Redmi Note 5A Prime

Xiaomi Redmi Note 5A Prime membuktikan bahwa produk berkualitas tidak selalu diiringi dengan harga yang terlalu mahal. Perangkat dengan kamera depan beresolusi 16MP dan sensor inframerah ini telah dipasarkan menjelang akhir tahun 2017 dengan harga Rp1.799.000 saja.

Ponsel pintar satu ini memang tidak langsung meneruskan generasi serial Redmi 4 seperti Redmi 5A, tetapi kualitasnya tetap tidak bisa diremehkan. Dengan spesifikasi yang mirip-mirip dengan Redmi Note 5A, ponsel ini masih menjadi pilihan dan banyak diburu masyarakat hingga sekarang.

Harga Redmi Note 5A Prime

Last Updates: 7 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Redmi Note 5A Prime 3 GB/32 GBRp1.570.000Rp1.199.000
Redmi Note 5A Prime 4GB/64GBRp2.250.000Rp1.850.000
RilisOktober 2017 (global)
Link terkaitDaftar Harga HP Xiaomi Terbaru

Mengingat sudah dua tahun berlalu, harga Xiaomi Redmi Note 5A Prime yang akan Anda temui di pasaran rata-rata sudah turun. Selain itu, kapasitas RAM yang lebih besar akan memengaruhi besarnya biaya yang Anda keluarkan untuk memiliki tipe ponsel pintar ini.

Harga bekas tidak terlihat berbeda jauh dari setiap harga baru ponsel, sehingga Anda yang ingin lebih berhemat juga dapat beralih ke produk bekas. Namun, pada dasarnya, hanya dengan anggaran sekitar dua jutaan saja, Anda sudah bisa memiliki perangkat ini.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 7.1.2 (Nougat); MIUI 10
RAM3/4 GB
ROM32/64 GB
ChipsetQualcomm MSM8940 Snapdragon 435 (28 nm)
CPUOcta-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 505
Bodi
Dimensi153 x 76.2 x 7.7 mm
Berat153 gr
Layar5.5 inch IPS LCD
Kamera
Depan16 MP, f/2.0
Belakang13 MP, f/2.2, 1/3.1", 1.12µm, PDAF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCNo
Jack Audio 3.5mmYes
USB microUSB 2.0
Lainnya
WarnaGold, Dark Grey, Silver, Rose Gold
RadioFM radio
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3080 mAh

Inovasi Desain Elegan

desain redmi note 5a prime

Di samping gaya desain yang sudah menjadi stereotip khas Xiaomi, perangkat berselubung plastik ini membawa inovasi lain berupa ketersediaan layar yang melengkung 2.5D. Jika biasanya layar ponsel lain datar saja, yang satu ini terlihat lebih elegan dan tebal.

Bagian selubung belakang perangkat memastikan kenyamanan saat menggenggam dan meningkatkan sisi ergonominya. Dengan bobot yang terbilang ringan, Xiaomi Redmi Note 5A Prime masih mempertahankan reputasi Xiaomi sebagai produsen ponsel pintar dengan kualitas tubuh solid.

Tidak hanya konturnya yang 2.5D, Xiaomi juga tidak lupa memberikan Corning Gorilla Glass. Fitur ini sudah sangat terkenal dalam melindungi ponsel dari goresan atau benturan.

Fitur Lengkap Besutan MIUI 9

MIUI 9 redmi note 5a prime

Sekali buka saja, pengguna sudah bisa melihat lengkapnya fitur dan dukungan pembaruan secara teratur. Dengan mengusung Android 7.1.2 Nougat dan MIUI 9.1, antarmuka ponsel terlihat “lega,” menarik, dan lebih mudah dioperasikan.

Beberapa fitur yang lengkap ini terdiri dari Security, Do Not Disturb, One Handed Mode, Quick Ball Menu, Lite Mode, Child Mode, Cleaner, Torch, Barcode Scanner, Reading Mode, Dual Apps, Mi Drop, Mi Mover, App Lock, Dual Space, and Split Screen.

Tampilan antarmuka Xiaomi Redmi Note 5A Prime pun dapat Anda sesuaikan mengikuti selera. Anda dapat berkreasi melalui pilihan tema, animasi, widget, atau wallpaper yang sudah disediakan gratis oleh Xiaomi, atau yang dapat Anda beli untuk kualitas lebih premium.

Kamera Depan 16MP untuk Hasil Swafoto Luar Biasa

kamera selfi redmi note 5a prime

Ponsel ini akan membuat penggemar pengambil swafoto bersorak berkat kualitas kameranya. Selain kamera belakang 13MP dan lampu flash, Xiaomi Redmi Note 5A Prime juga memberikan kamera depan 16MP dengan sensor Samsung S5K3P8 dan lensa aperture f/2.0.

Dengan demikian, spesifikasi ini memberikan fokus tetap dan hasil foto atau panggilan video yang stabil di segala kondisi cahaya. Kamera belakang juga tidak mengecewakan, karena foto yang Anda dapatkan terlihat tajam dengan warna yang akurat dan fokus yang cepat.

Ketersediaan Inframerah dan Sidik Jari Multifungsi

fingerprint redmi note 5a prime

Xiaomi Redmi Note 5A Prime memboyong fitur inframerah yang jarang ditemui di tipe ponsel pintar Xiaomi lainnya. Dengan adanya tambahan ini, Anda dapat menghubungkannya dengan pengendali jarak jauh untuk televisi, stereo, atau perangkat sejenis.

Tidak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi sensor sidik jari di bagian belakang tubuh perangkat. Sensor sidik jari memungkinkan Anda membuka ponsel hanya dengan sentuhan jari, begitu juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang Anda pasang nantinya.

Performa Mantap Berkat Snapdragon 435

prosesor redmi note 5a prime snapdragon 435

Xiaomi Redmi Note 5A Prime telah dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 435 dan GPU Adreno 508. Dalam hubungannya dengan RAM 3GB dan ROM 32GB, ponsel pintar ini menawarkan kinerja yang cukup untuk setiap tugas yang dijalankan selama penggunaan.

Performa mantap lainnya didukung kehadiran Dual Nano SIM dan satu kartu microSD, yang dapat dimasukkan bersamaan di dalam slot tunggal berisi tiga baki di sebelah kanan ponsel.

Dari segi menjalankan aplikasi berat seperti permainan, GPU Qualcomm Adreno 508 memberikan kinerja baik dalam menampilkan konten 3D dengan lancar.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5A Prime

  • Kehadiran Dual apps memungkinkan pengguna menjalankan dua buah aplikasi tertentu secara bersamaan. Perangkat ini akan cocok untuk yang memiliki mobilitas tinggi atau usaha bisnis daring.
  • Aplikasi bawaan tidaklah terlalu banyak, sehingga tidak memberatkan perangkat dengan bloatware yang biasanya dapat memenuhi ponsel baru.
  • Ponsel pintar ini sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari.
  • Ponsel ini tidak akan terlalu panas jika dimainkan dalam waktu lama.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5A Prime

  • Untuk yang suka mengutak-atik pengaturan manual demi meningkatkan kualitas gambar, aplikasi kameranya tidak menawarkan banyak opsi selain penyaringan preset, opsi pemandangan, keseimbangan warna, dan nilai ISO.
  • Meski layar sentuh sangat responsif, daya tahan untuk menggeser dan melepaskannya sedikit terlalu tinggi.
  • Daya tahan baterai tidak sebagus tipe ponsel Xiaomi lainnya.

Kesimpulan

Meskipun Xiaomi Redmi Note 5A Prime adalah ponsel pintar untuk kelas menengah ke bawah, perangkat ini menawarkan kinerja yang memadai untuk sistem yang berjalan mulus. Apalagi tubuhnya kokoh dan memberikan fitur kamera terbaik di jajarannya.

Dengan kehadiran ponsel ini, Anda sudah dapat memiliki perangkat selebar 5,5 inci, kamera yang layak, dan performa yang memuaskan. Ponsel ini lebih dari mampu menangani pemasangan aplikasi-aplikasi sederhana dan permainan yang tidak terlalu berat.

0 Shares:
You May Also Like

Redmi Go

Redmi Go: Ponsel cepat, sinyal kuat

Redmi 5

Redmi 5: HP entry level dengan kemampuan yang tidak mengecewakan
Redmi Note 5A

Redmi Note 5A

Redmi Note 5A: Smartphone terjangkau dengan spesifikasi lumayan