Samsung Galaxy M30s

Pada Agustus 2019 Samsung memastikan bahwa Galaxy M30s meluncur ke pasar smartphone dunia. Dengan menyasar segmen kelas middle range perangkat ini membawa fitur berupa tiga kamera belakang didukung dengan baterai super besar.

Sebagai versi upgrade dengan ditandai adanya simbol ‘s’. Perangkat ini adalah versi penyempurna dari Samsung Galaxy M30 yang keluar Juli lalu. Peningkatan yang ditawarkan Samsung Galaxy M30s juga cukup signifikan salah duanya terletak pada fitur kamera dan baterai.

Dengan bandrol sekitar Rp 3jutaan, perangkat ini menggebrak pasaran dengan resolusi kamera utama 48 MP dan baterai 6.000 mAh. Spesifikasi tersebut tentu tidak main-main mengingat harga yang ditawarkan masih tergolong middle range.

Harga Samsung Galaxy M30s

Last Updates: 01 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy M30sRp3jutaan-
Rilis2019, Oktober
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Untuk harga yang rilis di Indoneisa, Galaxy M30s diprediksi akan berharga mulai dari Rp2,9 juta hingga Rp3jutaan.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie); One UI
RAM64/128 GB
ROM4/6 GB
ChipsetExynos 9611 (10nm)
CPUOcta-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
Bodi
Dimensi8.9 mm thickness
Berat188 g (6.63 oz)
Layar6.4 inches, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan16 MP, f/2.0
BelakangTriple
48 MP, f/2.0, (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
5 MP, f/2.2, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
WarnaOpal Black, Sapphire Blue, Pearl White
RadioFM radio, RDS, recording
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 6000 mAh battery
ChargerFast battery charging 15W

Desain Cantik

Samsung Galaxy M30s

Perangkat ini memiliki ukuran 159.00 x 75.10 x 8.90mm dengan tambahan material kaca pada bagian depan dan plastik pada bagian belakang serta untuk bobot perangkat ini adalah 188 gram.

Seperti halnya desain pada generasi sebelumnya perangkat ini terdapat gradient warna yang melapisi bodi Samsung Galaxy M30s. Smartphone ini diluncurkan dengan varian warna Opal Black, Sapphire Blue, dan Pearl White colours.

Exynos 9611

Prosesor Exynos 7884

Samsung Galaxy M30s mengusung RAM 4 GB dengan pilihan memori internal sebesar 64 GB dan 128 GB. Ini didukung dengan jeroan kuat berupa chipset Exynos 9611 dengan dukungan GPU Mali-G72 MP3. Ini merupakan perpaduan solid untuk dapat lebih kompetitif pada segmen kelas menengah.

Sementara pada bagian software perangkat ini sudah mengusung Android PIE dengan balutan One UI. Ini akan sangat mendukung pada pengolahan grafis guna menyajikan kinerja yang halus dan lancar.

Layar Infinity-U

Samsung Galaxy M30s Kamera Selfie

Menggunakan layar berdiagonal 6.4 inci perangkat ini masih mempertahankan apa yang sudah digunakan pada versi reguler Samsung Galaxy M30 yang dirilis pada bulan Juli lalu. Layar yang ada pada perangkat ini juga menggunakan 1080 x 2400 pixels alias FHD+.

Mengusung display Infinity-U untuk bagian kamera selfie, membuat perangkat ini memiliki model yang sering ditemukan pada smartphone masa kini. Dengan dukungan Super AMOLED perangkat ini akan menawarkan sebuah sensasi menakjubkan ketika melihat video, menjalankan multimedia dan juga bermain game.

Triple Kamera Belakang dan 16 MP Kamera Selfie

 

Salah satu kelebihan dan keutamaan fitur yang di upgrade pada perangkat ini adalah pada sektor kamera. Perangkat ini dipersenjatai dengan kekuatan Triple kamera yang masing-masing beresolusi 48 MP untuk kamera utama dengan bukaan f/2.0, 8 MP untuk ultrawide 123 derajat dan 5 MP untuk dept sensor atau untuk menunjang efek bokeh.

Pada generasi ‘s’ ini untuk bagian selfie kamera menggunakan resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0. Memang tidak ada peningkatan dalam hal kekuatan, namun dengan chipset yang telah dibawa Galaxy M30s ini, pemrosesan penangkap gambar akan semakin cepat dan lancar.

Sensor, Konektifitas dan Keamanan

sensor

Untuk opsi konektifitas dan sensor pada Sasmung Galaxy M30s. Sudah terdapat Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, GPS, USB OTG dan USB Type-C. Untuk bagian sensor perangkat ini juga sudah lengkap yaitu accelerometer, ambient light, compass, proximity dan juga fingerpirnt.

Untuk menghandle keamanan agar terhindar dari orang yang tidak bertanggung jawab. Samsung Galaxy M30s sudah terpasang sensor fingerpirnt layar dan juga Face Unlock yang dapat menampung tiga jari dan wajah. Untuk kecepatan fingerprint dan face unlock tidak perlu diragukan karena saat menggunakannya fitur ini bisa secepat ketika mengusap layar.

Baterai 6.000 mAh

Samsung Galaxy M30s Baterai

Smartphone yang merupakan versi upgrade dari Galaxy M30 ini menawarkan baterai dengan daya 6.000 mAh. Dengan daya tersebut perangkat ini bisa bertahan dari pagi saat masuk kerja hingga malam saat pulang kerja yang artinya perangkat ini mampu bisa diandalkan seharian. Tentu dengan kapasitas

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy M30s

  • Sudah dilengkapi NFC
  • Baterai Jumbo 6.000 mAh
  • Triple Kamera
  • Kamera selfie 16 MP
  • Sedah ada fitur Fast Charging

Kekurangan Samsung Galaxy M30s

  • Bodi Belakang terbuat dari plastik jadi mudah kena baret

Kesimpulan

Secara keseluruhan Samsung Galaxy M30s merupakan pilhan bagus ditataran harga 3jutaan. Dengan layar bagus yang didukung Super AMOLED dengan sedikit bezels perangkat ini juga memiliki kapasitas baterai 6.000 mAh.

Dismping itu dengan triple kamera, perangkat ini juga memiliki kelengkapan sensor untuk mendukung segala aktifitas Anda.

0 Shares:
You May Also Like

Samsung Galaxy S9

Samsung Galaxy S9: Penerus Samsung Galaxy S8 dengan segudang fitur baru

Samsung Galaxy J2

Samsung Galaxy J2: Mendukung jaringan 4G dan berlayar Super AMOLED