Mengganti Nomor WhatsApp

Bagi pengguna WhatsApp terkadang ingin mengganti nomor yang didaftarkan pada aplikasi pesan singkat tersebut. Penggantian nomor bisa jadi karena beberapa hal. Seperti nomor lama sudah tidak aktif atau karena hal lain.

Sebagian ragu sebelum mengganti nomor karena khawatir kalau kontak akan hilang, akan keluar dari grup, dan lainnya. Dan sebagian yang lain tidak tahu bagaimana caranya mengganti nomor WhatsApp.

Mengganti nomor WhatsApp ternyata sangat mudah. Tidak perlu tambahan aplikasi. Anda bisa menggantinya melalui aplikasi WA itu sendiri.

Sebelum kita bahas cara mengganti nomor WA ada beberapa pertanyaan yang sering muncul jika mengganti nomor WhatsApp. 

Pertanyaan yang muncul:

Apakah kontak yang diblokir di nomor lama akan secara otomatis juga terblokir di kontak WA yang baru?

Jawabannya adalah TIDAK. Tapi kontak yang kita blokir tidak akan tahu kalau kita sudah mengganti nomor WA.

Apakah jika mengganti nomor WA akan membuat kita keluar dari grup yang diikuti?

Jawabannya adalah TIDAK. Karena ketika mengganti nomor WA dari lama ke baru maka otomatis nomor yang ada di dalam grup juga berubah ke nomor yang baru.

Apakah kita bisa kembali ke nomor yang lama?

Jawabannya adalah BISA. Kita bisa kembali ke nomor WA yang lama dengan catatan nomor lama masih aktif dan bisa menerima SMS untuk verifikasi.

Apakah jika mengganti nomor WA akan membuat kontak akan hilang/terhapus?

Jawabannya adalah TIDAK. Karena kontak pada WA tersimpan di perangkat. Sehingga selama kontak tersebut masih tersimpan di perangkat/HP maka tidak akan hilang meskipun kita mengganti nomor.

Apa yang terjadi jika ada yang mengirim chat ke nomor lama?

Jika ada yang mengirim chat ke nomor lama maka chat tersebut tidak akan masuk ke nomor baru. Pada WhatsApp pengirim hanya akan terkirim tapi tidak diterima (hanya centang satu).

Bagaimana jika ada yang melakukan panggilan WA ke nomor lama?

Jika ada yang melakukan panggilan ke nomor WA lama maka tidak akan bisa. Tapi akan diarahkan untuk menelepon dengan telepon biasa.

Apakah teman kita akan tahu kita sudah mengganti nomor WA?

Pada saat mengganti nomor WA, akan ada pilihan apakah kita akan memberitahukan tentang penggantian nomor kepada daftar kontak kita. Jika kita memilih untuk memberitahu kontak kita, maka teman kita akan mengetahui kontak kita yang baru.

Selanjutnya kita akan ke inti pembahasan yaitu cara bagaimana mengganti nomor WhatsApp. Sebelum kita mengganti nomor WA, pastikan nomor baru aktif untuk verifikasi melalui SMS.

Pastikan juga saat mengganti nomor WA HP tersambung ke internet.

Langkah-langkah mengganti nomor WhatsApp:

Masuk ke setelan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke aplikasi WhatsApp, kemudian pilih titik tiga di pojok kanan atas, dan pilih menu “setelan“.

pilih titik tiga kemudian setelan mengganti nomor WA

Pilih menu akun

Setelah masuk setelan, selanjutnya pilih menu “akun“. Seperti nampak pada gambar di  bawah ini:

Ke menu akun mengganti nomor wa

Pilih ganti nomor

Setelah masuk “akun”, selanjutnya pilih “ganti nomor“.

menu ganti nomor

Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya pililh “lanjut“.

ganti nomor lanjut

Masukkan nomor lama dan nomor baru

Kemudian masukkan nomor lama dan nomor baru. Setelah itu pilih “lanjut“. Pastikan nomor baru Anda aktif untuk menerima verifikasi melalui SMS.

masukan nomor lama dan baru

Beri tahu kontak

Setelah itu akan muncul gambar di bawah ini. Anda bisa memberitahu kontak mengenai nomor baru Anda. Jika Anda akan memberitahu kontak Anda, maka Anda tinggal menggeser menu button ke kanan. Kemudian pilih “lanjut“.

beri tahu kontak mengganti nomor WA

Atur siapa saja yang akan diberitahu pergantian nomor

Selanjutnya Anda bisa mengatur siapa saja yang akan diberitahu pergantian nomor WA. Ada 3 pilihan yang bisa Anda sesuaikan. Semua kontak, kontak  yang sedang chat, atau kontak khusus.

sesuaikan siapa saja kontak yang akan diberitahu

Demikian cara mengganti nomor WhatsApp pada HP Android. Anda bisa mengganti nomor WA dengan mudah seperti langkah di atas. Bagaimana? Mudah bukan?

0 Shares:
You May Also Like