Oppo F5 Youth

Dengan spesifikasi lebih rendah dibanding Oppo F5 reguler, harga Oppo F5 Youth dirilis dengan harga yang lebih terjangkau, yakni Rp3.299.000. Yang menjadi daya tarik utama dari Oppo F5 Youth adalah kamera depan 16MP berteknologi AI Beauty Recognition.

Dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5, Oppo F5 Youth lebih unggul di sektor kamera, prosesor Mediatek Helio P23 octa core, serta fitur face unlock-nya. Dengan spesifikasi Oppo F5 Youth lebih unggul dibanding rivalnya, harganya tentu menjadi sedikit lebih tinggi.

Oppo F5 Youth dibanderol dengan harga Rp3.299.000. Tetapi jika dibandingkan dengan smartphone keluaran terbaru dengan harga yang sama, maka Oppo F5 Youth kalah dari segi performa dan juga perangkat lunak.

Harga Oppo F5 Youth

Last Update: 08 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Oppo F5 YouthRp3.329.000Rp1.500.000
Rilis2017, Desember
Link terkaitDaftar Harga Hp Oppo Terbaru

Spesifikasi Oppo F5 Youth

Platform
OSAndroid 7.1 (Nougat); ColorOS 3.2
RAM3 GB RAM atau 4 GB
ROM32 GB
ChipsetMediatek MT6763T Helio P23 (16 nm)
CPUOcta-core 2.5 GHz Cortex-A53
GPUMali-G71 MP2
Bodi
Dimensi156.5 x 76 x 7.5 mm (6.16 x 2.99 x 0.30 in)
Berat152 g (5.36 oz)
Layar6.0 inches, LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan16 MP, f/2.0, 2.0µm
Belakang13 MP, f/2.2, PDAF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS
Jack Audio 3.5mmYA
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaGold, Black
RadioTidak
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3200 mAh battery

Desain Elegan Dengan Warna Mewah

Oppo F5 Youth Desain

Jika melihat tampilan Oppo F5 Youth, desain serta ukuran dari Oppo F5 Youth mirip dengan Oppo F5 reguler. Dengan ukuran layar 6 inci, pastinya Anda dapat bermain game atau menonton video dengan pengalaman terbaik.

Untuk material bodinya sendiri, Oppo F5 Youth memakai bahan plastik polycarbonate seperti pendahulunya. Oppo F5 Youth hadir dengan pilihan warna Black dan Gold untuk memberi kesan mewah dan elegan.

Layar Fullscreen FullHD+

Layar yang digunakan oleh Oppo F5 Youth juga sama seperti Oppo F5 reguler, yakni layar diagonal 6 inci dengan tipe layar IPS LCD ditambah dengan resolusi FullHD+. Dengan aspek rasio 18:9, Oppo F5 Youth menghadirkan tampilan layar penuh yang kece.

Nikmati visual yang memukau saat menonton video, bermain game, ataupun melihat koleksi foto pada layar penuh beresolusi FullHD+ yang jernih dan tajam.

Performa Bertenaga dan Responsif

Mediatek Helio P23 octa-core 2.5 GHz Cortex-A53

Bila menilik spesifikasi Oppo F5 Youth, nampaknya vendor tidak main-main dengan mesin kembaran Oppo F5 ini. Salah satunya menggunakan chipset Mediatek Helio P23/P30 octa-core 2.5 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU Mali G71.

Dengan spesifikasi demikian, Oppo F5 Youth sangat layak untuk dipertimbangkan. Dengan RAM 3GB dan kapasitas penyimpanan 32GB, performa Oppo F5 Youth tergolong baik untuk menjalankan game populer seperti Arena of Valor atau Asphalt karena grafisnya yang mantap.

Tak hanya itu, Oppo F5 Youth juga menggunakan sistem antarmuka ColorOS 3.2 yang hemat energi ditambah dengan fitur Night Shield. Fitur ini sangat berguna bagi para penggunanya karena dapat menaikkan kinerja hingga 20% dan pengiritan daya hingga 10%.

Kamera Canggih Berteknologi AI Beauty Recognition Technology

Kemampuan Oppo F5 Youth di sektor fotografi tak meragukan. Smartphone yang mengusung tagline “Selfie Expert” tentu memiliki keunggulan pada kamera depannya. Apabila dibandingkan saudaranya Oppo F5 dengan kamera depan 20MP, resolusi ponsel ini lebih kecil.

Untuk menunjang para pencinta selfie, Oppo F5 Youth dibekali dengan kamera depan beresolusi 16MP dengan teknologi AI Beauty Recognition untuk memanjakan penggunanya yang hobi berswafoto.

Sedangkan untuk kemampuan kamera utamanya, Oppo F5 hanya menawarkan lensa 13MP beresolusi tinggi. Smartphone ini juga didukung dengan fitur Phase Detection Autofocus dengan aperture f/2.2 untuk hasil foto profesional.

Kapasitas Baterai Cukup Besar

oppo f5 youth baterai

Sama seperti saudaranya, Oppo F5, smartphone ini dilengkapi dengan baterai Non-removable Li-Ion dengan kapasitas daya baterai 3200 mAh. Namun sayangnya, Oppo F5 Youth tidak didukung oleh teknologi VOOC Flash Charge untuk pengisian daya yang lebih cepat.

Dengan kapasitas baterai sebanyak 3200 mAh, ponsel ini mampu bertahan hingga 12 jam apabila penggunaannya normal sehingga dapat menunjang aktivitas sehari-hari tanpa perlu sering-sering mengisi daya.

Memiliki Dua Fitur Keamanan Sekaligus

Dua Fitur Keamanan Sekaligus

Untuk memastikan keamanan penggunanya, Oppo F5 Youth bahkan dibekali dua fitur keamanan sekaligus. Yaitu sensor sidik jari di bagian belakang bodi, dan juga fitur Facial Unlock untuk membuka perangkat hanya dalam 0,4 detik.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo F5 Youth

Bila Anda sedang menimang-nimang untuk memilih Oppo F5 Youth, ada baiknya mengetahui kelebihan serta kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan Oppo F5 Youth

  • Kamera depan mumpuni dengan resolusi 16MP ditambah teknologi AI Beauty Recognition untuk hasil gambar tajam meski kondisi cahaya minim sekalipun.
  • Kamera belakang yang bagus dalam kondisi minim cahaya
  • Layar fullscreen yang lega beresolusi FullHD+ untuk menonton video maupun bermain game dengan gambar yang jernih dan tajam.
  • Memiliki dua fitur keamanan, yaitu Facial Unlock dan sensor sidik jari.
  • Desain elegan dengan perlindungan Gorilla Glass 5

Kekurangan Oppo F5 Youth

  • Tidak didukung fitur VOOC Flash Charge.
  • Tidak dibekali pelindung layar atau tempered glass
  • Speaker kurang memuaskan karena hanya mengusung mono speaker.
  • Belum didukung oleh fitur NFC (Near Field Communication) untuk berbagi data
  • Material bodi masih menggunakan plastik polycarbonate

Kesimpulan

Setelah diamati secara keseluruhan, spesifikasi yang ditawarkan oleh Oppo F5 Youth mampu untuk digunakan sehari-hari sehingga ia layak dibeli. Sedangkan nilai jual smartphone ini terletak pada kamera selfie, sangat cocok untuk anak muda yang hobi berfoto dan ber-selfie ria.

Dengan tampilan yang elegan dan keunggulannya di sektor fotografi, Oppo F5 Youth masih cukup diminati hingga saat ini.

Bila mengingat harganya yang cukup tinggi, Anda bisa mendapatkan smartphone keluaran terbaru dengan harga yang sama, sebab performa dan software Oppo F5 Youth agaknya kalah dibandingkan smartphone lain dengan harga yang setara.

0 Shares:
You May Also Like

OPPO A71

OPPO A71: Si jago selfie dengan desain eksklusif

Oppo A39

OPPO A39: Menawarkan kamera beresolusi tinggi

Oppo R9 S

OPPO R9 S: Layar lebar, performa gahar

OPPO A83

OPPO A83: Puas dengan Smart Selfie

Oppo A53

OPPO A53: Menawarkan pengalaman fotografi terbaik

OPPO A5s

OPPO A5s: Smartphone kelas menengah dengan dual rear camera dan AI beautification