Cara Mengatasi HP Ngeblank

Hp ngeblank tentu membuat panik penggunanya. Hp ngeblank biasanya akan menampilkan layar putih dan tidak bisa disentuh. Masalah tersebut bisa disebabkan beberapa faktor. Cara mengatasi hp ngeblank akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Penyebab Hp Ngeblank

Layar putih pada tampilan ponsel muncul karena dua alasan utama: kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak. Dalam kasus pertama, perangkat keras itu sendiri gagal (layar error, kabel putus, baterai tanam bermasalah). Yang kedua, kerusakan terjadi secara langsung karena masalah pengoperasian sistem operasi Android. Untuk menentukan bagaimana melakukan perbaikan, maka harus ditentukan dulu penyebab sebenarnya dari layar putih pada ponsel itu.

Anda bisa memahami alasannya sendiri. Jika smartphone terjatuh dari tempat tinggi, rusak saat melakukan perjalanan ekstrim, atau kepanasan di bawah sinar matahari, maka terbentuk layar putih karena masalah hardware. Jika kegagalan terjadi setelah menginstal aplikasi, maka penyebabnya adalah kegagalan perangkat lunak.

Flash Sale Lazada hemat 99%

Faktor utama yang mempengaruhi kerusakan gadget biasanya meliputi:

  • Kerusakan mekanis biasa, dalam hal ini, selain layar yang cerah, bintik-bintik, garis-garis, titik-titik hitam dapat terbentuk pada layar;
  • Kontak ponsel dengan air. Garis-garis, bintik-bintik berwarna, riak juga dapat muncul di layar;
  • Kontaminasi gadget (masuknya debu, partikel kotoran);
  • Paparan yang terlalu lama di bawah sinar matahari;
  • Menginstal program dari sumber yang tidak dikenal.

cara mengatasi hp ngeblank

Begini Cara Mengatasi Hp Ngeblank

Alasan paling umum tidak adanya gambar pada tampilan ponsel apakah itu merek Xiaomi, Vivo, atau Oppo, itu adalah kerusakan mekanis. Benturan yang sering terjadi, jatuh dari ketinggian merusak matriks smartphone, yang menyebabkan kerusakannya. Pengguna awam tentu tidak memiliki kualifikasi yang tepat sehingga tidak mungkin dapat memperbaikinya sendiri. Namun munculnya layar putih tidak selalu berarti pengguna harus membeli ponsel baru. Terkadang kerusakan bisa diperbaiki sendiri di rumah dan tanpa bantuan peralatan khusus.

  • Kerusakan perangkat keras dan mekanis. Jika terdeteksi kerusakan di bagian itu, pengguna perlu mengklarifikasi informasi apakah gadget tersebut masih dalam garansi atau tidak. Jika masa garansi ponsel belum habis, pengguna cukup membawa smartphone ke service center. Jika tidak, coba hubungi service Hp biasa atau mencoba memulihkan sistem sendiri.
  • Jika screensaver putih muncul di layar setelah mencoba mem-reflash ponsel, ini menunjukkan bahwa penginstalan program tidak berhasil. Pengguna perlu mengunduh versi firmware resmi dari sumber yang dapat dipercaya dan mengulangi prosedurnya lagi.
  • Jika smartphone jatuh ke air, pengguna harus segera mengeluarkan baterai, dan kartu SIM. Jika memungkinkan, lebih baik membongkar perangkat sepenuhnya. Semua bagian harus diletakkan di atas handuk kering, dibiarkan selama beberapa jam hingga benar-benar kering, kemudian dibersihan dengan larutan alkohol dan dikeringkan kembali.
  • Selama pengoperasian, pengguna mungkin menemukan bintik-bintik atau garis-garis pada layar ponsel. Ada beberapa opsi untuk asal kerusakan tersebut. Pertama mungkin karena sensor terlepas. Selama penggunaan, sensor ponsel mungkin terkelupas di bagian tepinya, yang menyebabkan munculnya garis-garis tipis di tempat-tempat yang mengelupas. Atau penyebab munculnya dead pixel bisa jadi karena cacat pabrik. Ini tampak dengan adanya titik-titik multi-warna miniatur pada permukaan matriks layarr.
  • Sebab berikut pun dapat berkontribusi pada pembentukan bintik dan garis cahaya pada layar smartphone: Kelembaban yang masuk; Adhesi film hamburan cahaya;Kerusakan mekanis; atau Perangkat terlalu panas.
  • Bintik-bintik kuning gelap pada layar mungkin disebabkan oleh heat sink yang tidak dipasang dengan benar oleh produsen smartphone. Jika garis dan bintik yang tidak terekspresikan muncul di layar, yang hanya terlihat pada sudut tertentu, ini mungkin mengindikasikan kegagalan perangkat lunak. Dalam hal ini, pengguna dapat mencoba mengambil tangkapan layar dari layar utama. Untuk membuatnya, gunakan tombol navigasi (menahan tombol kunci dan volume turun secara bersamaan) atau fungsi aksesibilitas (geser jari Anda di layar). Jika tidak ada goresan pada gambar yang dihasilkan, masalahnya mungkin terletak pada disfungsi pengontrol layar. Jika garis-garis muncul pada gambar, masalahnya bersifat sistemik. Pengguna dapat mencoba mengatur ulang pengaturan ke pengaturan pabrik.

Garis-garis vertikal muncul di layar karena kerusakan pada matriks LCD. Dalam hal ini, hanya mengganti layar sentuh yang akan membantu menghilangkan kerusakan. Goresan dan titik terang terkadang terbentuk karena pengoperasian perangkat yang terus menerus dan pengoperasian lampu latar yang lama. Hal ini menyebabkan disfungsi chip video dan kegagalan sistem.

Best Seller Lazada
About Author: