Smartphone Not Charging

Seperti yang kita tau bahwa kehidupan di jaman milenial ini, manusia tidak bisa meninggalkan yang namanya smartphone. Smartphone bahkan bisa mengalahkan segalanya bahkan sampai lupa dengan orang orang disekitarnya.

Dengan kebiasaan itu membuat kita merasa bingung jika smartphone yang kita punya mengalami sebuah kerusakan, dan rasanya hari-hari akan terasa menjengkelkan jika itu terjadi.

Banyak dari kita yang hanya sebagai pengguna smartphone tapi sama sekali tidak tahu apa-apa jika smartphone yang kita pakai mengalami masalah.

Charging Error
img : soytecno.com

Untuk itu kami disini akan membahas mengenai kerusakan yang bisa dibilang hampir semua pengunan smartphone pasti pernah mengalaminya.

Kerusakan itu seperti smartphone tidak bisa dihidupkan walaupun sudah di charging, tidak ada indikator charging sama sekali, port charging terasa longgar dan pengecasan sering putus nyambung.

Banyak faktor yang menjadi penyebab konektor smartphone tidak bisa dicharge.

Seperti  charger yang rusak bisa terjadi pada kabel nya atau adaptornya, baterai yang sudah tidak bisa di pakai atau sudah drop, dan yang bisa dibilanng paling parah adalah IC charger yang rusak, karena jika hal itu yang terjadi. Kemuangkinan anda tidak akan dapat menanganinya sendiri dan harus membawanya ke service center smartphone tersebut.

Apa yang menyebabkan kerusakan itu terjadi

Kerusakan itu terjadi bisa dikarenakan, sering gonta ganti charger yang tidak ori, smartphone sering terjatuh, smartphone perah terkena tumpahan air, cara mencopot pasang charger dengan kasar, dan juga pengecasan yang tidak sebagaimana mestinya ( di charging saat masih melakukan aktifitas dengan smartphonenya seperti bermain game dll )

Untuk mengetahui bagaimana jika kerusakan itu terjadi berikut kami sampaikan cara penanganan masing masing kerusakan yang terjadi.

a. Kerusakan pada Charger atau Kabel Charger

Yang pertama harus dilakukan jika kerusakan tersebut terjadi adalah check Charger, cobalah ganti terlebih dahulu dengan charger yang lain, apakah bisa hidup atau tidak, jika bisa dihidupkan jelas sudah bahwa kerusakan ada pada komponen charger nya (bisa saja kerusakan antara kepala charger atau kabel charger ada yang putus ).

kabel charger putus
img : thebloodpoets.com

Hal lain yang bisa dilakukan jika kita mau check charger juga bisa dengan cara colokan charger kita ke smartphone yang lain, apakah bisa mengisi smartphone tersebut atau tidak jika tidak, juga menjadikan indikasi charger tersebut rusak.

Segeralah ganti komponen yang rusak tersebut.

b. Konektor Longgar atau bergoyang

lihatlah konektor charger yang ada pada smartphone, cek apakah terjadi kelongaran pada konektornya, hal ini dapat diindikasikan dengan cara kalau charge HP harus ditekan, atau digerak2an kabel USB nya supaya bisa nge-charge, sehingga arus listrik menjadi putus  nyambung.

Hal ini menjadikan lama-lama kabel itu longgar dan arus listrik tidak masuk.

Bahkan bisa terjadi saat kita charge HP satu malam, tapi saat dilihat pada pagi hari Batere masih kosong. port longgar bisa terjadi karena banyak hal , bisa dikarenakan kita sering memakai charger bukan untuk smartphone tersebut/ asal pakai charger, terlalu sering lepas pasang charger, dan smartphone sering terjatuh.

Maka dari itu untuk awal kita akan mencoba suatu solusi, yaitu dengan cara merubah suatu bagian pada kabel charger yang berhubungan langsung dengan port smartphone tersebut.

Cara ini tidak begitu sulit dan hanya bermodalkan  alat jarum jahit, atau sebuah paku kecil, bisa juga obeng yang ujungnya sangat kecil.

Congkel USB
img : Tokohsebelah.com

Caranya:

  • Gunakan jarum, kawat atau benda runcing yang tadi saya sebutkan
  • letakkan jarum di bagian lubang depan kaitan pada ujung micro usb yang langsung bersentuhan dengan smartphone
  • unkit bagian itu sampai beberapa derajat
  • kalo masih kurang naik, ungkit lagi sampai lumayan bengkok
  • dan lakukan juga hal tersebut pada kaitan yang sebelahnya

Semoga jika hal ini dilakukan kabel charger akan normal kembali. Memang hal ini tidak 100% efektif, tapi minimal bisa memperpanjang hidup sang kabel USB.

c. Konektor Karatan

Port karatan, lakukan pengecekan terhadap port charger Android anda , apakah ada kotoran yang menempel atau sudah karatan. Karena jika karatnya sudah parah akan mengganggu arus listrik yang masuk.

Hal ini bisa terjadi juga jika bagian port kemasukan air, mungkin saat kita tidak sadar sedang minum es atau apa tidak sengaja airnya netes ke port charger smartphone.

Bersihkan konektor secara berkala, sehingga konektor anda terhindar dari debu atau kotoran yang menempel, cara membersihkannya pun cuku mudah, cukup menggunakan cairan pembersih.

d. Konektor Patah atau rusak parah

Untuk kerusakan juga bisa dikarenakan kita sering copot pasang charger secara kasar, untuk kerusakan satu ini mau tidak mau kita memang harus menganti port konektornya.

Berikut ini adalah cara mengganti konektor charger smartphone yang rusak :

Bahan-bahan:

  • Konektor yang berfungsi/baru
  • Obeng
  • Heater/ Solder Uap
  • Dan alat-alat lainya untuk membuka casing hp anda dan pemasangan bautnya.

Langkah-langkah mengganti konektor charger Hp yang rusak:

handphone not charging
img : baliservicecomputer.blogspot.com
  • Lepaskan baut casing Android anda dan buka casing nya dan pisahkan PCB board nya.
  • Cari bagian keypad dan camera modul. ketika sudah ketemu lepaskan keduanya.
  • Amati kembali apakah masih ada hardware yang sensitif masih dalam keadaan terpasang, jika sudah tidak ada anda bisa melepaskan konektor chargernya.
  • Siapkan solder uap dengan suhu 280 derajat.
  • Siapkan pinset atau alat untuk mencungkil lainya untuk mengangkat bagian konektor hingga terlepas
  • Cari kain atau penghapus dan bersihkan papan PCB nya
  • Lakukan pemasangan kembali konektor charger yang kita lepas dengan konektor yang baru
  • Ambil solder uap kembali dan lakukan heater ulang seperti yang kita lakukan sebelumnya
  • Pastikan semua pemasangan yang kita lakukan rapi dan sudah pas pada tempatnya agar tidak terjadi ke error atau kerusakan pada smartphone kita.

Bagaimana mudah bukan cara memasang dan melepasnya? Jika sudah berhasil berarti anda telah mengikuti langkah-langkah dengan benar. Dan jika belum berhasil mungkin ada langkah yang terlewat

Dengan menggunakan cara ini tentunya anda bisa membenahi smartphone anda dalam waktu yang cukup singkat, karena jika di bawa ke tukang servis atau servis center belum tentu 1 hari jadi dan harganya yang pasti mahal dikarenakan semakin smartphone yang anda miliki mahal semakin mahal pula komponen yang digunakan.

e. Kerusakan pada Baterai

Smartphone yang tidak bisa di charging juga bisa disebabkan masalah baterai yang sudah tidak bisa menampung daya atau drop.

Indikator baterai memang menjadi fitur yang sangat bermanfaat bagi kita untuk memastikan berapa daya yang tersisa. Namun, indikator ini bisa juga salah. Jika indikator ini error, kasus yang kerap terjadi adalah baterai tidak pernah mencapai 100% saat di-charging. Atau, baterai jadi mudah drop padahal belum lama di-charge.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan kalibrasi pada baterainya.

Cara kalibrasi baterai sebagai berikut :

  • Jangan charge smartphone dan biarkan baterainya habis sampai dia mati sendiri.
  • Nyalakan dan biarkan smartphone kamu mati sendiri lagi.
  • Charge smartphone dalam keadaan mati sampai indikator menunjukkan level 100%.
  • Cabut charger.
  • Nyalakan smartphone dan lihat apakah indikator masih menunjukkan angka 100%. Bila belum, charge kembali handphone dalam keadaan ON hingga mencapai 100%.
  • Cabut charger dan restart smartphone-mu. Ulangi poin nomor 5 berulang kali hingga indikator mencapai angka 100%.

Jika hal ini tidak bisa mengatasinya, satu satuya cara untuk mengatasinya adalah dengan cara menganti baterai sesuai dengan smarphone yang anda punya.

f. Kerusakan Pada Sofware Smartphonenya

Kadang kadang terjadi bag pada software yang terpasang pada smartphone kita, dan itu bisa menyebabkan error pada pembacaan baterai dan juga bahkan tidak menditeksi sistem pengecasannya.

Oleh karenanya kita dapat mengatasi hal tersebut dengan update sofware

Untuk smartphone, pasti mendapatkan fitur software update. Update software terbaru pada Android bisa mengoptimasi jalannya OS pada Android kamu. Pada software terbaru biasanya perusahaan pembuat hp kamu menyematkan teknologi terbaru seperti Power Saving untuk ketahanan baterai hp kamu.

Bisa juga kita melakukan Downgrade untuk mengatasinya,

Terkadang, upgrade software juga bisa memunculkan masalah charging seperti baterai boros atau slow charging. Jika kamu mengalami masalah seperti ini setelah melakukan upgrade maka sebaiknya kamu downgrade kembali sistem software-mu. Selain itu, upgrade juga bisa memperbaiki berbagai bug penyebab masalah charging. Biasanya efek seperti ini akan terasa pada saat upgrade sistem Android itu sendiri. Sementara upgrade aplikasi tidak akan menunjukkan perbedaan yang signifikan.

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like