OPPO F3 Plus

Pada April 2017, OPPO menggegerkan pasar ponsel tanah air setelah meluncurkan OPPO F3 Plus. Sebuah ponsel dengan dua kamera selfie. Sudah diketahui bersama kalau OPPO memang dikenal dengan brand yang menjadikan kamera selfie sebagai andalannya. OPPO F3 Plus dijual dengan harga Rp2.400.000 saat ini. OPPO F3 Plus diluncurkan bersama dengan saudaranya, OPPO F3.

OPPO F3 Plus memiliki dua kamera depan 16 MP dan 8 MP. Dimana 8 MP adalah kamera wide angel. Smartphone jago selfie ini dipersenjatai chipset Snapdragon 653. Dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori penyimpanan 64 GB. Seluruh operasi OPPO F3 Plus ditenagai baterai dengan kapasitas 4000 mAh.

Harga OPPO F3 Plus

Last Updates: 8 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
OPPO F3 PlusRp4.599.000Rp2.000.000
RilisApril 2017
Link terkaitDaftar Harga HP OPPO Terbaru

Harga OPPO F3 Plus ketika pertama kali diluncurkan adalah Rp6.500.000 dan menjadi seri flagshipnya OPPO di Indonesia. Karena dari semua seri ponsel OPPO yang hadir di Indonesia, OPPO F3 Plus memiliki spesifikasi yang paling tinggi pada waktu itu.

Flash Sale Lazada hemat 99%

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 6 (Marshmallow); ColorOS 3
RAM4 GB
ROM64 GB
ChipsetSnapdragon 653 (28 nm)
CPUOcta-core (4x1.95 GHz Cortex-A72 & 4x1.44 GHz Cortex-A53)
GPUAdreno 510
Bodi
Dimensi163.6 x 80.8 x 7.4 mm
Berat185 gr
Layar6.0 inch IPS LCD
Kamera
Depan16 MP, f/2.0, 1/3"
8 MP
Belakang16 MP, f/1.7, 1/2.8", PDAF, OIS
Video2160p@30fps, 1080p@30fps
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
ProteksiCorning Gorilla Glass 5
Konektivitas
SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.1, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS
Jack Audio 3.5mmYes
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaPink, Gold
RadioNo
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiLi-Ion 4000 mAh
ChargerFast battery charging 20W (VOOC Flash Charge)

Dua Kamera Selfie

dual selfie kamera oppo f3 plus

OPPO memang dikenal dengan brand yang menjadikan kamera selfie sebagai andalannya. Sesuai dengan jargonnya “Selfie Expert”. OPPO F3 Plus bukan hanya dibekali dengan satu kamera selfie, tapi dua kamera selfie yang berkualitas. Satu kamera beresolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0. Dan satu kamera 8 MP wide angel yang mampu mengambil gambar dengan sudut 120 derajat.

Pengguna akan dimanjakan dengan kamera 16 MP ini untuk mengambil foto selfie ataupun video. Hasil foto dan video dengan kamera ini pada kondisi low light juga tidak mengecewakan. Tak lupa kamera satunya yang beresolusi 8 MP yang mampu mengambil gambar atau video dengan sudut yang lebih luas. Akan sangat berguna jika Anda ingin berfoto bersama banyak orang. Atau juga jika Anda ingin membuat vlog dan menampilkan latar belakang yang lebih luas.

Kamera belakang yang beresolusi 16 MP juga tidak mengecewakan. Meskipun tidak terlalu begitu ditonjolkan oleh OPPO, namun kamera belakang OPPO F3 Plus memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan PDAF (Phase Detection Auto Focus). Sebuah fitur yang sangat penting untuk membuat hasil jepretan yang berkualitas. 

Snapdragon 653 RAM 4GB

chipset oppo f3 plus snapdragon 653

OPPO F3 Plus dipersenjatai chipset Snapdragon 653 besutan Qualcomm. Chipset ini termasuk ngebut untuk kelasnya dan lebih cepat 10 % dari pendahulunya. Dipadukan dengan RAM 4 GB membuat performa OPPO F3 Plus ini semakin gahar untuk aktivitas multitasking sekalipun. 

Bagi penggemar gaming, ponsel ini juga tidak terlalu mengecewakan. Apalagi denggan pengelola grafis Adreno 510. Membuat pengelolaan grafis cukup memuaskan.

OPPO F3 Plus mempunyai ruang penyimpanan sebesar 64 GB. Cukup untuk sekedar menyimpan file-file atau foto. Jika masih perlu penyimpanan lebih besar bisa diperluas dengan micro SD hingga 256 GB.

Baterai 4000 mAh dan VOOC Flash Charging

baterai oppo f3 plus

Untuk urusan daya, OPPO F3 Plus memiliki baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Yang cukup untuk dipakai seharian dengan pemakaian normal seperti chatting, browsing, kamera, dan media sosial. Anda tidak perlu sering-sering mengisi daya. Cukup sehari sekali. Selain memiliki kapasitas baterai yang besar, OPPO F3 Plus juga sudah mendukung fitur pengisian daya cepat (VOOC flash charge). Dengan ini, mengisi baterai hingga penuh tidak memakan banyak waktu. OPPO mengklaim pengisian baterai dari 0 hingga 90 % hanya memakan waktu sekitar 40 menitan.

Layar lebar 6 inch Gorilla Glass 5

layar oppo f3 plus

OPPO F3 Plus memiliki layar IPS LCD dengan bentangan 6 inchi. Dengan layar selebar ini aktivitas menonton atau bermain game akan memuaskan. Selain itu, layar ponsel ini juga sudah dilindungi kaca Gorilla Glass 5. Membuat kualitas layar OPPO F3 Plus makin meyakinkan. Layar dengan lebar 6 inchi memang tidak nyaman untuk penggunaan satu tangan. Tapi itu tidak masalah. Karena banyak orang yang lebih nyaman dengan layar yang lebar.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan OPPO F3 Plus

OPPO F3 Plus memilliki sejumlah kelebihan, seperti:

  • Dibekali dua kamera selfie yang berkualitas
  • Chipset kelas menengah yang cukup ngebut
  • Baterai besar 4000 mAh
  • Layar cukup lebar 6 inchi dengan perlindungan Gorilla Glass 5
  • Desain kokoh dengan bahan metal

Kekurangan OPPO F3 Plus

OPPO F3 Plus masih memiliki kekurangan, yaitu:

  • Masih menggunakan micro USB 2.0 (belum type C)
  • Belum memiliki sertifikat tahan air dan debu IP67 atau IP68

Cek juga: Hp Oppo Tahan Air

Kesimpulan

OPPO F3 Plus sangat cocok untuk Anda yang gemar melakukan foto selfie atau ngevlog. Kamera depannya sangat mendukung untuk aktivitas tersebut. Bisa juga lihat berupa refrensi smartphone berikut OPPO F11 Pro.

Baterainya yang besar juga mendukung mobilitas untuk dibawa aktivitas out door tanpa takut kehabisan daya baterai. Di pasaran OPPO F3 Plus bersaing dengan Asus Zenfone Zoom S yang sama-sama mengandalkan sektor kamera.

Best Seller Lazada
About Author: