Tanpa Tombol Home – Ponsel Masa Depan “iPhone X” Penuh Dengan Layar

Digital Ponsel – Menandai kiprahnya selama satu dekade dalam dunia smartphone, raksasa Apple merilis iPhone baru yang berbeda dari versi-versi sebelumnya yakni iPhone X (baca: iPhone ten) pada bulan Oktober 2017. Dengan mengusung konsep ponsel cerdas masa depan, iPhone hadir dengan bingkai tipis yang biasa disebut bezel-less, serta menghilangkan tombol home pada perangkatnya.

Apple merilis iPhone X pada 2017 dengan membawa fitur masa depan, tanpa tombol home dan penuh dengan layar

iphonex

img: stormfront.co.uk

Kehadiran versi baru dari iPhone ini mampu mewujudkan visi Apple dari awal untuk menciptakan iPhone yang sepenuhnya layar. Tidak hanya itu versi baru dari iPhone ini juga mengusung konsep-konsep masa depan yang bisa dibilang “pertama” sepanjang sejarah iPhone. Penasaran konsep apa sajakah itu? Mari kita bahas secara detail spesifikasinya bersama-sama.

Tampilan dan display yang benar-benar baru

Bagi Anda penggemar iPhone, siap-siap mata Anda akan dimanjakan dengan tampilan elegan dan mewah dari iPhone X ini. Memiliki ukuran dimensi sebesar (143.6 x 70.9 x 7.7) mm dan berat 174 g, iPhone ini hadir dengan pilihan warna abu-abu dan perak. Bodi depan dan belakang iPhone terbuat dari bahan kaca terkuat, sedangkan bingkai tipisnya dibalut dengan bahan stainless steel.

Untuk pertama kalinya iPhone menerapkan konsep bezel-less dengan menggunakan layar OLED 5,8 inci. Mengusung tampilan Super Retina HD, layar iPhone mampu memberikan beragam warna yang akurat dengan kontras dan resolusi tinggi senilai 2436 x 1125 piksel. Kerapatannya mencapai 458 ppi, yang merupakan kerapatan tertinggi dalam sejarah iPhone. Tidak hanya itu, iPhone ini juga tahan air, dan debu dengan level IP67.

Baca juga :   Kelebihan Apple iPhone 6, Ponsel Terbaru Apple !

Tanpa tombol Home

Dengan desain yang sepenuhnya layar, maka seri iPhone ini meniadakan tombol Home. Anda bisa memulai navigasi hanya dengan sekali usap pada layar. Anda juga bisa memerintah dan berbicara pada asisten virtual Siri dengan menekan tombol pada sisi kanan iPhone. Semua dirancang agar proses navigasi yang Anda lakukan terasa natural dan intuitif.

Menggunakan sistem pengenal face ID

Jika sebelumnya Anda mengenal sensor sidik jari, maka kali ini iPhone memperkenalkan fitur Face ID. Fitur ini memungkinkan Anda membuka kunci layar dan proses autentifikasi lain dengan menyamakan wajah pengguna. Penggunaan sensor wajah diklaim lebih aman dibandingkan sidik jari karena lebih unik. Wajah manusia memiliki ratio perbedaan 1:1.000.000, sementara sidik jari yakni 1:50.000.

Face ID ini akan terus mempelajari pola wajah secara real time, sehingga perubahan gaya pada pengguna tetap bisa dikenali. Dengan kecerdasan buatannya, face ID juga mampu membedakan raut wajah sehingga tidak akan tertipu dengan foto. Penggunaan face ID disupport dengan kamera TrueDepth. Kamera ini mampu melakukan proyeksi dan analisa lebih dari 30.000 titik wajah sehingga hasilnya lebih presisi.

Kamera TrueDepth untuk foto selfie yang berkualitas

Seri iPhone baru ini memiliki kamera TrueDepth 7 MP dengan bukaan ƒ/2.2 dan pencahayaan potret (beta) layaknya foto studio. Kamera ini juga mampu merekam video berkualitas HD 1080p, memiliki retina flash dan HDR otomatis. Anda juga bisa menggunakan kamera ini untuk foto dengan mode timer dan mode beruntun. Pengambilan foto dan Live Photo juga memiliki rentang warna yang luas.

Untuk Anda yang senang berfoto selfie, kamera TrueDepth iPhone mampu menyuguhkan foto potret dengan efek mengaburkan latar belakang. Anda bisa mencoba Mode Potret untuk membuat foto dengan gaya artistik ini. Kamera TrueDepth juga memungkinkan Anda membuat emoji bergerak (Animoji) dengan menganalisis lebih dari 50 gerakan otot wajah Anda menjadi 12 Animoji.

Loading...
Baca juga :   Harga iPhone 6 / 6S All Tipe dan Spesifikasi

Dual kamera belakang 12 MP

Untuk kamera utama, iPhone menempatkan dual kamera 12 MP yang lebih besar dan lebih cepat. Yakni kamera telefoto dengan bukaan ƒ/2.4 dan kamera wide-angel dengan bukaan ƒ/1.8. Kedua kamera dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization) untuk menstabilkan gambar optik. Serta dapat memungkinkan optical zoom sampai 10x pada foto dan 6x pada video.

Prosesor A11 Bionic

Untuk membantu autentifikasi Face ID, iPhone X menggunakan chip prosesor A11 Bionic dengan arsitektur 64 bit. Prosesor ini mampu menangani 600 miliar operasi per detik dengan mesin neuralnya. Ditambah dengan hexa-core 2.39 GHz pada CPU, membuat performa chip ini jauh lebih cepat dibandingkan seri A10 Fusion. A11 Bionic juga menjadi tenaga yang luar biasa untuk game dan aplikasi.

Revolusi iOS 11 untuk tampilan layar yang baru

Dengan tampilan ponsel yang sepenuhnya layar, maka untuk mengimbanginya diperlukan OS yang juga memiliki kemampuan yang baru. Seri iPhone X ini menggunakan iOS 11.1.1 hingga iOS 11.4.1. Memungkinkan Anda mengirim emoji pada pesan dan menemukan musik baru pada Apple Music. Selain itu iOS 11 juga memungkinkan Anda agar bisa menyesuaikan pusat kontrol dengan lebih cepat dan mudah.

RAM, memori, dan kartu SIM

Seri iPhone X memiliki penyimpanan internal sebesar 64/256 GB dan tidak menyediakan slot microSD. Untuk RAM-nya sendiri memiliki kapasitas 3 GB. Dengan disokong iOS 11, maka seri ini menjadi lebih handal, cerdas dan lebih cepat. Untuk SIM-nya, iPhone hanya mendukung kartu nano SIM, dan tidak kompatibel dengan micro SIM yang ada.

Baterai dan pengisian nirkabel

Kapasitas yang diberikan baterai non-removable Li-Ion pada iPhone baru ini sebesar 2716 mAh (10.35 Wh). Mampu bertahan hingga 21 jam untuk telepon, 12 jam untuk internet, 13 jam untuk pemutaran video, dan 60 jam untuk pemutaran audio. Jika dibandingkan dengan iPhone 7, versi ini mampu bertahan 2 jam lebih lama.

Baca juga :   Telkomsel Pastikan Ikut Promosikan iPhone 6

Untuk mencapai pengisian daya sebanyak 50%, iPhone hanya membutuhkan waktu 30 menit, dengan mencolokkan USB pada adaptor atau sistem komputer. iPhone juga memfasilitasi fitur masa depan melalui pengisian daya nirkabel. Anda bisa menggunakan alas AirPower atau stasiun pengisi daya nirkabel bersertifikat Qi untuk mengisi daya iPhone Anda. Tentunya fitur ini masih dalam pengembangan dan masih langka di sejumlah negara.

Harga

Dengan berbagai kelebihan dan kecepatannya, produk-produk iPhone selalu dibandrol dengan harga yang mahal. Periode pemesanan untuk iPhone ini mulai dibuka pada 27 Oktober 2017 dan diperdagangkan ke beberapa negara sejak 3 November 2017. Untuk harganya, iPhone yang satu ini dibandrol mulai dari 999 dolar AS. Namun, di Indonesia harga iPhone ini bisa mencapai 18 jutaan.

Meski tidak bisa mengabaikan bahwa beberapa fitur yang dibawa iPhone X belum kompatibel dengan masa sekarang atau belum sepenuhnya diperlukan. Namun, langkah Apple untuk menciptkan iPhone masa depan yang ramah lingkungan ini patut diapresiasi. Material iPhone terbuat dari bahan bebas merkuri, kaca layarnya bebas arsenik, bebas BFR, PVC dan berilium, serta bingkai baja stainlessnya mampu didaur ulang.

Di luar semua itu, Apple mampu meraup keuntungan dengan ludesnya penjualan pre-order dalam waktu singkat di 55 negara. Jadi bagaimana dengan Anda? Tertarik untuk membeli produk iPhone yang satu ini?

Kamu pasti juga suka..

Loading...