Xiaomi Black Shark 2

Xiaomi akhirnya menghadirkan ponsel gaming generasi berikutnya setelah Black Shark Helo. Xiaomi Black Shark 2 masih dijual di China dan dibanderol dengan harga mulai dari 3.200 Yuan  atau sekitar Rp6,7 juta untuk spesifikasi RAM 6GB dan storage 128GB.

Sebagai smartphone gaming, agaknya Xiaomi Black Shark 2 akan bersaing dengan Asus ROG Phone dan Razer Phone 2 untuk menjadi ponsel gaming terbaik di tahun 2019 ini. Di atas kertas, Xiaomi Black Shark 2 lebih unggul sebab menggunakan chipset Snapdragon 855.

Harga Xiaomi Black Shark 2

Last Updates: 7 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Xiaomi Black Shark 2Rp8.800.000 (China)-
RilisMaret 2019 (global)
Link terkaitDaftar Harga HP Xiaomi Terbaru

Harga yang ditampilkan masih berdasarkan harga pasar China. Sebab belum diketahui kapan Xiaomi hendak memboyong Black Shark 2 ke Indonesia.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie)
RAM6/8/12 GB
ROM128/256 GB
ChipsetSnapdragon 855 (7 nm)
CPUOcta-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.41 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485)
GPUAdreno 640
Bodi
Dimensi163.6 x 75 x 8.8 mm
Berat205 gr
Layar6.39 inch AMOLED
Kamera
Depan20 MP, f/2.0, 0.9µm
Belakang48 MP, f/1.8, (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF
12 MP, f/2.2, (telephoto), 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom
Video[email protected], [email protected], [email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
NFCNo
Bluetooth5.0, A2DP, aptX HD, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmNo
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
WarnaBlack, Silver, Blue
RadioNo
SensorFingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 4000 mAh
ChargerFast battery charging 27W

Desain Gahar dengan Layar Penuh

Xiaomi Black Shark 2

Jika membicarakan soal desain Xiaomi Black Shark 2, siapa pun yang melihatnya akan terkesan. Bagaimana tidak, cover belakangnya berbentuk cangkang yang memiliki lekukan elegan dengan 2 antena menyerupai huruf X yang berfungsi untuk koneksi yang lebih kuat.

Desain Xiaomi Black Shark 2 yang gahar ini ternyata terinspirasi dari lekukan yang terdapat pada mobil sport mewah, serta menggunakan material premium yaitu logam dan kaca. Tentunya tetap mempertimbangkan kenyamanan ekstra ketika berada dalam genggaman.

Material kaca pada cover belakangnya dibuat sedemikian rupa untuk menghilangkan panas dari tangan, menjaga agar tetap dingin demi kenyamanan maksimal saat bermain. Kemudian terdapat beberapa strip LED pada bagian samping yang dapat menyala bila ada notifikasi.

Layar Ultra-Widescreen TrueView

Xiaomi Black Shark 2 layar

Xiaomi Black Shark 2 dibekali layar ultra-widescreen TrueView 6.39inci tanpa notch dengan resolusi FullHD+ untuk memproduksi gambar yang realistis dan natural. Meningkatkan akurasi warna tentu akan memberikan pengalaman berbeda saat bermain game.

Kejernihan layarnya menggunakan Super AMOLED yang didukung dengan fitur HDR dan DCI-P3. Untuk menghindari latensi sentuh, ponsel gaming ini juga ditunjang dengan pressure sensitive yang disebut Magic Press untuk kontrol yang maksimal saat bermain.

Performa Maksimal dengan Snapdragon 855

Snapdragon 855 Black Shark 2

Sebagai ponsel gaming, sudah semestinya Xiaomi Black Shark 2 memiliki performa kencang serta mumpuni. Dapur pacu Black Shark 2 menggunakan prosesor octa core unggulan Qualcomm, yakni Snapdragon 855 yang dipadukan dengan RAM 6GB, 8GB, atau 12GB.

Dengan menggunakan prosesor Snapdragon terbaru, maka kemampuannya untuk gaming memang tak diragukan lagi. Apalagi ditambah dengan GPU Adreno 640, Xiaomi Black Shark 2 mampu menghasilkan grafis yang mantap.

Kamera Tak Kalah Kece

Xiaomi Black Shark 2 Kamera

Meskipun keunikannya terletak pada konsep ponsel gaming, Xiaomi tetap menyematkan Black Shark 2 dengan dual kamera yang kece. Dengan resolusi 48MP + 12MP serta aperture f/1.75 dan f/2.2 didukung fitur PDAF untuk menghasilkan foto yang jernih.

Di bagian depan, Xiaomi Black Shark 2 mengusung kamera beresolusi tinggi, yaitu 20MP dengan aperture f/2.0 dan didukung fitur AI untuk hasil selfie yang menawan.

Kapasitas Baterai Besar Ditambah Fitur Quick Charging

Xiaomi Black Shark 2 Baterai Besar

Permasalahan yang muncul ketika sering menggunakan smartphone untuk bermain game adalah baterai cepat habis. Menjadi salah satu keunggulannya, Xiaomi Black Shark 2 telah dibekali dengan baterai berkapasitas besar yakni 4000 mAh dengan daya tahan yang baik.

Dalam penggunaan normal sehari-hari, baterai Xiaomi Black Shark 2 mampu bertahan hingga 48 jam. Ketika digunakan untuk bermain game selama satu atau dua jam, baterai smartphone ini masih tersisa cukup banyak untuk seharian.

Kini para gamers juga tak perlu khawatir kehabisan baterai, sebab Xiaomi Black Shark 2 telah didukung fitur Quick Charging 27W/4.8A. Hanya perlu waktu 5 menit untuk pengisian daya, ponsel ini pun sudah bisa digunakan bermain game selama setengah jam.

Teknologi Direct Touch Liquid Cooling 3.0

Direct Touch Liquid Cooling 3.0 Black shark

Ponsel gaming ini juga dilengkapi dengan fitur pendinginan Liquid Cooling 3.0 berwujud vapor chamber yang diklaim dapat menurunkan suhu hingga 14 derajat. Fitur ini dihadirkan untuk menjaga agar smartphone tidak mengalami overheat saat bermain game dalam waktu lama.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Black Shark 2

Secanggih apa pun smartphone, tentu tak hanya menampilkan keunggulannya saja. Untuk itu, akan dibahas mengenai kelebihan serta kekurangan Xiaomi Black Shark 2 sebagai bahan pertimbangan Anda.

Kelebihan Xiaomi Black Shark 2

  • Desain yang elegan dan sporty
  • Layar penuh, tanpa notch dan bezel tipis
  • Performa mantap sebab menggunakan prosesor gahar yakni Snapdragon 855 ditambah GPU Adreno 640 untuk grafis yang sangat mumpuni
  • Dual kamera utama 48MP + 12MP dan kamera depan 20MP
  • Tersedia pilihan RAM mulai dari 6GB, 8GB, hingga 12GB.
  • Sentuhan yang responsif untuk menghindari latensi sentuh
  • Terdapat fitur Direct Touch Liquid Cooling
  • Terdapat fitur keamanan fingerprint under display yang responsif
  • Banyak fitur penunjang gaming seperti Shark Space, Light Shark, Magic Press, dll

Kekurangan Xiaomi Black Shark 2

  • Framerate hanya 60Hz
  • Tidak terdapat Audio Jack 3,5 mm
  • Belum tersedia fitur NFC

Kesimpulan

Xiaomi Black Shark 2 agaknya pantas untuk masuk dalam jajaran smartphone gaming sekelas Asus ROG Phone dan Razer Phone 2, menggantikan pendahulunya, Xiaomi Black Shark Helo. Terdapat banyak peningkatan mulai dari performa, layar, hingga controller yang lebih baik.

Dukungan berbagai fitur khusus gaming untuk menunjang penggunanya bermain game dengan maksimal menjadi sesuatu yang pantas diapresiasi. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, tetapi keseluruhan Xiaomi Black Shark 2 layak dipilih sebagai ponsel gaming.

0 Shares:
You May Also Like

Xiaomi Mi5S

Xiaomi Mi5S: Body premium dengan balutan metal, kaca, keramik

Redmi 6A

Redmi 6A: Smartphone entry level dengan fitur lumayan

Xiaomi Mi 4i

Xiaomi Mi 4i: Dibekali kamera 13 MP dan teknologi 4G
Redmi 4A

Redmi 4A

Redmi 4A: Baterai Jumbo dengan Harga Terjangkau
Redmi Note 8

Redmi Note 8

Redmi Note 8: Paket Komplet dengan Empat Kamera Belakang