Honor 8X Smartphone Kelas Menengah Dengan Design Menarik

Digital Ponsel – Honor 8X merupakan smartphone yang mungkin akan kalian beli jika kalian menginginkan hal baru terutama dalam segi desainya, tetapi kalian tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk pembeliannya.

Pada bagian depannya hampir keselurahan tertutup layar yang merupakan design unggulan dari Honor 8X membuat tampilannya seperti smartphone flagship yang bayak hadir di tahun 2018.

Memang dengan design yang mengagumkan tersebut membuat smartphone ini harus mengorbankan beberapa perangkat keras di dalamnya.

Honor 8X

img : geekbuying.com

Namun, sebagian besar pengurangan tersebut merupakan hal sepele yang kami rasa tidak terlalu menggangu, seperti penggunaan port USB mikro, bukannya tipe USB-C.

Honor 8X hadir dengan harga sekitar Rp. 3.999.000,-, dan harga segitu rasanya pantas disematkan kepada smartphone ini.

Fitur utama

  • Dibalut dengan lapisan kaca mengkilap, dengan rangka logam
  • Bentang Layar dengan resolusi 1080 x 2340 yang menakjubkan
  • CPU mid-range yang menjadi pertanda bahwa ini bukan smartphone flagship

Honor 8X memiliki kaca belakang dan sisi sisinya terbuat dari logam alumunium yang sangat tipis, ditambah lagi dengan notch yang sedikit lebih ramping.

Membuat smartphone ini terlihat lebih mahal dari pada harga yang ditawarkan.

Smartphone ini juga memiliki layar Full HD-yang mempunyai kwalitas sangat baik, dan juga kamera belakang dual-lens 20MP dan 2MP serta kamera depan 16 MP.

Sekali lagi, hal itu membuat smartphone ini terlihat mewah dengan rentang harga yang ditawarkan.

Mengapa smartphone ini bisa dikatakan sebagai ponsel dengan harga yang terjangkau, itu dikarenakan Honor 8X memiliki CPU di kelas mid-range, kamera utama kedua yang kurang maksimal performanya, dan juga soket pengisian daya masih mengunakan USB mikro daripada mengunakan tipe USB-C.

Di sisi kameranya juga kurang memuaskan untuk pengambilan foto pada malam hari kecuali kalian mengaktifkan AI mode malamnya.

Itu cukup adil mengingat harga yang anda keluarkan masih jauh dibawah smartphone ultra-high-end yang ada di pasaran.

Desain

  • Desain dibalut dengan material logam dan kaca
  • Pengisian daya mengunakan USB mikro
  • Rasio layar-ke-body terbilang sangat tipis

Honor 8X terlihat mirip dengan beberapa ponsel mahal yang ada di dunia, tetapi harganya hampir seperempatnya.

Ini bukan hanya sebuah sanjungan yang tidak berdasar, karena dengan harga yang ditawarkan sangat bisa disejajarkan dengan smartphone lain di pasaran.

Rasio layar-ke-body yang sangat tipis membuat tampilan yang mempesona pada smartphone Honor 8X ini.

Ketika kami pertama kali menghidupkan smartphone ini, kami sedikit terkejut. Tidak ada model yang menawarkan tampilan layar yang begitu luas pada kisaran harga yang ditawarkan oleh smartphone ini.

Tampilan bagian depannya sangat mirip dengan iPhone XR atau OnePlus 6.

Sisi design Honor 8X dapat dibandingkan dengan smartphone kelas atas seperti yang tertera di atas.

Hamparan bidang kaca yang membalut pada body baik di bagian depan maupun belakangnya, dan sisi-sisinya dilapisi frame aluminium dengan finising yang halus, sungguh tampilannya tampak mempesona.

Mungkin hanya batas tipis dari plastik yang ada di antara bagian logam dan kaca, dan bagian belakang belakang cukup polos.

Juga Tidak adanya lapisan reaktif cahaya, tidak adanya gradien funky yang terlihat di beberapa ponsel keluaran Honor maupun Huawei lainnya, yang ada hanya tampilan pita dua nada halus yang membuat smartphone ini tidak terlihat hanya warna hitam polos pada bagian tepinya, tetapi itu semua tidak mengurangi kecantikan design yang diusungnya.

Honor 8X juga mempunyai material tidak terlalu berisi seperti smartphone iPhone XS.

Hal itu kami anggap wajar karena mempertimbangkan perbedaan harga yang sangat mencolok, dan jika ini tidak terjadi, itu malah akan membuat tampak aneh.

Penggunaan port USB mikro pada Honor daripada mengunakan USB-C merupakan salah satu kelemahannya.

Karena pada rentang harga tersebut harusnya smartphone ini sudah mengunakan tipe USB-C, seperti kebanyakan smartphone yang dikeluarkan pada tahun 2018 .

Baca juga :   harga Asus zenpad 3S 10 Z500M dan Spesifikasi

Tidak adanya sertifikasi anti air atau semacamnya, tidak membuat Honor 8X ini minim pembaharuan.

Pemindai sidik jari pada bagian belakangnya terbukti sangat cepat dan dapat diandalkan, juga penyimpanan yang tergolong besar yaitu sebesar 64GB dan juga ada pilihan 128GB.

Adanya ruang untuk kartu nanoSIM tambahan dan juga kartu microSD di di SIM tray nya, itu menghasilkan beberapa poin tambahan dari peningkatan kehandalannya.

Layar ultra-tipis yang mengelilingi juga membuat Honor 8X menyenangkan saat pemakaiannya dan walaupun mempunyai ukuran layar 6,5 inci. Bukan berarti smartphone ini kurang nyaman saat digenggam.

Sama seperti ponsel keluaran Honor yang lainnya, ponsel ini terbilang ramping dengan ketebalan hanya 7.8 mm.

Layar

  • Dimensi layar 19.5: 9 inci 6.5 inci, dengan resolusi 1080 x 2340 piksel
  • Notch, yang bisa disembunyikan
  • Profil warna yang dapat disesuaikan

Honor 8X memiliki layar LCD 19,5: 9 yang sangat besar dengan notch yang cukup kecil. Yang kurang menyukai notch dapat menyembunyikan area teratas dengan bar hitam.

Baru-baru ini, Honor 8X menggunakan mode warna yang sedikit sulit diatur, yang tidak seramai ponsel yang lebih mahal.

Beberapa nada terlihat lebih kurang nyata, tetapi jika anda beralih ke mode warna ‘normal’ anda akan melihat salah satu tampilan terbaik yang akan Anda temukan di ponsel dengan kisaran harga yang ditawarkan.

Warna terlihat cukup akurat dan memiliki saturasi yang baik, itu dikarenakan Honor 8X memiliki resolusi Full HD ultra 1080 x 2340 piksel.

Bisa dibilang lebih tajam daripada iPhone XR akan tampak mengherankan jika membandingkan selisih harga keduanya.

Ukuran layar yang sangat besar membuat Honor 8X tampak sangat cocok untuk pengguna smartphone yang sering bermain game, streaming video, membaca artikel panjang atau bahkan buku digital.

Daya tahan baterai

  • Baterai 3,750 mAh
  • Pengisi Daya mengunakan USB mikro

Honor 8X memiliki baterai 3.750 mAh, yang sepertinya tidak terlalu besar untuk ponsel dengan layar 6,5 inci.

Namun, seperti banyak ponsel Huawei dan Honor baru-baru ini, stamina pada saat pemakaiannya jauh di atas rata-rata.

Manajemen daya yang bagus mungkin menjadi penyebabnya, dengan penggunaan yang sangat berat, termasuk beberapa jam streaming audio, beberapa jam internet browsing dan sekitar 30 menit streaming YouTube, Honor 8X masih bisa digunakan sampai jam 11 malam.

Smarphone ini mampu hidup jauh lebih lama daripada iPhone XS. Di antara rekan Androidnya, Honor 8X bukanlah pionernya, tetapi sangat bisa diandalkan.

Kami memperoleh hasil kualitas yang sama dari uji pengurasan daya pada pemutaran video standar kami.

Pemutaran video 720p selama 90 menit pada kecerahan maksimum membutuhkan daya 13% dari kapasitas baterai.

Ini bagus untuk ponsel dengan range harga yang ditawarkan, tetapi beberapa ponsel milik Honor dari merek Huawei kehilangan sedikitnya 8% dalam pengujian yang sama.

Honor 8X menggunakan port micro USB untuk mengisi daya. Ini adalah salah satu dari kekurangannya.

Kamera

  • Kamera belakang 20MP / 2MP ganda
  • Fotografi yang dibantu AI termasuk mode khusus Night
  • Kamera depan 16 MP

Kamera Honor 8X kalau dilihat sepintas, hampir sama bagusnya dengan ponsel Huawei dan Honor kalas atas.

Smartphone ini memiliki mode cahaya ultra-rendah yang terkenal dari Huawei P20 Pro, sistem lensa ganda untuk aperture lebar aperture (background blur), dan mode AI.

Seperti yang kami duga , sebagian besar beberapa fitur ini terdapat pengurangan dibandingkan dengan versi model Honor / Huawei paling mahal.

Namun, Honor 8X tetap terasa seperti ponsel kamera kaya fitur.

Masalah kecil pertama yang kami sadari adalah kecepatan pengambilan gambar Honor 8X. Itu bukan snapper instan, dengan sedikit shutter lag. Tapi menurut kami itu bukan masalah besar.

Kualitas gambar umum dari sensor 20MP utama dengan f / 1.8 juga sangat bagus.

Baca juga :   OnePlus 6T Diluncurkan Dengan Teknologi Finger Print Pada Bagian Layarnya

Pengambilan gambar pada siang hari terlihat tajam dan terperinci, dengan integritas tingkat piksel yang bagus untuk sensor beresolusi tinggi, beberapa pengoptimalan otomatis rentang pos dinamis juga sangat padat.

Ini menangani tingkat pencahayaan campuran dengan sangat baik.

Dari dekat semuanya terlihat sedikit lebih alami daripada kamera 12MP paling bagus sekalipun yang dipasangkan dengan pemrosesan cerdas.

Hal tersebut persis seperti yang kami harapkan dari Honor 8X. Sangat bagus mengingat range harga yang ditawarkan.

Untuk jepretan paling alami, Anda sebaiknya tidak menggunakan mode ʻAm ‘terlalu banyak. Ini mendongkrak saturasi di tampilan langit biru, kaca dan makanan.

Loading...

Kadang-kadang hasilnya sangat tajam, tetapi hal tersebut harus menggunakan jepretan standar tanpa mengutak-atik filter dan saturasi.

Mode aperture dapat digunakan untuk mengaburkan latar belakang sehingga membuat foto Anda terlihat seolah-olah diambil dengan kamera lensa besar, yang membuat hasilnya memiliki bagian belakang yang paling jelas.

Hal tersebut dihasilkan oleh kamera belakang sekunder untuk membuat peta kedalaman 3D dari suatu pemandangan, untuk memutuskan bagian mana yang harus dikaburkan.

Karena kamera kedua ini hanya memiliki sensor 2MP yang kasar, mode aperture membuat lebih banyak kesalahan daripada yang terdapat di smartphone iPhone XS atau Huawei P20 Pro.

Bits yang seharusnya tidak kabur kadang-kadang malah menjadi kabur.

Namun, hasilnya jauh lebih baik daripada apa yang Anda lihat saat pemotretan, dan Anda bisa mendapatkan hasil yang tampak dinamis.

Mode cahaya ultra-rendah adalah bagian yang paling menarik di sini.

Sama seperti hampir semua ponsel dengan range harga segitu, foto cahaya rendah atau foto malam Honor 8X tidak ada yang istimewa.

Banyak terdapat noise, dan ketajamannya juga kalah jauh dari smartphone high end.

Hasil perekaman video tampak kurang memuasakan. Bahkan jika semua fitur diaktifkan, Honor 8X hanya mampu merekam pada resolusi 1080p, 60 frame per detik.

Sedangkan kamera depan dapat menghasilkan resolusi 1080p pada 30 frame per detik. Tidak ada perekaman sampai resolusi 4K.

Kamera depan memiliki sensor 16MP. Yang biasanya lebih cenderung untuk pengambilan foto selfie
Seperti biasa, ada mode Kecantikan yang menghaluskan tekstur kulit Anda agar menghasilkan tampilan yang lebih bagus.

Namun, karena proses di atas mempertajam gambar dengan slider kecantikan diatur ke nol, Anda mungkin ingin menaikkannya beberapa angka untuk menghindari pori-pori menonjol seperti biji wijen pada sepotong roti.

Perangkat lunak

  • Android 8.1 dengan EMUI
  • Penampilan yang bagus
  • Cukup banyak pra-instal

Honor 8X menjalankan Android 8.1 dan EMUI Huawei, hampir sama pada semua ponsel keluaran Honor.

EMUI memiliki banyak kritikan oleh pengunanya. Untungnya pada smartphone ini agak lebih baik dari pada sebelumnya.

Memang sedikit ada perbedaan pada Pixel UI, bentuk murni baru Android, tetapi cukup banyak penyesuaian.

Seperti apakah Anda ingin halaman aplikasi atau tidak? EMUI memang tidak memiliki sebagai standarnya, hanya layar awal saja, tetapi Anda dapat memulihkan fitur ini di menu Pengaturan.

Menu aplikasi juga sedikit ada perbedaan. Mengunakan system gulir vertikal tunggal, dan memiliki pintasan alfabet di sisi kanan, hal itu memungkinkan Anda melakukan perpindahan beberapa koleksi aplikasi yang sangat banyak dalam waktu singkat.

Anda juga dapat memilih jumlah baris dan kolom aplikasi di layar awal, bermain-main dengan animasi transisi dan menggunakan tema.

Seperti yang sering terjadi, Anda mungkin sebaiknya meninggalkan tema standar dan hanya memilih wallpapernya saja, karena banyak tema khusus dapat menurunkan nada dengan ikon dan font yang menarik, sehingga rasanya lebih bervariasi.

Seperti biasa, Honor membungkus 8X dengan beberapa aplikasi tambahan. Beberapa tidak diinginkan, seperti pilihan permainan yang hanya populer beberapa tahun lalu.

Lainnya kurang ofensif, seperti berbagai macam utilitas: kompas, aplikasi senter, manajer telepon dan manual digital.

Yang tidak biasa dan terkesan cukup konyol yaitu adanya Mode Pesta memungkinkan Anda berbagi nada dengan pengguna telepon Honor lainnya dengan membuat hotspot Wi-Fi.

Baca juga :   Xiaomi Mi Mix 3 Smartphone Slide Bezell Less

Semua telepon kemudian memainkan nada yang sama melalui speaker onboard mereka.

Mode Karaoke memungkinkan Anda memantau nyanyian Anda melalui headphone, tetapi harus menggunakan mikrofon ponsel itu sendiri.

Ini bukan gaya karaoke yang kita kenal tetapi Honor 8X tidak membuat fitur ini mengecewakan, jadi, baiklah. Kami mungkin tidak akan menggunakannya, tetapi itu tidak membuat 8X lebih buruk.

Yang paling penting, Honor 8X dan perangkat lunak EMUI-nya terasa hebat. Cepat, lancar, dan responsif, tanpa lag.

Game dan video

  • Layar sangat bagus untuk video
  • Bukan pilihan terbaik untuk bermain game
  • Kualitas audio yang wajar dengan speaker mono bukan stereo.

Layar besar membuat Honor 8X pilihan yang jelas bagi para gamer, tetapi Honor sebenarnya menawarkan sesuatu yang lebih kuat, Honor Play.

Ponsel itu memiliki chipset yang lebih kuat, yang berkinerja lebih baik ketika berhadapan dengan game 3D yang sangat menuntut seperti Ark: Survival Evolved yang mungkin Anda mainkan di PS4 atau PC.

Ark, misalnya, hanya berjalan dengan baik pada pengaturan menengah.

Dengan resolusi yang dimaksimalkan dan kualitas visual di ‘Epic’, game ini lebih atau kurang dapat dimainkan.

Lihatlah spesifikasi Honor Play dan Anda langsung melihat mengapa game ini menangani lebih baik. Dengan pengunaan CPU Kirin 970-nya memiliki chipset grafis 12-core Mali-G72.

Tapi smarthone kita ini hanya mengunakan CPU Kirin 710 dan juga chipset grafis quad-core Mali-G51. Itu bahkan tidak mendekati sama sekali.

Perbedaan kinerja sangat tidak berarti ketika Anda melakukan streaming video.

Oleh sebab itu ini merupakan ponsel yang bagus untuk video, karena layarnya cukup besar dan cukup tajam untuk membuat ide menonton film secara keseluruhan pada tampilan yang lebar.

Aplikasi pemutar video penyimpanan lokal juga disertakan, meskipun tidak ada yang istimewa dengan aplikasi tersebut.

Kualitas suara menarik, tetapi tidak juga bagus. Speaker terintegrasi cukup keras, dan tidak terlalu kecil suaranya, tetapi hanya ada satu speaker di bagian bawah, sehingga suara yang dihasilkan hanya mono bukan stereo.

Kami senang Honor tetap menggunakan port headphone 3.5mm, jadi Anda tidak akan merasa perlu meningkatkan ke headphone nirkabel.

Performa dan tolok ukur

  • Chipset Octa-core Kirin 710
  • 4GB RAM
  • Performa yang bagus tapi tidak maksimal

Seberapa kuat Kirin 710? Meskipun masih jauh di bawah Honor Play yang sedikit lebih mahal, Honor 8X masih merupakan salah satu ponsel yang lebih kuat dengan harga yang ditawarkan.

Kirin 710 memiliki delapan core CPU utama, empat Cortex-A73s dan empat Cortex-A53s.

Core Cortex-A73 yang bertenaga tinggi itu berarti Honor 8X dengan mudah mengalahkan Moto G6 Plus, mungkin saingannya yang paling menarik.

Di Geekbench 4 skor telepon 5552 poin, yang jauh lebih tinggi dari skor G6 Plus 4,167. Honor 8X memiliki RAM 4GB juga, yang sama dengan Moto.

RAM ini bukanlah fitur dual channel ultra-cepat yang akan Anda lihat di ponsel kelas atas saat ini, tetapi cocok dengan tingkat kinerja flagships beberapa tahun yang lalu.

Kesimpulan

Honor 8X merupakan peningkatan yang luar biasa pada merek Honor. Smartphone ini menawarkan ponsel yang terlihat dan terasa lebih mahal daripada smartphone sejenis di range harga yang ditawarkan.

Model khusus ini berfokus pada tampilan depan. Batas layar yang sangat ramping dan adanya tampilan Notch seperti ponsel high end keluaran baru.

Ada beberapa pengurangan dalam perangkat keras, seperti kamera belakang sekunder yang lemah, koneksi USB mikro dan chipset mid-range.

Tapi walaupun dengan pengurangan semua itu, Honor 8X merupakan smartphone yang menarik untuk dicoba.

Keunggulan :

  • Range harga yang menarik
  • Terlihat sangat modern
  • Penampilan yang mengesankan

Kekurangan :

  • Mode buram latar belakang kamera kurang maksimal
  • Pengisian daya masih mengunakanUSB mikro
  • Masih ada pilihan yang lebih menjanjikan yaitu smartphone Honor Play

Kamu pasti juga suka..

Loading...