Trik Cara Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi

Meski novel dalam bentuk cetak tak sepopuler dulu namun minat orang membacanya tetap tinggi. Novel dengan berbagai genre memiliki penggemarnya sendiri. Bahkan kini juga difasilitasi dengan layanan baca novel gratis tanpa aplikasi.

Apa sih keuntungan baca novel gratis tanpa aplikasi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Membaca novel adalah salah satu hobi yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan membaca novel, kita bisa menambah wawasan, mengasah imajinasi, menghilangkan stres, dan mengisi waktu luang. Namun, kadang kita merasa kesulitan untuk mendapatkan novel yang kita inginkan. Apalagi jika kita harus membeli novel yang harganya mahal atau mengunduh aplikasi yang memakan banyak memori.

Flash Sale Lazada hemat 99%

Nah, tenang saja. Cara baca novel gratis tanpa aplikasi, dapat dilakukan dengan mengunjungi berbagai website yang menawarkan koleksi banyak novel.  Dengan begitu, kita bisa menghemat uang dan ruang penyimpanan di smartphone atau tablet kita. Selain itu, kita juga bisa menghindari iklan atau pembelian dalam aplikasi yang mengganggu. Kita juga bisa memilih novel dari berbagai genre dan bahasa sesuai dengan selera kita.

Kecuali tanpa bayar, kumpulan novel yang ada juga terus diperbarui tiap hari. Dengan begitu, pengunjung akan bisa menikmati pilihan novel baru supaya tak lekas bosan.

Inilah Cara Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi

cara baca novel gratis tanpa aplikasi

Nah, penasaran apa saja situs-situs yang bisa kita gunakan untuk baca novel gratis tanpa aplikasi? Berikut ini adalah situs – situs rekomendasi dari saya:

Novel Toon

Yang pertama, pengunjung dapat membuka website Novel Toon. Di samping membaca, pengunjung pun bisa mengirimkan hasil tulisan di sini Novel Toon pun menyuguhkan berbagai judul novel yang lagi viral di Facebook. Dijamin pengunjung bisa betah berjam-jam membaca novel-novel yang menjadi koleksinya.

Kita bisa membaca novel secara online atau mengunduhnya dalam format PDF. Kita juga bisa memberikan suka, komentar, atau bintang pada novel yang kita baca. Kita juga bisa memamerkan karya tulis kita sendiri di situs ini.

Cek: Aplikasi Menulis di Hp Android

ManyBooks

ManyBooks adalah situs yang menyediakan lebih dari 50.000 e-book gratis dari berbagai genre seperti romantis, aksi, biografi, dan misteri. Tersedia dalam bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya. Kita bisa mencari novel berdasarkan judul, penulis, genre, atau popularitas. Kita juga bisa membaca ulasan atau komentar dari pembaca lain. Kita bisa membaca novel secara online atau mengunduhnya dalam format PDF, EPUB, MOBI, atau TXT.

Wattpadd

Bagi para pengunjung yang gemar membaca novel maupun jenis buku lain, tentu tak asing dengan website layanan novel yang satu ini. Wattpad adalah website layanan novel dan juga aplikasi sosial sehingga penggunanya bisa membaca atau malah sambil menulis.

Wattpad menampilkan novel dari berbagai genre dan bahasa yang ditulis oleh penulis amatir maupun profesional. Tersedia dalam bahasa Indonesia dan banyak bahasa lainnya. Kita bisa membaca novel secara online atau mengunduhnya dalam format PDF atau EPUB. Kita juga bisa berinteraksi dengan penulis dan pembaca lain melalui suka, komentar, pesan, atau vote. Kita juga bisa menulis novel sendiri dan membagikannya ke jutaan pembaca di seluruh dunia.

Untuk pengguna yang bermaksud ingin belajar menjadi pengarang tentu dapat mengawalinya dengan menikmati website baca novel gratis tanpa aplikasi ini untuk kemudian secara bertahap mulai menulis sendiri.

iPusnas

Berikutnya, pengguna dapat mengunjungi website iPusnas yang merupakan layanan online persembahan Perpustakaan Nasional milik pemerintah. iPusnas bisa dimanfaatkan untuk sekedar membaca buku atau novel, share koleksi bacaan, sampai berinteraksi dengan banyak penulis. Jangan ditanya lagi tentang koleksinya, sangat lengkap. Pengunjung dapat mencari buku genre apa saja di tempat ini. Dan untuk membacanya pun gratis.

Open Library

Cara baca novel gratis tanpa aplikasi yang satu ini akan angat memuaskan sebab jumlah koleksi bukunya yang komplit? Pengunjung dapat melakukannya dengan mengunjungi website Open Library. Open Library menyuguhkan ribuan judul buku termasuk novel klasik masterpiece yang langka dari berbagai pengarang di seluruh dunia. Kategori yang ditawarkan terdiri dari buku klasik, ilmu pengetahuan, filsafat, teknologi, novel romantis, cerita anak-anak, dan tak ketinggalan buku cerita thriller.

Open Library adalah situs yang merupakan proyek nirlaba untuk menyediakan akses ke buku dan novel secara online. Tersedia dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Kita bisa mencari novel berdasarkan judul, penulis, subjek, atau ISBN. Kita juga bisa membaca ulasan atau kutipan dari buku atau novel yang kita pilih. Kita bisa membaca novel secara online atau mengunduhnya dalam format PDF atau EPUB.

BookMate dan MyBook

Layanan ini tidak hanya mendistribusikan buku untuk mendapatkan uang, tetapi juga menyediakan akses gratis dan legal ke karya-karya buku klasik dan tak ketinggalan adalah berbagai judul novel ternama. Untuk mulai membaca, cukup instal aplikasi yang diinginkan di ponsel  dan temukan novel yang Anda minati di katalognya. Setelah mengunduhnya ke perangkat, Anda dapat membaca tanpa koneksi internet atau offline.

Aplikasi lintas platform dari layanan seperti Bookmate dan MyBook siap melayani para penggemar novel dari seluruh dunia. Menurut informasi resmi, perpustakaan mereka masing-masing berisi 50.000, 32.000 dan 27.000 teks bebas. Hampir setiap buku koleksinya tersedia dalam beberapa format: FB * 2, ePub, PDF, dan lainnya.

GetFreeBooks

GetFreeBooks adalah situs yang menyediakan ribuan buku dan novel gratis dari berbagai genre seperti sains fiksi, sejarah, bisnis, dan agama. Tersedia dalam bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya. Kita bisa mencari novel berdasarkan abjad, genre, atau kata kunci. Kita juga bisa membaca deskripsi atau sinopsis dari buku atau novel yang kita pilih. Kita bisa membaca novel secara online atau mengunduhnya dalam format PDF atau TXT.

Project Gutenberg

Project Gutenberg adalah situs yang merupakan perintis dalam menyediakan buku dan novel gratis secara online. Menampilkan lebih dari 60.000 buku dan novel klasik dari berbagai genre dan bahasa. Tersedia dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Kita bisa mencari novel berdasarkan judul, penulis, genre, atau popularitas. Kita juga bisa membaca novel secara online atau mengunduhnya dalam format PDF, EPUB, MOBI, atau TXT.

Baca Novel Online

Baca Novel Online adalah situs yang khusus menyediakan novel-novel berbahasa Indonesia dari berbagai genre seperti romansa, fantasi, misteri, dan thriller. Menampilkan novel-novel populer dan terbaru yang bisa dibaca secara gratis. Kita bisa mencari novel berdasarkan judul, penulis, genre, atau update terbaru. Kita juga bisa memberikan suka atau komentar pada novel yang kita baca. Kita juga bisa mengirimkan karya tulis kita sendiri ke situs ini.

Google Play Book dan Apple Book

Toko Buku Google dan Apple ini berisi banyak koleksi judul buku, di antaranya pula tersedia banyak buku gratis tanpa koin termasuk beragam judul novel populer. Ini sebagian besar adalah karya klasik, serta buku karya penulis independen, tetapi terkadang ada juga buku baru yang sedang populer. Sebagian besar konten di Apple Books ini berbahasa Inggris namun banyak juga yang berbahasa Indonesia karangan dari author dalam negeri. Google Play Buku memiliki banyak literatur, komik, buku teks, dan audio book. Untuk membaca, Anda perlu menginstal aplikasi resminya di ponsel cerdas.

Nah, itu dia 10 situs untuk baca novel gratis tanpa aplikasi yang bisa saya rekomendasikan untuk kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk menemukan novel-novel yang seru dan menarik. Selamat membaca!

Best Seller Lazada
About Author: