Tips dan Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

Digital PonselCara mempercepat koneksi internet ? Ya kalimat ini sering kali kami dengar di lingkungan sekitar kerap di ucapkan oleh para pengguna gadget yang sedang asik mengakses internet. Tidak semua orang bisa dan tahu untuk mempercepat koneksi internet handphonenya. Karena ada orang yang tidak tahu caranya, maka terjadinya suatu perbincangan antara si A yang memiliki smartphone koneksi cepat dan si B yang lelet koneksi internetnya.

Karena si B yang iri dengan si A dengan koneksi cepatnya, lalu dia menanyakan kepada si A. Hi A, bagaimana cara mempercepat koneksi internetmu? Seperti saya lihat koneksimu sangat cepat untuk akses internet. Apa rahasianya?. Lalu Si A pun menjelaskan tentang alasan kenapa koneksi internetnya itu cukup cepat akses. Bagaimana cara mempercepat Internet Android?

Karena suatu masalah tersebut, maka kami jurnalis Digital Ponsel, mencoba merangkum beberapa tips dan cara mempercepat koneksi internet di Android yang kerap kali pengguna gadget mengabaikan tips-tips ini. Meskipun ini adalah hal kecil, namun luput dari perhatian kita.

Sebelum membahas mengenai masalah ini, kita coba flashback pada masa-masa dahulu kala. Hahaha. Koneksi internet yang tidak begitu orang memilikinya dan kecepatan aksesnya pun masih dalam tipe GPRS lalu mengalami perubahan tahun demi tahun karena kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Perubahan itu berawal dari tingkat penggunaan internet yang semakin bertambah. Awal tipe jaringan internet adalah GPRS, lalu Edge, HSPA, HSDPA, kemudian 2G, 3G dan yang terakhir adalah 4G.

tips dan cara mempercepat koneksi internet android

Nah masing-masing tipe jaringan tersebut mempengaruhi kecepatan akses internet smartphone kamu. Maka apabila yang masih memiliki handphone dengan tipe jaringan biasa, segeralah ganti ke handphone dengan jaringan terbaru. Agar dapat menikmati jaringan internet super cepat. Ini adalah salah satu cara mempercepat akses internet. Untuk cara lainnya yuk simak di bawah ini !

Tips dan Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

1. Jaringan “3G Only” atau “4G Only”

Bisa kita lihat mengenai tipe jaringan ini, HP Android memiliki opsi yang ada di pengaturan jaringan (cellular network), yakni 3G Only, 4G Only, atau WCDMA. Namun perlu di ingatkan ya, pengaturan jaringan ini bila mau merubah 3G atau 4G only, upayakan HP kamu sudah support.

Oh iya, kalau bisa upayakan Anda tidak memilih opsi jaringan WCDMA karena pada sinyal akan masuk ke jaringan 2G atau EDGE.

Cukup pilih opsi “3G Only” atau “4G Only”. Kemudian, pilih pencarian jaringan operator secara otomatis bukan manual. Hal ini akan membuat jaringan seluler Anda lebih stabil. Lalu kamu jelas akan mendapatkan koneksi internet kecepatan penuh.

Dan satu lagi, upayakan lokasi anda tercover dengan jaringan yang sudah support 3G atau 4G loh gaes. ­čśŤ

Baca Tips lainnya :

2. Tutup Aplikasi yang Tidak di gunakan

Kerap kali kita sebagai user yang menggunakan smartphone, lupa akan menutup semua aplikasi yang di jalankan sebelumnya. Aplikasi yang lupa di tutup masih berjalan di balik layar. Hal ini jelas akan menurunkan performa hp Anda. Akan mudah tersendad atau bisa di katakan ngelag.

Apalagi saat Anda sedang mengunduh atau browsing di internet, sebaiknya tutup aplikasi yang sedang berjalan atau tidak perlu. Semakin banyak aplikasi terbuka, RAM akan semakin penuh. Hasilnya akses internet pasti terganggu.

3. Matikan Fitur Tethering

Sudah tahu apa itu tethering? Bila belum tahu Thetering adalah semacam hotspot pada ponsel. Artinya Anda dapat menjadikan ponsel Anda sebagai “MiFi” (Modem Wifi) dan membagikan koneksi internet ke teman-teman Anda.

Namun, karena jaringan internet Anda terbagi, artinya Anda harus siap berbagi bandwith dengan perangkat lain. Ini akan membuat koneksi internet Anda menjadi lambat.

4. Menghapus Cache

Salah satu hal penting yang tak pernah terpikirkan adalah cache pada memori penyimpanan maupun “History” peramban Anda. Sesekali hapus cache di ponsel Anda agar performa ponsel dapat berjalan baik dan Anda dapat mengakses internet dengan lancar.

Daftar Paket Internet Unlimited

5. Gunakan aplikasi mempercepat internet

Baca juga :

Yang ke limat, apabila kamu masih kurang dengan koneksi internetmu di HP, gunakan aplikasi untuk mempercepat internet. Aplikasi ini berguna untuk menggabungkan 2 koneksi internet menjadi 1. Misalkan pada koneksi jaringan HP dengan Wifi atau karena HP Anda adalah dual sim card, maka bisa mengaktifkan koneksi di dua sim card tersebut.

Tri

Sedang menunggu buah hati <3

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..