Oppo Reno

Masuk jajaran produk flagship dari Oppo, Oppo Reno dibanderol dengan harga Rp6.999.000. Spesifikasi yang ditawarkan yaitu RAM 6GB dan ditandem kapasitas penyimpanan internal 256GB.

Hadir ditemani saudaranya, Oppo Reno 10x Zoom, keunggulan yang ditawarkan oleh keduanya ada pada motorized pop-up camera seperti yang terdapat pada Oppo F11 Pro. Akan tetapi, Oppo Reno tampil dengan desain yang berbeda.

Harga Oppo Reno

Last Updates: 08 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Oppo RenoRp6.350.000Rp5.200.000
Rilis2019, April
Link terkaitDaftar Harga Hp Oppo Terbaru

Dengan harga hampir mencapai 7 juta, Oppo Reno memang menyasar kalangan menengah ke atas. Tak hanya dibekali hardware canggih dan fitur yang keren, tetapi juga menggunakan material berkualitas pada bodinya.

Spesifikasi Oppo Reno

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie); ColorOS 6
RAM 6/8 GB
ROM128 /256 GB
ChipsetQualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver)
GPUAdreno 616
Bodi
Dimensi156.6 x 74.3 x 9 mm (6.17 x 2.93 x 0.35 in)
Berat185 g (6.53 oz)
Layar6.4 inches, AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
DepanMotorized pop-up 16 MP, f/2.0, 26mm (wide)
BelakangDual
48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF
5 MP, f/2.4, depth sensor
Video[email protected], [email protected]/60/120fps, gyro-EIS
FiturDual-LED flash, HDR, panorama
ProteksiCorning Gorilla Glass 6
DCI-P3
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
NFCYa
Bluetooth5.0, A2DP, EDR, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBType-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaOcean Green, Jet Black, Nebula Purple, Pink Mist, Coral Orange, Inspiration Edition
RadioTidak
SensorFingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 3765 mAh battery
ChargerFast battery charging 20W (VOOC Flash Charge)

Desain Minimalis Berkualitas Premium

Oppo Reno Desain

Jika dilihat sepintas, tampilan Oppo Reno memang tak jauh berbeda dengan saudaranya, Reno 10x Zoom. Namun ketika digenggam, bodinya lebih mungil. Untuk mengesankan bodi yang solid, Oppo Reno menggunakan bingkai metal dan lapisan kaca.

Pada bagian belakang, akan terlihat desain yang unik. Sebab, Oppo Reno menggunakan finishing glossy dengan gradasi warna seperti F Series. Yang membedakan adalah Oppo Reno dihiasi garis vertikal bertuliskan ‘Designed by Oppo’ dan logo sejajar kamera belakang.

Dimensi keseluruhan Oppo Reno yaitu 156,6 x 74,3 x 9 mm serta berat 185 gram. Bila tertarik dan ingin meminang Oppo Reno, ponsel cerdas ini tersedia dalam pilihan warna Ocean Green dan Jet Black.

Panoramic Screen Tanpa Poni

Oppo Reno Panoramic Screen

Dilihat dari sisi depan, Oppo menawarkan layar yang penuh tanpa adanya poni atau notch maupun tombol fisik, sehingga sesuai dengan konsep minimalis yang diusung. Bahkan, bezel-nya pun sangat tipis untuk memberi kesan layar yang lega.

Menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FullHD+ serta fitur Night Shield untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya, terlebih bila digunakan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, layarnya pun dibalut proteksi berupa antigores Corning Gorilla Glass 6.

Dengan resolusi FullHD+ serta gamut warna yang lebar (DCI-P3), Oppo Reno tak hanya dapat menampilkan gambar yang jernih, tetapi juga saturasi warna dan kontras yang sangat baik. Pun tetap hemat baterai. Cocok sekali untuk Anda penggemar game mobile.

Hardware Snapdragon 710, Memori Internal Besar

Oppo Reno ditenagai oleh chipset dari Qualcomm SDM710 yakni Snapdragon 710. Untuk prosesornya sendiri menggunakan octa core dan GPU Adreno 616 demi memaksimalkan performanya.

Oppo Reno tak dilengkapi dengan slot kartu microSD. Meski begitu, kapasitas penyimpanan internal Oppo Reno sudah lebih dari cukup yakni 256GB.

Diklaim sebagai smartphone high-end, spesifikasi Oppo Reno dirasa cukup mantap. Sebab semua fungsi ponsel dapat dijalankan dengan lancar. Untuk memainkan game berat saja, ia tetap mampu berjalan lancar tanpa lag.

Dual Camera + Pivot Rising Camera

Dual Camera + Pivot Rising Camera

Bila Oppo Reno 10x Zoom memiliki 3 kamera, Oppo Reno harus berpuas diri hanya dengan 2 kamera minus 10x zoom. Meskipun begitu, spesifikasinya sama persis dengan Oppo Reno 10x Zoom.

Kamera belakang Oppo Reno menggunakan sensor Sony IMX586 dengan konfigurasi lensa 48MP dan aperture f/1.7. Dengan bukaan lensa yang cukup besar, maka dapat menangkap cahaya lebih banyak sehingga mampu menghasilkan foto yang tajam dan jernih.

Sementara itu, kamera kedua yakni Wide Angle 5MP dengan resolusi depth sensor. Adapun keunikan smartphone ini terletak pada kamera depan pop-up yang menyembul sebagian, mirip sirip hiu. Bahkan kemunculannya tanpa suara dan hanya membutuhkan waktu 0.8 detik.

Baterai Tahan Lama Ditambah VOOC Flash Charge

VOOC Flash Charge OPPO

Untuk menunjang kehidupannya, Oppo Reno menggunakan sumber daya dari baterai non-removable dengan kapasitas 3765 mAh. Jika digunakan secara normal, maka mampu bertahan hingga seharian penuh dan dalam posisi stand by mampu bertahan selama 2 hari.

Untuk yang sering menggunakan smartphone, tak perlu cemas, sebab Oppo melengkapinya dengan fitur VOOC Flash Charge untuk mempersingkat waktu saat pengisian daya.

Fingerprint Under Display yang Modern

Fingerprint Oppo Reno

Tak mau kalah dengan smartphone flagship lainnya, Oppo Reno juga menawarkan fitur keamanan yakni sensor sidik jari di bawah layar (under display fingerprint). Oppo bahkan mengklaim bahwa sensor sidik jari di Oppo Reno jauh lebih responsif dibanding Oppo R17 Pro.

Untuk alternatif fitur keamanan lainnya, Oppo Reno juga memiliki fitur Face Unlock yang cukup cepat saat mendeteksi muka. Sedangkan opsi lainnya adalah passcode yang standar.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno

Berkut dijabarkan kelebihan dan kekurangan Oppo Reno sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan Oppo Reno

  • Desain super kece yang menggunakan material berkualitas
  • Layar penuh tanpa notch dan bezel super tipis
  • Inovasi berupa kamera pop-up yang unik
  • Kamera utama beresolusi 48MP
  • Memiliki fitur Under Display Fingerprint yang canggih
  • Terdapat fitur konektivitas seperti NFC
  • Performa mantap

Kekurangan Oppo Reno

  • Tidak terdapat slot kartu microSD
  • Tidak resisten terhadap air
  • Belum menggunakan chipset terbaru dari Snapdragon 712

Kesimpulan

Agaknya Oppo Reno akan menjadi jagoan di tahun 2019 dengan desain premium dan performa yang kece. Meskipun harganya terbilang tinggi, namun sepadan dengan apa yang ditawarkan dengan smartphone ini, seperti dual camera 48MP, desain layar penuh, dan  pop-up camera.

Tak hanya itu, RAM 6GB dan storage 256GB sudah cukup mumpuni. Ditambah lagi dengan fitur pengisian daya cepat VOOC Flash Charge dan fitur under display fingerprint. Semua kualifikasi tersebut menjadi keunggulan bagi Oppo Reno.

0 Shares:
You May Also Like

OPPO Reno 2F

OPPO Reno 2F: Versi bungsu dari Reno 2 series dengan 48MP Quad Kamera

Oppo F5 Youth

Oppo F5 Youth: Layar Penuh FullHD+ Dengan Kamera Selfie AI Beauty 16MP

Oppo R9

OPPO R9: Mampu membidik gambar dengan resolusi yang sangat tinggi

Oppo A33

OPPO A33: Suport teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE

Oppo Mirror 5

OPPO Mirror 5: Desain elegan dan dibekali terkonologi jaringan super cepat 4G

OPPO A3s

OPPO A3s: Ponsel Oppo seri A pertama yang mengusung dual camera