1. Home
  2. /
  3. Tips & Trick
  4. /
  5. Cara Membuat Password Baru...

Cara Membuat Password Baru yang Kuat dan Aman

Sebagian besar dari kita menjadi malas saat menyiapkan kata sandi. Tentu saja, prosesnya menjengkelkan dan memakan waktu dan sulit sekali memikirkan password  baru setiap saat.

Tetapi mengingat hampir seluruh hidup kita sekarang lebih banyak online, menjadi jauh lebih penting untuk membuat kata sandi yang kuat yang tidak dapat ditebak orang lain. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk mengingatkan diri Kamu sendiri tentang betapa pentingnya membuat password yang kuat dan cara mengamankannya.

Hal-hal yang perlu Kamu lakukan untuk menjaga keamanan Password

cara membuat password baru kuat dan aman

Jangan bagikan Password ke Orang lain

Kata sandi tidak boleh dibagikan dengan orang lain, bahkan keluarga dan teman tepercaya. Berbagi kata sandi dapat mengakibatkan informasi pribadi penting jatuh ke tangan yang salah. Lebih penting lagi, jangan pernah membagikan password kamu melalui teks, email, atau saluran komunikasi lainnya.

Baca Juga: Cara Ganti Password Wifi Indihome

Jaga agar kata sandi tidak bersifat pribadi

Password yang menyertakan informasi pribadi, seperti nama, alamat, atau nama hewan peliharaan Kamu, membuatnya lebih mudah ditebak. Ini terutama ketika kita membagikan banyak informasi pribadi secara online, yang banyak dari kita lakukan saat ini.

Meskipun Kamu tidak banyak berbagi tentang kehidupan online Kamu, Tetap saja harus hindari menggunakan nama, alamat, dll. Jika kira – kira ada yang dapat menebaknya, jangan menggunakannya di password baru kamu.

Baca Juga: Cara Mengetahui Password Instagram

Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk banyak platform

Jika Kamu menggunakan kembali kata sandi dan seseorang menebak kata sandi untuk satu akun, mereka berpotensi menggunakannya untuk masuk ke akun kamu di platform yang lain kamu, bahkan bisa jadi password orang lain ikutan kena.

Hal ini menjadi lebih berisiko selama beberapa tahun terakhir, karena tingginya jumlah pelanggaran data. Hanya dengan satu peretasan, penjahat dunia maya bisa mendapatkan akses ke ribuan kata sandi dan menggunakannya untuk mencoba dan mengakses banyak akun. Jadi sebaiknya gunakan sandi yang berbeda untuk platform yang berbeda.

Gunakan Tool pengelola Password

Tool ini dapat membantu Kamu mengelola banyak kata sandi yang telah Kamu atur untuk berbagai platform dan juga dapat membuat kata sandi yang rumit untuk Kamu. Pengelola kata sandi adalah program perangkat lunak yang dapat membuat kata sandi acak dan kompleks untuk setiap akun Kamu, dan menyimpannya dengan aman.

Baca juga :   WhatsApp Tidak Bisa Melakukan Panggilan Video

Jadi, itu tidak hanya membuat kata sandi yang rumit untuk Kamu, tetapi juga menyimpannya dengan aman.

Gunakan otentikasi berlapis

Selalu tambahkan lapisan keamanan ganda di mana pun Kamu bisa. Sebagian besar platform menawarkan opsi lapisan keamanan tambahan seperti OTP melalui email dan nomor telepon, dll. Gunakan saja fitur tersebut kalau memang disediakan. Password dan akun kamu akan jauh lebih aman dengan fitur ini.

Trik dan Tips untuk membantu Kamu menyiapkan Password yang kuat dan Aman

Silakan saja gunakan beberapa trik dan tips berikut ini buat kamu yang mau membuat password baru yang jauh lebih kuat dan aman.

  • Cobalah membuat kode sandi Kamu menjadi frasa, dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka dan karakter acak. Misalnya, jika Kamu menyukai buah pisang, Kamu dapat memilih password: S4yaSukAP1sanG#$
  • Jika Kamu memang perlu menggunakan informasi pribadi saat menyiapkan pertanyaan keamanan, pilih jawaban yang tidak mudah ditemukan secara online. Seperti, siapa pun dapat mengetahui nama orang tua Kamu atau nama sekolah atau perguruan tinggi Kamu, atau bahkan film favorit Kamu. Pikirkan informasi pribadi yang lebih sulit dan tidak jelas yang tidak dapat diakses oleh siapa pun sebagai kata sandi jika Kamu harus.
  • Gunakan sandi unik untuk setiap akun Kamu, meskipun itu untuk akun yang tidak menyimpan banyak informasi pribadi. Ini juga dapat disusupi, dan jika Kamu menggunakan kata sandi yang sama untuk akun yang lebih sensitif, mereka juga berisiko untuk mudah diretas.
  • Terakhir, jika situs web atau layanan online yang Kamu gunakan memperingatkan Kamu bahwa detail Kamu mungkin telah terungkap, segera ubah password Kamu.

Itulah beberapa Tips yang semoga saja bermanfaat buat kamu yang mau membuat password baru yang lebih kuat dan lebih aman. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini jikalau kamu punya tips lain yang lebih jitu.

0 Shares:
You May Also Like