Redmi Note 5 Pro

 

Saat diluncurkan tahun 2018 lalu, Xiaomi Redmi Note 5 Pro langsung menjadi barang buruan banyak orang. Betapa tidak, dengan harga yang sangat terjangkau, berbagai fitur kelas menengah sudah dapat dinikmati.

Ya, Xiaomi memang tidak tanggung-tanggung saat merancang Redmi Note 5 Pro. Xiaomi membekali ponsel ini dengan fitur-fitur menarik, seperti kamera ganda, prosesor gegas, dan baterai besar. Wajar jika ponsel ini sempat menjadi produk “gaib”.

Kesuksesan Redmi Note 5 Pro di pasaran membuat Xiaomi kemudian merilis Note 6 dan Note 7 dengan spesifikasi yang meningkat. Namun, masih banyak orang yang mencari Redmi Note 5 Pro hingga kini.

Harga Redmi Note 5 Pro

Last Updates: 10 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Redmi Note 5 Pro 4/64 GBRp2.650.000Rp1.750.000
Redmi Note 5 Pro 6/64 GBRp3.699.000Rp2.000.000
RilisFebruari 2018
Link terkaitDaftar Harga HP Xiaomi Terbaru

Xiaomi Redmi Note 5 Pro diluncurkan dengan harga yang sangat terjangkau untuk spesifikasi yang ditawarkan. Harganya sempat berfluktuasi cukup hebat selama beberapa bulan awal penjualannya. Banyak tengkulak yang membeli Redmi Note 5 Pro untuk dijual kembali dengan harga mahal.

Namun, kini harga Redmi Note 5 Pro sudah cukup stabil. Harga jual kembalinya pun tidak terlalu jatuh sehingga Anda dapat menjual kembali ponsel dengan tenang.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 7.1.2 (Nougat), upgradable to Android 9.0 (Pie); MIUI 10
RAM4/6 GB
ROM64 GB
ChipsetQualcomm SDM636 Snapdragon 636 (14 nm)
CPUOcta-core 1.8 GHz Kryo 260
GPUAdreno 509
Bodi
Dimensi158.6 x 75.4 x 8.1 mm
Berat181 gr
Layar5.99 inch IPS LCD
Kamera
Depan20 MP, f/2.2, 1/2.8", 1.0µm
Belakang12 MP, f/2.2, 1.25µm, PDAF
5 MP, f/2.0, 1.12µm, depth sensor
Video[email protected]
FiturDual-LED flash, panorama, HDR
ProteksiCorning Gorilla Glass
Konektivitas
SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCNo
Jack Audio 3.5mmYes
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaBlack, Champagne Gold, Rose Gold, Lake Blue
RadioFM radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh
ChargerFast battery charging 18W (Quick Charge 2.0)

Layar kekinian dengan aspek rasio 18:9

layar redmi note 5 pro

Xiaomi membekali Redmi Note 5 Pro dengan layar berukuran 5,99 inci beresolusi 2160×1080. Resolusi ini juga dikenal sebagai Full HD+. Menariknya, meskipun ponsel ini sudah menggunakan aspek rasio layar terkini, ponsel tidak memiliki notch atau “poni”.

Layar IPS yang digunakan di Redmi Note 5 Pro cukup cerah bahkan di bawah sengatan matahari. Selain itu, reproduksi warna yang ditampilkan cukup akurat sehingga kegiatan sehari-hari Anda akan lebih nyaman dilakukan. Layar ponsel ini juga dilindungi Corning Gorilla Glass.

Android 7.1 dengan antarmuka MIUI

sistem operasi android nougat redmi note 5 pro

Secara bawaan, ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 7.1 dengan antarmuka MIUI. Ponsel juga mendapatkan pembaruan versi Android ke Android 9.0 Pie dan MIUI versi 10. Pembaruan versi ini ditujukan untuk menstabilkan kinerja ponsel.

Salah satu fitur bawaan MIUI yang menarik adalah tema. Dengan toko tema yang lengkap, Anda dapat mengubah seluruh tampilan layar ponsel dengan baik. Tidak tanggung-tanggung, Anda bahkan dapat mengganti jenis huruf atau font pada ponsel.

Selain tema, fitur Mi Cloud yang mirip dengan iCloud milik Apple juga menjadi keunggulan ponsel. Jika ponsel hilang, Anda dapat mengunci ponsel dengan akun Mi Cloud sehingga pencuri tidak dapat memakai ponsel. Akun Mi Cloud juga dapat dipakai untuk sinkronisasi.

Kamera ganda di belakang, kamera tunggal di depan

kamera redmi note 5 pro

Untuk urusan kamera, Xiaomi membekali ponsel dengan dua kamera, masing-masing beresolusi 12 dan 5 megapiksel, di bagian belakang ponsel. Kamera depan ponsel beresolusi 13 megapiksel. Kamera depan dan belakang ponsel dapat menghasilkan foto yang berkualitas.

Sayangnya, ponsel tidak dapat digunakan untuk merekam video 4K secara bawaan meskipun prosesor yang digunakan sudah mendukung perekaman video 4K. Untuk merekam video 4K, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Open Camera.

Baterai badak yang tahan lama

kapasitas bateri redmi note 5 pro 4000 mah

Sebagai penunjang kinerja ponsel, baterai sebesar 4000 mAh terpasang di bagian dalam ponsel. Anda tidak dapat melepas baterai ponsel sendiri karena baterainya berjenis baterai tanam. Kapasitas yang besar membuat ponsel dapat bertahan lebih dari sehari saat digunakan.

Selain baterai dengan kapasitas besar, Xiaomi juga menyertakan fitur optimalisasi baterai pada sistem MIUI yang terpasang. Optimalisasi baterai ini cukup ampuh untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel. Walhasil, Anda tidak perlu bergantung pada power bank jika menggunakan ponsel ini.

Prosesor gegas dengan delapan inti

prosesor redmi note 5 pro snapdragon 636

Xiaomi Redmi Note 5 Pro menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 636. Prosesor ini terdiri dari empat inti Kryo 260 Gold dan empat inti Kryo 260 Silver. Kinerjanya sangat gegas untuk keperluan sehari-hari, termasuk untuk bermain game terbaru.

Skor AnTuTu yang dicapai oleh ponsel ini berada di kisaran 130.000, setara dengan Snapdragon 820 keluaran 2016. Skor ini menandakan bahwa ponsel siap menjalankan berbagai aplikasi berat hingga beberapa tahun ke depan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5 Pro

  • Hasil kamera ponsel sangat baik untuk kelas ponsel di bawah Rp 2 juta. Kamera Xiaomi Redmi Note 5 Pro bahkan sanggup bersaing dengan kamera ponsel flagship keluaran lama.
  • Meskipun diluncurkan dengan Android 7.1, ponsel mendapatkan pembaruan versi Android hingga Android 9.0 Pie.
  • Baterai 4.000 mAH yang tertanam pada ponsel membuat ponsel dapat bertahan lebih dari sehari. Fitur optimalisasi baterai bawaan MIUI juga sangat mendukung kinerja baterai ponsel.

Kelemahan Xiaomi Redmi Note 5 Pro

  • Secara bawaan, ponsel tidak dapat merekam video 4K meskipun prosesor dan lensa kameranya sudah mendukung video 4K. Namun, dengan aplikasi pihak ketiga, Anda tetap dapat merekam video 4K.
  • Baterai yang digunakan pada ponsel merupakan baterai tanam yang tidak dapat dilepas. Anda tidak dapat menggantinya sendiri jika suatu saat baterai melemah.
  • Xiaomi Redmi Note 5 Pro masih menggunakan antarmuka microUSB meskipun di masa kini USB Type-C lebih disukai.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 5 Pro adalah ponsel yang sangat mampu bersaing di kelas menengah. Ponsel ini memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya tetap menarik meskipun banyak ponsel menengah lain baru dirilis di pasaran. Saingan utama ponsel ini adalah ponsel Realme, terutama Realme 2 Pro.

 

0 Shares:
You May Also Like

Redmi 5

Redmi 5: HP entry level dengan kemampuan yang tidak mengecewakan

Xiaomi Mi Mix 3

Xiaomi Mi Mix 3: Smartphone flaghsip Xiamoi dengan layar slide tanpa bezel

Redmi 7

Redmi 7: Performa kenceng dengan konsumsi daya rendah

Xiaomi Mi5S Plus

Xiaomi Mi5S Plus: Dibekali prosesor ngebut dan sensor pengaman fingerprint

Xiaomi Mi5S

Xiaomi Mi5S: Body premium dengan balutan metal, kaca, keramik