Huawei Y6

Tahun 2019, Huawei meluncurkan beberapa produk unggulan. Februari 2019 lalu, mereka mengeluarkan ponsel entry-level, Huawei Y6. Smartphone yang disebut sebagai tandingan Realme C1 dan Xiaomi Redmi Go ini memiliki banyak fitur yang tak kalah unggul.

Terutama dari sisi layar yang mengusung high definition (HD) dengan ukuran 5,7 inci. Tampilan desain Huawei Y6 tak kalah dengan edisi terdahulunya, yaitu Huawei Y7 Pro.

Peluncuran smartphone terbaru ini menjajal kelas menengah, dengan harga kisaran 2 juta rupiah. Namun, kelengkapan fiturnya yang multitasking dapat diandalkan bagi aktivitas sehari-hari.

Harga Huawei Y6

Last Updates: 03 September 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Huawei Y6 Rp 1.900.000,00Rp 1.500.000,00
RilisFebruari 2019
Link terkaitDaftar Harga HP Huawei Terbaru

Huawei Y6 yang diluncurkan sekitar tanggal 23 Februari 2019 lalu di Filipina, dibanderol dengan harga USD135 atau setara dengan 1,9 juta rupiah. Walau terbilang baru, Anda dapat juga membeli dengan harga second di kisaran harga 1,5 juta rupiah.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie); EMUI 9.1
RAM2GB
ROM32GB
ChipsetMediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
CPUQuad-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
Bodi
Dimensi156.3 x 73.5 x 8 mm (6.15 x 2.89 x 0.31 in)
Berat150 g (5.29 oz)
Layar6.09 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan8 MP, f/2.0
Belakang13 MP, f/1.8, PDAF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaMidnight Black, Sapphire Blue, Amber Brown
RadioFM Radio, built-in antenna
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
BateraiNon-removable Li-Ion 3020 mAh battery

Desain Simple Huawei Y6

Huawei Y6 Desain

Tampilan tipe Huawei ini begitu sederhana, dengan lekukan dari semua sisi memberi kesan biasa saja dengan lebar layar 6,1 inci. Tampilannya mengilap karena mengadopsi full view display yang dituangkan dalam dimensi 152,4x73x7,8 mm dan berat 150 gram.

Tampilannya cukup elegan dengan casing pelapis berbahan kulit bertekstur. Huawei Y6 hadir dengan layar penuh dan aspek rasio 19,5:9, memiliki poni dewdrop dengan bezel cukup tipis di bagian atas layar. Memiliki HD+ tipe IPS beresolusi 720×1.560 piksel.

Pada layar bagian bawah ada tombol back, home, dan multitasking. Terdapat tiga  pilihan warna, yaitu amber brown, midnight black, dan sapphire blue.

Performa Huawei Y6

Mediatek

Prosesor yang menjadi dalang performa Huawei Y6 ini adalah MediaTek Helio A22 MT6761 berkonsep octa-core kecepatan 2 GHz. Berbeda dengan chipset yang ditanam pada model lainnya, yaitu Kirin. Namun, hal ini tidak mengurangi performa ponsel secara keseluruhan.

Smartphone ini dijalankan oleh OS Android Oreo dengan menunjukan antarmuka EMUI 8.2. Kapasitas ruang penyimpanan RAM 2 GB dan internal 32 GB. Jika masih membutuhkan space yang lebih besar lagi, Anda dapat menggunakan MicroSD hingga 512 GB.

Kekuatan dan Sumber Daya yang Mendukung Aktivitas Gamers

GPU PowerVR Rogue GR8320

Smartphone simpel ini juga cukup baik digunakan oleh pencinta games. Kekuatannya disokong oleh GPU PowerVR Rogue GR8320, sehingga memberi kenyamanan menjelajah di dunia games online.

Sumber daya smartphone ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 3.000 mAh. Memiliki sertifikat TUV Rheinland, yaitu legalitas terhadap kemampuan menangkal cahaya biru yang bisa merusak mata. Untuk keamanan pun dilengkapi dengan fitur face unlock.

Jajal Kamera Huawei Y6

Huawei Y6 Kamera

Hasil jepretan smartphone ini tergolong memuaskan di kelas entry-level. Dilengkapi oleh kamera belakang  beresolusi 13 MP dan lensa aperture f/1.8, serta  kamera depan 8 MP yang disokong fitur AI dengan lensa aperture f/2.0.

Sehingga, hasil bidikannya akan memberi kepuasan, baik pada saat selfie maupun menggunakan kamera belakang. Sistem kamera dilengkapi dengan LED Flash yang berfungsi untuk memaksimalkan cahaya, sehingga dapat menghasilkan foto yang berkualitas walau minim pencahayaan.

Fitur utama Phase Detection Autofocus juga terpasang untuk memfokuskan objek dalam waktu yang singkat. Sehingga, setiap momen berharga dapat diabadikan dengan hasil yang tetap maksimal.

Koneksi Kencang Huawei Y6

Huawei Y6 SIM Koneksi

Rancangan tipe Huawei ini tetap menunjukan performa baik dalam hal koneksi internet. Fitur dual SIM-card memberi keleluasaan bagi pengguna untuk menggunakan dua SIM berbeda provider tanpa adanya rintangan dalam koneksi.

Akses jaringan 3G dan 4G LTE akan memudahkan Anda mengakses berbagai fitur media sosial dan beraktivitas internet dengan cepat, seperti menonton video, download gambar, ataupun bermain games online.

NFC serta navigasi yang mengandalkan GPS dengan A-GPS plus Glonnas mempunyai nilai akurasi yang tinggi, fitur Bluetooth v4.2, wifi, serta porta microUSB v2.0.

Kelebihan dan Kekurangan

Berdasarkan spesifikasi yang terdapat dalam tipe ini, terdapat beberapa keunggulan dan kekurangan yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi.

Keunggulan Huawei Y6

  • Memiliki performa yang baik karena dibekali dengan chipset Media Tek Helio A22 Quad-core 2 GHz.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar, yaitu RAM 3 GB dan storage internal 32 GB.
  • Dukungan perangkat fotografi yang memadai.
  • Layarnya mengikuti tren, sebesar 6,1 inci dengan resolusi HD+.
  • Memiliki fitur menarik karena berbasis Android 9 EMUI 9.
  • Memiliki adaptive brigthness, yaitu pengaturan cahaya layar.
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan face unlock.

Kekurangan Huawei Y6

  • Tidak terdapat sensor fingerprint.
  • Tidak dilengkapi dengan gyroscope, sehingga tidak dapat menjalankan konten virtual reality (VR) dengan sempurna.
  • Fitur fast charging yang absen, sehingga pengisian daya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi baterai 3.020 mAh. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit agar daya terisi full.
  • Tidak dilengkapi proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya.

Kesimpulan

Kehadiran Huawei Y6 ini memberikan warna baru dalam varian smartphone kelas entry-level. Penampilannya sederhana, namun dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat diunggulkan, salah satunya adalah fitur fotografi.

Hasil bidikannya dapat memberi kepuasan karena dilengkapi dengan sistem kamera yang menggunakan dua kamera beresolusi tinggi.

Harga yang terjangkau akan menjadi alternatif lain bagi Anda yang mulai melirik smartphone ini. Tak kalah dengan tipe terdahulunya, Huawei Y6 dapat bersaing dengan fitur smartphone lain, seperti Realme C1 dan Xiaomi Redmi Go.

0 Shares:
You May Also Like

Honor 6X

Honor 6X: Si kecil dengan memori penyimpanan besar

Honor Magic 2

Honor Magic 2: Keajaiban kamera slider dengan spesifikasi gahar
Huawei Mate 20

Huawei Mate 20

Huawei Mate 20: Ponsel berdesain stylish dengan 3 kamera Leica

Honor 3C

Honor 3C: Dibekali kamera canggih beresolusi tinggi