangat pas dalam genggaman. Pada bagian belakang Oppo F7 didesain dengan motif diamond cut.

Motif yang menyerupai potongan berlian dalam bentuk tiga dimensi ini akan memperlihatkan garis yang cantik apabila terkena pantulan cahaya. Untuk pilihan warnanya, Oppo F7 Youth tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Diamond Black dan Solar Red yang cantik.

Layar Lega Tanpa Poni

Pada layar Oppo F7 Youth hadir tanpa poni atau notch. Kali ini, ia tampil dengan layar diagonal 6 inci beresolusi FullHD+ dengan tipe IPS LCD. Sedangkan aspek rasionya 18:9 dan bezel tipis 1.98 mm tempat meletakkan kamera depan dan sensor.

Layar bagian atas ini berbeda dengan Oppo F7 biasa yang memiliki poni. Tanpa adanya poni membuat 88.8% bagian depan terisi oleh layar. Dengan layar seluas ini, tentu akan nyaman digunakan untuk memutar video atau bermain game.

Dengan resolusi FullHD+, kerapatan piksel mencapai 402 ppi dan spesifikasi RAM 4GB, tentu akan memberikan pengalaman bermain game yang menyenangkan dengan gambar yang jernih tanpa adanya lag.

Performa Setara Smartphone Flagship

Soal performa, Oppo F7 Youth ini menggunakan spesifikasi sama persis dengan saudaranya Oppo F7 biasa. Menggunakan chipset Mediatek MT6771 Helio P60 serta prosesor octa core dan didukung oleh GPU Mali-G72 MP3.

Namun sayangnya Oppo F7 Youth hanya tersedia dengan pilihan RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 64GB. Bagi Anda yang hobi menyimpan foto maupun video, kapasitas penyimpanannya masih bisa diperluas lagi dengan kartu microSD hingga 256GB.

Bagi yang hobi bermain game, grafis pada Oppo F7 Youth mampu tampil dengan baik. Terlebih di smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Game Acceleration, yaitu fitur ‘No Disturbance’ yang membebaskan Anda dari notifikasi saat sedang bermain game.

Selfie Menawan Dengan AI Beauty Recognition 2.0

AI Beauty Recognition 2.0

Bila dibandingkan dengan saudaranya F7 biasa atau pendahulunya Oppo F5 Youth, kamera depan Oppo F 7 Youth mengalami penurunan resolusi yang sangat drastis. Dengan resolusi 8MP dan aperture f/2.2 masih cukup baik untuk hasil selfie dengan kualitas memuaskan.

Untuk hasil foto selfie yang lebih menawan, kamera depan Oppo F7 Youth tetap dibekali dengan teknologi AI Beauty Recognition 2,0, versi AI Beauty yang lebih tinggi dibanding dengan Oppo F5 Youth. Pada versi ini, mampu membedakan antara wajah pria dan wanita.

Tidak hanya efek beautification, tetapi juga tersedia fitur HDR untuk menghasilkan selfie dengan kualitas profesional, detail, dan warna yang lebih baik. Fitur AR Sticker yang serupa dengan smartphone flagship Samsung juga tersedia di Oppo F7 Youth.

Kamera Belakang Tetap Kece

Kamera Oppo F7 youth

Meskipun keunggulan Oppo F7 Youth terletak pada kamera depannya, tetapi fungsi kamera belakang tak dilupakan. Dibekali sensor CMOS 13MP dengan aperture f/2.2 dan dukungan PDAF, kamera utama smartphone ini masih dapat bersaing dengan saudaranya Oppo F7.

Tak kalah kece dengan kamera depannya, kamera belakangnya juga dilengkapi dengan fitur AR Sticker, vivid, dan efek bokeh. Kualitas foto yang dihasilkan juga cukup detail dan ketajaman warna yang baik. Sehingga kamera belakang Oppo F7 cukup dapat diandalkan.

Facial Unlock Menggantikan Sensor Sidik Jari

Facial Unlock OPPO

Jika pada Oppo F7 terdapat sensor sidik jari sebagai fitur keamanan, Oppo F7 Youth justru dibekali dengan fitur Facial Unlock yang terintegrasi dengan teknologi artificial intelligence recognition yang mampu mengenali wajah dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo F7 Youth

Spesifikasinya yang tak jauh berbeda dengan saudaranya Oppo F7 biasa, tetapi Oppo F7 Youth ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Maka ada baiknya bila menilik kelebihan dan kekurangan Oppo F7 Youth terlebih dahulu.

Kelebihan:

  • Kamera selfie dengan teknologi AI Beauty Recognition 2.0
  • Menggunakan chipset Helio p60 octa core
  • Layar lega tanpa poni dengan resolusi FullHD+
  • Memiliki fitur keamanan Facial Unlock

Kekurangan Oppo F7 Youth

  • Bodi terbuat dari bahan plastik yang mudah tergores
  • Tidak memiliki fitur keamanan dengan sensor sidik jari
  • Tidak terdapat fitur VOOC Flash Charge
  • Belum ada fitur NFC untuk transfer data

Kesimpulan

Oppo F7 Youth hadir dengan teknologi AI Beauty untuk mendukung mereka yang hobi ber-selfie. Dengan layarnya yang lega tanpa notch atau poni ditambah resolusi layar FullHD+, sangat cocok untuk Anda yang hobi menonton film dan bermain game.

Ditambah chipset Helio P60 yang powerful dan RAM 4GB untuk penggunaan ponsel yang lebih baik dan mampu untuk digunakan secara multi-tasking. Menariknya, smartphone ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

0 Shares:
You May Also Like

Oppo F5 Youth

Oppo F5 Youth: Layar Penuh FullHD+ Dengan Kamera Selfie AI Beauty 16MP

Oppo A59 S

OPPO A59 S: Menggunakan teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE

Oppo 3000

OPPO 3000: Dibekali teknologi internet super cepat 4G LTE

OPPO A71

OPPO A71: Si jago selfie dengan desain eksklusif

Oppo Neo 7

OPPO Neo 7: Mengusung teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE

Oppo R7 Lite

OPPO R7 Lite: Mengusung teknologi jaringan internet super cepat