Samsung Galaxy Note 5 vs Samsung S6 Edge

Anda sedang dilema ingin membeli smartphone antara Samsung Galaxy Note 5 atau S6 Edge? Dua smartphone di atas memang memang memiliki spesifikasi dan fitur yang bagus. Tidak heran jika Anda bingung ingin membawa pulang yang mana, apakah Samsung Galaxy Note 5? Atau S6 Edge? Untuk menjawab kebingungan Anda, sepertinya review di bawah ini bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan.

samsung galaxy note 5 vs galaxy s6 edge
img: androidpit.com

Desain

Samsung Galaxy Note 5 memiliki desain dengan tebal 153.2 x 76.1 x 7.6mm yang dibingkai dengan aluminium, dilengkapi kaca non-removable dan Pena S stylus. Sementara Samsung Galaxy S6 Edge memiliki ketebalan 154,4 x 75,8 x 6,9mm yang dibingkai aluminium dan memiliki kaca non-removable dengan layar kaca melengkung

Apa perbedaan terbesar antara kedua ponsel ini dari bentuk desainnya? Bisa dikatakan untuk desain Galaxy Note 5 dan S6 Edge sedikit ada perbedaan. Galaxy Note 5 adalah perkembangan dari Galaxy Note 4 tetapi dari sudut pandang desain, ia hampir sama dengan desain Samsung Galaxy S6.

Bingkai aluminiumnya jauh lebih lembut dan bulat daripada Note 4, dan umumnya lebih terasa premium. Adapun perbedaan desain Note 5 b dengan Edge S6, adalah adanya stylus S Pen. Anda dapat melepas stylus dari tepi bawah ponsel dengan menekannya seperti tombol.

Kehadirannya stylus S Pen pada Note 5 menjadi lebih bagus daripada S6 Edge. Kemudian dalam hal dimensi, Edge S6 memiliki ketebalan milimeter lebih tinggi dari Note 5. Sementara untuk kelebaran kedua ponsel ini hampir sama lebar hanya Note 5 setengah milimeter lebih tipis dari S6 Edge.

Keduanya juga dilengkapi dengan layar besar 5,7 inci dengan resolusi 2,560 x 1,440, sangat mirip dengan Galaxy Note 4. Namun, kualitas teknologi layar Super AMOLED Samsung telah meningkat tajam, sehingga bisa mengarah ke warna-warna indah namun akurat.

Tentu saja, satu perbedaan antara keduanya adalah layar dual-lengkung Galaxy S6 Edge yang memberikan nuansa yang lebih menyenangkan ketika menyeret “home” ke tepi layar.

Dapur Pacu

Baik Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge memiliki CPU Exynos 7420 yang sama. Bahkan, kedua ponsel ini juga memiliki chip yang sama dengan Galaxy S6. Beberapa orang mungkin kecewa karena Samsung tidak memilih untuk menyesuaikan CPU yang lebih cepat dan lebih canggih, tetapi kenyataannya CPU Exynos 7420 merupakan chip smartphone yang paling mengesankan di pasar, dan belum ada kekurangannya.

Satu perbaikan penting pada kedua ponsel ini adalah jumlah RAM yang disediakan. Baik Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge memiliki tambahan gigabyte RAM LPDDR4 super cepat, sehingga jika total memiliki kapasitas hingga 4GB.

Dengan RAM sebesar itu, maka sangat menjanjikan untuk membuat smartphone beroperasi jauh lebih cepat. Hanya saja untuk Note 5 memiliki lebih banyak aplikasi praktis jika dibandingkan dengan S6 Edge.

Kamera

Untuk kamera pada Samsung Galaxy Note 5 dan S6 Edge sendiri sudah menggunakan sensor kamera dan lensa yang sama persis dengan Galaxy S6. Hebat bukan? Nah, untuk kualitas gambar yang murni, Samsung Galaxy S6 tetap menjadi salah satu kamera terbaik di pasaran jika dibandingan dengan Note 5.

Tapi dengan spesifikasi baru pada kedua ponsel itu menjadi satu terobosan terbaru yang diadopsi model Galaxy S terakhir. Namun, jika dibandingkan antara Galaxy Note 4 dengan Samsung S6 Edge, jauh lebih baik Note 5.

Selain itu ada beberapa perbaikan di bagian perangkat lunak kedua ponsel ini, Samsung telah meningkatkan VDI-nya untuk video yang lebih stabil, dan juga menambahkan sekumpulan opsi pengeditan film dan opsi berbagi video real-time.

Fitur-fitur baru tersebut dibagikan di kedua ponsel ini, sehingga tampaknya tidak ada apa pun yang membedakan di antara kedua kamera Note 5 dan S6 Edge tersebut.

Power

Baik Note 5 dan S6 Edge, kedua ponsel ini hadir dengan baterai 3,000 mAh yang sangat mirip. Samsung Galaxy Note 5 secara eksplisit merupakan perkembangan dari Galaxy Note 4, namun Note 4 justru memiliki baterai dengan daya luar biasa yaitu 3220mAh, tentu jauh lebih besar dari Note 5 bukan? Terlebih lagi, baterai pada Note 4 tersebut tidak dapat dilepas.

Sementara itu, Samsung Galaxy S6 Edge memiliki kapasitas baterai hanya 2600 mAh yang artinya berbeda 400 mAh dengan note 5. Meski terdapat perbedaan yang cukup bear pada kapasitas baterai, tentu saja, kedua ponsel kemungkinan akan mencapai tingkat daya baterai yang sama atau serupa.

Terlebih lagi, prosesor Exynos Samsung seharusnya terbukti lebih efisien daripada Snapdragon Note 4. Kedua ponsel ini bisa saja bertahan selama satu hari dengan penggunaan yang cukup intensif.

Menariknya, Samsung juga meningkatkan pengisian nirkabel ke titik yang mana kedua ponsel ini bisa mengenakan 27 persen lebih cepat. Kehadiran pengisian nirkabel di kedua ponsel ini adalah sebuah terobosan yang bagus.

Penyimpanan

Sekali lagi, tidak ada yang membedakan antara Note 4 dan S6 Edge di bagian penyimpanan. Kedua ponsel ini hadir dengan pilihan penyimpanan internal 32GB dan 64GB.

Hanya saja yang menjadi kekurangan pada kedua ponsel ini adalah ruang penyimpanan internalnya yang yang tidak dapat diperluas mengingat harga kedua ponsel ini sangatlah mahal..

Software

Kedua ponsel ini hadir dengan Android 5.1.1, yang merupakan versi terbaru Android Lollipop OS. Tetapi Anda bisa menjamin bahwa bahwa kedua ponsel ini akan menjadi yang pertama laris terjual di antara produk-produk terbaru Samsung.

Harga

Sementara itu dari segi harga, Samsung Galaxy Note 5 sendiri dibanderol dengan harga Rp. 6,3 juta untuk kapasitas RAM 4 GB. Smartphone yang dikeluarkan pada bulan Agustus 2015 lalu ini memang berjaya pada masanya.

Sementara untuk harga bekas Samsung Galaxy Note 5 sendiri berkisar Rp.2,5 jutaan ke atas.

Adapun untuk Samsung S6 Edge sendiri dibanderol dengan harga yang bisa dikatakan jauh lebih murah dari Note 5. Samsung S6 Edge dijual dengan harga sebesar Rp.2.500.000untuk kapasitas RAM 3 GB, Rp. 2.890.000 untuk RAM 64 GB Rp. 3.680.000 untuk RAM 128 gb.

Tentu saja dari segi harga jauh lebih murah samsung S6 Edge, karena Note 5 sudah dilengkapi dengan modifikasi S Pen yang luar biasa. Pena yang memudahkan Anda untuk mencatat lebih cepat, screenshot, menulis memo, dan banyak lagi. Sementara itu, Galaxy S6 Edge memiliki aplikasi favorit yang hampir sama dengan Galaxy Note 5.

Tabel Perbandingan Spesfikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 5 vs S6 Edge:

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 Samsung S6 Edge
Tanggal rilis Agustus 2015 Maret 2015
Dimensi   153,20 x 76,10 x 7,60 mm 142,10 x 70,10 x 7,00 mm
Berat 171,00 gram 132,00 gram
Kapasitas baterai 3000 (mAh) 2600 (mAh)
Ukuran layar 5,70 inci 5,10 inci
Resolusi 1440×2560 piksel 1440×2560 piksel
Piksel per inci (PPI) 518 577
Prosesor 1.5GHz octa-core 1.5GHz octa-core
Prosesor Samsung Exynos   7420 7420
RAM 4GB 3GB
Penyimpanan internal   32GB 32GB
Kamera belakang 16 megapiksel 16 megapiksel
Kamera depan 5 megapiksel 5 megapiksel
Sistem Operasi Android 5.1.1 Android 5.0
Headphone 3,5 mm 3,5 mm

Apakah Anda masih bingung dalam menentukan pilihan Anda setelah mengetahui review perbandingan antara Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung S6 Edge? Semua tergantung dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda adalah orang yang memiliki pekerjaan dengan mobilitas yang tinggi, maka sebaiknya pilihlah Note 5. Tapi jika Anda hanya membutuhkan ponsel untuk kebutuhan sehari-hari, maka pilihlah S6 Edge.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like