Google Pixel 3A XL

Di acara pengembang Google I/O, Google membuat gebrakan dengan meluncurkan Pixel 3A dan Pixel 3A XL. Kedua ponsel ini dijual di harga yang cukup terjangkau, namun membawa spesifikasi yang mumpuni.

Banyak yang menyebut-nyebut bahwa Pixel 3A dan 3A XL adalah titisan Google Nexus. Nexus adalah lini perangkat keras Google yang menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga yang sangat bersaing. Namun, secara resmi ponsel Nexus berakhir di seri 6P.

Perbedaan Google Pixel 3A XL dengan Pixel 3A biasa sebenarnya tidak terlalu signifikan. Pixel 3A XL dibekali layar yang sedikit lebih lebar dan kapasitas baterai yang lebih besar. Selebihnya, spesifikasi yang ditawarkan sama, mulai kamera hingga konfigurasi RAM dan ROM.

Harga Google Pixel 3A XL

Last Updates: 9 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Google Pixel 3a XLRp6.900.000-
RilisMei 2019
Link terkait

Saat diluncurkan, harga Google Pixel 3A XL adalah 479 dolar AS, berbeda 70 dolar AS dari Google Pixel 3A biasa. Dengan membayar lebih, Anda bisa menikmati layar yang lebih besar dan baterai yang lebih awet.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie)
RAM4 GB
ROM64 GB
ChipsetQualcomm SDM670 Snapdragon 670 (10 nm)
CPUOcta-core (2x2.0 GHz 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver)
GPUAdreno 615
Bodi
Dimensi160.1 x 76.1 x 8.2 mm
Berat167 gr
Layar6.0 inch OLED
Kamera
Depan8 MP, f/2.0, 24mm (wide), 1.12µm
Belakang12.2 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS
Video[email protected], [email protected]/60/120fps
FiturDual-LED flash, HDR, panorama
ProteksiAsahi Dragontrail Glass
Konektivitas
SIMNano-SIM, Electronic SIM card (eSIM)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO
NFCYes
Jack Audio 3.5mmYes
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
WarnaJust Black, Clearly White, Purple-ish
RadioNo
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
BateraiNon-removable Li-Po 3700 mAh
ChargerFast battery charging 18W

Layar OLED beresolusi tinggi tanpa poni

layar google pixel 3a xl

Seperti Pixel 3A biasa, Pixel 3A XL dilengkapi layar OLED berukuran 6 inci dengan resolusi 1080×2160, yakni full HD. Jika dibandingkan dengan Pixel 3A biasa, densitas piksel di Pixel 3A XL sedikit lebih kecil yakni 402 ppi saja.

Perbedaan densitas piksel layar Pixel 3A XL wajar dialami karena resolusi layar yang sama ditampilkan di bentangan layar yang besar. Meskipun densitas pikselnya lebih kecil, layar Pixel 3A XL masih nyaman digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Baterai tahan lama berkapasitas 3.700 mAh

kapasitas baterai google pixel 3a xl 3700 mah

Pixel 3A XL memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dari Pixel 3A biasa, yakni 3.700 mAh. Dengan demikian, baterai Pixel 3A XL akan lebih awet dari Pixel 3A biasa. Baterai yang lebih besar ini dimungkinkan karena ukuran fisik ponsel yang juga membesar.

Dengan optimalisasi perangkat lunak yang diterapkan Google, ponsel ini dapat bertahan hingga dua hari dalam sekali pengisian. Sayangnya, ponsel ini menggunakan baterai tanam yang sulit diganti jika telah menurun kapasitasnya. Masa pakai ponsel pun akan menurun.

Kamera 12 megapiksel dengan Google Camera

kamera google pixel 3a xl

Modul kamera yang digunakan oleh Google Pixel 3A XL sama dengan Pixel 3 maupun Pixel 3A biasa. Dengan demikian, hasil kameranya pun identik bak pinang dibelah dua. Anda tidak perlu meragukan kualitas kameranya, karena DXOMark pun memberikan skor nyaris sempurna.

Salah satu fitur paling menarik dari Google Camera adalah Night Sight. Fitur ini memungkinkan pengambilan gambar dalam situasi minim cahaya dengan lebih baik. Hasilnya bahkan sangat mengagumkan dan cukup sulit dikalahkan.

Karenanya, jika fotografi adalah fokus Anda saat memilih ponsel, keluarga Pixel tidak akan mengecewakan. Didukung dengan kemampuan AI Google, Anda akan mendapat hasil foto sempurna kapan saja.

Android terbaru bebas bloatware

sistem operasi google pixel 3a xl

Google membekali Pixel 3A XL dengan sistem operasi Android terbaru, yakni 9.0 Pie. Pembaruan versi pun dijamin selama dua tahun, dan pembaruan keamanan dijamin selama tiga tahun. Rekam jejak Google soal pembaruan sistem ini pun sangat baik.

Salah satu fitur paling menarik dari Android 9.0 Pie adalah Digital Wellbeing. Fitur ini mendeteksi kapan Anda menggunakan ponsel, dan dapat memberikan saran untuk mengurangi waktu berponsel Anda.

Prosesor delapan inti dengan fabrikasi 10 nm

prosesor google pixel 3a xl snapdragon 670

Untuk urusan dapur pacu, Pixel 3A XL menggunakan Snapdragon 670, prosesor delapan inti dengan dua kluster. Kluster “besar” terdiri dari dua inti Kryo 360 Gold, sementara kluster kecil terdiri dari enam inti Kryo 630 Silver.

Dalam penggunaan sehari-hari, Anda tidak akan menemukan kesulitan saat memakai Pixel 3A XL. Permainan dengan kualitas grafik tinggi juga dapat dimainkan dengan mulus. Kinerja Snapdragon 670 ini setara dengan Snapdragon 820 keluaran tahun 2016.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Google Pixel 3A XL

  • Layar AMOLED berukuran 6 inci tanpa poni/notch memungkinkan Anda menikmati konten di internet dengan sangat nyaman.
  • Prosesor yang digunakan sudah menggunakan teknologi fabrikasi 10 nm sehingga lebih hemat daya tanpa mengorbankan kinerja.
  • Lensa kamera kelas flagship dan fitur Night Sight membuat hasil foto Pixel 3A XL sangat baik dalam kondisi apa saja.
  • Sistem operasi yang digunakan, yakni Android 9.0, terbebas dari bloatware dan terjamin pembaruannya selama tiga tahun. Ponsel juga akan menerima dua versi Android baru sehingga secara perangkat lunak, ponsel tidak akan ketinggalan zaman.

Kekurangan Google Pixel 3A XL

  • Secara keseluruhan, ponsel tidak terlalu berbeda dengan Pixel 3A biasa. Tidak banyak fitur yang menjadi pembeda ponsel ini dari “adiknya”.
  • Konfigurasi memori internal dan RAM yang ditawarkan hanya satu, yakni 4GB RAM dan 64GB ROM.
  • Tiadanya slot memori eksternal di ponsel menyulitkan Anda melakukan ekspansi memori.
  • Baterai yang digunakan adalah baterai tanam. Akan sulit bagi Anda untuk mengganti baterai ponsel ini.

Kesimpulan

Dengan Pixel 3A XL, Google sepertinya ingin membuktikan bahwa tidak selamanya sesuatu yang lebih besar merupakan pilihan terbaik. Ponsel ini tidak banyak menawarkan fitur pembeda dari adiknya, yakni Google Pixel 3A.

Saran kami tetap sama: Jika Anda menyukai fotografi, Anda akan menyukai Google Pixel 3A dan 3A XL. Jika tidak, masih banyak pilihan menarik di rentang harga ini, seperti Pocophone F1 yang memiliki prosesor kelas flagship.

 

 

0 Shares:
You May Also Like

Google Pixel 2

Google Pixel 2: Memberikan pengalaman fotografi yang lebih baik

Google Pixel 2

Google Pixel 2: Memiliki kamera bagus didukung teknologi fast charging

Google Pixel

Google Pixel: HP besutan Google dengan segudang fitur canggih