OPPO A3

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Oppo, perusahaan elektronik dari Negeri Tirai Bambu merilis ponsel Oppo A3 pada April 2018 lalu. Mengapa demikian? Konon kabarnya, ponsel pintar tersebut tidak dirilis secara resmi di Indonesia.

Karena tidak resmi, jumlah Oppo A3 yang diperjual-belikan menjadi sangat langka di sini. Hal itu pula yang menyebabkan harga ponsel ini beragam. Ponsel ini juga sarat akan fitur menarik, membuatnya layak disebut “hidden gem” (permata yang tersembunyi).

Tersiar kabar burung lainnya bahwa tampilan Oppo A3 yang begitu elegan adalah hasil adaptasi desain iPhone X: motif tekstur berlian pada casing bagian belakang.

Harga OPPO A3

Last Update: 5 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Oppo A3Rp2.500.000 – Rp2.600.000-
RilisApril 2018 (Global)
Link terkaitDaftar Harga HP OPPO Terbaru

Sejak dirilis di bulan April 2018 lalu, Oppo A3 dibanderol dengan kisaran harga Rp2.500.000 – Rp2.600.000. Harga ini termasuk terjangkau untuk fitur-fitur ponsel yang cukup mumpuni di kelasnya.

Meski belum dirilis secara resmi di Indonesia, Oppo A3 dapat dibeli di beberapa toko online terkemuka. Hingga saat ini belum terdapat data tentang harga bekas ponsel Oppo A3 di pasaran. Sebagai gantinya, Oppo malah merilis Oppo A3s di Indonesia.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo); ColorOS 5
RAM4 GB
ROM128 GB
ChipsetMediatek MT6771 Helio P60
CPUOcta-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
Bodi
Dimensi156 x 75.3 x 7.8 mm
Berat159 gr
Layar6.2 inch LTPS IPS LCD
Kamera
Depan8 MP, f/2.2
Belakang6 MP, f/1.8, PDAF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS
NFC
No
Jack Audio 3.5mmYes
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaKnight Black, Soybean Meal, Stardust Silver, Garnet Red
RadioFM radio
SensorAccelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3400 mAh

Oppo A3 dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup memuaskan penggunanya. Desain bodi ponsel juga elegan. Di bawah ini adalah beberapa uraian tentang spesifikasi smart phone Oppo A3.

Kapasitas RAM dan ROM yang sangar, prosesor Helio P60

RAM oppo A3 dan prosesor oppo A3

Layak disebut “hidden gem,” kapasitas RAM dan ROM Oppo A3 termasuk sangar untuk ponsel kelas menengah tersebut. RAM 4GB disandingkan dengan prosesor Octa-Core Helio P60 dari Mediatek dan OS Android Oreo 8.1 menambah kehebatan kinerja ponsel ini.

Untuk mengoptimalkan grafis pun, Oppo A3 juga dilengkapi GPU Mali-G72 MP3. Dijamin, semua gambar akan tampil jernih. Ditambah, memori internalnya yang berkapasitas 128GB. Itu termasuk kapasitas yang sangat besar untuk kelas ponsel ini.

Belum puas dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar itu? Tenang saja, masih ada slot kartu memori untuk external storage hingga 256GB. Main game dan nonton film akan sangat asyik dengan gabungan fitur Oppo A3 yang sangar di atas.

Duo kamera berkualitas ciamik

Kamera Oppo A3

Untuk ponsel sekelasnya, Oppo A3 mengandalkan kamera dengan resolusi yang cukup tinggi, yaitu 16MP untuk kamera belakang dan 8MP untuk kamera depan. Plus, fitur lainnya seperti aperture f/1.8, AI Beauty 2.0., dan HDR yang menambah kejernihan foto.

Casing dan layar dengan desain elegan

desain bodi oppo a3

Hadir dengan desain yang lebih stylish dibanding sepupu-sepupunya di A Series, Oppo A3 hadir dalam casing metal nan elegan dengan 4 pilihan warna apik: Knight Black, Stardust Silver, Soybean Meal, dan Garnet Red.

Oppo A3 juga dilengkapi layar IPS LCD yang sangat lebar dengan ukuran 6.2 inchi dan resolusi 1080×2280 piksel. Ditambah, desain layar berasio 19:9 yang membuat 88% bagian depan ponsel didominasi layar. Kualitas layar ini tentunya adalah full HD+.

Daya baterai yang cukup tangguh

baterai oppo a3

 

Meski daya baterainya masih kalah dari sepupunya, Oppo A1k yang berdaya baterai 4000 mAh, berkat sistem pengelolaan kekuatan baterai, Oppo A3 dapat bertahan lama dengan daya baterai Li-Ion 3400 mAh.

Fitur pembuka kunci layar yang lebih cepat

face unlock oppo a3

Walaupun tidak dilengkapi fitur pembuka kunci layar dengan sensor sidik jari, Oppo A3 diberi fitur face unlock, sehingga keamanan lebih terjamin dan membukanya pun lebih mudah dan cepat. Lebih dipercepat dengan teknologi AI Recognition yang dapat mendeteksi 128 titik wajah.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A3

Sebelum membeli smart phone Oppo A3, Anda dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Berikut ini ialah penjabarannya.

Kelebihan Oppo A3

  • Bodinya yang dilapisi bahan metal aluminium alloy akan membuat ponsel Oppo A3 tak hanya tampil berkelas, tapi juga anti retak dan pecah bila terkena benturan keras.
  • Layar lebar dan mengadaptasi konsep iPhone X dengan notch atau “poni” (spot untuk ear piece dan kamera depan) sekaligus dilapisi proteksi anti gores Corning Gorilla Glass 5.
  • Dalam sektor dapur pacu, Oppo A3 dilengkapi sistem operasi Android versi Oreo 8.1, RAM 4GB, dan chipset Octa-Core Helio P60 dari Mediatek yang membuat performa ponsel pintar kelas menengah ini cukup sangar.
  • Meski masih mengusung kamera tunggal, Oppo A3 tetap akan memanjakan Anda dengan resolusi kamera tinggi (16MP dan 8MP) dengan fitur keren seperti auto-focus, LED flash, dan AI Beautification.
  • Pada sektor grafis, Oppo A3 diberi kekuatan GPU Mali-G72MP3, sehingga ponsel pintar Android ini akan menampilkan gambar secara High Definition. Didukung pula dengan penyimpanan internal sebanyak 128GB. Sangat memanjakan Anda pencinta game dan film di ponsel.

Kekurangan Oppo A3

  • Oppo A3 tidak dilengkapi sistem fast charging. Anda perlu waktu yang cukup lama untuk mengisi baterai ponsel ini.
  • Ponsel ini juga tidak dilengkapi fitur screen unlock dengan sensor sidik jari, membuat ponsel ini kurang optimal dari segi keamanan.
  • Kamera utamanya hanya berjumlah satu saja, membuat Oppo A3 tersaingi ponsel pintar kelas menengah lainnya dengan harga yang bahkan lebih murah seperti Samsung Galaxy A10 dan Samsung Galaxy M10 yang dilengkapi dual kamera.

Kesimpulan

Oppo A3 termasuk ponsel kelas menengah dengan spesifikasi yang sangat memuaskan. Salah satu brand kompetitornya, Asus Zenfone Max Pro M1 menyaingi Oppo A3 dari segi kamera, RAM, dan daya baterai. Namun, dari segi desain, grafis, dan keseluruhan dapur pacu, Oppo A3 lebih unggul.

 

 

0 Shares:
You May Also Like

Oppo A30

OPPO A30: Menawarkan pengalaman fotografi yang lebih baik

Oppo Joy R1001

OPPO Joy R1001: Menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean

Oppo Neo 5

OPPO Neo 5: Kokoh dan solid dalam genggaman

Oppo Joy 3

OPPO Joy 3: Dilengkapi dual kamera dengan kualitas bagus

OPPO A71

OPPO A71: Si jago selfie dengan desain eksklusif