Samsung Galaxy A30s

Serbuan keluarga seri Galaxy A dari Samsung masih berlanjut. Kali ini bersamaan dengan perilisan Samsung Galaxy A20s, vendor asal Korea Selatan ini kembali menggebrak dengan Samsung Galaxy A30s pada September 2019, sebuah ponsel yang merupakan versi penyempurna dari Samsung Galaxy A30.

Samsung merilis produk A30s dengan fitur andalan berupa tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki kekuatan 25 MP + 8 MP + 5 MP. Perangkat ini juga dudah dilengkapi teknologi NFC yang merupakan kepanjangan dari Near Field Communication. Pada press rilisnya Samsung mengatakan bahwa seri ini menyasar anak muda yang doyan kepraktisan dalam mengakses live konten.

Ini terbukti dengan adanya AI Game Booster yang tersemat pada Samsung Galaxy A30s, fitur tersebut membuat setiap pengalaman live gaming menjadi lebih seru dan kencang. Apalagi dengan adanya NFC, para pengguna tidak bingung ketika akan mengisi atau mengecek saldo elektronik kapan saja.

Harga Samsung Galaxy A30s

Last Updates: 30 September 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy A30s Rp3.299.000 -
Rilis2019, September
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Galaxy A30s dibanderol seharga Rp3.299.000

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie)
RAM3/4 GB
ROM32/64/128 GB
ChipsetExynos 7885 (14 nm)
CPUOcta-core (2x1.8 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G71
Bodi
Dimensi158.5 x 74.7 x 7.8 mm
Berat166 gr
Layar6.4 inch Super AMOLED
Kamera
Depan16 MP, f/2.0
Belakang25 MP, f/1.7, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)
5 MP, f/2.2, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCNo
Jack Audio 3.5mmYes
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
WarnaPrism Crush Black, Prism Crush White, Prism Crush Green, Prism Crush Violet
RadioFM radio
Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, proximity, compass
BateraiLi-Po 4000 mAh
ChargerFast battery charging 15W

Exynos 7940 dan AI Gaming Booster

AI Gaming Booster Samsung

Adanya kampanye go live content, Samsung Galaxy A30s memberikan reaksi berupa pengalaman akses berupa fitur langsung seperti live video pada sosial media dan juga live game (online) menjadi lebih mudah. Ini berkat adanya dukungan dari AI Gaming Booster yang tersemat pada perangkat ini.

Menyikapi adanya kampanye tersebut, smartphone ini juga dibekali dengan chipset Exynos 7904 dipadu dengan GPU Mali-G71 MP2 yang didukung dengan RAM 4 GB dan 64 GB. Pengalaman live streaming dan live gaming akan semakin lancar.

Layar 6.4 inci

Dengan mengusung layar Infinity V, Samsung Galaxy A30s memiliki diagonal layar 6.4 inci. Resolusi pada smartphone ini juga sudah 720 x 1560 alias HD+, membuat perangkat ini akan sangat nyaman untuk berinteraksi dengan multimedia.

Ditambah dengan topangan Super AMOLED, grafis yang ditampilkan pada perangkat ini akan menjanjikan kerapatan dan kecerahan memuaskan. Apalagi bagi pengguna yang memiliki hobi nge-game, perangkat ini akan memanjakan mereka dengan kualitas yang diusung oleh Samsung.

Desain Glossy Mewah

Samsung Galaxy A30s body

Memiliki tampilan ramping dengan desain cantik, Samsung Galaxy A30s memberikan kenyamanan genggaman yang pas pada tangan. Apalagi dengan material plastik glossy dibagian belakang membuat rasa yang dihasilkan menjadi lembut.

Material kaca pada bagian depan perangkat ini memiliki kesan solid. Dengan tiga pilihan warna yaitu Prism Crush White, Prism Crush Black dan Prism Crush Green perangkat ini memiliki berat 166 g.

Tiga Kamera dengan Ultrawide 123 derajat

Samsung Galaxy A30s Kamera

Fitur yang diandalkan pada Samsung Galaxy A30s adalah tripel kamera yang ada di belakang yang masing masing memiliki kekuatan resolusi 25 MP untuk kamera utama, 8 MP ultra-wide dan 5 MP untuk efek bokeh. Perlu diketahui fitur ultra-wide kamera ini bisa menangkap sudut hingga 123 derajat lebih lebar.

Pada bagian depan perangkat ini mengusung kamera dengan kekuatan 16 MP bukaan f/2.0. Menjadikan segala aktivitas selfie akan cerah dan bersih. Tentu menjadi kenyamanan bagi pengguna yang suka mengunggah konten video karena kamera depan memiliki kekuatan perekam video hingga [email protected]

Hadirnya Fitur NFC

NFC

Ini adalah salah satu fitur penyempurna yang dulu tidak ditanamkan pada Samsung Galaxy A30. Fitur ini berfungsi untuk memberikan komunikasi antar dua perangkat dengan jarak tertentu, kelebihan fitur ini ketimbang Infrared dan Bluetooth adalah kemampuanya tidak perlu adanya proses pairing atau penyambungan yang di setting secara manual. Contoh simple penggunaan NFC adalah mengecek saldo pada e-Toll.

Fingerprint pada Layar

Samsung Galaxy A50 On-screen Fingerprint Scanner

Selain penambahan NFC, perangkat ini juga ada upgrade pada sensor pemindai keamanan berupa sidik jari. Sensor ini tersemat pada layar atau bisa disebut on display fingerprint scanner. Ini menjadi keamanan utama selain face unlock.

Baterai 4.000 mAh

baterai 4000 mAh

Sama dengan generasi sebelumnya yaitu Galaxy A30, Samsung juga memakai baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Disamping itu perangkat ini juga sudah didukung dengan teknologi fast charging 15W sehingga membuat pengguna bisa mengisi daya dengan cepat.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy A30s

  • Baterai 4.000 mAh
  • Fingerprint pada layar
  • Sudah ada NFC!
  • Adanya 3 kamera
  • Menggunakan Layar Super AMOLED
  • Sudah support Fast Charging

Kekurangan Samsung Galaxy A30s

  • Resolusi Layar tuurun jadi HD+ yang tadinya adalah FHD.

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang oke dengan tambahan AI Game booster, dan baterai besar. Samsung Galaxy A30s sangat pas untuk pengguna yang aktif live online pada game maupun media sosial.

Ada juga smartphone dengan harga pada skala yang sama, Realme 5 Pro atau OPPO F11 sebagai aternatif lain bila Anda kurang cocok dengan apa yang telah ditawarkan oleh Samsung Galaxy A30s.

0 Shares:
You May Also Like

Samsung W2019

Samsung W2019: HP para sultan dengan desain seksi dan elegan