Samsung Galaxy S8 vs Samsung Galaxy S9

Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan modern membuat suatu produk ikut beregenerasi dalam waktu singkat. Tak terkecuali produk telepon seluler. Dari zaman ponsel hanya untuk telepon dan berkirim pesan, berubah menjadi ponsel untuk berkirim gambar, berubah lagi menjadi ponsel yang dilengkapi dengan internet, lalu berkembang menjadi ponsel pintar.

Seperti brand telepon seluler lainnya, Samsung pun mengalami hal serupa. Seiring berjalannya waktu, kini perusahaan telepon seluler Korea Selatan tersebut telah mencapai pada level tertinggi pasaran ponsel dunia. Produknya selalu dikembangkan dengan baik, membuat seri suatu ponsel menjadi lebih bervariasi. Misalnya Samsung Galaxy S8 yang diperbarui dengan hadirnya Samsung Galaxy S9.

galaxy s9 vs galaxy s8
img: sumsel.tribunnews.com

Cepatnya regenerasi ponsel membuat konsumen selalu berfikir ulang. Akankah membeli produk keluaran terbaru atau menetapkan hati pada keluaran terpercaya sebelumnya. Jika Anda sedang bingung untuk memilih smartphone mana yang lebih baik antara Samsung Galaxy S8 ataukah Samsung Galaxy S9, maka simak baik – baik penjelasan di bawah ini!

Flash Sale Lazada hemat 99%

Display

Samsung Galaxy S8 menggunakan layar ukuran 5,8 inch dengan desain berkelas tanpa bezel. Bodinya tetap cantik, sleek, dan sangat nyaman untuk dipegang. Hal tersebut karena aspek rasionya yang berimbang 18.5 : 9. Pada layarnya terpasang fitur AOD. Home button tidak terpisah dari layar. Tombol power berada di bagian kanan, tombol volume di kiri, dan di sisi bawah ada audio jack 3,55 mm serta port USB type C.

Sedangkan Samsung S9 berbeda dengan generasi ponsel sebelumnya, fitur finger print tidak berada di bagian depan bawah tetapi di belakang dekat dengan kamera utama. Desainnya menerapkan bezel tipis dengan aspek rasio 18,5 : 9 berbahan kaca dan kombinasi metal membuatnya tampak lebih mewah. Untuk tombol volume, power, dan Virtual Assistant masih pada posisi sama dengan ponsel sebelumnya.

OS dan Dapur Pacu

S8 Menggunakan teknologi prosesor Exynos 8895, embedded 4G LTE, speed Cat16 dalam SoCnya. Memungkinkan untuk proses download yang sangat cepat, bahkan dapat meraih kecepatan internet 10 Mbps yang mana dapat mendownload video 2 jam dalam 8 detik saja bila operator mendukung. Chipset ini sangat efisien dan memakai lebih sedikit energi sampai 25%, sehingga berpotensi membuat awet baterai ponsel.

Untuk Samsung S9, diterapkan Exynos 9810 Octa Core. Sistem operasi sudah menggunakan Android Oreo. Dengan RAM 4 GB memungkinkan Anda melakukan multitasking dengan lancar. Pengalaman bermain video game juga menjadi lebih menyenangkan. Bahkan saat dites dengan aplikasi AnTuTu, ponsel ini menghasilkan skor 250.055 dan mampu mengalahkan ponsel saingannya.

Kamera

Resolusi depan kamera Samsung Galaxy S8 adalah 8 MP dan bukaan f.1/7 lengkap dengan fitur autofocus dan sensor pengenal wajah. Ada tambahan fitur stiker dan filter yang memilki karakter build – in. Fitur – fiturnya akan menyenangkan Anda yang memiliki hobi selfie. Kamera Utama beresolusi 12 MP dengan kekuatan zoom sampai 8x. Didukung 4K video dan fitur VDIS yang membuat video tidak goyang.

Kemudian, untuk Samsung Galaxy S9, yang paling istimewa adalah fitur Dual Aperture yang bisa menyesuaikan mode sesuai dengan kondisi gambar dan pencahayaan. Hasil foto sangat memuaskan, seperti sudah diedit secara profesional. Ada lagi fitur Super Slow – Mo yang bisa merekam pergerakan lambat dengan sempurna pada resolusi HD. Resolusi kamera belakang 12 MP dan kamera depannya 8 MP.

Memori dan Baterai

Kapasitas Baterai pada Samsung Galaxy S8 hanya 3000 mAh, meski demikian ia masih sanggup beroperasi dengan baik dalam waktu yang lumayan meskipun tidak se-lama ponsel Samsung lainnya. Dengan berbagai uji pengoperasian ia mampu bertahan sampai 8 jam. Untuk memorinya, HP ini diisi dengan RAM 4 GB dan memori internal sebesar 64 GB. Disertai slot memory yang bisa menambah kapasitas sampai 256 GB.

Besar RAM dan memori internal dari Samsung S9 sama, yakni 4 GB dan 64 GB. Untuk daya tahan baterainya sangat lama bahkan sampai 36 jam dalam satu kali pengisian daya. Ponsel ini menggunakan baterai non removable berkapasitas 3000 mAh, didukung Samsung Adaptive Fast Charging dan dibekali pengisian daya nirkabel.

Harga

Harga ponsel Samsung S8 dibandrol dengan harga berbeda – beda di setiap negara. Di Indonesia sendiri, ada pada kisaran harga Rp 10,5 juta. Terbilang mahal, tetapi sepadan dengan spesifikasinya. Di Amerika dijual dengan harga mulai dari $720. Di negara aslinya, Korea harganya mencapai 1.028.000 KRW atau 12 juta rupiah, lebih mahal dari harga pada umumnya. Sedangkan di Singapura harganya 1.148 SGD.

Untuk harga Samsung S9, harga yang di tawarkan di Indonesia adalah sekitar Rp 11,4 juta. Untuk di pasaran Amerika, harganya lebih murah banyak, mulai dari Rp 9,1 juta jika dikurskan dalam rupiah. Di Korea Selatan harganya juga lebih mahal, yaitu 950 KRW, jika dirupiahkan mencapai Rp 12,6 juta. Meskipun demikian, peminatnya sangat banyak, melebihi saat perilisan Samsung Galaxy S8.

Untuk keterangan lebih lanjut, simaklah perbedaan antara Samsung Galaxy S9 dan Samsung galaxy S8 pada tabel di bawah ini!

 

Spesifikasi Samsung Galaxy S8 Samsung Galaxy S9
  • Layar
Super AMOLED 5.8 inch ( 2960 x 1440 ) pixel 5.8 Curved Super AMOLED ( 2960 x 1440 ) pixel , Quad HD 570 / 529 ppi
  • Dimensi
148.9 x 68.1 x 8 mm 147.7 x 68.7 x 8.5 mm
  • Berat
155 gram 189 gram
  • Baterai
Li – ion 3000 mAh Li – ion 3000 mAh & fast charging
  • Warna
Midnight Black, Orchid Grey, Arctic silver, Coral Blue, Maple Gold Titanium Grey, Coral Blue, Midnight Black, Lilac Purple
  • Proteksi
Gorilla Glass 5 Corning Gorilla Glass 5
  • Chipset
Exynos 8895 (USA) / Snapdragon 835 (China) U.S: 10nm, 64 – bit Samsung Exynos 9810 (2.8GHz quad + 1.7 GHz quad)
  • CPU
Octa – Core 2.3 GHz (4 x 2.3 GHz & 4 x 1.7 GHz) Octa – Core ( 4 x 2.8 GHz Mongoose M3 & 4 x 1.7 GHz Cortex –A55 )
  • GPU
Mali – G71 MP20 ARM Mali – G72 Exynos
  • OS
Android 7.1 Nougat Android Oreo 8.0
  • RAM
4 GB 4 Gb
  • Storage
64 GB (+ Micro SD 256 GB) 64 GB expansion microSD 400 GB
  • Kamera Depan
8 MP, f1.7, autofocus. 1440 p 30 fps, auto HDR, dual vid call 8 MP AF sensor, f/1.7 aperture
  • Kamera Belakang
12 MP, f/1.7, 26 mm, OIS, flash LED Super Speed Dual Pixel 12 MP AF sensor, with OIS, f/1.5 and f/2.4 apertures
  • Fitur
1/5.5” sensor size 1.4 µm pixel, geo – tagging, 4K Video, face detection, panorama, Auto HDR face / smile detection, panorama, Auto HD, geo tagging, simultaneous 4K and 9 MP image recording, touch focus
  • SIM
Dual SIM / Single Dual SIM / Single
  • Jaringan
LTE / HSPA / GSM, 4G LTE LTE / HSPA / GSM, 4G LTE
  • Port
Jack Audio 3.5 mm Jack Audio 3.5 mm
  • Sensor
SpO2, heart rate, barometer, compass, iris scanner, accelerometer, gyro, proximity Iris, Proximity, Finger Print, Accelerometer, Ambient Light, Gyro
  • Radio
No Yes
Best Seller Lazada
About Author: