Mengupas Tuntas ASUS ZenFone Max Plus M1

ASUS ZenFone Max Plus M1 merupakan generasi terbaru setelah ASUS sukses meluncurkan ZenFone 4 Max Pro pada awal tahun 2017. Kehadiran produk terbaru ini tentu saja mampu menarik perhatian pengguna smartphone untuk mengetahui fitur serta kelebihan apa saja yang ditawarkan, mengingat ZenFOne 4 Max Pro cukup diminati di pasaran.

Berbagai spekulasi pun bermunculan terkait dengan spesifikasi produk ASUS ZenFone Plus M1. Rumor mengatakan bahwa smartphone yang satu ini memiliki kualitas yang lebih baik karena dilengkapi dengan baterai yang terbilang luar biasa awet jika dibandingkan dengan para pendahulunya. Benarkah demikian? Berikut ini adalah ulasan mengenai smartphone ZenFone Max Plus M1.

Review ASUS ZenFone Max Plus M1

ZF-Max-Plus-M1
img: www.asus.com

Anda mungkin berpikir bahwa kemampuan baterai yang ditawarkan oleh ZenFone Max Plus M1 menjadi satu-satunya keunggulan dari smartphone ASUS terbaru ini. Nyatanya, ada berbagai keunggulan lain yang menjadi alasan mengapa ponsel yang satu ini cukup diminati oleh pengguna smartphone. Selain desain yang menarik, fitur kamera ganda ternyata juga menjadi senjata utama bagi ASUS untuk menarik perhatian.

Desain

Meskipun hadir dengan kemampuan baterai yang awet dan tahan lama, bukan berarti ASUS memberikan desain yang tebal dan menarik untuk smartphone ini. Terbukti dengan desain ponsel yang cukup menarik serta ramping sehingga terlihat seperti ponsel dengan kapasitas baterai pada umumnya. Bahkan bisa dibilang bahwa ponsel ini tergolong menawan jika dilihat dari segi desain.

Penampilan yang ramping disertai dengan sensor pemindai sidik jari yang terletak di bagian punggung ponsel membuat smartphone ASUS Max Plus M1 terlihat berkelas. Meskipun terbuat dari material plastik, namun tidak serta merta membuat penampilannya murahan. Dimensi bodi yang dimiliki adalah 6 x 2.87 inchi, dengan tingkat ketebalan 0.85 inchi.

Desain yang begitu ramping membuat ponsel ini terkesan premium meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Smartphone ini mempunyai ukuran layar yang cukup lebar yaitu 5.7 inchi dengan resolusi 1440 x 720 HD. Dengan demikian, Anda bisa merasa puas ketika menonton film atau bermain game dengan ponsel pintar berlayar lebar ini.

Mengenai tombol operasi, ZenFone Max Plus memiliki tombol volume serta tombol power yang berada di sisi sebelah kanan. Untuk mengontrol layar, sayangnya Max Plus M1 tidak mempunyai tombol Home fisik sehingga terkesan mengurangi ruang yang ada pada layar utama. Tombol operasi tesebut merupakan “always-on-screen” sehingga terkadang mengganggu.

Spesifikasi ASUS ZenFone Max Plus M1

Ponsel terbaru dari ASUS ini dibekali dengan processor yang cukup mumpuni, yaitu Octa-Core 1.5 GHz dengan MediaTek MT6750 serta GPU Mali-T860. Dikombinasikan dengan RAM 4GB serta memori internal 64GB, Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan berbagai aktivitas seperti menonton film maupun bermain game dengan ponsel ini.

Jika Anda kerap melakukan multitasking pada smartphone, kemampuan RAM yang dibawa juga terbilang cukup memadai untuk menunjang kinerjanya. Meskipun demikian, Anda juga dapat menambahkan memori eksternal dengan tersedianya micro-SD hingga 256 GB. Dengan jumlah yang cukup besar ini, Anda dapat mengunduh berbagai jenis file tanpa perlu khawatir kehabisan memori.

Berbicara mengenai sistem operasi, ZenFone Max Plus M1 ini dibekali dengan Android 7.0 Nougat serta ZEnUI 4.0. Hal ini cukup disayangkan karena ASUS tidak memberikan sistem operasi versi terbaru yaitu Oreo untuk perangkat yang satu ini. Meskipun demikian, Android Nougat dirasa cukup pantas untuk membuat ZenFone M1 diminati oleh pengguna.

Kamera

Kamera merupakan fitur penting yang menjadi bahan pertimbangan ketika memilih ponsel. Beruntung karena smartphone keluaran ASUS ini memang menjadikan fitur kamera sebagai salah satu fitur yang diunggulkan. ZenFone Max Plus M1 didesain dengan fitur kamera ganda, yang mana Anda akan menemukan 2 lensa kamera yang terletak pada bagian belakang layar.

Meskipun telah memiliki kamera ganda pada bagian belakang ponsel, ternyata ASUS juga tetap memberikan kamera depan untuk smartphone yang satu ini. Tentu saja hal ini bisa menjadi alasan bagi Anda yang gemar berfoto untuk memilih ponsel ASUS M1.

Kamera belakang pertama mempunyai resolusi 16 MP dengan panjang fokus 35mm serta bukaan f/2.0. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur PDAF yang cepat yaitu sekitar 0,03 detik saja. Tidak hanya itu, berbagai fitur seperti mode panorama, pro, super resolution hingga time lapse juga tersedia pada kamera utama. Anda juga dapat merekam video 1080p.

Sementara itu, kamera kedua mempunyai resolusi 8 MP dengan wide angle 120 derajat. Focal length yang dimiliki adalah 16.7 mm. Untuk kamera depan, smartphone ini menawarkan resolusi 16 MP dengan panjang fokus 35mm. Anda yang gemar menggunakan aplikasi kecantikan akan sangat gembira mengetahui kamera depan ini dilengkapi dengan fitur Beauty dan selfie panorama.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh kamera depan ASUS adalah fitur HDR serta bokeh pada foto selfie Anda. Tentu saja fitur ini dapat menambah keindahan foto yang dihasilkan. Meskipun demikian, kualitas kamera depan tidaklah semaksimal kamera ganda yang terletak di belakang.

Konektivitas

Berbicara mengenai konektivitas, ZenFone Max Plus M1 telah didukung oleh jaringan 4G LTE dan berbagai jaringan lainnya seperti WLAN, WCDMA, GSM, TD-LTE dan beberapa koneksi lain. Smartphone ini juga telah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth 4.0 serta Wi-Fi Direct sehingga mempermudah Anda untuk terhubung dengan perangkat lainnya.

Dilihat dari kelengkapan sensor, smartphone ini juga terbilang lengkap kaerna telah mengusung beberapa sensor seperti fingerprint yang terletak pada bagian belakang, ambient light sensor, gyroscope, accelerator, e-compass serta proximity sensor. Mengenai fingerprint sensor, dibutuhkan waktu sekitar 3 detik untuk membuka kunci smartphone. Sensor ini juga mendukung hingga 5 sidik jari.

Baterai

Selain menawarkan keunggulan dari segi kamera, ASUS ZenFone Max Plus M1 juga unggul dalam hal baterai. Smartphone ini dibekali dengan kapasitas baterai yang terbilang besar yaitu 4130 mAh. ASUS mengklaim bahwa dalam kondisi standby, baterai ini mampu bertahan hingga 26 hari dalam konektivitas 4G LTE stabil. Tentu saja pernyataan ini cukup mencengangkan jika dibandingkan dengan ponsel lainnya.

Seakan tidak puas dengan kapasitas supernya, ASUS juga membekali fitur Fast Charging pada smartphone M1. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan pengisian baterai dalam jangka waktu yang jauh lebih cepat daripada pengisian standar. Untuk paket pembelian ASUS ZenFoneMax Plus M1, Anda akan mendapatkan adapter, kabel data, kabel converter, petunjuk serta kartu garansi.

Kesimpulannya, ASUS ZenFone Max Plus M1 merupakan ponsel kelas menengah yang cukup mumpuni untuk mendukung berbagai aktivitas Anda. Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, namun kualitas yang ditawarkan tidak bisa dibilang rendahan. Dilihat dari segi desain yang terkesan menawan dan berkelas, hal ini menunjukkan ASUS ZenFone Max Plus M1 mampu bersaing dengan ponsel lain di kelasnya.