Nokia 9, Rumor Salah Satu Smartphone Terbaru Yang Akan Diluncurkan Nokia

Digital Ponsel – Sudah ada beberapa smartphone yang telah diluncurkan oleh produsen Nokia sejak meraka berkecimpung lagi di pasaran sekarang ini. Dan untuk kali ini mereka akan meluncurkan smartphone yang dikabarkan akan sangat menarik dipasaran yaitu yang saat ini dikenal sebagai Nokia 9 atau Nokia 9 PureView.

HMD Global – perusahaan yang menghidupkan kembali nama Nokia dan berkecimpung di dunia smartphone, sejauh ini telah melepaskan beberapa ponsel entry-level dan mid-range, seperti Nokia 5 dan yang lebih baru lagi Nokia 7.1 .

nokia 9

img : blog.awok.com

Tetapi Nokia 9 kemungkinan akan diluncurkan pada awal 2019, dan dapat diposisikan untuk benar-benar bersaing dengan kompetitor yang lain seperti Samsung Galaxy S9 atau bahkan Samsung Galaxy S10 yang akan datang , yang mana Nokia 8 Sirocco boleh dibilang tidak dapat menyaingi lagi di pangsa pasar kedepannya karena chipset yang terbilang sudah tua.

Anda akan menemukan semua rumor Nokia 9 yang akan kami jelaskan di bawah, bersama dengan analisis dari kami, dan segera setelah kami mendengar sesuatu yang baru, kami akan menambahkannya ke artikel ini.

Tanggal rilis

Nokia 9 diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2019, itu dikarenakan tahun ini akan segera berakhir dan semua rumor bahwa smartphone ini akan diluncurkan pada akhir taun kemungkinan besar akan terbantahkan. Dan kami melihat bahwa laporan terbarunya bahwa smartphone ini kemungkinan besar akan hadir di awal tahun 2019.

Dan jika kita mengasumsikan tepatnya kapan, kemungkinan akan diluncurkan pada MWC 2019 pada akhir Februari 2019.

Selain itu jika kita lihat dari beberapa komentar di twiter resmi Nokia, terdapat ulasan bahwa semartphone ini “segera datang”, dan itu merupakan komentar dari perwakilan untuk HMD Global, hal tersebut telah mengisyaratkan bahwa telepon sedang dalam proses diluncurkan , dan kemungkinan akan hadir dengan layar yang lebih besar dari sebelumya “untuk memenuhi kebutuhan semua pengguna” walaupun ada kemungkinan juga bahwa steatment tersebut juga bisa mengarah ke produk Sirocco.

Layar

Rumor tentang berapa bentangan layar yang terbaru bahwa smartphone ini memiliki bentangan layar sebesar 5,9 inci, dan juga memiliki aspek rasio 18 : 9.

Namun, banyak rumor layar sebelumnya menyatakan bahwa Nokia 9 akan memiliki layar 5,7 inci, sementara Nokia 8 Pro tampaknya akan diluncurkan dengan betang layar 5,5 inci.

Ada juga kemungkinan bahwa Nokia 9 akan memiliki ukuran yang sama atau melebihi ukuran dan resolusi dari Nokia 8 Sirocco.

Smartphone ini juga cenderung akan menggunakan panel layar OLED, karena Nokia 8 Sirocco juga mengunakan panel ini danjuga pada umumnya panel layar ini dianggap lebih unggul daripada LCD.

Kami juga mendengar bahwa panel layar OLED yang akan digunakan akan lebih baik dari sebelumnya.

Layar juga kemungkinan akan memiliki desain melengkung, dikarenakan desain itu juga ditampilkan pada smartphone Nokia 8 Sirocco, walaupun ada beberapa rumor gambar yang beredar masih terlihat mengunakan desain layar datar.

Selain itu, beberapa kebocoran juga mengatakan bahwa Nokia 9 akan memiliki scanner yang terdapat layarnya, dan memang gambar terbaru dari ponsel tidak menunjukkan pemindai yang terlihat, menunjukkan bahwa itu kemungkinan bisa terjadi.

Itu adalah klaim yang telah kami dengar lagi baru-baru ini, dan sekarang beberapa ponsel dengan nama besar seperti OnePlus 6T telah diluncurkan dengan sesuatu yang tidak begitu mengejutkan.

Layar 5,9 inci akan masuk akal untuk dapat membuat Nokia 9 lebih menonjol dibandingkan Nokia 8 Sirocco yang memiliki layar 5,5 inci, dan juga adanya pemindai di layar juga merupakan kemungkinan yang menarik.

Baca juga :   Harga Nokia Lumia 830 dan Spesifikasi

Desain

Rumor tentang bagian desainnya yang paling jelas mengambil bentuk dan material dengan kualitas yang tinggi.

Kami melihat bahwa Nokia 9 tampaknya memiliki bingkai yang terbuat dari logam dan kaca pada bagian belakangnya, sedangkan ukuran dimensi bodinya adalah 155 x 75 x 7.9mm.

Ada juga kamera dengan konfigurasi penta-lens (lebih lanjut akan kami jabarkan di bawah ), terdapat bezel di bagian atas dan di bawah layar, tidak ada notch dan tidak ada port headphone 3,5mm.

Desain ini memang belum dikonfirmasi, tetapi ini adalah tampilan yang paling meyakinkan yang pernah kami miliki pada sebuah smartphone.

Kami juga telah melihat kebocoran lain baru-baru ini, kali ini menampilkan tampilan kusus untuk Nokia 9, terlihat lebih lengkap dengan cut-out untuk kamera lima lensa, mikrofon di tepi atas, speaker, dan USB -C port di tepi bawah, dan tombol power dan volume di sebelah kanan.

Namun, ada sumber mengklaim Nokia 9 akan memiliki body yang semua terbuat dari logam, sementara yang lain mengatakan bahwa smartphone ini diharapkan memiliki sertifikat ranting, yang akan membuatnya dapat menahan debu dan tahan di dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Ada bocoran juga mengenai tampilan pada bagian depannya, kami melihat terdapat bazel yang cukup tipis pada bagian atas layar dan merupakan tempat dudukan kamera yang menghadap ke depan dengan dua sensor lensa.

Tidak terlihat adanya pemindai sidik jari, jadi kemungkinan peletakannya ada di bagian belakang atau pada bagian dalam layarnya.

Namun ini tidak cocok dengan gambar bocoran sebelumnya yang memberi kita pandangan lebih desain seperti apa pada bagian depan dan belakang smartphone ini, di mana smartphone ini terlihat sangat mirip dengan Samsung Galaxy S7 Edge , dengan bagian layar yang melengkung.

nokia 9 2

img : selular.id

Pada bagian layar bezel di atas dan di bawah tampak memiliki material dari kaca juga.

Tampilannya juga menunjukkan kamera lensa ganda dan pemindai sidik jari yang menghadap ke belakang.

Namun, tampilannya sangat mirip dengan Nokia 8 Sirocco yang sudah diumumkan sebelumnya, sehingga sebenarnya bisa ada kemungkinan bahwa desain pada Nokia 9 akan terlihat sangat mirip dengan Sirocco.

Dalam beberapa kasus, tanpilan yang bocor cocok dengan layar yang melengkung, dan juga dimensi yang diperbaharui.

Dimensi yang ada pada Nokia 9 akan menjadi 140,9 x 72,9 x 7,5mm. dan rumornya juga smartphpone ini tidak memiliki port headphone 3,5 mm.

Jika kita melihatnya memang terlihat sangat mirip dengan Nokia 8 Sirocco, karena dimensinya hampir persis sama, jadi mungkin itulah yang kami lihat di sini.

Kami juga telah melihat rumor tampilan material yang membalut Nokia 9, atau setidaknya lempengan pada bagian belakangnya, dan itu cocok dengan yang kita bahas di atas, lengkap dengan finising mengkilap, kamera utama dengan lensa ganda dan pemindai sidik jari menghadap ke belakang. Sekali lagi meskipun, sekarang tampaknya sangat mungkin bahwa ini sebenarnya adalah Nokia 8 Sirocco.

Satu kebocoran lain yang kami lihat seharusnya menunjukkan prototipe awal telepon, tetapi terbungkus dalam casing plastik untuk menghentikan kami melihat desain yang lebih lengkap, dan tata letak kamera juga tidak sesuai dengan tampilan pada awal yang mengunakan kamera penta-lens.

Kamera

Bocoran terbaru menunjukkan Nokia 9 mengunakan konfigurasi kamera penta-lens.

Dengan lubang tambahan untuk flash LED ganda dan kemungkinan akan memiliki beberapa jenis sensor jarak.

Sumber yang sama menunjukkan pada bagian depan hanya memiliki kamera dengan lensa.

Loading...
Baca juga :   Harga Samsung Galaxy Core LTE G386W dan Spesifikasi

Ini bukan pertama kalinya kami mendengar pembicaraan tentang lima lensa , dan desas-desus lain mengklaim Nokia terlalu beresiko jika salah dalam pemilihan model kamera, dan lima lensa tentu akan terlihat berisiko.

Tetapi beberapa kebocoran sebelumnya tidak sesuai dengan klaim tentang lima lensa ini.

Desas-desus Nokia 9 yang paling awal menunjuk konfigurasi kamera dual-lens, dan kebocoran terbaru yang muncul, dengan keterangan rahasia mengklaim itu akan memiliki kamera 22MP dual-lens Carl Zeiss di belakang dan kamera 12MP di bagian depan.

Kedua kamera tersebut memiliki lebih banyak megapiksel daripada kebanyakan smartphone saat ini, meskipun rumor ini masih jauh jika debandingkan dengan kamera Nokia Lumia 1020 yang memiliki sensor 41MP .

Namun, kebocoran lain menunjukkan bahwa akan ada sepasang lensa 12MP dan 13MP di belakang (meskipun ini juga kemungkinan membahas tentanng Nokia 8 Sirocco) dan kamera 5MP dual-lens di bagian depan.

Untuk apa lensa kedua akan digunakan, kemungkinan akan mirip dengan Sirocco, yang menggunakannya untuk zoom optik 2x dan untuk menciptakan efek bokeh, mengaburkan latar belakang pengambilan gambar.

Meskipun dalam kasus standar Nokia 8 ada lensa monokrom dan satu RGB, yang dikombinasikan untuk pemotretan yang lebih baik, terutama dalam cahaya rendah, jadi itu bisa menjadi kemungkinan lain.

Baterai

Hanya ada satu rumor baterai sejauh ini, dan itu menunjuk kapasitas daya yang diusungnya sebesar 3.800mAh dengan Qualcomm Quick Charge 4.

Itu membuatnya jauh lebih besar daripada baterai smartphone kebanyakan, bahkan jika kita bandingkan dengan smartphone Samsung Galaxy S9 Plus yang hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 3,500mAh.

Baterai 3,800 mAh tampaknya sangat besar untuk ponsel 5,7 inci, jadi kami tidak sepenuhnya yakin dengan itu, tapi itu bisa saja terjadi.

Dan dihadirkannya pengisian cepat juga sangat mungkin, karena itu menjadi fitur unggulan yang cukup standar dan tersedia tersedia bula pada Nokia 8.

SoC

Rumor terbaru mengklaim bahwa Nokia 9 akan memiliki chipset Snapdragon 845, yang merupakan Qualcomm top-end pada saat ini, yang bisa kita temukan juga pada smartphone Galaxy S9.

Kami juga sebelumnya telah mendengar bahwa telepon Nokia yang akan datang mungkin memiliki chipset Snapdragon 845 . memang kita belum bisa menebak apakah itu merupakan smartphone Nokia 9, tetapi kemungkinan itu bisa saja terjadi.

Sumber awal mengklaim Nokia 9 akan memiliki Snapdragon 835 chipset dan RAM 6GB – meskipun kami hanya berbicara tentang dua sumber di sini dan itu terlihat dari spesifikasi Nokia 8 Sirocco, yang tidak mengunakan chipset tersebut, jadi mungkin apa yang mereka maksud adalah Nokia 9.

Kami juga telah melihat dua tolok ukur untuk smartphone ini, yang keduanya juga mencantumkan chipset Snapdragon 835, tetapi salah satunya memiliki konfigurasi RAM hanya 4GB , sementara yang lain mengklaim dilengkapi dengan RAM 8GB .

Mengingat bahwa Nokia 8 Sirocco datang dengan RAM 6GB, kami berharap konfigurasi RAM nya tidak akan berbeda jauh pada Nokia 9 atau paling tidak sama.

Kami tidak akan berharap untuk melihat bahwa Nokia akan merubah pada sistem operasinya, karena HMD Global telah memiliki kontrak dengan saham Android pada produsi handsetnya saat ini.

Spesifikasi yang dikabarkan akan menempatkan Nokia 9 pada jajaran smartphonet top-end, tetapi itu belum dapat kita lihat, terutama karena HMD kemungkinan akan membuat smartphone flagship pada produksi berikutnya.

Fitur Lainnya

Lebih dari satu rumor menunjukkan bahwa Nokia 9 akan memiliki pemindai sidik jari yang terpasang di layar , dan karena ini sekarang menjadi fitur umum, itu tidak akan menjadi kejutan.

Baca juga :   Cara Mudah Daftar Paket Internet XL Terbaru

Di tempat lain, menurut salah satu sumber , Nokia 9 akan memiliki pemindai iris dan pemindai sidik jari, seperti Galaxy S9.

Sumber yang sama bahwa smartphone ini akan memiliki peningkatan audio OZO. Ini adalah teknologi Nokia yang menciptakan efek suara surround ketika Anda merekam audio.

Ini memungkinkan smartphone dengan empat mikrofon merekam audio 3D, yang memiliki tiga pengambilan 360 audio spasial, dan yang memiliki pengambilan dua audio spasial.

Namun, sumber tidak menyebutkan adanya Nokia yang mengunakan konfigurasi audio di atas , jadi meskipun ini benar, kami tidak tahu seberapa besar kemampuannya untuk memanfaatkan teknologi ini. Nokia 8 Sirocco sudah memiliki tiga mikrofon, jadi Nokia 9 kemungkinan juga akan.

Harga

Kira-kira Rp 8.000.000, untuk harga paling rendah.

Mungkin lebih mahal untuk kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi.

Rumor harga terbaru menempatkan model 64GB dari Nokia 9 sebesar 3,699 yuan (sekitar Rp.8.100.000,-) sementara versi 128GB tampaknya bisa datang di 4.199 yuan (sekitar Rp. 9.200.000,-).

Itu harga yang lebih rendah dari rumor sebelumnya yang kami dengar, dengan keterangan cukup mahal yaitu Rp.10.200.000,- dan Rp. 12.250.000,-.

Seperti rumor di atas, mereka menambahkan bahwa akan ada model 64GB dan 128GB, tetapi tidak menentukan harga yang ditawarkan.

Konversi langsung jarang akurat, jadi kami tidak akan bergantung pada harga mana pun yang benar, dan faktanya keduanya mungkin berbicara mengeai Nokia 8 Sirocco, yang belum diumumkan pada saat itu.

Smartphone ini berharga Rp 9.000,000,-, jadi kami berharap Nokia 9 setidaknya memiliki harga dalam rentang tersebut atau mungkin lebih.

Kami memang tidak memiliki data akurat mengenai harga pastinya karena memang belum diluncurkan, akan tetapi Nokia 9 pasti akan menjadi smartphone dengan harga mahal karena kemungkinan masuk jajaran smartphone flagship.

RUMOR SPESIFIKASI LENGKAP

NOKIA 9 SPESIFIKASI
JARINGAN
  • Technology GSM / HSPA / LTE
PELUNCURAN
  • Awal Tahun 2019 Belum Ada Tanggal pastinya (Rumor)
BODY
  • Dimensions 140,9 x 72,9 x 7,5mm
  • Weight Belum diketahui
  • Build Front glass, aluminum body
  • SIM Single SIM (Nano-SIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • IP68 dust/waterproof (up to 1.5m for 30 mins)
LAYAR
  • Type AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size 5.9 inches, 88.3 cm2 (~76.0% screen-to-body ratio)
  • Resolution 1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio (~558 ppi density)
  • Multitouch
  • Protection Corning Gorilla Glass (unspecified version)
  • Always-on display
PLATFORM
  • OS Android 9.0 (Pie)
  • Chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • CPU Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
  • GPU Adreno 630
MEMORY
  • Card slot microSD, up to 512 GB (uses SIM 2 slot)
  • Internal 64/128 GB, 8 GB RAM
KAMERA UTAMA
KAMERA DEPAN
SOUND
  • Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Tidak Ada 3.5mm jack
  • 24-bit/192kHz audio
  • Active noise cancellation with dedicated mic
SAMBUNGAN
  • WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth 5.0, A2DP, LE
  • GPS with A-GPS, GLONASS, BDS
  • NFC Yes
  • USB 3.1, Type-C 1.0 reversible connector
FITUR
  • Sensors Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Fast battery charging (Qualcomm Quick Charge 4)
BATERAI
  • Non-removable Li-Po 3800 mAh battery
WARNA
  • Blue
HARGA
  • Rumor Harga terbaru menempatkan model 64GB dari Nokia 9 sebesar 3,699 yuan (sekitar  Rp.8.100.000,-)
  • sementara versi 128GB tampaknya bisa datang di 4.199 yuan (sekitar Rp. 9.200.000,-)

Kamu pasti juga suka..

Loading...