OPPO A1k

Kita semua sudah tahu smartphone Oppo A1k merupakan generasi penerus Oppo A Series (Oppo A3s dan Oppo A5s). Namun, kita tidak akan benar-benar mengetahui apa yang membedakannya dari ponsel pendahulunya tersebut bila tak melihat spesifikasi dan harganya.

Oppo A1k kini sedang berkompetisi dengan ponsel sekelasnya di harga Rp 1 juta-an. Namun, jangan meremehkan dulu, karena ponsel pintar ini dilengkapi 4 keistimewaan yang tidak ada pada ponsel lain di kelasnya.

Keistimewaan yang sering disebut-sebut mengenai ponsel Oppo A1k ialah desain layar water drop yang membuat tampilan ponsel semakin keren, sistem operasi antarmuka terkini (ColorOS 6), daya baterai yang besar, dan fitur-fitur penunjang lainnya seperti efek kamera Bokeh.

Harga Oppo A1k

Last Update: 1 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
OPPO A1kRp1.799.000-
RilisJuni 2019 (Global)
Link terkaitDaftar Harga HP OPPO Terbaru

Sejak dirilis di bulan Juni lalu, Oppo A1k dibanderol seharga Rp1.799.000. Harga ini termasuk sangat terjangkau untuk fitur-fitur ponsel yang cukup mumpuni. Dibandingkan pendahulunya pun, harga gawai ini lebih murah.

Anda dapat membeli Oppo A1k di gerai Oppo resmi, toko-toko penjual gadget lain, serta toko-toko online terkemuka. Tabel harga di atas tidak menyantumkan harga bekas, karena memang belum terdapat data tentang harga bekas ponsel Oppo A1k di pasaran.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie); ColorOS 6
RAM2GB
ROM32GB (microSD, up to 256GB)
ChipsetMediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
Bodi
Dimensi154.5 x 73.8 x 8.4 mm
Berat170 gram
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
LayarIPS LCD 6.1 inci 720 x 1560 piksel, rasio 19.5:9
Kamera Depan
Single5MP, f/2.0, 1/5″, 1.12µm
Video720p
FiturHDR
Kamera Belakang
Single8MP, f/2.2, 1/3.2″, 1.4µm, AF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCNo
Jack Audio 3.5mmYes
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Red
RadioFM Radio
SensorAccelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh

Oppo A1k dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup memuaskan penggunanya. Desain ponselnya pun cukup stylish. Berikut ini adalah beberapa uraian mengenai spesifikasi ponsel pintar Oppo A1k.

Tampilan Layar Canggih Berteknologi Water Drop Screen

OPPO A1k Water Drop Screen

Dari tampilan luar saja, Oppo A1k sudah sangat terlihat keren. Ya, ponsel ini memang dilengkapi dengan layar lebar berukuran 6,1 inci dengan resolusi 720×1560 piksel (High Definition plus). Artinya, gambar apa pun akan terlihat jernih pada layar ini.

Belum cukup, layar yang menggunakan panel IPS LCD ini tampil semakin lebar dengan desain “poni” Water Drop Screen di bagian atas layar. Jangan khawatir layar ponsel Anda akan tergores, karena sudah dilengkapi pelindung layar Corning Gorilla Glass 3.

Kombinasi Sangar dari Chipset Helio P22, RAM 2GB, dan Duo Sistem Operasi

Meskipun terbilang ponsel murah, Oppo A1k diberi “otak” dan kekuatan yang cukup sangar untuk mendukung performanya. Bakal kompetitor smartphone Redmi 7 ini mengusung kombinasi sangar antara RAM 2GB dan prosesor Octa-Core Helio P22 dengan kecepatan 2.0 GHz dari MediaTek.

Color OS6 OPPO A1k

Jangan lupa dua gabungan Operating System dalam gadget ini juga sangar dan kekinian. Dengan Android 9.0 Pie dan ColorOS 6, interface ponsel Oppo A1k menjadi sangat menarik. Kinerja ponsel pun akan semakin meningkat.

Untuk pengolahan grafis, Oppo juga melengkapi ponsel ini dengan GPU PowerVR GE8320. Kapasitas memori internal pun termasuk memadai, yaitu 32GB. Kurang puas? Tenang saja, Oppo A1k juga dilengkapi slot untuk kartu memori (microSD card) hingga kapasitas 256GB!

Casing plastik dengan warna menarik

Ukuran bodi Oppo A1k termasuk tebal dan berat, yakni 154,5×73,8×8,4 mm, dengan bobot 170gr. Meski demikian, ponsel ini dibalut dalam casing plastik berwarna menarik, merah dan hitam. Itulah mengapa harga ponsel ini sangat terjangkau.

Sayangnya, tidak terdapat finger-print detector pada casing ponsel, demikian pula face detector untuk membuka kunci layar. Absennya kedua sensor biometrik tersebut pun menjadi salah satu kekurangan ponsel Oppo A1k.

Duet Kamera dan Filternya yang Mumpuni

Bagian Belakang OPPO A1k, Tanpa Fingerprint

Oppo melengkapi ponsel Oppo A1k dengan duet kamera mumpuni: kamera utama beresolusi 8MP dan kamera depan 5MP. Hasil jepretannya pun cukup jernih dengan fitur HDR, aperture f/2.2, serta LED flash.

Walaupun tertinggal dua saingan di kelasnya, yaitu Samsung Galaxy A10 dan Samsung Galaxy M10 yang dilengkapi dual kamera berdaya 13MP, Oppo A1k didukung teknologi AI Beautification dan fitur efek Bokeh (filter blur pada background foto) untuk hasil foto yang baik.

Baterai Jumbo Berkekuatan Super

4000 mAh Baterai OPPO A1k

Dibekali baterai 4000 mAh, Oppo A1k dapat bertahan siaga selama 17 jam. Anda akan puas dimanjakan dengan waktu bermain game dan memutar film yang lebih lama berkat daya baterai yang tahan lama ini.

Kelebihan dan Kekurangan

Sebelum membeli smartphone Oppo A1k, Anda dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Berikut ini ialah penjabarannya.

Kelebihan Oppo A1k

  • Dalam sektor dapur pacu, Oppo A1k dilengkapi sistem operasi Android Pie 9.0 dan ColorOS 6, serta chipset Octa-Core Helio P22 dari Mediatek yang membuat kinerja ponsel pintar dengan harga murah ini sangar.
  • Meski masih mengusung kamera tunggal dengan resolusi lebih rendah dari kamera ponsel lain di kelasnya, Oppo A1k tetap akan memanjakan Anda yang hobi selfie dengan fitur keren seperti AI Beautification dan efek Bokeh.
  • Dengan RAM 2GB dan PowerVR GE8320 untuk pengelolaan grafis, ponsel pintar Android ini akan menampilkan gambar secara High Definition. Sangat memanjakan Anda pencinta game dan film di ponsel. Daya baterai 4000 mAh juga akan membuat performa ponsel bertahan lama.

Kekurangan Oppo A1k

  • Bodi Oppo A1k tidak dilapisi casing metal, melainkan plastik, sehingga rentan retak atau pecah bila terkena benturan keras.
  • Ponsel ini juga tidak dilengkapi fitur screen unlock dengan sensor sidik jari maupun wajah yang kini sudah mainstream dipasang pada ponsel lain sekelasnya.
  • Kualitas resolusi kamera yang rendah serta jumlah kamera utama yang hanya satu membuat ponsel ini dapat tersaingi oleh ponsel lain dengan harga yang sama.

Kesimpulan

Dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Oppo A5s, tentu spesifikasi Oppo A1k sedikit jauh terungguli, Namun, Oppo A1k dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Pun, bila dibandingkan dengan merek lain di kelasnya, seperti Vivo Y91C.

Ponsel Oppo A1k termasuk ponsel murah dengan spesifikasi yang memuaskan, sehingga Anda tidak akan menyesal membelinya. Terutama bagi Anda yang hobi selfie, main game serta menonton film di ponsel, hobi Anda akan tersalurkan lewat gadget besutan Oppo ini.

0 Shares:
You May Also Like

OPPO K3

OPPO K3: Smartphone kelas menengah dengan prosesor ngebut dan pop-up kamera cantik

Oppo A53

OPPO A53: Menawarkan pengalaman fotografi terbaik

OPPO Find X

OPPO Find X: Senjata OPPO memasuki kelas flagship

Oppo F3 Plus

OPPO F3 Plus: Unggul dengan kamera depan canggih

Oppo 3000

OPPO 3000: Dibekali teknologi internet super cepat 4G LTE

OPPO A5s

OPPO A5s: Smartphone kelas menengah dengan dual rear camera dan AI beautification