Huawei Y5 Prime

Tahun lalu, pabrik ponsel raksasa asal Negeri Bambu meluncurkan smartphone Huawei Y5 Prime tepat setelah merilis Huawei Y6. Perangkat smartphone tersebut ditujukan khusus untuk menembus segmen pasar menengah ke bawah.

Y5 Prime merupakan tandingan terdekat Oppo A37 dan Vivo Y35 dengan posisi keunggulan desain yang lebih cantik dan harga yang murah, yaitu kisaran Rp1.500.00,00.

Huawei menghadirkan teknologi terbaik lini entry level, Y Series, setelah memperkenalkan P Series dan mate series serta lini kelas menengah, Nova Series, untuk kaum muda yang dinamis. Huawei Y5 Prime merupakan smartphone yang memanfaatkan keunggulan teknologi layar FullView dari Huawei.

Harga Huawei Y5 Prime

Last Updates: 03 September 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Huawei Y5 PrimeRp1.500.000,00
Rp1.100.000,00
RilisMei, 2018
Link terkaitDaftar Harga HP Huawei Terbaru

Huawei Y5 Prime dapat dibeli dengan harga terendah senilai Rp1.499.000,00 dari LazMall by Lazada yang 21% lebih murah daripada Huawei Y5 Prime yang dijual oleh Lazada dengan harga Rp1.899.000,00.  Anda juga dapat membelinya dari Tokopedia dan Blibli.

Pilihan lainnya, Huawei Y5 Prime juga dijual di Malaysia pada Shopee dengan harga Rp1.029.248,00. Detail harga terakhir diperbaharui pada Juli 2019.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo); EMUI 8
RAM2GB
ROM16GB
ChipsetMediatek MT6739 (28 nm)
CPUQuad-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8100
Bodi
Dimensi146.5 x 70.9 x 8.3 mm (5.77 x 2.79 x 0.33 in)
Berat142 g (5.01 oz)
Layar5.45 inches, LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP
Belakang13 MP, f/2.0, AF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaBlack, Gold, Blue
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity
BateraiNon-removable Li-Ion 3020 mAh battery

Desain Premium, Jauh dari Kesan Murah

Huawei Y5 Prime Layar

Huawei Y5 Prime hadir dengan balutan material plastik pada bagian belakang, namun uniknya, Huawei mendesain bagian belakangnya menjadi terlihat cukup premium. Dan, karena finishing yang bagus, kesan murah pun akan jauh.

Smartphone ini memiliki desain dan performa menjanjikan. Perangkatnya memiliki dimensi 146×70,9 x 8,3 mm dan berat 142 gram, menggunakan layar 5,45 inci beresolusi HD+ (1440×720 piksel). Panel IPS-nya sudah mengaplikasikan aspek rasio 18:9 sehingga terlihat kekinian.

Performa Huawei Y5 Prime

chipset xiaomi mi a2 lite snapdragon 625

Huawei Y5 Prime memanfaatkan dukungan prosesor quad-core berkecepatan 1,5 GHz. Berdasarkan dari clock speed yang diusung, tampaknya Huawei menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 430. RAM 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB untuk mengeksekusi kebutuhan multitasking dan komputasi tanpa lag.

Meskipun tidak powerfull, smartphone ini masih bisa diandalkan untuk menjalankan beberapa aplikasi. Tak lupa, Huawei juga akan mengandalkan PowerVR GE100 sebagai sistem kartu grafis, kinerja dapur pacu Huawei Y5 Prime yang masih bisa diandalkan untuk bermain beberapa game HD.

Huawei Y5 Prime memiliki sistem operasi EMUI 8.1 yang berbasis pada OS Android 8.1 Oreo dan dibekali baterai non-removable berkapasitas 3080 mAh. Berkat adanya teknologi Power Saving 6.0, Huawei Y5 Prime mampu bertahan lama dalam sekali pengisian.

Konektivitas Huawei Y5 Prime

Huawei Y5 Prime Konektifitas

Dari segi konektivitas Internet, smartphone ini berjalan pada konektivitas internet tercepat 4G LTE. Huawei Y5 Prime hadir dengan dua SIM yang masih bersifat hybrid. Jadi, untuk yang akan menggunakan slot kedua untuk MicroSD, tentu akan kehilangan slot SIM 2.

Sedangkan untuk fitur konektivitas tambahan, tersedia pula fitur seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.2, port MicroUSB 2.0, dan navigasi GPS yang dioptimalkan oleh satelit A-GPS, Glonass.

Kamera Depan, Fitur Fotografi Tambahan yang Cerdas

Huawei Y5 Prime Selfie Kamera

Di sektor fotografi, Huawei Y5 Prime mengandalkan kamera depan beresolusi 5 MP. Kamera depan juga sudah dilengkapi fitur Face Unlock guna menambah sistem keamanan data pengguna serta menggantikan sensor fingerprint yang tidak dihadirkan pada ponsel ini.

Huawei Y5 Prime memiliki kamera depan 5 MP dengan fitur selfie toning flash. Fitur ini secara otomatis bisa mendeteksi cahaya di wajah pengguna dan dengan cerdas menyesuaikan tingkat kecerahan untuk menghasilkan selfie yang natural.

Kamera Utama, Andalan saat Sesi Foto

Huawei Y5 Prime Kamera

Huawei Y5 Prime mengandalkan kamera utama 13 MP lengkap dengan teknologi HDR-nya untuk menjaga keseimbangan kecerahan. Teknologi ini efektif mencegah terjadinya over-exposure dan menyesuaikan latar belakang gelap.

Kamera belakang Huawei Y5 Prime disempurnakan dengan adanya fitur pendukung, seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, dan LED Flash yang siap menyempurnakan hasil foto. Yang cukup menarik adalah desain kamera belakang seolah menyerupai smartphone dua kamera.

Sedangkan untuk kemampuan merekam video sendiri, smartphone ini mampu merekam dengan resolusi sampai dengan HD. Sehingga bagi Anda yang gemar live streaming di sosial media, maka Huawei Y5 Prime merupakan pilhan tepat.

Kelebihan dan Kekurangan

Untuk gadget dengan harga terjangkau, Huawei Y5 Prime seakan tak punya kekurangan karena kelebihannya terlalu menonjol.

Kelebihan Huawei Y5 Prime

  • Layar menggunakan panel IPS dengan bentang 5,45 inci dan memiliki resolusi HD+.
  • Memiliki kemampuan internet yang cukup cepat dengan adanya akses jaringan 4G LTE Cat4.
  • Memiliki fitur dual sim yang akan mempermudah urusan komunikasi.
  • Sudah menggunakan OS Android Oreo yang sudah disertai dengan user interface EMUI.
  • Dipersenjatai dengan RAM 2 GB sehingga menunjang kinerja multitasking yang lebih optimal dan memori internal 16 GB yang bisa diperluas dengan disediakannya slot MicroSD
  • Sudah disertai dengan lensa kamera utama beresolusi 12 MP dan kamera depan beresolusi 8 MP
  • Ditopang oleh baterai berkapasitas 3.020 mAh

Kekurangan Huawei Y5 Prime

  • Tidak ada sensor fingerprint
  • Baterai non-removable

Kesimpulan

Huawei Y5 Prime dihadirkan untuk bisa bersaing di kelasnya. Daripada rivalnya, Huawei Y5 Prime terlihat lebih unggul dari segi desain layarnya yang sudah kekinian dengan membawa resolusi 18:9.

Namun sayang, kekurangan terbesar smartphone ini adalah tidak adanya sensor pemindai sidik jari. Disertai dengan daya baterai yang panjang, fitur selfie yang mampu menghasilkan foto yang alami, serta user experience yang mulus berkat sistem operasi yang mumpuni di kelasnya.

Smartphone ini sangat cocok bagi anak muda yang ingin tampil gaya tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

0 Shares:
You May Also Like
Huawei P30

Huawei P30

Huawei P30: Smartphone dengan tiga kamera canggih berlensa Leica

Honor 8 Pro

Honor 8 Pro: Baterai besar performa gahar

Honor 3C

Honor 3C: Dibekali kamera canggih beresolusi tinggi

Honor 8X

Honor 8X: Smartphone kelas menengah dengan desain menarik

Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro: Smartphone fenomenal dengan kemampuan 50x Zoom