Oneplus 5T

Oneplus 5T adalah ponsel keluaran teranyar dari perusahaan Cina, OnePlus. Ponsel ini dirilis pada bulan November tahun 2017 yang merupakan upgrade dari OnePlus 5T setelah satu semester. Ponsel in membawa beberapa spesifikasi dan fitur yang lebih lengkap dari versi sebelumnya. Berikut ini adalah spesifikasi 5T yang membuatnya banyak diburu di pasar ponsel pintar.

oneplus 5t
img: photopoint.ee

Desain

5T menggunakan bahan alumunium sebagai casing utamanya, sama seperti seri sebelumnya. Bagian pinggirnya memiliki lekuk yang baik, ukurannya tidak terlalu besar dan cukup tipis. Ponsel 5T hanya tersedia dalam warna hitam kelam, berbeda dari seri 5 yang tersedia warna silver dan gold. Scanner fingerprint terletak di bawah kamera belakang dan posisinya mudah dijangkau oleh jari.

Pengguna bisa menemukan tobol power di bagian samping kanan, tombol volume di samping kiri, yang mudah disentuh oleh jempol ketika memegang ponsel dalam posisi portrait. Penggerak notifikasi pada 5T tersedia di bagian handset, sehingga pengguna juga bisa melakukan pergantian mode silent, mode loud, mode pesawat dan mode “tidak diganggu”.

Layar

OnePlus 5T masih menggunakan layar Samsung OLED yang berukuran besar, panel 6 inch dengan resolusi 2160 x 1080. Layar ini termasuk ke dalam jelas FHD+ sehingga anda tidak kehilangan ketajaman warnanya dan anda tidak akan bisa membedakan piksel individualnya. Sayang, layar tidak cocok dengan quad-HD dan tidak mendukung HDR maupun Dolby Vision.

Meski begitu, bukan berarti layar dari 5T jelek. Panel AMOLED-nya memberika warna yang terang dengan aspek rasio 18:9. Warna default pada ponsel ini adalah biru namun pengguna bisa menggantinya di pengaturan. Layar juga bisa dikalibrasi dengan memungkinkan penggunanya untuk mengubah ke SRBG, mode adaptf, DCI-P3 atau mengatur sendiri secara kustom.

Daya baterai

Meksi di awal, ponsel 5T dirumorkan memiliki daya baterai lebih besar dari versi sebelumnya karena rasio display 18:9, namun ternyata ponsel muncul dengan baterai sebesar 3300 mAh sama dengan seri 5. Meskipun ukuran layar besar, namun baterai akan lebih awet jika dibandingkan smartphone berdaya sama dengan merek yang berbeda seperti Huawei Mate 10 dan HTC 11+.

Pengguna bisa menikmati film di Netflix selama satu jam hanya dengan menghabiskan daya baterai sebesar 8-9% saja. Jika hanya mendengarkan musik dalam keadaan layar yang mati, pengguna hanya akan kehilangan 4-5% saja dalam waktu satu jam. Seri 5T menggunaan dash charge di mana ponsel akan cepat terisi kembali saat dicas selama anda tidak menggunakannya dengan aktif.

Sunlight Display

Ponsel ini memiliki fitur bernama sunlight display di mana ponsel bisa secara otomatis mendeteksi kelebihan cahaya. Fitur akan berfungsi untuk mengadaptasikan layar sehingga tampilan kecerahannya tidak akan menyakitkan mata. Secara umum, mode ini merupakan fitur penyesuaian kecerahan sehingga tampilan layar akan optimal saat digunakan pengguna.

Deteksi wajah

Salah satu fitur khas dari OnePlus 5T adalah deteksi pengenal wajah yang mirip seperti pada iPhone X. Meskipun tidak secanggih yang ditawarkan dari brand Apple, namun secara mengejutkan seri 5T mampu menggunakan 100 identifikasi muka untuk mengecek wajah penggunanya. Fiur ini digunakan untuk membuka kunci handset yang kemdian tap 2 kali pada layar.

Fitur ini juga sangat peka dan cepat, tanpa tuda saat anda menyentuh layar dan tampilan layar beranda. Pihak OnePlus mengklaim bahwa teknologi ini dapat mengidentifikasi pengguna dan membuka kunci handset hanya dalam 0.4 detik. Fitur juga bia digunakan di angle tertentu tanpa anda harus menempatkan ponsel tepat di wajah penggunanya.

Kamera

Kamera pada OnePlus 5T memiliki dual kamera yang masing-masing berupa sensor Sony 16 MP dan 20 MP. Kemampuan aperturnya juga meningkat dari seri sebelumnya, yaitu f1/7 untuk kondisi dengan minim cahaya. Kameranya juga mengusung teknologi Intelligent Pixel yang akan memecah satu piksel menjadi 4 untuk menjernihkan gambar dan juga mencegah terjadinya blur.

Seri 5T ini memiliki performa yang lebih baik saat melakukan potret di tempat dengan cahaya yang minim. Apalag jika dibandingkan dengan Google Pixel 2, kamera pada 5T jauh lebih baik dengan harga yang jauh lebih murah. Untuk hasil jepret indoor, mungkin akan terlihat keruh. Berbeda dengan outdoor pada malam hari, hasilnya sangat bagus untuk ukuran smartphone di kelasnya.

Mode kamera

Seperti kamera pada umumnya yang memiliki banyak mode, begitu juga seri 5T. Semua mode aplikasi kaera memiliki tampilan yang sederhana, mudah digunakan dengan kontrol gestur. Hanya dengan swipe, pengguna sudah bisa mengubah pengaturannya. Mode yang tersedia dalam seri 5T adalah mode pro dan mode portrait.

Mode portrait menjadi mode paling populer setahun belakangan. Onpelus menyelipkan mode ini juga di ponsel 5T dengan bagian ternteu yang sudah ditingkatkan. Seri 5T menawarkan pemfokusan latar belakang dan subjek yang dipertajam, sehingga detil subjek foto bisa terlihat tanpa adanya blur.

Berbeda dengan mode pro dimana OnePlus menawrakan pemilihan kontrol bagi mereka yang menyukai fotografi. Di sana berbagai macam pengaturan tersedia seperti pengaturan ISO, keseimbangan warna putih, kecepatan shutter, fokus dan pengaturan kecerahan.

Bagaimana dengan selfie dan jepret cepat? Dengan menggunakan bagian depan, pengguna bisa menikmati kamera selfie sebesar 16 MP dengan flash layar untuk membantu mencerahkan pada kondiri yang gelap. Hasil jepret dengan kecepatan tinggi juga menghasilkan kualitas gambar yang baik, detil, dan warna yang dihasilan tampak natural.

Performa

Oneplus mengklaim bahwa pihaknya mengeluarkan seri 5T yang memiliki performa terbaik karena halus dan tercepat dari seluruh Android yang anda. Hal ini dikarenakan seri 5T menggunakan sistem chip Snapdragon 835 dengan prosesor octa-core 64-bit. Ponsel juga dilengkapi dengan RAM sebesar 8 GB dan memori internal sebesar 128 GB.

Dengan besaran RAM yang cukup besar, tidak aneh jika ponsel ini tidak akan mengalami drop saat pemakaian multi aplikasi. Terutama bagi pengguna aktif, maka spesifikasi ini menjadi unggulan karena harganya juga yang murah daripada merek lain di kelas yang sama. Aplikasi tidak lag saat dibuka, pengguna juga bisa bebas scrolling tanpa harus ada jeda.

Aplikasi pararel

Tamabahan software terbaru yang terdapat pada OnePlus seri 5T adalah Parallel Apps. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menciptakan versi sekunder dari beberapa aplikasi seperti Facebook, Instagram, LinkedIn dan Whatsapp. Fitur ini merupakan salah satu trik bagi anda yang menggunakan ponsel untuk pribadi atau urusan kerja. Jadi anda memiliki identitas ganda di ponsel.

Night Mode

Mode malam adalah salah satu ciri dari Oneplus 5T. Penggunanya bisa mengubah pengaturan ponsel menjadi mode malam yang kompatibel dengan panel OLED sehingga tidak akan menyakitkan penglihatan anda saat anda memebaca dengan menggunakan ponsel. Bagi anda yang menyukai aplikasi Kindle atau Pocket, sebaiknya ubah ke night mode untuk kenyamanan mata anda.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

OnePlus 6

OnePlus 6: Flaghsip killer berchipset Snapdragon 845
Harga dan Spesifikasi OnePlus 6T

OnePlus 6T

OnePlus 6T: Si flaghsip killer dengan spek unggulan