HTC U11 vs OnePlus 5

Persaingan smartphone semakin ketat seiring munculnya berbagai merk ponsel dengan berbagai tipe. Sebut saja kompetisi antara HTC U11 dengan OnePlus 5 yang membuat pengguna terkadang bingung untuk menentukan manakah yang terbaik diantara keduanya. Secara garis besar keduanya mengusung spesifikasi dan fitur yang hampir sama. Meskipun demikian, ada perbedaan dalam beberapa aspek.

Perbandingan spesifikasi smartphone OnePlus 5 dan HTC U11:

HTC U11 vs OnePlus 5
img: androidcentral.com

Untuk mengetahui mana yang lebih unggul, ada baiknya Anda menyimak perbandingan HTC U11 dan OnePlus 5. Spefisikasi serta fitur-fitur unggulan kedua ponsel tersebut akan diulas secara tuntas sehingga Anda dapat memilih mana yang terbaik. Mulai dari ukuran layar, sistem operasi hingga multimedia yang ditawarkan, berikut adalah review perbandingan untuk Anda.

Display

Dilihat dari segi ukuran display, OnePlus 5 dan HTC U11 sama-sama dibekali dengan layar 5.5 inchi sehingga cukup memuaskan pengguna ketika mengoperasikan ponsel. Meskipun demikian, OnePlus yang menggunakan layar jenis AMOLED tentu saja mampu menyuguhkan kualitas tampilan yang jauh lebih baik daripada HTC U11 yang masih menggunakan layar jenis LCD.

Meskipun demikian, HTC tidak terlalu ketinggalan jauh karena dia mampu mengalahkan OnePlus dalam hal resolusi layar. OnePlus memiliki layar dengan resolusi 1920×1080 sedangkan HTC mempunyai resolusi 2560×1440. Baik OnePlus 5 maupun HTC sama-sama menggunakan kaca layar Gorilla Glass 5 sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan goresan.

Kamera

Ketika membeli smartphone, sudah tentu fitur kamera menjadi salah satu fitur yang menjadi bahan pertimbangan. OnePlus menyuguhkan kamera belakang dengan resolusi 16 MP. Fitur yang ditawarkan cenderung kurang lengkap karena hanya tersedia fitur kontras autofocus, bokeh, dan geo tag. Anda juga dapat mengatur flash kamera serta HDR foto dan video.

OnePlus 5 juga dibekali dengan fitur kamera depan dengan resolusi 8 MP. Kamera depan ini mempunyai fitur deteksi senyuman sehingga memudahkan Anda untuk mengambil foto. Selain itu, fitur lain yang tersedia adalah auto fokus, penstabilan video, serta HDR.

Sementara itu, HTC U11 dibekali dengan kamera yang mempunyai resolusi lebih rendah, yaitu 12 MP saja. Meskipun demikian, fitur yang ditawarkan terbilang lebih lengkap dibandingkan dengan OnePlus 5. Fitur tersebut antara lain autofocus, penstabilan optic, 2-pixel pengesanan autofocus, HDR foto, HDR video serta geo tag.

Untuk kamera depan, HTC U11 lebih unggul karena mempunyai resolusi 16 MP. Meskipun demikian, resolusi yang cukup besar ini tidak dibekali dengan fitur-fitur yang menarik.

Selain kamera belakang dan kamera depan, OnePlus 5 mengungguli HTC U11 dalam hal kamera ganda. OnePlus tercatat memiliki kamera belakang menengah dengan resolusi 20 MP. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menarik ketika mengabadikan momen dengan smartphone OnePlus 5.

Dapur Pacu dan OS

Baik OnePlus 5 maupun HTC U11 sama-sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835 sehingga keduanya seri dalam hal ini. Meskipun demikian, OnePlus 5 terlihat unggul ketika ditinjau dari RAM yang digunakan. Smartphone ini dibekali dengan RAM 6 GB.

HTC U11 harus puas dengan RAM 4 GB saja. Dalam hal kapasitas memori penyimpanan, keduanya menggunakan ROM 64 GB meskipun OnePlus 5 juga menyediakan ROM dengan kapasitas 128 GB. Namun HTC U11 tidak perlu berkecil hati karena tersedia slot microSD sehingga Anda dapat menambah memori eksternal pada ponsel tersebut.
Untuk sistem operasi, kedua smartphone menggunakan sistem operasi yang sama yaitu Android Nougat.

Koneksi

Dalam hal koneksi, OnePlus 5 menggunakan LTE denga kategori LTE CAT 12 dan mendukung berbagai jaringan seperti LTE, EDGE dan GPRS. Fitur Bluetooth juga bisa Anda temukan pada smartphone yang satu ini. Ditambah dengan dukungan NFC, ponsel Anda dapat terhubung dengan mudah.

HTC U11 juga memiliki koneksi yang tidak jauh berbeda. Smartphoneini menggunakan LTE dengan kategori LTE CAT16 dan mendukung jaringan LTE, EDGE serta GPRS. Tersedia fitur hotspot WiFi serta WiFi Direct. Bluetooth dan NFC juga ditanamkan pada perangkat ini sehingga Anda bisa dapat terhubung dengan perangkat lain.

Baterai

OnePlus 5 dibekali dengan baterai berjenis Li-Ion berkapasitas 3300 mAh. Selain itu, terdapat fitur Fasct Charging yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai dengan lebih cepat.
Sementara itu, HTC U11 juga mempunyai baterai dengan jenis Li-Ion dengan kapasitas 3000 mAH. Fitur Fast Charging juga dapat ditemukan pada ponsel yang satu ini. Waktu bicara yang dimiliki oleh HTC U11 adalah 24 jam.

Multimedia

Anda yang gemar mendengarkan musik maupun memutar video melalui ponsel tentunya tidak mau ketinggalan informasi mengenai multimedia yang disediakan oleh kedua ponsel ini.

OnePlus 5 menyediakan fitur audio seperti pembesar suara serta fitur pembatalan bunyi. Smartphone ini mendukung audio dengan format MP3, WMA, AAC, WAV, FLAC dan berbagai format lainnya. Sedangkan untuk video, format yang dapat diputar adalah MP4 serta MKV.

Hampir sama dengan OnePlus 5, smartphone HTC U11 juga mendukung berbagai fitur audio seperti pembatalan bunyi dan pembesar suara. Sedangkan format audio yang didukung oleh ponsel ini cenderung lebih sedikit yaitu MP3, WAV, WMA dan FLAC. Anda juga dapat memutar video dengan format XVID, MP4, WMV dan H.264.

Sensor

Mengenai sensor yang ditanam pada kedua ponsel, OnePlus 5 dan HTC mempunyai sensor yang serupa yaitu accelerometer, GPS, kompas, A-GPS, giroskop, GLONASS serta sensor kedekatan.

Bagaimana pendapat Anda tentang perbandingan spesifikasi OnePlus 5 dan HTC U11? Tentunya kedua smartphone memiliki kekurangan dan kelebihan. Meskipun demikian, OnePlus 5 dapat dikatakan lebih unggul daripada HTC U11 dilihat dari segi kecepatan CPU, kapasitas baterai, serta kinerja ponsel. Selain itu, OnePlus 5 juga memiliki kelebihan dalam hal kamera ganda serta resolusi yang memadai.

Untuk memudahkan Anda dalam membandingkan spesifikasi kedua smartphone, simak tabel berikut ini:

 

Produk OnePlus 5 HTC U11
Display
Jenis layar AMOLED LCD
Ukuran 5.5 inch 5.5 inch
Resolusi 1920×1080 2560×1440
Jenis Kaca Gorilla Glass 5 Gorilla Glass 5
Kamera Belakang
Megapixel 16 MP 12 MP
Fitur Kontras autofocus, HDR foto, HDR video, flash kamera Autofokus, 2-pixel pengesanan autofocus, penstabilan optic, flash, HDR video, HDR foto
Kamera Depan
Megapixel 8 MP 16 MP
Fitur Autofokus, penstabilan video, HDR foto, deteksi senyum
Kamera Belakang Tambahan
Megapixel 20 MP
Fitur Autofokus
Dapur Pacu dan OS
Prosesor Qualcomm Snapdragon 835 Qualcomm Snapdragon 835
RAM 6 GB 8 GB
ROM 64 GB 128 GB 64 GB
Memori eksternal Micro SD maksimum 256 GB
OS Android 7.1.1 Android 7.1
Koneksi
Jaringan LTE, EDGE, GPRS LTE, EDGE, GPRS
WiFi Hotspot WiFi, WiFi Direct Hotspot WiFi, WiFi Direct
Koneksi lain Bluetooth, NFC Bluetooth, NFC
Baterai
Jenis, kapasitas Li-Ion, 3300 mAh, Fast Charging Li-Ion 3000 mAH, Fast Charging
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like