5 Cara Mempercepat Charge Baterai HP Android

Cara mempercepat charge baterai hp androidHP Android kini semua orang memilikinya, sudah bukan golongan kelas menengah ke atas saja yang memilikinya. Karena hp android yang murah kini banyak beredar di pasaran, contohnya hp Android Xiaomi, Hp android Oppo dan Infinix yang menawarkan harga hp murah dan spesifikasi bisa bersaing dengan yang lainnya.

Banyaknya fitur yang dimiliki oleh masing-masing hp android membuat performa yang di hasilkan pastinya akan lebih banyak. Seperti dalam menjalankan aplikasi android, kamera smartphone, atau hal lainnya yang menggunakan daya baterai cukup menguras. Masalah inilah yang akan kami bahas pada artikel ini mengenai baterai hp android cepat habis dan cara cepat charge baterainya agar bisa di pakai lagi. Hindari charge dengan memainkan hp tersebut.

Apabila kamu menggunakan handphone kamu dengan atau bersamaan pada saat charge, maka akan menjadikan cepat rusak, usahakan hp dalam keadaan lepas tangan dan lebih bagusnya lagi jika di matikan/mode pesawat. Tujuannya agar baterai awet dan tahan lama.

Flash Sale Lazada hemat 99%

Lima cara yang bisa dipakai untuk mempercepat charging baterai ponsel.

5 Cara Mempercepat Charge Baterai HP Android

5 Cara Mempercepat Charge Baterai HP Android

1. Pakai Charger Kuat

Bisa juga Anda dapat men-charge lebih cepat dengan menggunakan adapter charger yang lebih kuat. Misalnya men-charge iPhone 6 menggunakan charger tablet iPad. Kedua perangkat tersebut dibekali charger yang berbeda, meskipun sama-sama made in Apple. Charger bawaan iPhone 6 cenderung lebih lemah dengan output 1A(5W), sedangkan charger iPad lebih kuat karena output-yang di hasilkan mencapai 2,1A(12W).

Namun perlu dicatat, tidak semua handphone cocok dengan cara ini. Beberapa ponsel dapat mengambil daya sebanyak apapun dari charger dan bisa terisi dengan cepat. Tapi ada juga yang cuma bisa mengambil daya sesuai dengan output charger bawaan, sehingga metode ini tidak akan memberikan pengaruh sama sekali. Namun tenang saja, ponsel pintar masa kini tidak akan rusak ketika terhubung ke charger dengan keluaran arus yang lebih besar dari charger bawaan. Ini karena ponsel hanya akan menarik arus listrik dalam besaran yang mampu ditangani saja.

Baca: 10 Game Android Gratis terbaik

2. Kabel USB Terbaik

Jangan merendahkan kabel USB yang dipakai sehari-hari. Meski terkesan sepele, kualitas kabel ini dapat mempengaruhi pada kecepatan charge ponsel. Kabel USB murah, biasanya dibuat sangat tipis dan tidak menghantarkan daya dengan baik. Logam yang dipakai pun memiliki kualitas rendah sehingga tidak bisa menangani listrik berdaya tinggi. Sebaiknya gunakan kabel USB dari paket pembelian ponsel. Atau sebagai alternatif, carilah USB kualitas terbaik buatan brand yang sudah dipercaya.

3. Matikan Ponsel Saat Charge

Meski ponsel sedang tidak dipakai sama sekali, bila dalam keadaan menyala tetap terdapat aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar. Nah, meskipun kecil, kinerja aplikasi tersebut tetap menyedot daya baterai hp dan membuat proses pengisian daya akan melambat. Karena itu cobalah untuk mematikan ponsel. Ketika dimatikan, maka seluruh aplikasi ikut mati. Efeknya membuat seluruh daya yang disalurkan benar-benar masuk dan terkumpul.

Bila tak ingin mematikan ponsel, bisa juga menggunakan Airplane Mode. Mode tersebut berguna menghentikan transmisi sinyal seluler dan Wi-Fi yang berperan besar menyedot daya di baterai. Kalau memang tidak sempat mematikan ponsel atau menggunakan Airplane Mode, setidaknya jangan mengisinya sambil bermain video game yang banyak menyedot daya.

4. Jangan Charge via port USB komputer

Output daya dari port USB komputer biasanya berkisar antara 0,1A hingga 0,5A. Ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan output menggunakan charger khusus ponsel yang mencapai 2A atau lebih. Demikian berarti kecepatan pengisian daya juga akan jadi lebih rendah. Bila sedang terburu-buru, jangan charge ponsel menggunakan port USB komputer.

Sebaiknya langsung saja memakai charger bawaan. Perlu ditambahkan bahwa port USB di sebagian komputer yang mendukung intrerface USB 3.0 mampu menyalurkan arus sebesar 1A sehingga tetap bisa dipakai untuk mengisi daya ponsel dalam waktu relatif singkat, atau setidaknya sama cepat dengan charger bawaan ponsel.

Baca: Bagaimana Cara Berhenti Paket Internet Telkomsel ?

5. Jangan Sentuh Ponsel!

Saat mengisi daya, diamkan ponsel. Cobalah untuk menahan hasrat untuk memainkan ponsel kecuali memang ada pesan atau panggilan penting yang masuk. Alasannya, saat mengecek ponsel maka layarnya akan menyala. Dan ketika pada saat layar menyala, maka merupakan salah satu bagian yang paling menguras baterai. Selain mengecek ponsel, sebaiknya tidak mengisi daya sambil menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti mengunduh alplikasi, memutar video, atau bermain game.

Best Seller Lazada
About Author: