Cara Instal Ulang Hp

Smartphone Android, pastinya tak akan selalu lancar dan stabil. Tak sedikit yang mengalami error dari yang gampang ditangani, hingga yang lebih kompleks seperti hp android mati total. Bila di komputer atau laptop kita mengenal yang namanya instal ulang karena terjangkit virus yang menyebabkan error maka di Hp Android pun bisa berlaku tindakan yang sama. Instal ulang tersebut bertujuan supaya komputer mempunyai performa seperti baru dan error pun hilang. Lalu bagaimana cara menginstal ulang hp android?

Dapatkah ponsel Android dilakukan instal ulang untuk memperbaiki masalah yang terjadi? Kendati tak biasa, tak serta-merta HP Android tak dapat diinstal ulang. Ponsel Android tetap dapat dilakukan instal ulang dengan teknik tersendiri. Hanya saja harus dipahami jika instal ulang untuk Android itu tak sama sebagaimana umum dijalankan di komputer, dimana pengguna harus mengatur sistem dan sebagainya, sampai sistem operasi dapat berfungsi dengan semestinya.

Untuk ponsel Android, paling tidak dikenal 3 cara yang memiliki fungsi sama sebagaimana instal ulang pada komputer. Kita akan membahas cara menginstal ulang hp berbagai merk berikut ini.

Instal Ulang HP Android dengan Factory Reset / Hard Reset

cara menginstal ulang hp berbagai merk

Untuk yang masih bingung, menjalankan reset HP sesungguhnya hampir sama dengan menginstal ulang hp android. Karena, dengan melakukan reset ulang HP, hasilnya akan menghapus seluruh data yang tersimpan di perangkat, dan dalam waktu bersamaan akan memulihkan semua setting kembali ke pengaturan pabrik. Dengan begitu HP pun fresh kembali persis layaknya baru dibeli.

Pilihan reset HP Android sangat disarankan, untuk pengguna yang akan menginstal ulang HP dengan cara yang tidak ribet. Masuk ke setting HP > Cadangkan dan Setel Ulang > Kembalikan ke Setelan Pabrik. Sesudah itu, biarkan proses reset tuntas untuk mendapatkan hp Android dengan sistem operasi sama seperti ketika beli baru.

Lihat Juga: Cara Reset Hp iPhone Terkunci

Selain cara tadi, cara instal ulang Hp dengan Hard Reset juga bisa dilakukan dengan trik berikut. Contoh menginstal ulang hp Samsung J1 dengan hard reset. Cek bahwa Samsung Galaxy J1 dalam kondisi off, upayakan baterai mempunyai daya setidaknya 30 %. Tekan lalu tahan tombol Home, volume atas, sekaligus tombol power berbarengan. Lepaskan ketiga tombol tadi ketika perangkat mulai menyala.  Begitu bisa mengakses mode recovery, pakai tombol volume bawah untuk mencari menu wipe/ data factory reset.

Sesudah itu, tekan tombol power sebagai konfirmasi. Tetap menggunakan tombol volume bawah, ketuk menu Yes- delete all user data, lalu tekan tombol power sebagai konfirmasi. Dengan sendirinya data yang tersimpan di perangkat Samsung Galaxy J1 terhapus, tak terkecuali berbagai aplikasi yang dipasang melalui Google Play Store atau dengan file APK.

Sesudah prosedur hard reset tuntas, sentuh menu System reboot now. Dengan begitu, Samsung Galaxy J1 akan memiliki sistem sesuai pengaturan pabrik sebagaimana kondisi baru. Hanya saja, untuk beberapa kejadian tertentu adakalanya hard reset tak bisa mengatasi masalah. Misalnya ponsel terkunci dengan pola maka setelah hard reset pun kondisinya masih seperti itu.

Instal Ulang HP dengan Custom ROM

Arti dari Custom ROM yaitu suatu sistem yang sudah diubah oleh pengembang yang tujuan utamanya yaitu meningkatkan stabilitas dan performa ponsel Android. Custom ROM cukup banyak, dimana tiap merek ponsel Android umumnya memiliki bermacam custom ROM-nya sendiri-sendiri. Custom ROM pun terkait dengan langkah menginstal ulang hp. Karena, menginstal custom ROM setara dengan mengganti sistem yang ada dengan sistem baru. Harus dimengerti juga, jika menginstal custom ROM akan meniadakan garansi dari produsen, dan mungkin saja mengakibatkan perangkat menjadi tak stabil.

Berikut contoh mengganti custom ROM Hp Xiaomi dengan MultiROM. Hal-hal yang harus dipenuhi sebelum melakukan langkah ini adalah : Unlock Bootloader, terpasang TWRP, Back Up data. Pastinya pengguna harus telah melakukan Unlock Bootloader di Hp Xiaomi tersebut sebab bila tidak, akibatnya tak akan dapat memasang MultiROM lewat Custom recovery. Hp Xiaomi pun harus sudah terpasang TWRP. Di sini langkah menginstal MultiROM adalah melalui TWRP, sehingga cek bahwa Hp Xiaomi sudah memilikinya. Terakhir adalah melakukan pencadangan data. Pengguna harus melakukan back up data penting sebagai langkah jaga-jaga misalnya file foto, lagu, video, aplikasi dan lainnya.

Proses selanjutnya sesudah mendownload file MultiROM, simpan ke Internal Storage HP Xiaomi. Pengguna pun boleh menyimpannya ke memori External maupun USB OTG flashdisk. Selanjutnya matikan HP dan masuk ke TWRP. Caranya tahan tombol volume atas dan power secara bersamaan , lalu ketuk opsi recovery. Bilamana keluar tombol biru dan hijau, coba pilih yang bagian kiri. Di mode TWRP ini ketuk tombol Wipe > Advance Wipe > lalu centang System, data , cache, dalvik. Selanjutnya gulir ke kanan untuk proses Wipe. Bilamana tahap Wipe telah tuntas, kini dilanjutkan dengan tahap instalasi. Masuk lagi ke menu awal TWRP, klik tombol Instal, kemudian pilih file ROM MultiROM yang tadi disimpan di HP xiaomi.

Paling akhir gulir ke kanan di Swipe to confirm Flash. Bilamana pengguna memakai penyimpanan external atau USB OTG, langkahnya adalah ketuk tombol Instal > select storage lalu pilih file custom ROM Multirom. Bilamana prosedur instalasi tuntas, coba Restart perangkat dan lihat hasilnya.

Instal Ulang HP dengan Flashing

Cara menginstal ulang hp yang juga bisa digunakan yakni flashing ulang. Flash ulang HP yaitu sebuah langkah dimana pengguna mengganti sistem operasi lama dengan sistem lain yang biasanya adalah versi lebih baru. Sehingga bisa dikatakan flashing merupakan cara menginstal ulang sistem hp yang 100 persen baru. Cara flash ulang HP pun kerap dipilih bila menjumpai perangkat Android yang bermasalah seperti bootloop, hang, dan sejenisnya. Misalnya HP Android dengan keluhan sering mati sendiri. Cara menginstal ulang hp dengan metode ini memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Cara ini pun mirip dengan teknik custom ROM di atas. Setiap merk dan tipe Hp memiliki cara flashing ulang yang berbeda-beda.

Cek Juga; Cara Flash Hp Xiaomi Redmi 3

Berikut contoh langkah melakukan flashing Hp Oppo seri a3s. Untuk melakukan flashing Oppo a3s dapat dijalankan menggunakan 2 metode, ialah via QFIL dan SD Card. Untuk metode pertama pengguna mesti memakai PC atau laptop. Sementara untuk metode kedua dapat dilakukan cukup dengan kartu SD Card. Teknik flashing Oppo A3S tersebut memerlukan berbagai aplikasi pendukung terdiri dari QPST/QFIL v2.7.472 for Windows, Qualcomm USB Driver, hingga Firmware Oppo A3S. Cek bahwa daya baterai hp yang akan di-flash setidaknya 50 % untuk menghindarkan perangkat mati ketika proses flashing berjalan. Bila prosedur flashing berhasil maka biasanya akan ditampilkan pesan updating succesfully. Langkah ini tentu tak menjamin sepenuhnya Hp akan berfungsi dengan normal setelah dilakukan flashing.

0 Shares:
You May Also Like
mode gratis facebook lite

Mode Gratis Facebook Lite

Cara Mode Gratis Facebook Lite Tanpa Kehilangan Posting Foto – DigitalPonsel.com, Anda semua tahu apa itu Facebook? Ya…
Cara Unreg Kartu yang hilang

Cara Unreg Kartu Yang Hilang

Bagaimana Cara Unreg Kartu Yang Hilang? Pernah tidak kartu sim card hp kamu hilang, hangus, atau sudah mati…