Samsung Galaxy A9 (2018) Smartphone Pertama Dengan Empat Kamera

Digital Ponsel – Samsung Galaxy A9 adalah ponsel pintar berpenampilan menarik dengan spesifikasi kamera menonjol.

Kelebihan :

  • Pengaturan empat kamera yang mengesankan
  • Layar besar, cerah, berwarna-warni

Kelemahan :

  • Tidak ada pengisian daya nirkabel
  • Menjalankan Android Oreo versi lama
Samsung Galaxy A9

img : samsung.com

Samsung Galaxy A9 (2018) memiliki empat kamera belakang. Ya, Anda tidak salah membacanya.

Ini adalah yang pertama di dunia, dan meski mungkin tampak berlebihan, Samsung yakin bahwa perangkat keras tambahan ini menghasilkan foto yang lebih baik.

Samsung sejauh mengatakan Galaxy A9 merupakan smartphone yang ‘dioptimalkan untuk Instagram’, memberi Anda indikasi yang jelas pada siapa handset ini ditujukan.

Dewasa muda di mana keunggulan kamera adalah raja dan media sosial adalah ritual harian.

Tidak mengherankan, fokus utama Samsung Galaxy A9 adalah pengaturan quad-cam di bagian belakang bodynya, mengusung layar Full HD + 6,3 inci, RAM 6GB, penyimpanan 128GB (plus slot microSD) dan baterai 3,800mAh yang ditawarkannya. Membuat smartphone ini terasa layak untuk dimiliki.

Smartphone ini masuk pada jajaran perangkat Samsung high end, Dikuncurkan di bawah segmen Galaxy S sebagai unggulan Samsung, smartphone ini menawarkan beberapa fitur top-end dengan harga yang lebih menarik dari tipe yang lain.

Ini berarti Samsung Galaxy A9 juga memiliki fitur seperti OnePlus 6 dan Honor 10 untuk bersaing dalam segmen “unggulan yang terjangkau” yang semakin kompetitif.

Tanggal dan harga rilis Samsung Galaxy A9 (2018)

Samsung Galaxy A9 sudah masuk pre-order dengan harga Rp 4.499.000,- untuk pasar Indonesia, membuatnya lebih mahal daripada Honor 10 dan OnePlus 6, tetapi lebih murah daripada Samsung Galaxy S9.

Desain

Samsung Galaxy A9 memiliki desain premium dengan bingkai logam dengan balutan kaca pada bagian depan dan belakang, menjamin smartphone ini terlihat elegan dan memancarkan ke premiumannya.

Smartphone ini tersedia dalam tiga warna, dengan pilihan yang paling eye-catching adalah limun biru dan pink bubblegum, yang menawarkan warna dua nada yang menarik yang mengingatkan pada competitor dalam segi design yang lebih mewah yaitu Huawei P20 dan P20 Pro.

Baca juga :   Daftar Harga Sony Experia 3 Jutaan dan Spesifikasi

Bagi mereka yang ingin ponsel mereka menjadi sedikit lebih ke sultan sultanan, Samsung Galaxy A9 juga tersedia dalam warna hitam kaviar.

Dengan dimensi 162,5 x 77 x 7.8mm, Samsung Galaxy A9 adalah smartphone yang cukup besar – itu dikarenakan bentang layar 6,3 inci – yang membuat sedikit lebih tinggi dan lebih lebar dari Samsung Galaxy Note 9.

Smartphone ini lebih ringan dari phablet di pasaran lainya, dengan berat hanya 183g. Ini berarti smartphone ini memiliki ukuran cukup besar untuk digengam dengan satu tangan.

Bahan Kaca yang membalut pada bagian belakang smartphone ini tidak memberikan banyak grip saat dipegang sehingga agak licin, jadi penggunaan satu tangan terasa sedikit rasa was was ( untuk lebih amannya disarankan mengunakan case tambahan ), dan bahan kaca juga dapat meninggalkan sidik jari pada permukaannya.

Pemindai sidik jari yang dipasang di bagian belakang sangat pas penempatannya sehingga sangat mudah dijangkau jari telunjuk Anda, sementara tombol power / lock dan volume di sebelah kanan dapat ditekan dengan relatif mudah walaupun Anda memiliki tangan yang berukuran besar.

Balik ke sisi kiri Samsung Galaxy A9 terdapat tombol fisik lain yaitu tombol Bixby Samsung.

Tombol ini meluncurkan asisten suara pintar, dan meskipun mungkin tidak sesuai dengan selera semua orang, penyertaannya dalam perangkat non-unggulan adalah contoh lain dari Samsung yang tidak main main menyertakan teknologi tingkat atas miliknya.

Ada yang menarik dengan disematkannya system suara audiophiles di bagian bawah Samsung Galaxy A9, disertai headphone jack 3,5 mm yang berada di samping port USB-C dan satu speaker tunggal di sebelah kanan yang juga dilengkapi down-firing.

Display

Samsung Galaxy A9 (2018) memiliki layar Super AMOLED Full HD 6,3 inci yang terang, jernih dan penuh warna.

Sementara resolusi 1080 x 2220 tidak begitu mengesankan kami karena sama seperti panel QHD pada smartphone Samsung lainya antara lain Galaxy S9, S9 Plus dan Note 9, karena range harga yang ditawarkan memang hanya sanggup untuk menghadirkan layar Full HD + pada Galaxy A9.

Baca juga :   Harga HP LG X5 dan Spesifikasi

Anda dapat melihat bahwa desain layar infinity flagship Samsung banyak diterapkan pada Samsung Galaxy A9, tetapi tidak cukup tipis pada sisi tepian di smartphone ini, adanya jarak yang sedikit lebih tebal di hampir keseluruhan sisi perangkat ini.

Loading...

Kamera

Kami sudah menyebutkannya, dan tidak dapat disangkal bahwa ini adalah fitur ungulan yang ditawarkan Samsung Galaxy A9 – yaitu disematkannya quad-cam di bagian belakang smartphone ini.

Kamera utama mengunakan sensor 24MP yang merupakan opsi default dalam mode otomatis, dan yang akan memberi Anda kinerja pada cahaya rendah terbaik.

Selanjutnya yaitu lensa 8MP, 120 derajat wide angle yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak dalam setiap bidikannya, diikuti oleh kamera penginderaan kedalaman 5MP yang mengumpulkan data yang digunakan dalam mode blur latar belakang/Bokeh Live Focus Samsung.

Akhirnya ada lensa telefoto 10MP yang menyediakan zoom optik 2x yang disematkan di atas kamera utama, memungkinkan Anda melihat lebih dekat objek yang akan difoto.

Hingga kini beberapa fitur yang disebutkan di atas telah banyak disediakan oleh perangkat lunak pada smartphone lain, tetapi Samsung mengklaim peralihan ke perangkat keras akan menjadikan hasil yang lebih baik.

Sementara itu, di bagian depan ada kamera selfie 24MP dengan single kamera.

Setelah kita mengetahui beberapa keunggulan Samsung Galaxy A9 kami menemukan kamera utama pada umumnya bagus, tetapi jika Anda memperbesar gambar setelah mengambil detailnya, Anda akan mendapatkan beberapa bagian menampilkan tampilan blur.

Ada banyak opsi di aplikasi kamera juga, tetapi mode Auto kemungkinan akan menjadi mode yang paling sering digunakan.

Anda harus memilih mode Fokus Langsung untuk memotret Bokeh, latar belakang kabur, untuk menghasilkan gambar yang sempurna di Galaxy A9, maka kamera yang digunakan adalah pengunaan kamera pengintai kedalaman 24 MP dan 5MP.

Namun, Anda dapat beralih antara kamera utama, zoom dan wide-angle dengan mudah dari mode otomatis.

Petunjuk kecil di layar akan muncul di area jendela bidik, memungkinkan Anda mengetuk di antara tiga opsi, membuat Anda lebih mudah melakukan tindakan atau memperluas bidang tampilan agar lebih sesuai keinginan.

Baca juga :   Harga Samsung Galaxy J7 dan Spesifikasi

Baterai dan kinerja

Samsung Galaxy A9 hadir dengan chipset Exynos 7885 octa-core dan RAM 6GB yang memberikan kekuatan yang luar biasa.

Ini yang menjadi inti kinerja untuk menjalankan system operasi Android 8 Oreo, yang sayangnya bukan versi terbaru dari perangkat lunak seluler keluaran Google.

Samsung memberi tahu kami bahwa ini akan membawa pembaruan Android 9 Pie ke Galaxy A9 sesegera mungkin, tetapi masih dikembangkan untuk beradaptasi dengan platform antarmuka Samsung Galaxy A9 ini.

Meskipun belum ada tanggal pasti yang diberikan kapan pembaruan system operasinya di update ke Android Pie.

Kami berharap setel peluncurannya akan langsung ada updatetannya. Sehingga tidak terlalu tertinggal dalam perkembangannya.

Android 8 Oreo memang berjalan lancar di Galaxy A9, dan kami mendapatkan kinerja yang memuaskan dan pembukaan aplikasi dan transisi terasa cepat dan smoot selama pengunaannya.

Ada kabar baik dalam hal penyimpanan, dengan Samsung Galaxy A9 datang dengan 128GB ruang penyimpanan built-in yang kami rasa sudah cukup besar.

Jika Anda merasa kapasitas tersebut belum cukup ( meskipun kapasitas segitu kami rasa sudah lebih dari cukup ) disediakan juga slot microSD yang mendukung kapasitas hingga ukuran 512GB.

Samsung Galaxy A9 juga terasa pas dalam dalam pengunaan kapasitas batarainya yang sebesar 3.800 mAh ddan itu lebih besar dari kapasitas smartphone Samsung yang lain seperti Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Harapannya adalah Galaxy A9 akan menawarkan beberapa daya tahan baterai yang mengesankan, tetapi Anda harus menunggu ulasan lengkap kami untuk mengetahui seberapa baik kinerjanya.

Tidak disematkannya pengisian daya nirkabel juga menjadi kelemahan disini,tapi untungnya Samsung Galaxy A9 sudah mendukung Quick charging, sehingga memungkinkan Anda untuk dapat dengan cepat mengisi ulang baterai jika Anda kehabisan daya.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A9 adalah ponsel pintar berpenampilan menarik dengan spesifikasi kamera menonjol. Apakah spesifikasi kamera itu sesuai dengan hype Samsung masih harus dilihat – perhatikan ulasan mendalam kami – sepertinya sangat menjanjikan untuk kedepannya.

Kamu pasti juga suka..

Loading...